Home / Berita / Nasional / Baznas Galang Kesadaran Membayar Zakat

Baznas Galang Kesadaran Membayar Zakat

Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhuddin (RoL)
Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhuddin (RoL)

dakwatuna.comBadan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggencarkan kesadaran berzakat dengan memperkenalkan dua duta zakat yang akan membantu mempromosikan kewajiban bagi Muslim di Indonesia untuk menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) miliknya.

“Zakat perlu dipromosikan kepada masyarakat. Maka dengan ditunjuknya Anggito Abimanyu dan Sandiaga Uno, kami berharap dapat membantu mengumpulkan zakat lebih banyak lagi bagi umat Islam yang mampu,” kata Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhuddin, di Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Didin mengatakan zakat, infaq dan shodaqoh dapat membantu orang Muslim yang mampu secara materi untuk mensucikan hartanya.

“Terdapat hak orang miskin di dalam harta yang dimiliki. Pembayaran zakat bagi yang mampu akan menjadi alat menjembatani kesenjangan sosial antara orang kaya dengan mereka yang tidak mampu,” katanya.

Berdasarkan data penelitian Baznas yang bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2011, potensi zakat, infaq dan sodaqoh dari masyarakat Indonesia senilai Rp 217 triliun per tahun.

Namun, sejumlah badan amil zakat di Indonesia hanya menerima Rp 1,73 triliun atau 0,8 persen dari potensi penerimaan ZIS.

“Rendahnya pengumpulan zakat mengharuskan kerja keras semua pihak untuk terus memberikan penyadaran pentingnya melaksanakan salah satu rukun Islam ini,” katanya. ”Termasuk terus mengkampanyekan pembayaran zakat melalui amil resmi.” (Didi Purwadi/Antara/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Zakat Itu Memberdayakan, Zakat Yuk!