Home / Berita / Daerah / Gubernur Jabar: Pola Hidup Sehat Harus Sejak Dini

Gubernur Jabar: Pola Hidup Sehat Harus Sejak Dini

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (merdeka.com)
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (merdeka.com)

dakwatuna.comGubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan penghargaan dan pembinaan kepada pemenang lomba sekolah sehat tingkat provinsi Jabar. Perlombaan ini dilakukan untuk memupuk dan menanam pola hidup sehat sejak dini.

“Pola hidup sehat harus dimulai sejak dini,” ujar Heryawan usai memberikan penghargaan kepada pemenang sekolah sehat di Gedung Sate, Kamis (7/3/2013).

Dia menjelaskan, perilaku sehat sejak dini bisa dimulai dari lingkungan sekolah. Karena itu, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) perlu dioptimalkan dengan cara memberikan pemahaman hidup sehat kepada siswa dan guru. Lebih lanjut dia menuturkan, sumber penyakit utama yang menyerang manusia berasal dari makanan dan minuman. Oleh sebab itu, jajanan di kantin sekolah harus higienis.

“Semoga dengan paradigma hidup sehat dari lingkungan ini akan berdampak positif dan menyebar ke masyarakat,” katanya.

Heryawan mengaku, hidup sehat sejak dini merupakan salah satu program pemprov untuk menghadirkan masyarakat Jabar yang sehat. Hal itu dinilai lebih penting dibandingkan memberikan pengobatan gratis.

“Indikator bukan gratis tapi yang lebih penting adalah menciptakan masyarakat yang sehat,” bebernya.

Menurutnya, paradigma dan pengetahuan masyarakat untuk hidup sehat masih lemah. Seorang pekerja eksekutif yang berpendapatan tinggi terkadang terkena giji buruk karena terbiasa memakan mie instan.

“Giji buruk itu bukan karena tidak punya makanan, tapi karena pola pikir,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berencana mengadakan lomba hidup sehat mulai dari tingkat kecamatan. Kegiatan itu akan menjadi ajang sosialisasi hidup sehat sambil memberikan bantuan pangan dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Untuk pembiayaan kegiatan itu akan mengandalkan anggaran kesehatan tahun ini yang mencapai 9,14% dari total APBD kita yang mencapai Rp12 triliun,” pungkasnya. (ang/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Hidupmu untuk Apa?