Home / Berita / Nasional / “Mengapa Kantor-Kantor Mesti Ada Masjid?” Ini Dia Jawaban Jusuf Kalla di Hadapan Umat Kristiani

“Mengapa Kantor-Kantor Mesti Ada Masjid?” Ini Dia Jawaban Jusuf Kalla di Hadapan Umat Kristiani

Ilustrasi - Masjid dan Gereja. (ksupointer)
Ilustrasi – Masjid dan Gereja. (ksupointer)

dakwatuna.com Jum’at (1/3/2013), Jusuf Kalla memimpin rapat Dewan Masjid Indonesia (DMI). Setelah Maghrib pada hari tersebut, mantan Wakil Presiden RI ini bercerita bahwa dia baru saja berceramah di hadapan 700 pendeta di Makassar dalam rangka Konferensi Gereja.

Dalam sesi tanya jawab, ada salah seorang peserta konferensi yang bertanya tentang gereja di Yasmin Bogor. Menjawab pertanyaan tersebut, Jusuf Kalla menuturkan bahwa umat Kristiani sudah memiliki 56 ribu gereja di seluruh Indonesia dan tidak ada masalah, seharusnya berterima kasih. Selain itu pertumbuhan gereja di Indonesia lebih besar daripada masjid. Lalu kenapa urusan 1 gereja ini disampaikan oleh umat Kristiani ke seluruh dunia?

Jusuf Kalla atau yang biasa dipanggil JK melanjutkan bahwa toleransi itu harus dari kedua belah pihak, artinya dari umat Kristiani pun juga harus toleran. “Apa salahnya pembangunan dipindah lokasi sedikit saja? Tuhan tidak masalah kamu mau doa di mana. Izin membangun gereja bukan urusan Tuhan, tapi urusan walikota”, jawab JK dengan nada khasnya yang tinggi.

Peserta lainnya pun bertanya, “mengapa kantor-kantor mesti ada masjid?”. Dengan tegas JK menjawabnya, “Justru ini dalam rangka menghormati Anda. Jum’at kan tidak libur, Anda libur hari Minggu untuk kebaktian. Anda bisa kebaktian dengan 5 kali shift, (sedangkan) ibadah Jum’at cuma sekali. Kalau Anda tidak suka ada masjid di kantor, apa Anda mau hari liburnya ditukar, Jum’at libur, Minggu kerja. Pahami ini sebagai penghormatan umat Islam terhadap umat Kristen”, demikian seperti dikutip dari Rimanews. (rimanews/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (496 votes, average: 9,28 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Jawaban yg pas sekali…! Salut sama pak JK….

  • s67

    Pak JK hebat, cr berpikirnya org cerdas!

  • Subhanallah,ini baru alumni HMI, jawaban yg ciamik kali, mikir pake otak tuh org nasrani

  • Jalaluddin el’ Qassam

    wah…
    siiippp…

  • subhanallah,hebat,jawaban yang masuk akal,

  • masuk akal sekali ….

  • keren jawabannya…

  • Pak JK, jawabannya……. keren, ya, sangat keren sekali pak….. :D
    Klo mereka masih gak terima, berarti mereka lah yang gak toleran.

  • Gria13 computer

    3 kata untuk jawaban pak JK :
    1. tidak bertele-tele dan apa adanya (LUGAS)
    2. dapat dipahami dgn nalar yg sederhana sekalipun (LOGIS)
    3. tajam dan tangkas cara berfikirnya (CERDAS)

  • Sudah dikasih lebih banyak masih aja nuduh ga toleran…

  • kenapa ya, orang cerdas seperti JK kalah dalam pilpress? padahal pola pikirnya bagus. Ini salah satunya

    • Sederhana

      orang cerdas banyak musuhnya, musuh2nya ini yg getol ngejatuhin orang cerdas supaya kalah, jadi orang cerdas mesti didukung banyak orang cerdas lainnya…

      • azharijelek

        sayngnya di Indonesian ini lebih mayoritas orang dungu

    • Pak JK kan sda pernah ikut Pilpress, tp nyatanya mayoritas rakyat kita lebih memilih orang yg cerdas dlm beretorika ketimbang cerdas dlm bertindak.

      • Tajuddin Far Far

        Iyya..belakang hari banyak orang yang baru nyesel tidak memilih pak JK di pilpres. Gayanya beliau tidak berubah. Straight to the point.

        • Irvhan Abdullah Haq

          memang penyesalan slaluu..dibuelakang,mogah jd pelajaran ke depannya.,

          • bangtoyib erte wolulas

            eaaa…kalo didepan daptar ituu

    • karena golkar

    • itulah politik mas bro

    • Mukhlas Imam Muhajir

      karena rakyatnya kurang cerdas

      • Irvhan Abdullah Haq

        setuju 10000%

  • wonk sabar

    Lugas..tegas…..Ini jawaban orang yang cerdas arif bijaksana. maju lagi jadi capres pak….

  • The real ..president..!!

  • eli sugiantoro

    jawaban orang yang bijak…

  • Jawabannya Pak JK memang mencerminkan kecerdasan dan penguasaan terhadap permasalahan yang ditanyakan. Bukti bahwa beliau paham betul mengenai permasalahan yang dihadapi umat,bukan cuma berdasarkan laporan saja seperti pak besar yang disana itu…

  • Jawaban yang luar bisa cerdas Pak JK … kami hormat pada Bapak …

  • mantap jawaban yang berilian

  • zainuddin santun

    subhanallah….. cerdas, logis, lugas, tegas dan bijak banget pak JK….. dan ga mencari cari pembenaran….. kami berdo’a utk bapak yg sederhana ini…. diridoi Allah menjadi presiden kami kedepan…. aamiiinnnn……

  • ane suka gaya ente…

  • hehehe keren jawabannya, sudah dikasih ati masih minta nambah lagi

  • Orangnya Cerdas, Lugas dan Logis, makanya SBY ga mau makai, karena takut dengan kecerdasan JK.

  • santoso

    I Like IT

  • super…

  • Muzakkir

    Cerdas JK,jawabannya singkat, padat,jelas penuh makna

  • Agus Turjaeni

    ciamik….

  • mantep bgt dah nh pak JK, sy dukung jadi persiden 2014, ayo pak maju….

  • Jojo Suparjo S Pradana

    Ini saya yakin jawaban yang spontan tapi sangat masuk akal. Sungguh cerdas dan Jenius JK. Tegas tapi humble. Indonesia butuh orang seperti JK. I love u JK

  • nah, jangan melihat siapa yg berbicara. tapi, lihatlah apa yang dia bicarakan. jangan lihat dari golongan mana orang yang berbicara itu, jika memang apa yang dibicarakan itu baik, hormat dan harus gentle mengakui kalo orang itu baik. inilah yang diajarkan Islam. Bukan lantaran sudah kadung benci, maka tidak melihat kebaikannya, yang dilihat justru selalu salah dan salah. naudzubillahi min dzalik… semoga terhindar dari membenci dan mencinta dengan membabi buta.

  • betul pak JK,

  • idlamalif

    wow !!! tidak bertele-tele, langsung nusuk jantung ,, ngak berkutik …

    yuk mari mampir ke lam-alif dot com

  • lia

    mantaaappppp pak JK….I Love Youuuuuu

  • devi anita

    saya suka mind set pak jk, nah ini baru cerdas, bijak, selamat ya semoga maju terus….

  • lukman

    Bangga bangsa indonesia punya pemimpin seperti bung JK. sayang tidak menjadi presiden. Mantaf pak….Kritis Tegas dan Bijak. 100 jempol utk anda.

  • a.yasir

    Subhanallah… Allahu Akbar…

  • nizar

    gmn kalau qt jadikan presiden aja beliau ?

  • dewi

    kalo di jawab dengan begini kayaknya gak bakal ada keributan di bogor tapi kemaren kan kita sebagai muslim malah ngejawabnya pake pentungan bukan dengan jawaban seperti yan pak jk utarakan…

    • fern

      gak pentungan kali, orang batak aja yang udah diingetin tapi malah ngeyel. asal lu tau aja, yang buat kejadian makin ricuh itu saat si batak aliran keras mengacungkan pistol ke udara dan menembakkan satu / dua tembakan lepas ke udara. nah loh siapa nih yg teroris?
      kalo cuma tahu berita dari internet, tapi gak ada di tempat kejadian mending diem aja, gak usah sok tahu. kan jadi ketahuan begonya

  • Mujiyati

    Mantap pak JK….. Belajar berpikir rasional aja tuch mrka…

  • yoga

    Waah… Jawabannya sangat logis.

  • joar

    kyk e capres 2014 cocok neh org.. (Y)

  • good point tuk pak JK

  • mantaaap. . . .

  • respectt…..

  • Mantap pak JK

  • ibad

    JK cocok untuk calon presiden berikutnya…

  • Itulah kenapa dulu saya mencoblos JK ketimbang SBY karena saya tahu biarpun badannya kecil tapi orangnya cerdas dan tegas….

  • ini jawab orang cerdas

  • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ udah gitu aja kok repot, kasi aja atuhhh…

  • Hati saya bergemuruh dan bahagia membaca tulisan ini….begitu mulia Allah memberikan salah satu pemimpin seperti Bapak Yusuf Kalla.Semoga Allah memberikan kesehatan yang baik kepadamu pak Yusuf Kalla..aamiin

  • mulyadi chaniago

    nah ini dia ne bru jwban yg mntap…nggk sling mnyalah kan,klo kyak gini kan nggk ada yg teskiti&kcwa…ne bru pmimpin….

  • Muhlis

    Indonesia butuh pemimpin seperti beliau (pak JK)

  • Muhlis

    indonesia butuh pemimpin seperti beliau

  • adil bukan berarti sama :)

  • dari dulu w dah yakin JKlah yg cocok wat jadi presiden kita!!!!

  • perkataan bijak dari bapak JK,,,

  • kalau mau nyalon jangan mau jadi cawapres ya pak.. percuma. banyak rakyat yang menunggumu.

  • Artha Yulihendra

    Bpk JK anda sudah layak jadi ketua MPR, dan mempertahankan NKRI agar tdk terjdi disintegrasi. Asal ingat ngaleg saja biar bisa masuk ke gedung rakyat. Mslh partainya apa silahkan tentukan sendiri, karena pak Ical bilang anda belum keluar dari Partai Golkar, cuman sedang non aktif saja…..

  • Marliyus Nanank

    saya setuju dengan jk utk semua jawabannya itu cermin sifat seorang ygberpendidikan dan muslim yg baik nggak kayak petinggi sekarang jam ini ngakunya muslim ,nasionalis besok2 akidah pun digadaikhan

  • hefrina

    Allahu Akbar….Semoga bpk menjadi orang yang terpilih oleh Allah untuk menjadi pemimpin di tahun 2014 nanti agar dapat memberikan kedamaian di negara ini. AAmiin.

    • amsyar

      amin

    • abu syahdan

      Syukur kalau beliau bisa menerapkan SYARIAT ISLAM di bumi Indonesia.

      BERANI ??? Rasanya jauh sekali dari harapan, karena masih banyak umat Islam sendiri yang takut untuk memperjuangkan ihwal ini seperti nggak percaya dengen kehebatan Allah SWT padahal mereka tahu kalau Allah SWT berkehendak : “KUN FAYAKUN !”

  • Iim Fathi

    senyum simpul :)
    (y) utk pak JK

  • Nining

    Jawaban pak JK Mantap

  • elvina yanti

    Suka dengan komentar nya JK. emang pas dan kena banget..
    Singkat padat dan nyusss..

  • Presiden Jin F Book

    mantaft,..

  • Ghita

    Perlu cek kebenaran berita ini. Sudah pernah ada yang konfirmasi bahwa tidak benar JK pernah mengatakan hal tersebut di depan 700 pengikut gereja.

    • Edi Hafiz

      Benar atau salah berita ini. Kalau jawaban seperti itu memang pantas diucapkan dan sangat arif untuk seukuran beliau yang mantan Wapres.

  • zacky mo insaf

    klo bnr ok……klo boong now…akan tetapi mo di balikan di hancurkan ataw apapun ..islam itu tetap hebat dan tinggi…..ok

    • Aga Prayogie

      kalo boong “now”?
      mksudnya ??
      now apa no ??

      ihh sok so’an berbahasa !

    • Aga Prayogie

      kalo boong “now”?
      mksudnya ??
      now apa no ??

      ihh sok so’an berbahasa !

  • Qomar Rindukan Syari’ah

    Subhanallah

  • Enda

    JK sangat layak jadi presiden berikutnya, tegas, toleransi tinggi, cerdas, cepat, jujur, bicara apa adanya, dan tdk terbukti korup….!!! maju Pak JK….!!!

  • Intan Fandini Tio

    andai JK bsa jadi presiden RI dan di wakili oleh jokowi…

    • Jaya Negeriku

      Sepakat, JK jadi presiden, tapi Jokowi jangan jadi wakil presiden. Kalau Jokowi jadi wapres, ahoknya jadi gubernur dong…. he…he.he… (anti Ahok si ngoceh ngawur)

  • Syarif

    Subhanallah… jawaban yang cerdas dari seorang Yusuf Kalla. Bravo yusuf kalla….

  • Rita Tiar Harun

    Subhanallah betul2 sy sangat kagum itulah dlm keyakinan
    kita harus tegas berpendapat.

  • Rahmat Ilham

    Jawabannya sungguh menjawab pertanyaan, pas kenanya… mantap

  • Edi Hafiz

    Semoga mereka sadar, karena ummat Islam di Indonesia ini sudah sangat-sangat toleran. mereka memaksakan membangun gereja sebanyak-banyaknya. tetapi jemaat nya itu-itu juga.

  • Fery Fadli

    setuju dengan apa yang di katakan sama pak JK
    dan ini sesuai dengan isi pembukaan UUD 1945 alenia ke 3 yang berbunyi Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa buakn Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa
    jadi mereka harus menghormati agama Islam dan di Indonesia ini agama terberasr adalah islam

  • Wak-jun

    Bagus pak anda seorang muslim yg cerdas dan tegas, anda membela kaum muslimin dan tak menghancurkan mesjid, umat muslim bangga kepada anda, inilah pemimpin idaman umat

  • Furqan HR ST

    Sang Negarawan Sejati

  • sutono SP

    tepat sekali jawaban pak JK,,,,support untuk anda.

  • Ibrahim Ismail

    Mantaap bapak JK

  • Aga Prayogie

    Istemewa jawabannya “skak mat” itu mahh

  • Aga Prayogie

    Istemewa jawabannya “skak mat” itu mahh

  • Muhammad Yusman

    Jawaban yang sangat singkat, padat, jelas dan tertuju pada pokok permasalahannya. Kata2 kayak gitulah yang Indonesia perlukan. Jempol untukmu Pak JK.

  • Muhammad Yusman

    Jawaban yang sangat singkat, padat, jelas dan tertuju pada pokok permasalahannya. Kata2 kayak gitulah yang Indonesia perlukan. Jempol untukmu Pak JK.

  • Syarifuddin Rajiman Martodihar

    Betul !00% pak JK

  • Suga

    Allohuakbar… Pak JK…

  • Suga

    Allohuakbar… Pak JK…

  • heri permana

    pak jk orang yang cerdas dalam merangkai kata…. saya aza ga kefikiran untuk menjawab seperti itu…..

  • heri permana

    pak jk orang yang cerdas dalam merangkai kata…. saya aza ga kefikiran untuk menjawab seperti itu…..

  • heri permana

    ucapan seorang negarawan..

  • heri permana

    ucapan seorang negarawan..

  • Muhammad Naviri Syafril Al-Far

    wow, Pak JK tetap keren

  • putra

    MAAANTAAAAPP PAK JK !!!!

  • boedhi

    allahu akbar,bapak JK kami bangga dan mendoakan bapak agar Allah memberi sehat dan lindunganNYA pada bapak sehingga bisa membangun Indonesia dan membangun islam

  • herawatini

    setuju

  • Hamba Allah sedang belajar

    Subhanallah

  • Wila Salam

    Saluut pa JK, anda juara!!

  • rukyah

    Salut buat jk.

  • antoro arief

    cerdas… cocok jai presiden ku

  • Kurink Helper Abadi

    Toleransi umat Islam terhadap agama lain hampir diseluruh dunia sangat tinggi, sesuai dengan perintah Allah dalam firmanNya surah Al Kafirun. artinya JK mengerti toleransi beragama. hanya umat kristiani nyalah yang selalu mencari masalah selalu menyulut pertentangan dengan umat muslim membesar besarkan perbedaan, karena merasa misi mereka ada yang mendukung dari negara Barat dan amerika.

Lihat Juga

Pintu masjid di Dresden yang terbakar akibat bom rakitan (cnn.com)

Diguncang Bom, Jerman Perketat Pengawasan Masjid-masjid di Dresden

Organization