03:45 - Kamis, 31 Juli 2014

Fakta Sejarah: Yang Pertama Akui RI Merdeka Bukan Vatikan, Tapi Mesir, Suriah, Lebanon, dan Irak

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 16/03/13 | 15:20 | 05 Jumada al-Ula 1434 H

Ilustrasi (inet)

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) boleh dibilang melakukan blunder bila kita tidak ingin mengatakannya ngawur. Betapa tidak, usai bertemu dengan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Antonio Guido Filipazzi, Jumat (15/3/2013), Ahok mengatakan bahwa Vatikan adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Ketika itu Ahok menjawab pertanyaan wartawan, apakah ada pembahasan kerja sama dalam kunjungan Dubes Vatikan itu, Ahok menjawab “Tidak ada. Tadi dikasih kenang-kenangan medali Paus, tapi cetakan lama, belum ada cetakan baru. Dikasih buku sejarah Paus keuskupan dari 1947. Kan Vatikan itu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” jelas Ahok.

Benarkah Vatikan adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia? Tentu saja untuk menjawabnya mudah sekali, cukup membuka literatur sejarah.

Nah, berdasarkan penelusuran literatur sejarah, negara pertama yang mengakui kemederkaan Republik Indonesia adalah Mesir, bukan Vatikan. Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan RI pada 22 Maret 1946 disusul oleh Liga Arab (Arab Saudi, Qatar, dan lain-lain) pada 18 November 1946. Setelah itu diikuti Suriah pada 3 Juli 1947, Lebanon dan Irak pada 9 Juli 1947.

Pengakuan kemerdekaan RI secara de facto oleh Mesir pada 22 Maret 1946 itu dilakukan dengan mengakhiri kepengurusan WNI dari kedutaan Belanda di Mesir. Bahkan, pada tanggal 13 hingga 16 Maret 1947, Konsul Jendral Mesir untuk India (di Mumbay) yang bernama Muhammad Abdul Mun’im bersama Muriel Pearson (nama samarannya adalah Ketut Tantri- seorang perempuan Amerika yang pro kemerdekaan sejak masa revolusi), datang ke Yogyakarta (Ibukota RI saat itu).

Pada tanggal 15 Maret 1947 bertepatan dengan HUT Mesir ke 23, keduanya menghadap Presiden Soekarno untuk mewakili pemerintah Mesir sekaligus utusan Liga Arab guna menjelaskan posisi dukungan mereka terhadap kedaulatan RI.

Pengakuan secara de jure (secara hukum) oleh Mesir ditandatangani pada 10 Juni 1947, ditandai perjanjian Persahabatan RI-Mesir dan sekaligus mendirikan Kedutaan RI pertama di luar negeri.

Sedangkan Vatikan baru mengakui kemerdekaan Indonesia satu bulan setelah pengakuan oleh Mesir tersebut. Yakni, pada 6 Juli 1947 ditandai dengan pembukaan kedutaan yang disebut “Apostolic Delegate” dan menugaskan Georges-Marie-Joseph – Hubert-Ghislain de Jonghe d’Ardoye, M.E.P sebagai duta besar Vatikan pertama di Jakarta untuk masa 1947 hingga 1955.

Menyimak literatur sejarah tersebut, kiranya Ahok perlu dikoreksi mengenai pemahaman fakta sejarah. (inilah)

Redaktur: Hendra

Topik: ,

Keyword: , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (43 orang menilai, rata-rata: 9,58 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Ayyub

    Vatikan kagak penting, negara aja juga ngak, ngaku2 aja untuk ambil simpati krn negara muslim sudah duluan mengakui kemerdekaan RI.

  • http://www.facebook.com/stiven.book Stiven Book

    Negara Vatikan adalah negara Eropa pertama yang mengakui
    kedaulatan Indonesia dan Vatikan merupakan negara yang memiliki pengaruh
    besar terhadap arah politik dunia khususnya bagi negara-negara sekutu
    seperti Amerika dan Inggris. Namun beberapa sejarahwan Indonesia
    mengklaim Mesir dan Palestina sebagai negara pertama, nama yang benar?
    Cara termudah adalah melihat kapan berdirinya negara2 tersebut dengan
    hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945). Mesir walaupun dilepas
    sejak tahun 1922 oleh Britania Raya, namun karena sengitnya pergolakan
    politik dan sistem pemerintahan, maka Mesir baru dideklarasikan sebagai
    negara republik pada tahun 1953, sedangkan Palestina terlibat
    perseteruan yang masih berlangsung sampai saat ini dan baru
    memproklamirkan kemerdekaannya pada 15 November 1988. Vatican menjadi
    negara terkecil di dunia yang berdiri secara independen dan absolut
    sejak 11 Februari 1929. Lebih lanjut kita saksikan saja film “Soegija”,
    sebuah film sejarah yang menampilkan peran aktif seorang pahlawan
    Nasional dalam berjuang secara diplomasi, meng-gaung-kan
    kemerdekaan Indonesia di kancah politik dunia. (sumber: Google)

    • Anam

      Akibat gerakan nasionalisme yang hebat, British mengiytiharkan kemerdekaan Mesir pada 22 Februari 1922. Kerajaan baru ditubuhkan dan bersifat raja berperlembagaan. Pada 1948, Mesir terlibat dalam serangan oleh negara-negara Arab terhadap Israel tetapi kalah dalam perang tersebut. Golongan nasionalis yang tidak puas hati telah menggulingkan institusi monarki pada 1952 dalam Revolusi Mesir dan mengisytiharkan Republik Arab Mesir pada 1953.

      Gamal Abdel Nasser menjadi Presiden Republik pada 1954 dan mengisytiharkan kemerdekaan penuh daripada United Kingdom. Tindakan Abdel Nasser memiliknegarakan Terusan Suez pada 1956 mambangkitkan kemarahan United Kingdom dan Perancis, dan mengakibatkan konflik tentera, iaitu Krisis Suez. Dalam Perang Enam Hari 1967, wilayah Mesir, iaitu Semenanjung Sinai dan Jalur Gaza ditakluk oleh Israel.

      Pengebumian Abdel Nasser

      Abdel Nasser meninggal dunia pada 1970 dan digantikan oleh Anwar Sadat. Pada 1973, Mesir dan Syria melancarkanPerang Yom Kippur bagi mendapat balik wilayah Semenanjung Sinai dan Bukit Golan. Campur tangan pihak Amerika Syarikat dan Kesatuan Soviet berjaya memulakan gencatan senjata. Pada 1977, Sadat menandatangani perjanjian damai dengan Israel untuk mendapatkan balik Semenanjung Sinai. Tindakannya mencetuskan kemarahan dalam kalangan penduduk Arab di dalam dan luar Mesir. Pada 1981, Sadat telah dibunuh. Sadat digantikan oleh Hosni Mubarak yang merupakan Presiden Mesir sehingga digulingkan pada tahun 2011.

  • endanghasanudin

    dia lagi CARMUK dunia internasional…

  • lancer

    malaysia lagi yg pertama kali akui indo merdeka…udah serumpun mayoritas agama sama pula…tambah jossss. Hati hati kalau ternyata vatikan yg akui nanti terpesona sama vatikan dan bisa pindah agama ente2….

  • Anam

    seorang pemimpin harus memiliki wawasan kebangsaan yang benar, Pak Ahok?

  • http://www.facebook.com/sandy.meliala Sandy Meliala

    hahahahhaha
    lucu lucu
    mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada Tahun 1946

    tapi Vatikan sendiri mengakui kemerdekaan Indonesia sebelum 17 agustus 1945

    itu ditandai dengan pelantikan Uskhup pertama di Indoneisa yaitu Mgr Albertus Soegijapranata dan Juga ditandai dengan Datangnya Paus langsung dari Vatikan ke Indonesia tepatnya di Pr. van
    Driessche di Paroki Kidul Loji, Yogyakarta pusat..
    Mungkin ini bisa sedikit mengklarifikasi pemikiran saudara² sekalian

  • Muhammad Nur Junaedi

    nama juga ahok…., biasalah apapun dibelain walaupun tanpa data yg akurat asal nyebut .. but.. but….

Iklan negatif? Laporkan!
46 queries in 1,759 seconds.