Home / Berita / Internasional / Eropa / Begini Sikap Muslim Denmark Soal Tindakan Islamofobia

Begini Sikap Muslim Denmark Soal Tindakan Islamofobia

Ilustrasi. (islam.ru)
Ilustrasi. (islam.ru)

dakwatuna.com Kopenhagen. Penulis dan tokoh anti-Islam Denmark, Lars Hedegaard, diserang kelompok tak dikenal. Serangan itu memicu rasa simpati dari kalangan Muslim.

Qaiser Najeeb, salah seorang Muslim Denmark, menilai umat Islam harus lebih bijak dalam memandang kebebasan berbicara. Selama ini, umat Islam lebih banyak bersikap emosional dan agresif ketika ada pihak yang melecehkan umat Islam.

“Ini harus berubah,” kata dia seperti dikutip The New York Times, Selasa (12/3).

Najeeb, yang merupakan imigran asal Afganistan, menilai apa yang dilakukan Hedegaard merupakan bagian dari hak kebebasan berbicara. Namun, bukan berarti umat Islam tidak membela pandangannya.

Secara terpisah, ormas Islam Denmark memandang serangan itu sebagai tindakan keji. The Minhaj ul Quran Internasional bahkan menggelar aksi unjuk rasa guna mendukung Hedegaard. Ormas Islam sendiri akhirnya membentuk Komite khusus untuk menangani masalah kebebasan berbicara.

Komite itu bertugas menyiapkan satu kampanye yang disesuaikan dengan konteks permasalahan. Seperti misalnya, satu kampanye disiapkan untuk menghadapi kartun yang melecehkan Nabi Muhammad SAW. Kampanye itu berupa sosialisasi keteladanan Rasulullah.

Menteri Integrasi dan Urusan Sosial Denmark, Karen Haekkerup menilai apa yang diusahakan komunitas Muslim merupakan pertanda baik. Mereka menunjukan upayanya untuk memuluskan rencana integrasi Muslim ke dalam masyarakat Denmark. “Ini sangat baik,” kata dia.

Imran Shah, Kepala Masyarakat Islam Kopenhagen, mengatakan umat Islam harus lebih aktif dalam meluruskan stereotif yang keliru.

“Kami tahu, banyak pihak yang menyudutkan kami. Jelas ini tidak bisa diterima, kami harus bekerja keras untuk itu,” kata Shah. (Agung Sasongko/Citra Listya Rini/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Logo PUI.

Pernyataan Sikap DPP PUI Tentang Aksi 4 November 2016 di Jakarta