Topic
Home / Pemuda / Essay / Don’t Worry With UN

Don’t Worry With UN

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Al-Baqarah: 286)

Ujian nasional sebenarnya ujian yang tak perlu ditakuti. Apalagi sampai stress gara-gara ujian nasional. Atau malah bunuh diri karena stress UN. Wah gak banget deh…hehe. Ada beberapa hal kenapa Ujian Nasional itu gak perlu ditakuti.

1. Ujian nasional sebenarnya cuma akumulasi dari ujian-ujian seperti ujian semester atau bahkan ujian harian sekalipun. Anggap saja kita ujian biasa. Itu adalah satu poin penting untuk mengurangi rasa takut dan cemas saat menghadapi ujian nasional.

2. Ujian nasional itu materinya apa to? Materinya ya cuma materi yang telah kita pelajari selama di jenjang itu, contoh Ujian nasional SMA, ya jelas materinya cuma sekitar materi SMA, gag lebih gag kurang!!! So? Don`t worry lah… Hehe.

3. Ujian nasional itu hanyalah satu dari sekian ujian hidup ini, masih banyak ujian hidup yang lebih bergengsi dan menantang. Kalau diibaratkan hanyalah sebutir pasir di luasnya pantai…So UN memang penting dan harus kita persiapkan, namun jangan terpaku dan tergila dan tergalaukan UN saja, masih banyak tantangan yang menanti torehan tangan kita…

4. Ingat Hukum Newton 3 bro, ada aksi otomatis ada reaksi, ada usaha ada hasil, tentu mari kita persiapkan dengan optimalkan usaha kita, Insya Allah hasil pasti ada. Dan ingat besarnya usaha yang kita lakukan akan berpengaruh pada besarnya hasil yang kita peroleh, tentunya biidznillah…

5. Yang terakhir dan TERPENTING sesungguhnya, karena kita punya ALLAH SWT, apapun permasalahan gag usah bingung gag usah galau, mari kita curhat dengan Allah, semua masalah kalau kita yakin maka akan terselesaikan, Asal kita telah berusaha dan berdoa. Yakinlah hal itu, asal kita juga harus konsekuen, kita taat beribadah, otomatis kita akan dimudahkan segalanya…So? UN memang ajang yang paling tepat untuk bertaubat yang nasuha, taubat yang sebenarnya…

Yang terpenting mari kita persiapkan untuk menghadapi UN, gag usah galau gag usah takut, yang penting kita usaha, usaha, usaha tentunya kita iringi dengan doa. Insya Allah sukses buat usaha kita. Untuk yang besok mau UN, sukses, semoga bisa sesuai harapan!!! Semangat bro n sis!!!

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...
Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Korea Selatan Periode 2017-2018. Ketua Indonesian Muslim Student Society in Korea Periode 2016-2017. Lulusan master di Computer Science and Engineering Seoul National University, pernah menjadi Researcher Assistant di Sungkyunkwan University, Korea. Suka traveling, menulis, coding, dan blogging. Memiliki semboyan, beraksilah niscaya Allah akan mereaksikan ikhtiarmu!

Lihat Juga

Program Polisi Pi Ajar Sekolah, Pengabdian Polisi Jadi Guru SD dan TK

Figure
Organization