Home / Berita / Daerah / PKS Yakin Menang Pada Pilgub Sumut

PKS Yakin Menang Pada Pilgub Sumut

Pasangan Cagub-Cawagub Sumut Nomor 5, Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi. (inet)
Pasangan Cagub-Cawagub Sumut Nomor 5, Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi. (inet)

dakwatuna.comPresiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta optimis kandidat gubernur dan wakil gubernur yang diusung partainya bisa memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut).

Di Pilgub Sumut, PKS mengusung Gatot Pujo Nugroho sebagai calon gubernur dan Tengku Erry Nuradi sebagai calon wakil gubernur.

“Insya Allah Sumut bisa menang. Kami yakin,” kata Anis di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Menurut dia survei internal PKS dan beberapa lembaga survei independen juga melansir potensi kemenangan calon pimpinan Sumut pilihan PKS itu. “Insya Allah, kita tunggu saja,” kata Anis.

Menurut Anis sukses PKS memenangkan jagoannya Aher-Deddy Mizwar di Pilgub Jabar sepertinya akan terulang di Pilgub Sumut. Beberapa kasus yang menimpa PKS, lanjut Anis terbukti tidak berpengaruh signifikan ke partai itu.

“Ada perbedaan jauh antara opini pengamat dan keinginan masyarakat. Ini kita baca sebagai relatitas politik. Opini pengamat biasanya tidak sesuai realitas di masyarakat,” kata Anis.

Bulan November tahun lalu, calon Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan Cawagub Tengku Ery Nuradi diprediksi unggul dalam Pemilukada Sumatera Utara (Pilkada) Sumut 2013.

Menurut hasil survei Media Survei Nasional (Median), Survei yang dilakukan pada 17- 19 November 2012 itu menggunakan metode multistage random sampling, melibatkan 1.500 responden diseluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara, dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan Margin of Error 2.53 persen.

Median telah mendapatkan beberapa temuan terkait tingkat popularitas dan elektabilitas para pasangan kandidat, serta tingkat soliditas dukungan konstituen parpol pendukung pasangan.

Untuk tingkat popularitas, hasil survei menunjukkan keunggulan sementara pasangan Gatot Pujo Nogroho -Tengku Ery Nuradi dengan raihan 76,5 persen. Raihan tersebut jauh mengungguli empat pasangan lainnya, yaitu Amri Tambunan – RE. Nainggolan (54,4 persen), Gus Irawan – Soekirman (52,9%), Chairuman Harahap – Fadly Nurzal (47,4%), dan Effendy Simbolon – Jumiran Abdi ( 41, 5%)

Sedangkan dari sisi elektabilitas para pasangan calon, hasil survei menyebutkan, jika Pemilukada Sumatera Utara digelar pada hari itu, maka pasangan Gatot Pujo Nogroho dan Tengku Ery Nuradi mengungguli pasangan keempat pasangan lainnya.

Rincian hasil survei tersebut adalah pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Ery berhasil meraih dukungan sebesar 31,2 persen Di urutan kedua bertengger Amri tambunan-RE. nainggolan dengan raihan 17,6 persen.

“Di urutan ketiga, Gus Irawan-Soekirman (16,3 persen). Lalu disusul Chairuman Harahap – Fadly Nurzam (9,7 persen). Kemudian di urutan terbawah bertengger pasangan Effendy Simbolon- Jumiran Abdi (8,5 persen). Sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihannya, alias pemilih mengambang sebesar 16,7 persen,” ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun di Jakarta, Jumat (23/11/2012). (Tribunnews/Luki Junizar/Masruroh/centroone/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Cagub DKI Jakarta. (IST)

Ini Nomor Urut Cagub DKI Jakarta

Organization