Home / Berita / Internasional / Eropa / Muhammadiyah & NU Akan Teken MoU dengan Vatikan

Muhammadiyah & NU Akan Teken MoU dengan Vatikan

Ilustrasi - Masjid dan Gereja. (ksupointer)
Ilustrasi – Masjid dan Gereja. (ksupointer)

dakwatuna.comKetua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, akan ada penandatanganan MoU antara Vatikan dan umat Islam Indonesia yang diwakili oleh Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU). Perjanjian itu merupakan salah satu instrumen untuk menjaga dialog antara Gereja Katolik dan umat Islam khususnya di Indonesia.

“Ingin saya sampaikan secara khusus, akan ada penandatanganan MoU Vatikan dan umat Islam yang diwakili Muhammadiyah dan NU. Penandatanganan itu diharapkan akhir tahun ini,” ujar Din di Gedung Caraka Loka Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Din menambahkan, Romo Markus dari Flores juga akan terlibat dalam proses penandatanganan MoU itu. Din juga sudah mengadakan kontak dengan kardinal di Vatikan.

Terkait penanganan perjanjian itu, Din masih belum tahu siapa yang akan terlibat. Namun Paus baru kemungkinan bisa terlibat dalam penandatanganan ini.

“Kita belum sampai tahap drafting, MoU ini lebih banyak membahas hubungan Vatikan dan dunia Islam khsususnya di Indonesia, misalnya untuk meningkatkannya agar lebih harmonis. Ini juga bertujuan untuk mengintensifkan dialog,” paparnya.

“Dan bila hal itu terjadi, ini akan menjadi MoU kedua yang ditandatangani Vatikan dan Muhammadiyah,” imbuhnya.

Pada akhir kata, Din berharap Paus Francis I bisa melanjutkan kerja samanya dengan umat Muslim. Karena Din menganggap dua agama itu merupakan agama terbesar di dunia.

“Saya berharap Paus Francis I bisa melanjutkan tradisi yang sudah baik, karena umat Islam dan Katolik merupakan dua kelompok agama terbesar di dunia. Kalau Kristiani (Katolik dan Protestan) ada 2 miliar, Islam ini ada 1,6 miliar,” tutupnya. (faj/okezone)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 6,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammadiyah - (rimanews.com)

Beberapa Pertimbangan ini Mendasari Muhammadiyah ajukan Judicial Review UU Tax Amnesty

Organization