Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Jepang – Cina Bersitegang

Jepang – Cina Bersitegang

sengketa jepang cinadakwatuna.com – Jepang. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memperingatkan akan menggunakan kekuatan terhadap kapal-kapal pemerintah Cina bila mendarat di kepulauan yang diperebutkan kedua negara.

Inilah peringatan paling terus terang yang pernah dikeluarkan oleh PM Abe sejauh ini.

Ia berbicara di parlemen pada Selasa (23/04) setelah delapan kapal pengintai Cina memasuki wilayah laut Jepang di dekat Kepulauan Senkaku Islands, yang disebut sebagai Diaoyu oleh Cina.

“Dengan kemungkinan satu dibanding satu juta kapal benar-benar berlabuh, saya katakan tentu mereka akan diusir dengan paksaan,” kata PM Jepang.

Reaksi Cina

Shinzo Abe menambahkan pemerintah akan bersikap tegas terhadap semua pelanggaran wilayah.

Kehadiran kapal pengintai milik Cina disaingi dengan perahu-perahu nelayan Jepang yang dan mengangkut anggota kelompok nasionalis sayap kanan. Kementerian Luar Negeri Cina menyebut perjalanan kelompok sayap kanan tersebut tidak sah dan menimbulkan masalah.

“Kementerian Luar Negeri Cina sudah menyampaikan surat protes kepada Jepang terkait kelompok nasionalis Jepang yang berlayar di perairan dekat Kepulauan Diaoyu untuk menyulut masalah,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying.

Hua Chunying menambahkan pihak berwenang mengirim delapan kapal ke perairan di dekat kepulauan yang diperebutkan tersebut. (bbc/dtk)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization