Home / Berita / Nasional / Marwan Ja’far: Jangan Monopoli Sertifikasi Halal

Marwan Ja’far: Jangan Monopoli Sertifikasi Halal

Marwan Jafar (kanan). (Republika/Tahta Aidilla)
Marwan Jafar (kanan). (Republika/Tahta Aidilla)

dakwatuna.com – Jakarta. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR meminta pemerintah untuk tidak memonopoli sertifikasi halal. Sertifikasi halal perlu juga dilakukan lembaga lain, sehingga tidak hanya diurus pemerintah.

“Ini penting agar pengusaha kecil juga mendapatkan sertifikasi halal,” jelas Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja’far, di Jakarta, Selasa (26/2). Ormas seperti PBNU, menurutnya, mampu melakukan sertifikasi halal terhadap sebuah produk pangan. Menurutnya, PBNU memiliki kualitas SDM yang mumpuni, sehingga tidak diragukan untuk memberikan jaminan halal.

Keterlibatan Ormas dalam pemberian sertifikasi halal, menurutnya, akan semakin menguatkan peran masyarakat sipil dalam bernegara dan bermasyarakat. Mereka akan mampu menjangkau akar rumput yang mungkin luput dari pantauan negara. “Ini penting,” jelas Marwan.

Presiden Direktur Badan Halal Nahdhatul Ulama, Prof Maksum Mahfudh, menyatakan ada saja ancaman bagi bisnis pengusaha kecil. Pengusaha bakso misalkan, gara-gara dihembuskan isu dibuat dari babi, akhirnya mereka gulung tikar. “Padahal itu belum tentu,” papar Maksum.

Di sinilah menurutnya lembaga badan halal Ormas seperti PBNU berperan. “Mereka akan kita bela untuk mendapatkan jaminan halal,” imbuhnya. Kalau mereka tidak mendapat jaminan maka sama saja negara mengabaikan eksistensi mereka. (Erdy Nasrul/Dewi Mardiani/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

produk halal

Yusuf Mansur Imbau Umat Islam Harus Percaya Diri dengan Produk Halal