Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Tipe Rumah Ideal

Tipe Rumah Ideal

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Rumah merupakan tempat di mana kita berlindung, beristirahat, dan tinggal di dalamnya. Pada zaman dahulu orang tidak mempunyai rumah, mereka hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Setelah itu mereka pun berinisiatif untuk membangun rumah dan halaman di sekitarnya.


Seiring berjalannya waktu logika dan pikiran manusia pun berkembang. Mereka mulai memikirkan suatu kondisi rumah yang nyaman untuk di tempati. Mulailah muncul ilmu-ilmu arsitek, sipil, ergonomi, dll yang mana ilmu-ilmu tersebut sangat berguna untuk membangun rumah yang layak dan nyaman.

Seperti yang bisa kita lihat sekarang, rumah minimalis adalah tipe rumah ideal orang zaman sekarang. Karena bentuknya yang simpel dan indah membuat orang semakin tergiur dengan rumah ini. Ada pula yang berpendapat bahwa rumah dengan banyak pohon akan lebih sejuk dan nyaman. Ada pula yang mengatakan rumah dengan tingkat dan halaman yang luas, serta kebun dan kolam berenang akan sangat nikmat dan nyaman. Dan adapula yang mengatakan rumah yang ideal itu yang sederhana saja tetapi di dalamnya terdapat orang-orang yang menghiasi rumah itu dengan beribadah kepada Allah.

Jadi rumah yang ideal itu seperti apa?

Ada suatu kisah ketika itu ada seorang bernama Salman Al Farisi. Ketika menjabat menjadi gubernur suatu daerah, ia di berikan fasilitas rumah. Dan seorang arsitek pun menanyakan kepada Salman, “Wahai Salman rumah seperti apa yang kamu inginkan? Kita akan membuatnya sebaik mungkin”. Lalu Salman menjawab, “Rumah adalah ketika aku berada di dalamnya kepalaku tidak menyentuh langit-langit, dan ketika ku tidur ujung kepala dan ujung kaki ku tidak menyentuh dinding.”

Inilah kisah yang masih saya ingat terus sampai sekarang ketika mentor saya menyampaikan bahwa kesederhanaan itu adalah penting. Salman Al Farisi seorang gubernur daerah, dengan kesederhanaannya meminta rumah yang begitu sangat sederhana. Sebuah jawaban luar biasa yang dapat menggugah hati kita bahwa kita harus benar-benar mengerti apa itu hakikat dari rumah.

Semoga kisah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian
.

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...Loading...

Tentang

Elmo Juanara
Mahasiswa semester awal, sedang mempelajari disiplin ilmu teknik industri disalah satu perguruan tinggi negeri di kota Malang. Aktif di LDK, UKM, dan di kampus.

Lihat Juga

Ilustrasi. (blogspot.com)

Jokowi, Fitnah Dajjal, dan Budak-Budak Akhir Zaman