Topic
Home / Berita / Nasional / Muhammadiyah: Pemberantasan Terorisme Sering Dikaitkan Dengan Islam

Muhammadiyah: Pemberantasan Terorisme Sering Dikaitkan Dengan Islam

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat Silaturahim Organisasi/Lembaga Islam, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2013). (ist)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat Silaturahim Organisasi/Lembaga Islam, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2013). (ist)

dakwatuna.com – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengatakan dakwah Islam yang dilakukan ulama, organisasi masyarakat dan lembaga Islam telah dicederai dengan stigmatisasi terorisme terhadap Islam.

“Pemberantasan terorisme selama ini sering dikaitkan dengan Islam sehingga terjadi stigmatisasi terhadap Islam. Stigma tersebut sangat besar dan harga dakwahnya sangat besar,” kata Din Syamsuddin di Jakarta, Kamis.

Din mengatakan ulama, ormas dan lembaga Islam telah berbuat banyak untuk memerangi, mengurangi bahkan meniadakan terorisme.

Di bawah Majelis Ulama Indonesia (MUI), kata dia, sudah ada beberapa fatwa terkait terorisme. Diantaranya adalah fatwa pelarangan tindakan terorisme mengatasnamakan agama dan fatwa terkait mencari kematian syahid.

“Fatwa-fatwa itu sudah disebarluaskan ke dalam buku-buku khotbah,” katanya. ”Ormas dan lembaga Islam juga sudah berusaha menampilkan Islam sebagaiĀ rahmatan lil alaminĀ melalui tabligh dan dakwah terutama untuk memagari warganya masing-masing.”

Din mengakui tidak semua umat Islam Indonesia bergabung dengan ormas dan lembaga Islam. Menurut dia, umat Islam Indonesia mencapai 207 juta jiwa. Hany lebih dari setengahnya yang bergabung dengan ormas dan lembaga Islam.

“Sisanya, yaitu setengahnya, belum terjangkau. Selama ini yang sudah terbukti atau terduga teroris banyak yang tidak kita ketahui kelompoknya,” katanya.

Karena itu, Muhammadiyah bersama ormas dan lembaga Islam lainnya yang bergabung dalam Silaturrahim Organisasi Masyarakat/Lembaga Islam (SOLI) menegaskan terorisme tidak ada kaitan dan tidak benar dikaitkan dengan Islam. Karena, terorisme tidak memiliki dasar ajaran dan akar dalam Islam. (Didi Purwadi/Antara/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pernyataan Sikap PP Muhamamdiyah Jelang Hari Pencoblosan

Figure
Organization