Home / Berita / Nasional / MUI dan TNI Sepakat Peningkatan Dakwah Islamiyah

MUI dan TNI Sepakat Peningkatan Dakwah Islamiyah

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan. (Yudi/Primair)
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan. (Yudi/Primair)

dakwatuna.comTentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mengunjungi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kunjungan ini merupakan silaturrahim biasa dan rutin dalam rangka mempererat komunikasi, khususnya di bidang pengembangan dakwah Islamiyah. MUI dan TNI selama ini sudah menjalin hubungan yang sangat dekat sehingga setiap saat saling bertukar pikiran dan informasi dalam rangka peningkatan pengembangan dakwah Islamiyah di tengah masyarakat, demikian seperti dikutip dari situs MUI.

Ketua MUI Pusat Drs. KH. Amidhan mengemukakan hal itu, di Jakarta, Kamis (28/2) sehubungan dengan kunjungan jajaran Dinas Pembinaaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad) yang dipimpin Kepala Disbintalad Brigjen TNI Hadi Kusnan di Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (26/2) lalu.

Menurut Amidhan, pengembangan dakwah tidak terlepas dari kebutuhan suasana sejuk dan damai. Sebab tidak mungkin dakwah dilakukan dengan sempurna di daerah konflik dan bergolak. Karena itu, kehadiran TNI dalam sebuah daerah tertentu sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan dakwah yang kondusif.

Sebaliknya, sebagai penjaga keamanan negara, TNI pun membutuhkan susasana yang nyaman yang bisa mendukung bagi terlaksananya pembangunan nasional secara menyeluruh. Untuk itu, MUI perlu memberikan dukungan agar pelaksanaan dakwah Islamiyah tetap mampu memberikan kesejukan bagi umat dan seluruh masyarakat. Pelaksanaan dakwah tidak boleh membuat resah umat dan masyarakat.

“Di sinilah arti penting hubungan yang erat dan baik serta terus menerus antara aparat keamanan atau TNI dan muballigh, dalam hal ini MUI sebagai penggerak dakwah Islamiyah di tengah masyarakat. Kita butuh berdakwah dengan tenang, dan TNI juga butuh ketenangan dalam melaksanakan tugas di lapangan,” katanya.

Dikemukakan, dalam internal TNI selama ini hakikatnya sudah mempunyai fungsi pendukung bagi terciptanya suasana sejuk dan damai itu melalui kegiatan dakwah Islamiyah. Di lingkungan TNI misalnya, ada lembaga dakwah sendiri yang dikenal dengan pembinaan mental bagi setiap prajurit maupun masyarakat luas.

“Tinggal sekarang bagaimana antara MUI dan TNI memposisikan tugas-tugas secara lebih sinergis, sehingga bisa melaksanakan tugas masing-masing dengan lebih baik dan tepat guna. MUI akan terus meningkatkan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan semua pihak, termasuk seluruh jajaran keamanan, khususnya dengan TNI,” paparnya. (Qr/mui/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ledakan Bom Molotov Terjadi di Depan Gereja Oikumene, Samarinda. Minggu (13/11/2016). (tribunnews.com)

MUI Mengutuk Keras Pelaku Peledakan Bom Molotov di Depan Gereja Samarinda

Organization