Home / Berita / Nasional / Lelang Pengadaan Daging Sapi Harus Jujur!

Lelang Pengadaan Daging Sapi Harus Jujur!

Ilustrasi - Sapi. (bd/ant)
Ilustrasi – Sapi. (bd/ant)

dakwatuna.comPerubahan formula pengadaan daging sapi impor dari sistem perizinan menjadi sistem lelang diharapkan mampu menekan harga daging sapi. Namun mekanisme lelang harus dipastikan tidak memberi kesempatan terjadinya kecurangan.

“Pelaksana lelang harus jujur dan transparan, sehingga tidak terjadi kecurangan. Dan sebenarnya masalah utama adalah kejujuran aparat pelaksana. Walaupun lelang, namun jika sudah ada keputusan pemenang sebelumnya, maka akan sia-sia saja,” kata anggota Komisi IV dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yan Herizal, beberapa saat lalu (Jumat, 1/3).

Menurut Yan, walaupun sistem lelang dianggap lebih transparan serta menjamin harga daging yang lebih terjangkau, namun tidak menjamin hilangnya berbagai kecurangan. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan konsisten memilih para impotir yang memenuhi kriteria yang ditentukan.

“Pemerintah harus konsisten dengan kriteria teknisnya. Sehingga yang terpilih adalah mereka yang mampu memenuhi kualifikasi persyaratan teknis. Kementerian Perdagangan jangan menerbitkan izin impor jika belum mendapat rekomendasi dari kementerian teknis terkait, dalam hal ini kementerian pertanian,” katanya.

Politisi PKS ini juga berharap pemerintah tidak melupakan inti permasalahan ketidakstabilan harga daging sapi saat ini. Menurutnya masalah pokok daging sapi tidak terlepas dari mekanisme pasar yang tidak bekerja.

“Dalam situasi kegagalan pasar itu, diperlukan adanya intervensi pemerintah agar pasar dapat kembali normal, melalui peran Perum Bulog untuk menstabilkan pasokan dan harga daging sapi di pasar, baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, industri, hotel atau restoran,” demikian yan. (ysa/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Video) Pemukim Yahudi Letakkan Daging Babi di Wajah Syahid Palestina