Home / Berita / Nasional / DPR: Sentralisasi Kepanitiaan UN, Melawan Semangat Desentralisasi

DPR: Sentralisasi Kepanitiaan UN, Melawan Semangat Desentralisasi

Anggota Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat. (TEMPO/Imam Sukamto)
Anggota Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat. (TEMPO/Imam Sukamto)

dakwatuna.comAnggota komisi X DPR RI, Surahman Hidayat, ikut  menyesalkan ditundanya pelaksanaan  Ujian Nasional (UN) 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C di 11 Provinsi, yaitu  Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut politisi senior dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu mengatakan bahwa peristiwa ini menunjukkan tidak profesionalnya Kemendikbud dalam menangani pelaksanaan Ujian Nasional.

“Saya mengkritisi setidak nya ada 2 masalah yang mendasar ditundanya pelaksanaan di 11 provinsi ini. Yang pertama adalah kepanitiaan yang masih sentralisasi, sehingga seringkali faktor distribusi soal ujian menjadi terlambat, karena jangkauan wilayah yang sangat luas. Hal ini memiliki dampak psikologis bagi para siswa peserta UN, terlebih hal ini tidak sesuai dengan semangat desentralisasi. Kemudian lanjutnya yang kedua adalah tidak profesionalnya Kemendikbud dalam melaksanakan proses penetapan pemenang tender, sehingga berdampak kepada gagalnya proses penyiapan soal UN, seperti masih banyaknya ditemukan di lapangan ketidaksinkronan antara soal dengan jawaban,” jelas Surahman Hidayat.

“Saya sangat menyayangkan padahal ini setiap tahun di laksanakan, tetapi kenapa tidak belajar tahun-tahun sebelumnya, ini jelas ada kesalahan dari manajemen pengelolaan,” tambahnya. (ist/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ahmad Zainuddin, Lc, ME
Anggota Komisi IX DPR RI dari FPKS (spesial)

DPR: Berita Kesaksian Freedy Budiman Tentang Narkoba Sangat Membuat Kita Prihatin

Organization