Home / Berita / Daerah / Gubernur Jabar: UN Sekarang Top!

Gubernur Jabar: UN Sekarang Top!

aherdakwatuna.com – Bandung.  Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memuji langkah pemerintah untuk mengatur proses Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat. Dia menilai ujian tahun ini top.

“UN sekarang itu top,” kata Aher sambil mengacungkan jempolnya usai meninjau pelaksanaan UN di SMAN 8 dan SMK 3 Kota Bandung, Jalan Selontongan, Senin (15/4/2013).

Menurut dia, pelaksanaan UN tahun ini mempunyai mekanisme yang sangat baik. Di Jawa Barat sendiri tak ada keterlambatan soal.

“Jadi untuk memanipulasi itu susah. Masing-masing kelas ada 20 orang. Satu sama lain soal berbeda. Jadi nyontek pun susah, mau BBM-an atau SMS-an itu nggak berlaku karena soalnya berbeda,” kata Aher.

Dia mengatakan, soal kini dipegang oleh Perguruan Tinggi dan diawasi oleh polisi. Jadi yang membawa soal hingga pelaksanaan UN dikawal oleh polisi. Usai UN pun, soal tidak mampir di sekolah tapi langsung diambil oleh pengawas.

“Di saat bersamaan guru bidang studi tidak boleh lagi jadi pengawas. Besok pelajaran bahasa Inggris pengawasnya tidak ada guru bahasa Inggris. SOP (standar operasi) UN sudah sangat baik,” jelas dia.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan UN seluruh siswa wajib mengikuti meski ada ada permasalahan seperti sakit, dipenjara ataupun sedang hamil.

“Ada mekanismenya ujian susulan sepekan usai pelaksanaan UN,” jelas dia.

“Di jabar sendiri ada 400 ribu peserta UN. Saya berharap tingkat kelulusan bisa sebanyak-banyaknya,” kata Aher. (ito/dzn/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • arman

    iya, saya juga sangat sangat sangat setuju dengan sistem ini…
    jadi anak tidak mengharapkan bantuan dari sms, bbm ato dari pihak SEKOLAH…
    mungkin untuk pertama ini tingkat kelulusan rendah.. tp saya yakin UN berikutnya tingkat kelulusan akan sangat tinggi karna siswa tidak mengharapkan bantuan lgi.. dan mempersiapkan semuanya dengan baik…
    INDONESIA pasti BISA…
    MAJU dan BERKEMBANG tanpa kecurangan…
    dan berharap KORUPSI menurun…
    karna CURANG gak ada bedanya dengan KORUPSI..

Lihat Juga

Lakukan Perjalanan Umrah, Aher Promosikan Jabar kepada Imam Masjidil Haram