Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Latih 1.000 Warga Palestina

Indonesia Latih 1.000 Warga Palestina

Ilustrasi (dakwatuna)
Ilustrasi (dakwatuna)

dakwatuna.com – Jakarta.  Dalam kerangka New Asian African Strategic Partnership/NAASP, Pemerintah Indonesia juga optimistis dapat merealisasikan pemenuhan komitmen dalam melatih 1.000 warga Palestina selama periode 2008-2013. Hingga akhir 2012, RI juga telah memfasilitasi 101 kegiatan pelatihan yang mengikutsertakan 842 orang Palestina.

“Untuk mendukung tercapainya realisasi komitmen tersebut, Pemerintah Indonesia telah mengalokasikan USD1,5 juta pada 2013 untuk membiayai berbagai kegiatan capacity building di berbagai bidang antara lain, UKM, demokrasi, good governance, pertanian, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan konstruksi,” jelas Direktur Kerja Sama Teknik, Siti Nugraha Mauludiah dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/4/2013).

Pemberdayaan masyarakat lokal melalui pengembangan UMKM merupakan salah satu elemen penting dalam mendorong kemandirian ekonomi sebuah Negara. Untuk itu pemerintah RI akan berbagi pengetahuan dan pengalamannya mengenai pengelolaan UMKM serta kontribusinya dalam mendorong perekonomian Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) semula akan dilaksanakan di Ramallah-Palestina, yang bertujuan untuk berinteraksi secara langsung serta dalam rangka memberikan manfaat pelatihan kepada peserta yang lebih banyak.

Namun demikian, mengingat sulitnya memperoleh izin masuk ke Palestina maka pelaksanaan pelatihan dialihkan ke Amman, Yordania.

Pelatihan akan mengikutsertakan 30 warga Palestina yang berasal dari wakil-wakil dari Kementerian Keuangan, Bank Sentral Palestina serta instansi/lembaga yang bergerak dibidang UMKM, yang berada di wilayah Gaza dan Tepi Barat, dan Amman, Yordania.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan konkrit selain dukungan politik yang secara konsisten diberikan Pemerintah RI selama ini menuju Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat. “Indonesia akan terus melanjutkan bantuannya untuk mendukung pengembangan kapasitas SDM Palestina diberbagai bidang,” ungkap dia.

Indonesia juga terus menjajaki peluang kerja sama trilateral dengan mitra pembangunan lainnya untuk melengkapi upaya-upaya yang telah dilakukan Pemri selama ini dalam mendukung peningkatan kapasitas SDM Palestina melalui skema bilateral.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Conference on Cooperation Among East ASIAN Countries for Palestinian Development (CEAPAD) II yang akan diselenggarakan pada Februari 2014 mendatang guna menggalang dukungan Negara-negara Asia Timur dalam membantu pembangunan Palestina. (wdi/okz)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 8.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization