Home / Berita / Daerah / Iseng, Masjid Agung Dijual di Internet!

Iseng, Masjid Agung Dijual di Internet!

Foto Masjid Agung Tasikmalaya terpampang di situs tokobagus.com dan dijual seharga Rp 50 juta. (Reza Rizhaldi/Radar Tasikmalaya)
Foto Masjid Agung Tasikmalaya terpampang di situs tokobagus.com dan dijual seharga Rp 50 juta. (Reza Rizhaldi/Radar Tasikmalaya)

dakwatuna.com – Tasik. Seorang bernama Widya mengiklankan Masjid Agung Kota Tasikmalaya di situs tokobagus.com seharga Rp 50.000.000. Iklan online itu tertanggal 17 Februari 2013. Di halaman iklan itu, terpasang nomor kontak pemasang iklan (Widya). Sampai pukul 00.15, Rabu (27/2), iklan bernomor 17183122 itu dilihat 270 pengunjung.

Salah seorang pengurus Masjid Agung Kota Tasikmalaya H Tubagus Oom mengaku kaget mendengar informasi tersebut. Dia pun baru percaya setelah melihat iklan tersebut.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tasikmalaya ini pun mencoba mengecek website tokobagus.com. TB Oom juga mencoba menghubungi nomor telepon di psitus iklan itu. “Tidak ada yang menjawab. Tadi sudah ditelepon, hanya suara-suara tidak jelas. Tidak ada yang berbicara,” kata dia tadi malam.

TB Oom berang mengetahui iklan tersebut. Bagaimanapun masjid agung adalah kebanggaan warga Kota Tasikmalaya. Sebagai pengurus, dia merasa tersinggung atas adanya iklan tersebut. “Apa maksudnya berani-berani memasang iklan mesjid agung dijual. Apakah ini semacam pelecehan terhadap umat Islam atau bagaimana. Saya selaku pengurus mesjid agung merasa tersinggung dengan adanya iklan seperti itu,” geramnya.

Dia menduga, pemasang iklan tersebut sekadar berniat iseng. Namun tetap, hal itu dianggap kurang beretika dan dinilai bisa memancing emosi warga Kota Tasikmalaya. Selaku pengurus masjid, dia prihatin dengan munculnya iklan di situs jual beli online tersebut.

Masyarakat yang melihat iklan tersebut dihimbau mengklik opsi pelaporan yang ada di bawah iklan beramai-ramai agar iklan tersebut segera dibuang pengelola situs. “Sebagai pengurus (masjid agung) saya tadi sudah coba mengontak, tapi tidak ada jawaban. Seperti yang tidak bertanggungjawab. Jadi ini mah seperti yang ingin memuat sensasi,” pungkasnya. Luas Masjid Agung Kota Tasik sekitar 32000 meter persegi. Adapun biaya pembangunannya (ulang) menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 8,1 miliar.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya KH Achef Noor Mubarok mengatakan pemasangan iklan penjualan masjid agung itu kemungkinan sebatas iseng. Namun MUI telah menurunkan tim untuk menyelidiki adanya iklan tersebut. “Masih belum jelas. Tapi menurut tim kami masih tergolong iseng,” singkatnya tadi malam.

Sekretaris GP Ansor Kota Tasikmalaya Asep Rizal meminta para pengurus masjid agung dan ulama menyelidiki motif si pemasang iklan tersebut. Karena tindakan tersebut dinilai sebagai bentuk pelecehan dan mengandung unsur penghinaan. “Mohon diselidiki motivasi yang dia lakukan, tidak hanya pelecehan tetapi unsur penghinaan yang di lakukan,” geramnya.

Warga Kota Tasikmalaya, Bayhaqi Umar mengatakan iklan penjualan Masjid Agung Kota Tasikmalaya sebagai pelecehan dan harus disikapi Pemkot Tasikmalaya dengan mengajukan keberatan dan mengadukannya ke polisi. “Itu penghinaan dan kalau dibiarkan akan semakin banyak yang melakukan penistaan seperti itu,” ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya Abun Sulaeman. Menurutnya iklan tersebut sangat melecehkan umat muslim. “Saya rasa yang memasang iklan itu harus dicari dan diminta klarifikasi maksud dan tujuan iklan tersebut. Jangan sampai (iklan tersebut) dijadikan barang iseng,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran dakwatuna.com, iklan tersebut sudah tidak ada di tokobagus.com. (pee/kim/jpnn/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 3,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • fari21

    tidak usah tersinggung bapak pengurus… di batu malang mesjid dijual panti asuhan dijual,…pertamanya saya bingung juga setelah diselidiki ternyata itu untuk membantu orang2 untuk bersedekah atau membuat amal jariah untuk pembangunan mesjid dan panti asuhan tersebut. nah siapa tau orang yang mengiklankan mesjid agung ini mau berbaik hati dengan orang lain setelah terkumpul uang sebesar itu langsung diserahkan ke mesjid

  • seharusnya toko bagus bisa memfilter hal ini dan masuk dalam spam

  • Guest

    Itu yang masang mau ikut2 iseng kek lelang2 di Amazon kali ya…

  • Erlangga

    sy pernah berkunjung ke surabaya, dan ada iklan seperti ini jg di sebuah masjid. Ternyata tujuannya bkn untuk menjual, tetapi untuk membeli tanah sekitar masjid yg nantinya untuk masjid jg. Tetapi untuk lbh jelasnya mgk bisa diterangkan oleh si pembuat iklan spy tdk ada salah faham.

  • maaf sblum nya mas fari21′ saya rasa anda kurang memahami prmasalahan diatas’ kalau yang anda maksud itu’ jelas kekurangan biaya dan yang menjual nya pun jelas orang nya dan untuk apa dijual’ beda dengan masalah diatas’ saya rasa untuk pembangunan Masjid Agung tidak kekurangan biaya’

Lihat Juga

Ilustrasi - Ramadhan di Masjid Al-Hikmah, Jakarta Selatan (Al-Hikmah)

Masjid Ramah Anak