Home / Berita / Nasional / Lembaga Keuangan Syariah Dapat Bantu Sektor Riil

Lembaga Keuangan Syariah Dapat Bantu Sektor Riil

bank syariahdakwatuna.com – Jakarta.  Kementerian Koordinator Perekonomian mengharapkan lembaga keuangan syariah harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan dalam sektor riil.

Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Perdagangan dan Industri, Edi Putra Irawadi mengatakan, lembaga keuangan syariah mengetahui apa yang dibutuhkan dalam sektor riil menjadi hal penting bagi penerapan keuangan syariah. “Perbankan syariah tidak hanya menyalurkan kredit, tetapi apa yang dibutuhkan masyarakat secara riil,” ujar Edi, saat workshop Untung Rugi Investasi Emas, Rabu (10/4/2013).

Edi mencontohkan mengenai kebutuhan petani.”Petani tidak butuh kredit tetapi ia membutuhkan pupuk sehingga petani dapat menerima apa yang dibutuhkan. Ini saya kira instrumen yang perlu dicoba selain dari sudut kredit,” kata Edi.

Menurut Edi, istilah syariah yang berkembang perlu adanya peralihan ke istilah yang sudah dipahami oleh masyakarat luas. “Transfer istilah misal Murahabah, Mudorobah dan syirkah itu jika ditransfer akan dapat dipahami masyarakat tanpa mengurangi maksud dan tujuannya,” tutur Edi.

Selain itu, Edi mengharapkan pemerintah mendukung perbankan dan keuangan syariah dengan regulasi. (wyt/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Good Corporate Governance (GCG) di Bank Syariah dan Bank Konvensional