Home / Berita / Nasional / Pagi, Waktu Terbaik untuk Berolahraga

Pagi, Waktu Terbaik untuk Berolahraga

jogingdakwatuna.com – Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Intensitas olahraga yang teratur, disertai pola hidup sehat, tubuh akan menjadi bugar dan energik.  Namun, selain pilihan bentuk olahraga dan tingkat keseringan, ternyata waktu dalam olahraga juga perlu  diperhatikan. Ada waktu yang paling baik untuk olahraga.

Banyak di antara kita memilih olahraga di waktu malam hari, atau  sore hari.  Menurut sejumlah pakar kesehatan dan kebugaran, pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan aktivitas fisik. Berikut manfaat olahraga di pagi hari.

Membuat pikiran lebih tajam

Saat tidur, semua hormon yang terlibat dalam aktivitas meningkat, sehingga tubuh akan merasa lebih aktif dan segar saat pagi hari. Karena itu olahraha pagi merupakan sarana yang efektif untuk memperoleh kesegaran, sehingga efeknya dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam selama 4 sampai 10 jam setelah berolahraga.

Membantu meningkatkan energi

Menurut penelitian pakar kesehatan, orang yang sering melakukan olahraga pagi memiliki  mampu meningkatkan energi alami yang jauh lebih efektif dalam jangka panjang, dibandingkan dengan minum secangkir kopi.

Membakar kalori lebih banyak dan mengatur nafsu makan

Bagi orang yang kelebihan kalori, pagi hari adalah waktu yang paling baik untuk melakukan proses pembakaran kalori. Berdasar penelitian, olahraga di pagi hari bisa membakar kalori dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan waktu lainnya. Selain itu juga bisa membantu mengatur nafsu makan agar tidak berlebihan.

Menurunkan berat badan

Seringkali kita, atau banyak orang belum menyadari bahwa olahraga di pagi hari sangat berguna untuk keseluruhan kebugaran dan juga proses penurunan berat badan. Meskipun hanya berolahraga lari atau berjalan kaki selama 10 menit setiap hari, tetap bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh dalam proses penurunan berat badan.

Meningkatkan kualitas tidur dan mengatur normalisasi jam biologis

Dalam artikel kesehatan sebelumnya pernah dibahas bahwa tidur tidak terlalu larut malam dapat mencegah terjadinya penyakit kanker hati. Oleh karena itu, olahraga di pagi hari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam. Sebaliknya olahraga di malam hari justru membuat tidur malam dengan tenang. Olahraga di pagi hari juga membantu mengatur jam biologis tubuh menjadi normal. (dwi/tjk)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (rezadewangga.deviantart.com)

Jika Pagi Telah Tiba