Home / Berita / Nasional / HMI Tuntut KPK Usut Skandal BLBI dan Century

HMI Tuntut KPK Usut Skandal BLBI dan Century

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

ndakwatuna.comAktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau berunjuk rasa di bundaran Tugu Zapin, Kota Pekanbaru, Senin (4/2), mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut tuntas skandal Bank Century.

“Kami juga menuntut pengembangan penyelesaian hukum dan penyelesaian politik skandal Bank Century,” kata Zainudin selaku koordinator lapangan pada aksi tersebut.

Dia mengatakan, pengungkapan secara tuntas kasus Bank Century merupakan perjalanan sejarah bangsa yang harus ditentukan atau disikapi dengan positif.

“Karena memasuki dekade-dekade selanjutnya akan sarat dengan dosa sejarah masa sekarang, karena ketakutan generasi saat ini tidak pernah menyelesaikan persoalan. Ada begitu banyak kasus KKN yang terjadi pada era sebelumnya tak pernah di tangani dengan baik,” katanya.

Kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) misalnya, menurut dia, bahkan nyaris sudah menjadi dosa sejarah kerena itu generasi terkini pun tak berani menuntaskan kasus itu.

“Haruskah nasib skandal Bank Century dibiarkan sama dengan kasus BLBI kerena bangsa ini takut menyelesaikan persoalan-persoalan besar? Niat baik harus di buktikan dengan kemauan dan keberanian politik yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikannya hingga menuntaskan persoalan-persoalan hukum, baik skala besar maupun yang kecil,” katanya.

Sebesar dan sekecil apapun persoalan hukum itu, demikian Zainudin, penyelengara negara atau pemerintah harus memastikan kejelasanan status hukum setiap persoalan khususnya yang menyangkut korupsi.

“Rakyat juga menuntut KPK agar jangan hanya sekedar kasus Hambalang saja yang difokuskan, tapi juga kasus-kasus korupsi lainya yang merugikan negara hingga gila-gilaan, khususnya kasus Bank Century yang merugikan negara hingga lebih Rp 6,7 triliun, BLBI Rp 138,4 triliun, dan kasus mafia pajak Rp 200 miliar hingga Rp 300 triliun per tahunnya,” katanya. (dem/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sudah 10 Jam Ahok Diperiksa KPK Terkait Kasus Sumber Waras