Home / Berita / Rilis Pers / 12th Islamic Book Fair 1434H/2013: “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani”

12th Islamic Book Fair 1434H/2013: “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani”

12th Islamic Book Fair 1434H/2013

1 10 Maret 2013, Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Press Release

 

Tak lama lagi, Jakarta akan memiliki arena wisata pendidikan dan intelektual yang sekaligus menyuguhkan nuansa Islami. Itulah 12th Islamic Book Fair 1434/2013 (IBF 2013), pameran buku Islam terbesar dan terlengkap yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta, akan berlangsung mulai tanggal 1 sd 10 Maret 2013, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Penyelenggaraan IBF ke 12 ini mengangkat tema “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani”, sejalan dengan kondisi bangsa yang membutuhkan perbaikan mendasar dan peluang umat Islam untuk mewarnai solusi masalah bangsa tersebut dengan karakter Qur’ani.

Meski sukses pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggara IBF pun terus berbenah. IKAPI DKI Jakarta berkomitmen untuk menyiapkan IBF tahun ini lebih baik agar mampu memenuhi harapan para pelaku bisnis yang terlibat, sponsor, keluarga Indonesia dan masyarakat secara umum. Panitia menyediakan 367 stan untuk memenuhi animo tinggi 167 perusahaan peserta pameran. Panitia juga memperbaharui penataan lokasi sedemikian rupa sehingga pengunjung dimudahkan mengakses semua stan dan nyaman dalam menikmati rangkaian acara yang disediakan. Ditargetkan pengunjung selama pameran mencapai lebih dari 400.000 orang dari kalangan pelajar hingga mahasiswa, Pondok Pesantren/Lembaga Pendidikan, Eksekutif Muda/Para Artis, Masyarakat Perbankan, Ormas Islam dan Majelis Taklim, Media Massa, Insan Perbukuan, keluarga serta Masyarakat Umum.

Penyelenggara sangat memperhatikan kepentingan pengunjung untuk mendapatkan suasana nyaman selama mengunjungi stan sambil menikmati rangkaian acara yang disedia-kan, juga berbelanja buku serta barang-barang keperluannya sesuai harapan dengan diskon tinggi hingga 70 prosen. Wujudnya panitia menyiapkan jalur untuk pengunjung (gang way) yang lebih leluasa selebar 2,5 meter dan fasiltas istirahat yang mudah dijangkau. Penyelenggara juga memperbanyak pintu keluar masuk arena pameran dan menyiapkan lebih banyak petugas untuk meminimalisir terhentinya pengunjung pada titik-titik tertentu. Penyelenggara juga menyiasati kebutuhan pengunjung keluarga dengan fasilitas kids zone yang lebih memadai. Di sana bisa didapati arena pendidikan dan bermain anak, juga aneka lomba anak mulai usia TK, SD hingga SMP.

Pemanfaatan media sosial dan intensifnya publikasi melalui berbagai media diharapkan meningkatkan awareness publik terhadap IBF sekaligus meningkatkan positioning nya sebagai sebuah event berskala nasional yang reputasinya diakui. Mencanangkan diri sebagai Pameran Buku Terbesar dan Terlengkap, IBF 2013 tak hanya memanjakan pengunjung dengan suasana nyaman sepanjang pameran. Lebih mendasar pameran ini mewadahi kebutuhan sumber ilmu dan penyedia kebutuhan semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua, mahasiswa juga professional. Ini bisa dipotret dari keterlibatan 112 penerbit dan toko buku dengan ratusan terbitan baru dari ribuan judul buku yang dipamerkan. Selebihnya 55 peserta adalah berbagai perusahaan penyedia keperluan umat dan gaya hidup Islami berupa busana/fashion, thibbun nabawi, alat permainan edukatif dan sarana pendidikan. Tak ketinggalan media massa islami berpartisipasi, baik sebagai partner maupun sebagai peserta.

Tak tanggung-tanggung sepanjang 10 hari penyelenggaraan, IBF 2013 ini akan menyuguhkan lebih dari 80 agenda acara baik di Panggung Utama maupun di Panggung Ruang Anggrek. Menghadirkan tokoh-tokoh nasional maupun internasional. Imam Masjid al Haram Syaikh Al Ghamidi adalah salah satu yang akan mengisi acara di Panggung Utama IBF kali ini. Tokoh-tokoh lainnya dihadirkan dari kalangan pemimpin-pemimpin nasional, aktifis politik, ulama, penulis inspiratif, pegiat sastra Islam, public figure juga selebritas yang peduli pada dunia pendidikan. Sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, IBF juga diawali dengan roadshow dan penyelenggaraan seminar di kampus-kampus dengan tajuk IBF Goes to Campus yang melibatkan lima perguruan tinggi terkemuka. IBF juga memberikan penghargaan kepada tokoh perbukuan nasional dan karya-karya terbaik sastra Islami dalam berbagai kategori melalui IBF Award.

Untuk mencapai kesuksesan agenda besar ini penyelenggara menggandeng pihak-pihak sponsor yang dapat memberikan manfaat lebih besar kepada pengunjung. BNI Syariah sebagai sponsor utama acara ini menyediakan layanan transaksi perbankan untuk memudahkan pengunjung berbelanja berbagai keperluan. Selain itu BNI Syariah juga mempersembahkan beberapa mata acara edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat yaitu seminar Money n Kidz dan seminar Investasi Emas. Nasabah BNI Syariah juga memperoleh keuntungan tambahan berupa diskon untuk buku-buku tertentu.

Di bidang media, penyelenggara menggandeng Harian Republika sebagai sponsor utama media. Puncaknya, insyaAllah IBF 2013 akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ir. M. Hatta Radjasa dan akan ditutup dengan acara talk show kepemimpinan Indonesia 2014 dengan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U., Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, M.A., dan Burhanudin Muhtadi.

Harapannya dengan berbagai usaha di atas, peserta pameran untung, pengunjung senang dan nyaman hadir di pameran, serta panitia boleh bersyukur karena sukses menggelar pameran buku yang paling ditunggu-tunggu. Tak berlebihan bila panitia mengajak semua kalangan mengambil manfaat sebesar-besarnya dan menjalani wisata keluarga yang edukatif dengan menghadiri IBF 2013, sebagaimana tagline nya “Destinasi Wisata Buku Islam Terbesar dan Terlengkap”.

 

Jakarta, 26 Februari 2013,

 

Ketua Panitia

KHAERUDIN

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Foto: safa.ps. Inset: Al-Quran Al Karim)

Al-Quran yang Shalih LiKulli Zaman Wal Makan Membuktikan Bahwa Li Kulli Zaman Rijaaluhu