Home / Berita / Silaturahim / PKS Johor Adakan I’dad Murabbi untuk Kesinambungan Dakwah

PKS Johor Adakan I’dad Murabbi untuk Kesinambungan Dakwah

dakwatuna.com Menjaga kesinambungan dakwah adalah keniscayaan. Oleh karena itu, Bidang Kaderisasi PIP PKS Johor, mengadakan satu kegiatan dengan tema I’dad Murabbi. Kegiatan dilaksanakan pada Ahad, 14 April 2013, dari pukul 9.00 – 18.00 waktu setempat.

I’dad Murabbi bermaksud untuk mempersiapkan murabbi-murabbi baru yang akan menjadi ujung tombak kelangsungan dakwah di Johor, Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor IKRAM Johor Bahru dengan peserta 38 orang calon murabbi. Hadir sebagai trainer di dalam kegiatan ini Ust. Abdul Wahid dari Jakarta.

Kegiatan ini dibuka dengan tilawah Al Qur’an oleh salah seorang peserta. Kemudian kata sambutan dari Ketua bidang kaderisasi PIP PKS, Johor, Malaysia. Menurut ketua Kaderisasi PIP PKS Johor, Malaysia, kegiatan ini merupakan sarana untuk mempersiapkan murabbi baru yang nanti bisa aktif di dalam dakwah di berbagai kawasan di Johor baik dari kalangan mahasiswa maupun TKI (tenaga kerja Indonesia) dan juga dalam rangka menjaga kesinambungan dakwah di Johor Bahru, Malaysia.

Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa materi, yaitu

  1. Qadhaya Ummah
  2. Ahammiyyatut Tarbiyyah
  3. Kurikulum Tarbiyah
  4. Talaqqi Maddah

Suasana acara pelatihan, peserta antusias mengikuti acara ini. Narasumber menguraikan materi dengan cara yang menarik dan berkesan dalam menyampaikannya.

Materi Qadhaya Ummah, beliau menyampaikan tentang bagaimana cara mendiagnosis penyakit Umat. Dalam menjelaskan materi ini nara sumber menyampaikan beberapa faktor penyebab penyakit umat. Di antara penyakit-penyakit umat itu antara lain karena faktor politik, ekonomi, pemikiran, sosial dan kejiwaan. Di akhir materi dilakukan diskusi kelompok serta presentasi dari setiap kelompok.

Materi Tarbiyah Kita; nara sumber menjelaskan tentang tujuan tarbiyah, sistem tarbiyah dan kurikulum tarbiyah. Nara sumber memotivasi peserta untuk menjadi murabbi dan membuka halaqah baru.

Untuk membangkitkan semangat peserta dan tidak monoton, nara sumber memandu nasyid secara bersama-sama peserta di antara sesi materi. Di antara judul nasyidnya Muhadidun ana dan Ribathul Ukhuwah. Ini nasyid klasik dan berbahasa Arab menurut nara sumber.

Setelah penyampaian materi, di akhir acara, panitia menyampaikan follow up dari acara.  Bidang kaderisasi mendorong  kawasan-kawasan unggulan di Johor, seperti Senai, Tampoi dan Taman Universiti untuk dapat membentuk halaqah baru dalam dua bulan ke depan dan membuat program murabbi magang di kawasannya masing-masing. (Feri C/ist)

About these ads

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi 4 November Murni dari Masyarakat