14:42 - Kamis, 18 September 2014

Ayo Bantu Muslim Rohingya Melalui PEMA UNSYIAH

Rubrik: Mimbar Kampus | Oleh: Safrianto - 23/04/13 | 20:20 | 13 Jumada al-Thanni 1434 H

Emas yang disumbangkan dermawan  untuk Muslim Rohingya melalui PEMA UNSYIAH. (Safrianto)

Emas yang disumbangkan dermawan untuk Muslim Rohingya melalui PEMA UNSYIAH. (Safrianto)

dakwatuna.com – Rohingya merupakan etnis minoritas Muslim yang mendiami Provinsi Arakan di sisi sebelah barat laut Myanmar berbatasan dengan Bangladesh, yang saat ini dikenal dengan provinsi Rakhine/Rakhaing. Itu sebabnya Rohingya dikenal juga sebagai Muslim Arakan yang populasinya berjumlah lebih kurang 1.000.000 jiwa dan ratusan ribu lainnya hidup dalam pengungsian di berbagai Negara (Bangladesh, Jazirah Arab, Malaysia-Thailand-Indonesia, Australia). Sejak kemerdekaan negara Myanmar pada tahun 1948, Rohingya terus menerus menjadi etnis yang tertindas dan tidak diakui sebagai bagian dari 137 etnis yang diakui di Myanmar.  Padahal, berdasarkan catatan sejarah, sebagai etnis mereka telah berdiam di Arakan sejak abad 7 M.  Alias jauh sebelum Negara Burma/ Myanmar berdiri.

Pusat Informasi dan Advokasi Rohingya-Arakan (PIARA) yang dikelola oleh Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) INDONESIA, mencatat bahwa etnis Rohingya selama beberapa dekade ini, utamanya sejak tahun 1940-an kerap mengalami penindasan, pembunuhan, penyiksaan, perkosaan, pemiskinan, maupun diskriminasi baik oleh negara, pemerintah, maupun dari sesama  penduduk yang berbeda etnis dan agama dengan mereka. Etnis Rohingya banyak yang tidak diakui kewarganegaraan Myanmar-nya.  Juga, mereka tidak mendapatkan hak-hak selayaknya warga negara.

Akibat dari semua penderitaan yang mereka alami tersebut, Muslim Rohingya banyak yang menjauh/mengungsi dari tanah kelahiran mereka. Selama tahun 2013, sudah ratusan orang Muslim Rohingya terdampar di Aceh. Saat ini ada 74 orang Muslim Rohingya yang dievakuasi oleh pihak berwenang masih menetap di Aceh Besar dan yang lainnya sudah dievakuasi ke daerah lain.

Melihat kondisi Muslim Rohingya tersebut, Pemerintah Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (PEMA UNSYIAH) membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan berupa pakaian, uang, dan perlengkapan pribadi lainnya untuk Muslim Rohingya. Bantuan bisa diantar langsung ke Kantor PEMA Unsyiah, di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah, Banda Aceh) pada Rabu-Sabtu (17-20 April 2013), pukul 09.00-18.00 WIB. Bantuan berupa uang tunai juga bias disalurkan melalui No. Rek: 7030990093 (Bank Mandiri Syariah) Atas nama Pema Unsyiah.

Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi pihak PEMA Unsyiah di nomor HP: 085376718120 (Megi), twitter: @PEMAunsyiah dan Facebook: Unsyiah Fair VIII

Sejak dibukanya Posko Peduli Muslim Rohingya oleh PEMA Unsyiah, seorang ibu yang dermawan menyumbangkan Emas sebagai wujud cintanya untuk Muslim Rohingya, semoga Allah Swt. membalas kebaikannya. Bagi saudara-saudara yang ingin memberikan sumbangan, kami menunggu konfirmasinya.

Note: foto emas yang disumbangkan dermawan terlampir.

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (2 orang menilai, rata-rata: 10,00 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
80 queries in 1,517 seconds.