Home / Berita / Nasional / Primary Election Hanya Basa Basi Politik

Primary Election Hanya Basa Basi Politik

klb demokratdakwatuna.com – Jakarta. Upaya Partai Demokrat menjaring kandidat calon presiden melalui konvensi partai atau primary election dinilai pengamat politik Arie Dwipayana sebagai basa basi politik guna mendukung sejumlah calon yang telah dikehendaki.

“Harus diuji seberapa serius gagasan itu. Kalau hanya ingin menjadikan legitimasi secara politik, itu hanya basa-basi saja,” kata pengamat dari Universitas Gajah Mada ini kepada awak media, Senin.

Dia menilai kompetisi politik seharusnya memang dilakukan secara terbuka, sehingga tidak hanya kader partai tetapi juga non kader berhak mendapatkan kesempatan untuk diseleksi.

Namun di satu sisi, Partai Demokrat membuka kesempatan kepada politisi level bawah untuk mencalonkan diri menjadi calon presiden.

“Nominasi kandidat capres bisa berasal dari bawah dengan dipilih langsung oleh konstituen partai. Artinya, kandidat capres betul-betul didukung konstituen partai terbawah,” jelasnya.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan melakukan sistem pemilihan pendahuluan untuk menyeleksi kandidat capres dari partai itu.

“Ada kader dari dalam, ada dari luar. Sedang dalam penggodokan bagaimana proses teknisnya,” kata Yudhoyono.

Sistem konvensi ini mengadopsi model pemilihan di Amerika Serikat yang dilakukan untuk menjaring calon presiden dari internal sebelum kemudian dipublikasikan ke masyarakat. (jms/ant)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (evl.uic.edu)

Konflik Peradaban dan Kebijakan Politik Barat

Organization