Home / Berita / Internasional / Eropa / Tinggalkan Vatikan, Ke Mana Paus Benediktus XVI Pergi?

Tinggalkan Vatikan, Ke Mana Paus Benediktus XVI Pergi?

Paus Benediktus XVI. (AFP PHOTO / ALBERTO PIZZOLI)
Paus Benediktus XVI. (AFP PHOTO / ALBERTO PIZZOLI)

dakwatuna.com – Vatikan. Kemana Paus Benediktus XVI pergi usai mengundurkan diri dari Vatikan? Ini masih menjadi pertanyaan besar. Namun, Paus sedikit memberikan bocoran arah ke depan hidupnya.

Pemimpin Umat Katolik sedunia itu menyatakan bakal mengabdikan diri seluruhnya kepada kehidupan doa. Paus Benediktus XVI tidak ingin lagi berurusan dengan sekelumit aktifitasnya yang padat di usianya yang sudah 85 tahun.

“Saya tidak ingin kembali kepada rutinitas kehidupan keseharian yang saya jalani selama ini,” kata Benediktus di hadapan lebih dari 150 ribu peziarah yang menjejali lapangan St Petrus, Vatikan, Rabu (27/2).

“Saya tidak ingin melakukan perjalanan, menggelar dan mengikuti pertemuan, resepsi, dan konferensi dan lain-lain. Saya tegaskan, saya ingin mengabdikan diri kepada kehidupan doa,” ujar Benediktus seperti dikutip dari laman kantor berita ANSA.

Namun, Benediktus menegaskan sama sekali tidak terbebani oleh tugas-tugas sebagai Paus selama ini. Mundur sebagai Paus, Benediktus berharap menerima arahan dari Tuhan untuk mengemban tugas yang barunya di kemudian hari.

Di hadapan para peziarah dan jurnalis yang menjejali audiensi terakhirnya, Paus Benediktus XVI kembali menegaskan keputusan pengunduran dirinya dilandasi pertimbangan matang dengan kebebasan penuh dalam keheningan jiwa yang dalam.

“Seluruh keputusan itu demi masa depan gereja Katolik sedunia,” kata Benediktus. Tidak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan kalian para pengikutnya selama ini.

Begitulah pesan terakhir yang disampaikan Paus berdarah Jerman itu. Akhir bulan ini, Paus Benediktus XVI tidak akan lagi menjadi juru lentera di Vatikan.

Ia telah menyatakan pengunduran dirinya karena masalah kesehatan. Keputusan undur diri Paus Benediktus XVI itu mengejutkan jutaan orang di seluruh dunia pekan lalu.

Pengunduran diri tersebut mencatatkan diri Paus Benediktus XVI sebagai paus pertama yang mundur dalam hampir 600 tahun terakhir. (Citra Listya Rini/Antara/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (30 votes, average: 7,53 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • muhamad paus arifin benediktus

    sauda2 sesama manusia berita ga apa2 dbaca, masalah kbnaran hanya tuhan yang bisa menjelaskan nanti, jd baca aja jngan ribut2 yaa

  • setuju

  • yuuki tenpouin

    Carilah hidayah kong…biar selamat :)

Lihat Juga

Adzan Berkumandang di Vatikan, MUI: Allahu Akbar!