Home / Pemuda / Pengetahuan / Eksperimen Air dan Suara yang Menakjubkan

Eksperimen Air dan Suara yang Menakjubkan

[youtube uENITui5_jU 640]

dakwatuna.com Bagaimana jadinya jika air dan frekuensi suara dipadukan? Ternyata menakjubkan, air yang keluar dari lubangnya jatuh tidak lurus seperti biasa, namun membentuk seperti lintasan spiral atau zig-zag tergantung frekuensi suara yang disetel. Eksperimen ini insya Allah akan sangat menyenangkan untuk kita coba dan perhatikan.

Adalah “Brusspup”, seorang pengguna YouTube yang melakukan eksperimen ini. Video hasil eksperimennya dia unggah ke dalam YouTube tanggal 11 Maret 2013 yang lalu. Dan ketika artikel ini diturunkan, sudah lebih dari 4,5 juta orang melihat videonya tersebut.

Dalam keterangan videonya tersebut, Brusspup memberikan penjelasannya sebagai berikut.

Untuk mencobanya, kita membutuhkan kamera dengan kecepatan 24 fps. Efek yang terjadi tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Efeknya hanya bekerja melalui kamera. Namun, ada versi percobaan lain yang bisa kita coba di mana efeknya bisa dilihat dengan mata telanjang. Tapi untuk percobaan ini butuh lampu sorot.

Sedangkan untuk video yang diunggah oleh Brusspup ini, dia menjelaskan beberapa perlengkapan yang diperlukan, yaitu:

  • Sebuah speaker
  • Sumber air
  • Selang karet lunak
  • Software penghasil nada (tone)
  • Kamera 24 FPS
  • Selotip

Bentuklah konfigurasi sehingga selang karet ke bawah melewati speaker dan selang menyentuh speaker tersebut. Buat sekitar 1 atau 2 inci dari selang menggantung melewati bagian bawah speaker. Amankan selang ke speaker dengan selotip atau sejenisnya. Tujuannya adalah untuk memastikan selang menyentuh speaker sehingga ketika speaker menghasilkan suara (bergetar) akan menggetarkan selang.

Atur kamera dan setel ke posisi 24 FPS. Semakin tinggi kecepatan bidiknya semakin baik hasilnya. Tapi juga perlu diingat bahwa semakin tinggi kecepatan yang disetel, maka butuh cahaya lebih. Sambungkan kabel audio dari komputer ke speaker. Atur software penghasil nadanya ke frekuensi 24hz dan mainkan nadanya. Nyalakan air. Sekarang lihat melalui kamera dan perhatikan keajaiban telah dimulai. Jika ingin air terlihat seperti bergerak mundur, atur frekuensi ke 23hz. Jika ingin melihat seperti bergerak maju dalam gerakan lambat, setel frekuensi ke 25hz.

Selamat mencoba.

(dakwatuna/hdn)


Video Courtesy: YouTube / brusspup

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,56 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • Jarot Eko Saputra

    sumber videonya dong

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Dunia Sangat Menakjubkan, Tetapi Ada yang Lebih Lagi…