Home / Berita / Nasional / Jailani Paranddy: Penting Bagi SBY untuk Hadir dan Membuka Kongres HMI

Jailani Paranddy: Penting Bagi SBY untuk Hadir dan Membuka Kongres HMI

Logo HMI. (inet)
Logo HMI. (inet)

dakwatuna.comKehadiran Presiden SBY dalam Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan digelar dalam waktu dekat ini menuai pro dan kontra

Terkait kontroversi ini, Ketua PBH MI 2006-2008, Jailani Paranddy, angkat bicara. Katanya, ada kelompok eksternal di luar HMI yang senang kalau HMI berbenturan dengan SBY. Tujuan kelompok ini menyingkirkan gerbong HMI dari tubuh Partai Demokrat, dan kemudian menggantikannya dengan kelompok mereka.

“Pintu masuk yang digunakan adalah memanfaatkan kasus Anas Urbanigrum. Karena Sosok AU yang identik dengan HMI sehingga menjadi alasan pembenaran bagi kelompok ini, untuk membenturkan HMI dan SBY,” kata Jailani beberapa saat lalu (Rabu, 13/3).

Padahal, lanjutnya, itu keliru. Hal yang harus dipahami bahwa kader HMI dan alumni HMI memang secara moral mendukung Anas, tapi alumni dan kader HMI menghormati proses hukum. Sebab HMI independen, tidak main politik, dan karena HMI percaya pada proses hukum.

“Oleh karena itu akan sia-sia bagi siapapun yang berpikir HMI bisa diperalat atau terpancing. Sebab HMI itu milik ummat dan bangsa. Oleh karenanya sikap dan reaksi HMI akan objektif dan rasional,” tegasnya.

Upaya menciptakan situasi vis a vis HMI dan SBY, ungkap Jailani, memang sejak awal menjadi target kelompok ini. Kekuatan ini membangun provokasi dan argumentasi di jejaring sosial dan media cetak, untuk menggagalkan kedatangan Presiden SBY di acara pembukaan Kongres HMI.

“Padahal kedatangan SBY di pembukaan kongres HMI dapat mejadi momentum dan ajang klarifikasi resmi bagi HMI dan SBY sendiri,” ujarnya.

Jailani membeberkan alasan pentingnya kehadiran SB. Pertama, bagi SBY kehadiran dan ucapannya di forum Kongres HMI dapat menjadi jawaban atas berbagai spekulasi, dan kesempatan bagi SBY untuk menjelaskan komitmennya melakukan pemberantasan korupsi. Bagi HMI, momentum ini menjadi ajang pembuktian di hadapan publik bahwa HMI taat hukum, anti-korupsi dan masih independen.

“Dan terpenting di forum kongres ini, HMI harus menegaskan konsistensi, untuk selalu mengawal pemerintahan SBY dan tidak segan-segan akan melakukan kritik jika SBY menyimpang dan tidak pro rakyat. Jadi penting bagi SBY untuk menghadiri dan membuka Kongres HMI,” tandasnya. (ysa/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kongres Forum Negarawan Muda, Pemuda Mandiri Bangsa Berdikar