Home / Berita / Internasional / Asia / Ekstremis Budha Ancam Hancurkan Masjid Bersejarah Sri Lanka

Ekstremis Budha Ancam Hancurkan Masjid Bersejarah Sri Lanka

Masjid Kuragala. (pixeltrail.la-ulu.com / ROL)
Masjid Kuragala. (pixeltrail.la-ulu.com / ROL)

dakwatuna.com – Colombo. Perseteruan umat Islam dan Budha di Sri Lanka tampaknya masih terus memanas. Setelah menentang label makanan halal bagi umat Islam, kini ekstremis Budha menyerukan penghancuran sebuah masjid bersejarah bernama Kuragala.

Masjid yang telah berusia lebih dari 10 abad tersebut secara sepihak diklaim dahulunya adalah biara milik umat Budha. Umat Islam dituduh telah mengambi lalih tempat ibadah mereka dan menjadikannya sebagai masjid.

Sekretaris Jenderal Bodu Bala Sena (BBS) Ven.Galaboaththe Gnasara Thero mengatakan, kelompoknya telah memberikan umat Muslim waktu hingga 30 April untuk meninggalkan Masjid Kuragala.

Jika hingga batas waktu yang ditentukan masjid tersebut belum juga di kosongkan, maka Pasukan Budhis tersebut akan menghancurkannya, seperti dilaporkan Colombo Page, Senin (18/3) yang dilansir dari Onislam.

Asal-usul Masjid tua Kuragala menurut versi Budha,  kompleks tersebut dulu merupakan Biara Buddha. Setelah itu, para pedagang muslim datang ke sana dan membangun sebuah masjid juga sebuah kuil yang dibangun oleh Qutab Muhiyadeen Abdul Kader Jailany.

Para ekstremis Buddha tersebut juga beralasan adanya reruntuhan kompleks tersebut telah dinyatakan sebagai situs arkeologi oleh pemerintah. Namun kisah itu masih simpang siur karena kejadiannya sudah lebih dari seribu tahun silam. (Hannan Putra/A.Syalaby Ichsan/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 4,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Masjid Ramah Anak