Home / Berita / Internasional / Amerika / Bagaimana Umat Muslim AS Perbaiki Citra Islam?

Bagaimana Umat Muslim AS Perbaiki Citra Islam?

Muslim AS ditengah keragaman
Muslim AS ditengah keragaman

dakwatuna.com – Pasca tragedi kemanusiaan 11 September 2001, kaum Muslim di Amerika Serikat (AS) berupaya keras untuk mengubah perspektif publik Negeri Paman Sam.

Untuk itu, komunitas Muslim di AS kemudian membentuk program “ketuk pintu tetangga” yang bertujuan mengembalikan citra Islam sebagai agama yang cinta damai dan anti terhadap kekerasan.

Program ini digagas oleh Ustaz Shamsi Ali, Warga Negara Indonesia (WNI), yang ditunjuk menjadi Imam di Pusat Kebudayaan Islam di New York, AS.

Sesuai namanya, konsep ketuk pintu tetangga ini direalisasikan dengan cara mendatangi dan mengetuk pintu para tetangga yang berada di sekitar tempat tinggal mereka dan Pusat Kebudayaan Islam itu.

“Saya memulainya dari rumah para tetangga yang ada di dekat rumah sewaan saya di Queens, New York,” ujar Shamsi, di sela diskusi mengenai dialog antaragama di auditorium Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI), 28 Maret 2013.

“Kemudian, saya lanjutkan dengan mendatangi rumah para tetangga yang ada di sekitar mesjid Pusat Kebudayaan Islam itu,” katanya.

Tak hanya itu, Shamsi dan komunitas Islam di New York juga mengadakan open house dan mengundang para tetangga untuk bersosialisasi, sekaligus mengenalkan kepada mereka bagaimana konsep Islam yang sesungguhnya.

Menurut Shamsi, langkah ini dianggap lebih jitu ketimbang memberikan ceramah saja. (mc/sd/vvn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 9,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Protes terhadap sikap rasis Trump. (aljazeera)

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir

Organization