Topic
Home / Berita / Nasional / Pengamat : jangan sepelekan faktor nonakademik hadapi UN

Pengamat : jangan sepelekan faktor nonakademik hadapi UN

undakwatuna.com – Jakarta.  Ujian Nasional (UN) yang akan dihadapi para pelajar pada bulan April dijamin dapat dilewati siswa secara sukses bila memperhatikan faktor akademik dan nonakademik, kata pengamat pendidikan Saufi Sauniawati.

“Faktor akademik menyangkut kesiapan siswa mempelajari kisi-kisi ujian melalui latihan, mengulas soal, mengikuti bimbingan belajar. Sedangkan nonakademik ini yang sering disepelekan, salah satunya menyangkut alat tulis yang digunakan,” kata Saufi Sauniawati pada acara peluncuran situs “www.latihanujian.com” yang didukung oleh Faber Castell Internasional Indonesia di Jakarta, Selasa.

Hal senada ditegaskan Managing Director PT Faber Castell International Indonesia Yandramin Halim, berdasarkan studi sebanyak 25 persen siswa yang tidak lulus UN karena kesalahan nonakademik.

“Kesalahannya seperti kesalahan melingkari jawaban, lingkaran jawaban yang ganda atau jenis pensil yang tidak tepat,” ujarnya.

Lebih lanjut Saufi menyatakan faktor nonakademik yang memengaruhi kesuksesan siswa dalam mengerjakan UN, salah satunya teknik pengisian lembar jawaban menyangkut jenis pensil dan penghapus yang digunakan.

“Kelihatannya sepele, tetapi pengalaman saat melakukan try out membuktikan banyak siswa gagal karena tidak memperhatikan jenis pensil yang harus digunakan, yaitu 2B,” katanya.

Berdasarkan pengalamannya ketika diminta untuk melakukan try out di Kabupaten Cimahi, Kabupaten Bandung, dari 6.200 peserta try out, ada 927 siswa yang lembar ujiannya tidak terbaca.

Saufi juga menjelaskan sebaiknya soal ditadahi dengan alas karena tekanan pada pensil pada saat menghitamkan di lembar jawaban yang langsung bersentuhan dengan meja akan memengaruhi pemindaian.

Selain itu memegang pensil juga jangan tegak namun dimiringkan dengan pensil digenggam jempol dan telunjuk dan jari tengah. Pasalnya, genggaman pensil juga turut memengaruhi syaraf di otak sehingga mampu lebih konsentrasi.

Portal Ujian

Sementara itu Manajer Produksi Faber Castell Christian mengatakan bahwa portal www.latihanujian.com dibuat mengacu dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mengenai keunggulan portal ujian www.latihanujian.com, Christian menjelaskan beberapa hal, diantaranya soal yang dibuat dapat digunakan bagi peserta ujian kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA (IPA & IPS), materi soal dibuat sesuai dengan standar kelulusan/SKL, dilengkapi dengan pembahasan soal yang menyeluruh dan pengoperasian yang mudah serta segera dapat diketahui hasilnya karena nilai cepat keluar.

Terkait dengan pembahasan materi soal yang menyeluruh, portal ujian www.latihanujian.com menurut Christian akan membantu peserta ujian mengetahui jenis materi soal apa yang perlu ditingkatkan, karena di dalamnya akan dilengkapi dengan pembahasan yang lengkap yang tidak dimiliki oleh tryout-tryout umumnya.

Sebagai contoh dalam soal, peserta ujian kesulitan menjawab soal mengenai phytagoras atau himpunan, maka siswa maupun pihak sekolah dapat fokus meningkatkan di soal materi tersebut. (tt/atn)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Universitas Al-Quds dan Universitas Harvard Jalin Kerja Sama Akademik

Figure
Organization