Home / Berita / Internasional / Asia / Jamaah Masjidil Haram Akan Difasilitasi Helikopter

Jamaah Masjidil Haram Akan Difasilitasi Helikopter

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Jeddah. Fasilitas landasan helikopter sebentar lagi akan dibangun di atap Masjidil Haram. Sarana helikopter bertujuan untuk mengangkut jamaah yang kritis untuk dilarikan ke rumah sakit.

Seperti dilaporkan media Saudi, Saudi Gazette (6/3), pada musim haji atau bulan Ramadhan, jamaah yang berada di Masjidil Haram sangat ramai. Kehidiran helikopter dianggap perlu ingin mengevakuasi jamaah yang sakit dan dalam kondisi gawat darurat.

Pembuatan landasan helikopter tersebut sudah dimasukkan dalam rencana pembangunan dan renovasi Masjidil Haram yang telah disetujui dan ditandatangani Raja Abdullah yang bergelar Pelayan Dua Masjid Suci, Rabu (6/3) kemarin.

Proyek perluasan dan renovasi Masjidil Haram pada masa pemerintahan Raja Abdullah rencananya akan dilakukan besar-besaran. Beberapa mega proyek yang akan segera dieksekusi sudah rampung dalam perencanaan. Hal itu mencakup toilet-toilet baru, tempat berwudlu, jalur kereta dorong yang ditempatkan terpisah dari pejalan kaki, serta beberapa terowongan pejalan kaki yang dilengkapi eskalator.

Lebih lanjut sebuah terowongan akan dibangun untuk menghubungkan jamaah dari arah halaman utara dan selatan. Selain itu, mega proyek itu juga meliputi pendingin air minum, sistem pembuangan limbah yang canggih, sistem pemantauan keamanan, serta fasilitas yang memberikan keteduhan untuk halaman bagian utara. Semua fasilitas itu diharapkan bisa selesai dalam jangka waktu dua tahun. (Hannan Putra/Fernan Rahadi/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pada perjalanan umrah kali ini, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan juga membawa misi mempromosikan Jabar ke dunia internasional. (bisnis.com)

Lakukan Perjalanan Umrah, Aher Promosikan Jabar kepada Imam Masjidil Haram