Home / Berita / Nasional / Capaian MDGS Rumah Zakat Ikut Bantu Tekan Angka Kemiskinan

Capaian MDGS Rumah Zakat Ikut Bantu Tekan Angka Kemiskinan

RZdakwatuna.cm – Sebagai lembaga filantropi internasional berbasis pemberdayaan, Rumah Zakat telah berhasil mencapai target target Millenium Development Goals (MDGs) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Setidaknya ada tujuh target dari delapan target yang berhasil dicapai Rumah Zakat.

Sepanjang tahun 2012, beragam program Rumah Zakat di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan telah mencapai keselarasan dengan target delapan program Millenium Development Goals (MDGs) dari PBB.

Dalam rangka memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem, Rumah Zakat telah melakukan intervensi 240 balita dalam program Siaga Gizi Balita. Sebanyak 81 persen diantaranya mnegalami kenaikan berat badan. Selain itu, Rumah Zakat juga telah membina 928 orang dalam hal peningkatan pendapatan.

Kemudian dalam upaya mewujudkan pendidikan dasar untuk semua serta mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, sebanyak 666 (69,5 persen) dari total penerima manfaat pemberdayaan masyarakat adalah perempuan. “Di bidang pendidikan, di 13 Sekolah Juara yang kami bina, dari 1.617 siswa sebanyak 46 persennya adalah perempuan,” kata CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Efendi megatakan, untuk menurunkan angka kematian anak meningkatkan kesehatan ibu, Rumah Zakat memiliki program Klinik Pratama Rumah Bersalin Gratis (RBG) dan Layanan Bersalin Gratis. Dari 1.647 kelahiran yang dibantu oleh Rumah Zakat, 100 persen ibu selamat dengan angka kematian bayi 0,24 persen. “Kamipun berupaya untuk memerangi penyakit dengan melakukan advokasi penderita kusta bersama Kementerian Kesehatan RI di Subang Jawa Barat tahun 2012,” ujar Efendi.

Sementara itu, dalam upaya memastikan kelestarian lingkungan, Rumah Zakat telah melakukan penanaman 5.505 mangrove dan bibit tanaman keras pada event Kemah Juara 2012 dan menyediakan Sarana Air Bersih (Water Well) di 163 titik di Indonesia.

“Rumah Zakat juga menjalin kemitraan global bersama NGO Internasional Asia Tenggara untuk misi kemanusiaan di Rohingya, Somalia dan Palestina,” kata Efendi.

Penghimpunan Dana ZIS Meningkat 22 persen
Di tahun 2012, Rumah Zakat mendapat kepercayaan dari 120.659 donatur dari Aceh hingga Papua untuk mengelola dana Zakat Infak dan Shadaqah (ZIS) serta dana kemanusiaan lainnya yang mencapai Rp177 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 22 persen.

Adapun jumlah Penerima Layanan Manfaat Rumah Zakat pada tahun 2012 mencapai 1,54 juta orang, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 84 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Lewat gerakan Big Smile Indonesia yang dikemas melalui serangkaian program di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan, Rumah Zakat mendirikan 13 Sekolah Juara untuk siswa kurang mampu, 8 Rumah Bersalin Sehat Keluarga, 17 Balai Bina Mandiri dan melakukan pembinaan di 122 wiayah Integrated Community Development (ICD).

Tahun ini, Rumah Zakat memiliki target untuk menghimpun ZIS dan dana kemanusiaan lainnya sebesar Rp1 triliun dan membantu 3 juta penerima manfaat. “Semakin banyak dana yang dihimpun akan dapat membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan,” ujar Efendi.(ra/vvn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Peta Papua (papuaweb.org)

KAMMI Tuding Jokowi Tidak Serius Urus Papua

Organization