Home / Berita / Internasional / Demi Jilbab Putri Salikhov

Demi Jilbab Putri Salikhov

Muslimah Rusia
Muslimah Rusia

dakwatuna.com Hidup keluarga Ali Salikhov mendadak nelangsa. Pejabat lokal Stavropol, wilayah perbatasan Rusia dengan Dagestan, menerapkan larangan berjilbab. Khususnya, untuk lembaga milik pemerintah macam sekolah.

Putrinya yang berjilbab, Raifat, turut mendapatkan imbasnya. Demi mempertahankan jilbab putrinya, Salikhov pun mengirim Raifat ke Dagestan.

Remaja itu tak kuasa menahan air mata karena harus meninggalkan tanah yang dicinta. Sepupu Raifat, Amina (10 tahun) memilih cara lain. Orangtuanya mengundang guru privat ke rumah. Sedangkan adik Amina belajar dengan mandiri. Saban pagi, mereka duduk tenang di kursi dapur untuk belajar mewarnai.

Cobaan bagi Muslim di wilayah pinggiran Rusia ini berasal dari sikap keras seorang guru, Marina Savchenko. Dia menolak mengizinkan siswi berjilbab masuk kelas.

Tak disangka, sikap kepala batu Marina sepaham dengan pemerintah lokal. Pejabat setempat membuat aturan berseragam yang tak memungkinkan Muslimah menutup aurat.

Pembatasan ini berdampak pada 10 persen Muslim dari 2,7 juta jiwa yang tinggal di Rusia. Meski begitu, Muslim berupaya melawan. Pada Kamis (21/3) ini, perdebatan soal jilbab pun dibawa ke persidangan.

Desember lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memang menyatakan penolakannya terhadap jilbab.”Tak ada hijab dalam kebudayaan kita. Ketika saya katakan kita, maksudnya Islam tradisional,”ujarnya.

Menurutnya, sejumlah sejahrawan Rusia mendukung teori itu. Jadi, tuturnya, tak mungkin bagi Rusia mengadopsi ‘tradisi asing’ itu.

Di tengah pergolakan, Salikhov tetap berpegang teguh pada pendiriannya. Dia menegaskan tak akan menyerah dengan larangan pemerintah.

“Jika mereka pikir karena sesuatu yang terjadi pada anak perempuan saya membuat saya akan melupakan agama ini, saya katakan tidak. Agama adalah tujuan hidup saya,”ujarnya, seperti dikutip New York Times. (FK/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (29 votes, average: 9,34 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Rusia negara apa tuch? Ngjak perang ma agama islam.

    • David Junadi

      kasian amat gak tau rusia…

  • Tidak pake jilbab sama dengan telanjang. . . hehe….

  • Masya Allah…. tenang saudariku Allah bersama kita. Bismillah

  • Alek Kurniawan

    Mari kita syukuri, kita hidup di negri yang masih memberikan kebebasan dalam mengenakan jilbab, mari kita dakwahkan pemakaian jilbab yang sesuai syar’i kepada muslimah2 di sekitar kita, dengan memberikan pemahaman melalui cara yang baik yang mencerminkan islam sebagai rahamatan lil alamin. Dengan baiknya ahlak para wanita Indonesia, maka akan baik pulalah ahlak generasi2 muda kita

    • abu syahdan

      Masih belum semua bebas jilbab mas, contohnya KAPOLRI belum melegalkan jilbab di kesatuannya, padahal semua petinggi POLRI rata-rata muslim tapi tidak punya kemampuan untuk memutuskan yang haq menurut keyakianan agamanya… Mereka mengerti siapa TUHANNYA tapi kita tidak pernah tau siapa ILLAHNYA

Lihat Juga

Jasad Awak Pesawat Tempur Rusia Ditukar dengan 169 Oposisi yang Ditahan Asad