Home / Berita / Nasional / Soal Miss World, MUI: Kami Tak Mau Kompromi!

Soal Miss World, MUI: Kami Tak Mau Kompromi!

miss worddakwatuna.com – Jakarta.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan tidak mau kompromi dengan segala bentuk pagelaran Miss World di Indonesia. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Kerja Sama dan Hubungan Internasional, KH Muhyiddin Junaidi mengatakan pihaknya tidak mau kompromis terhadap penolakan yang gencar dilakukan MUI.

“Kita tidak mau kompromi, walaupun acara tersebut diatur bagaimanapun agar sesuai dengan budaya timur,” kata Muhyiddin di Jakarta, Ahad (21/4).

Menurutnya, bagaimana pun bentuk pelaksanaanya, kontes Miss World akan tetap banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Nilai hedonisme dan materialisme warisan Yunani dan Romawi kuno, sangat terlihat kental dalam pelaksanaan ajang berkelas internasional itu.

Padahal, ujar Muhyiddin, umat Islam Indonesia sudah sering melontarkan penolakan segala bentuk ajang pengumbaran aurat tersebut di luar negeri. Tapi herannya, masih ada orang yang berusaha mencoba-coba melaksanakannya di Indonesia.

“Apalagi itu dilaksanakan di Indonesia, terlebih di Jawa Barat. Dimana nilai spiritual dan local wisdom masyarakatnya masih kental,” Muhyiddin menegaskan.

Menurut salah satu pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, kalau alasan pelaksanaan hanya untuk menambah kunjungan wisatawan. Ini alasan yang sangat salah. Ia mengungkapkan, untuk apa menambah wisatawan kalau kemudian harus mengorbankan nilai spiritual dan budaya ketimuran yang dipegang masyarakat sunda selama ini.

Karenanya, ia menegaskan, MUI sampai kapan pun tetap menolak pelaksanaan Miss World itu di Indonesia, terlebih di wilayah Jawa Barat. “Umat Islam harus protes keras terkait pelaksanaan ini, terlebih ini terkait dengan harga diri umat Islam dan budaya timur kita,” ujar Muhyiddin. (aa/clr/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,78 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Bundariasa

    tolak miss Word di Jabar

  • Wila Salam

    Setuju banget pa Muhyidin….. Seharusnya Gubernur Jawa Barat (Ahmad Heryawan) malu karena beliau menyetujuo ajang Miss world ini digelar di tanah Jawa Barat dimana nilai spiritual dan local wisdom masyarakatnya masih kental

Lihat Juga

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk