Home / Berita / Nasional / PKS: Kedisiplinan dan Kasus Korupsi Perburuk Citra Dewan

PKS: Kedisiplinan dan Kasus Korupsi Perburuk Citra Dewan

Suasana pelantikan anggotan Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2009-2014, di Gedung MPR/DPR, Jakarta,dakwatuna.com – Jakarta.  Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid mengamini kinerja anggota DPR belum memenuhi harapan publik. Rendahnya tingkat kedisiplinan dan kasus korupsi membuat citra dewan terpuruk.

“Kinerja anggota dewan wajar dikritik. Dari sisi kehadiran di rapat paripurna dan komisi juga masalah anggota dewan menambah citra buruk,” kata Hidayat saat dihubungi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Sebagai hukuman, masyarakat diminta tidak memilih caleg yang bermasalah di Pileg 2014 nanti. “Anggota dewan yang tidak produktif ya dihukum dengan tidak dipilih lagi,” tuturnya.

Masyarakat yang punya hak pilih sebut Hidayat harus ikut bertanggungjawab menjadi bagian dari solusi perbaikan dewan. “Yang kinerjanya buruk dan malas harus dihukum,” tegasnya.

Hidayat juga mengakui performa fraksinya belum bisa memenuhi harapan publik. “Tapi kami mencoba serius mengerjakan amanah rakyat dengan baik,” tuturnya.

Ini dibuktikan dengan tingkat kedisiplinan anggota PKS di rapat paripurna dan alat kelengkapan lainnya. “Kalaupun tidak 100 persen hadir, ada alasan yang diberikan,” sebutnya.

Performa maksimal juga coba ditunjukkan PKS dalam sejumlah pembahasan RUU. “RUU Ormas kami menginisiasi memperjuangkan kepentingan umat agar tidak berlaku asas tunggal dan itu lolos,” ujar Hidayat mencontohkan.

PKS juga tetap kritis terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. “Walau kalau voting kami kalah karena hanya 57 suara,” kata dia.

“Jadi kritik terhadap DPR tetap penting tapi jangan divonis untuk meminta pembubaran DPR. Karena anggota yang baik dan tidak bermasalah juga banyak,” tutup Hidayat. (fdn/dtk)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Mucharam. (IST)

DPR: RAPBN 2016 Harus Menjawab Ekspektasi Masyarakat dengan Asumsi yang Realistis