Home / Berita / Nasional / Wasekjen PKS Ingin HMI Berbenah

Wasekjen PKS Ingin HMI Berbenah

Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq. (skalanews.com)
Wakil Sekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq. (skalanews.com)

dakwatuna.comPolitisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) angkat bicara soal kisruh di tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Diharapkan, kisruh itu tuntas dengan damai.

“PKS berharap kongres HMI bisa membuka kembali pintu harapan kaum muda terdidik Indonesia akan peran organisasi ekstra kampus yang mandiri, solid dan kontributif sebagai motor agen perubahan di ranah masyarakat sipil,” jelas Wakil Sekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq dalam keterangan persnya, Selasa (26/3/2013).

Menurut dia, kisruh Kongres HMI ini semakin menenggelamkan peran mahasiswa. Apalagi, selama pasca reformasi, tidak ada peran berarti.

“Hampir 10 tahun, gerakan mahasiswa dan kelas menengah di Indonesia mengalami pelemahan peran akibat sistem politik, ekonomi, hukum dan budaya yang makin pragmatik dan nyaris kehilangan visi kenegaraan Indonesia,” jelas Ketua Komisi I DPR ini.

Lanjut Mahfudz, HMI harus berbenah. Apalagi, saat Kongres sekarang ini. Tidak justru terjebak pada konflik yang tidak menguntungkan.

“Ini momentum terbaik bagi HMI untuk menunjukkan elan-vital perjuangannya, dengan modal visi keumatan dan kebangsaan yang jelas, soliditas organisasi dan jaringan, serta produktifitas peran-peran perubahan yang bisa dimainkan di lapangan yang luas,” jelasnya.

Dia mengatakan, Kongres HMI ini harus bebas dari politik. Dia khawatir, ada intervensi politik dari kisruh ini. “Namun kongres HMI kali ini juga perlu dikelola cermat. Karena sangat mungkin ada tangan-tangan kekuasaan yang ingin menyeret HMI ke pusaran konflik dan mensublimasi energi perjuangannya,” ujar Mahfudz. (tjs/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anies-Sandi Dinilai Memiliki Integritas yang Sangat Baik