23:32 - Kamis, 23 Oktober 2014

Program Khazanah Trans 7 Diingatkan KPI untuk Menghindari Tayangan Khilafiyah

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 18/04/13 | 08:14 | 08 Jumada al-Thanni 1434 H

khazanahdakwatuna.com – Jakarta.  Acara khazanah yang ditayangkan oleh Trans 7 menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Ada pihak yang merasa materi yang ditayangkan menyimpang dari ajaran agama Islam. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun memanggil pihak pelapor dan Trans 7 untuk melakukan mediasi.

Komisioner KPI Bidang Kelembagaan, Idy Muzayyad, mengatakan mediasi yang dilakukan oleh KPI ini bertujuan untuk menengahi pro dan kontra yang terjadi di masyarakat. Beberapa pelapor yang merasa materi yang disampaikan oleh acara Khazanah ini menyimpang dari ajaran islam adalah Lembaga Dakwah NU, MUI Jakarta Utara, Kiai Tobali, dan beberapa perwakilan masyarakat lainnya.

Idy menjelaskan para pelapor mengaku keberatan dengan beberapa episode tayangan Khazanah yang menurut mereka berisi muatan hal-hal yang bersifat amaliyah, seperti ziarah kubur, maulid, tawassul, shalawat badhar dan muatan yang lain.

“Mereka berasumsi kalau ziarah kubur dianggap sirik misalnya, padahal Trans 7 tidak bermaksud untuk mengharamkan hal-hal demikian,” kata Idy di Jakarta, Rabu (17/4).

Namun, menurutnya Trans 7 memang mengakui ada beberapa hal yang keliru dalam penayangan episode dalam Khazanah. Misalnya, narasi dan gambar yang tidak sesuai, lafal Alquran yang kurang tepat, dan tidak cover both side.

Menurut Idy, pihak Trans 7 akan melakukan evaluasi untuk memperbaiki dan membenahi tayangan khazanah tersebut. Kemudian, pihak Trans 7 juga akan berjanji untuk mengganti episode yang memicu kontroversial tersebut dengan episode ralat.

Rencananya akan ditayangkan dalam jeda waktu secara bertahap dalam empat minggu ini, sebagai klarifikasi atas episode yang memicu keresahan masyarakat tersebut.

Idy menegaskan Trans 7 belum diberikan sanksi atas terjadinya masalah ini karena dalam mediasi ini Trans 7 berjanji akan memperbaikinya. “Kami juga mengingatkan, untuk penayangan hal-hal yang bersifat Khilafiyah, yaitu perbedaan sebaiknya dihindari, karena akan memicu keresahan berbagai pihak,” ujar pria yang menjabat pada spesiliasi tayangan agama ini.

Ke depan, KPI akan terus memonitor tayangan Khazanah tersebut, apakah Trans 7 akan tetap membandel menayangkan program yang kontroversial atau akan berubah. “Karena jika hal itu diteruskan, akan merusak hubungan antar umat beragama,” kata Idy. (rbs/clr/rol)

Redaktur: Saiful Bahri

Topik:

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (7 orang menilai, rata-rata: 7,86 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • eza

    ulama2 palsu tuh yang lapor,belum paham ilmu!!!

  • wahyu

    khilafiah kok diributin, bid’ah tuh yg harus disingkirkan

  • http://www.facebook.com/amir.rohmad Amir S Rohmad

    Supaya seimbang, NU bikin materi tandingan beserta dalil & riwayat yg sebenarnya ditayangkan di Khazanah Tran7, sehingga masyarakat bisa memilih mana yg baik dan benar

    • http://www.facebook.com/septian.danu Septian Danu Protocol

      iya tuh bener… :D
      Dalil tentang maulid, dll ..

  • http://www.facebook.com/acquatica.army Shiddiq Muhammad

    ziarah kubur kok syirik ??
    nabi muhammad malah menganjurkan kita buat ziarah kubur agar ingat mati ..

    cara ziarahnya lu kali yang syirik .. ..
    iya la ..
    ziarah kubur itu diisi dgn mendoakan simati ..
    ini malah siidup yang minta didoain ama simati ..

  • http://www.facebook.com/people/Deny-Le-Bon-Aleksandri/100000431917704 Deny Le Bon Aleksandri

    knapa harus takut menyatakan sesuatu itu salah jika memang itu salah…jgn plintat-plintut dong jd ulama…moso’ ziarah kubur pake bawa sesajen segala…syirik tuh…

  • http://www.facebook.com/septian.danu Septian Danu Protocol

    Ga usah takut Trans 7. Memang seperti itulah penegakkan tauhid. Terus maju dengan ajaran-ajaran sesuai Al-Quran dan As-sunnah!

  • Optimus Time

    yg 1 pny dalil n boleh nyebarkan…knp yg 1 lg pny dalil gk boleh nyebarkan…dalil mana nih yg plng benar…kl keduanya sma2 benar maka gk boleh saling larang dlm menyebarkan dong…gitu aja kok ribut…

  • http://www.facebook.com/slamet.rahadi2 Slamet Rahadi

    khazanah adalah acara terobosan yg innovative dari trans 7, terus tayangkan trans !!!! kami sangat mengappreasi acara tsb. formatnya bagus sekali dan tentu saja tdk kehilangan missi menyampaikan ajaran islam kpd masyarakat luas. tentu banyak yg iri dan sinis sama acara ini krn mereka tak mampu mengemas dakwah islam seperti acara khazanah, hanya orang yg tdk tolol yg bisa memformat acara dakwah seperti khazanah, maju terus khazanah

Iklan negatif? Laporkan!
81 queries in 1,393 seconds.