Home / Berita / Nasional / Amerika: Indonesia Tidak Adil Karena Batas Ekspor AS dan Lindungi Petani Indonesia

Amerika: Indonesia Tidak Adil Karena Batas Ekspor AS dan Lindungi Petani Indonesia

Ilustrasi (harianberita)
Ilustrasi (harianberita)

dakwatuna.comAmerika Serikat (AS) kembali mengancam Indonesia ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) jika tidak mencabut kebijakan pembatasan impor hortikultura dan daging.

Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan, Amerika Serikat berencana membuat panel sengketa perdagangan di WTO dalam waktu dekat.

“Per tanggal 26 Maret ini Amerika Serikat meminta dibentuk panel di WTO, tetapi Indonesia masih punya kesempatan untuk menahan panel,” kata Iman saat melakukan jumpa pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Tetapi tentunya, kata Iman, pemerintah akan terus merespons tuduhan AS terhadap Indonesia. AS pernah menyatakan Indonesia telah membuat kebijakan impor yang tidak adil, karena membatasi ekspor Amerika Serikat, dan melindungi petani Indonesia.

“Tetapi tentunya Indonesia akan coba merespons sedemikian rupa, terutama kita akan mencoba sebaik-baiknya merespons tuduhan Amerika tapi tanpa mengubah kepentingan kita sendiri. Jika satu bulan setelah itu kalau mereka kemudian tidak ada perkembangan yang baik tentunya akan dibentuk panel,” katanya.

Terkait kebijakan pembatasan impor, Iman berkilah, kebijakan yang diambil murni karena ingin mengembangkan potensi domestik baik produk hortikultura maupun daging.

“Bahwa ini kan ekonomi yang sedang tumbuh kita perlu tempat untuk mengembangkan ekonomi kita yang lebih jauh lagi ini dengan komoditas baik itu hortikultura, daging dan lain-lain,” cetusnya.

Kebijakan pemerintah Indonesia menahan impor daging dan buah telah membuat petani dan peternak AS kehilangan pasar, karena selama ini Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar produk buah dan daging asal AS. (wij/dnl/detikfinance)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (17 votes, average: 8,47 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • amerika merengek kayak anak kecil yang kehilangan permennya ..

  • Akan lebih tidak adil jika pemerintah menuruti AS sedangkan Petani Indonesia kelaparan dan makin miskin

  • Irham Taufik

    tunjukkan kalau Indonesia adalah negara yg berdulat..bukan negara boneka..tunjukkan bahwa Indonesia itu memang mampu swasembada….

  • Assalammu’alaikum….
    yaaaa….. si Amerika maksa ….. kalau sampai si WTO nurut ama si Amrik berarti ada “sesuatu”

  • Indonesia pasti akan lebih berkambang lagi jika tidak ada campur tangan Amerika… Kalau sampe WTO menyetujui apa yg diminta Amerika berarti WTO ada main mata sama Amerika… Amerika menangis kalau kehilangan pasar terbesarnya di Indonesia..hahhaa

  • aneh

  • Trie Lastri M

    Ish,,,,,,,, menjijikkan bgt nie Amerika..

    Indonesia harus tegas donk.. negara ini negara agraris jangan mau jadi kambing congek amerika

  • nair

    Bangkitlah rakyat dan bangsaku Indonesia, marilah bangkit menjadi bangsa yang mandiri, jangan selalu berada dibwah ketiak bangsa lain, merdekakan rakyat dan bangsa ini…Indonesia Raya..Merdeka..dengan seutuhnya..Indonesia maniac..

Lihat Juga

Wakaf Sebagai Solusi Pengembangan Infrastruktur di Indonesia