Home / Berita / Daerah / Jokowi Melanggar UU Perpustakaan

Jokowi Melanggar UU Perpustakaan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. (inet)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. (inet)

dakwatuna.comKeputusan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menggeser Wali Kota Jakarta Selatan, Anas Effendi, menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) mendapat kritikan dari DPR. Kebijakan Jokowi tersebut dinilai melanggar undang-undang tentang perpustakaan.

“Masyarakat mengkritisi langkah Jokowi (memutasi Wali Kota Jaksel Anas Effendi) ini karena sangat terkesan menjadikan perpustakaan sebagai tempat buangan,” ujar anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (19/2/2013).

Raihan mengatakan pemutasian pejabat harus dilaksanakan dengan memperhatikan asas kepatutan dan koridor hukum. Langkah Jokowi untuk melakukan peremajaan dan penyegaran jajaran birokrasinya patut didukung. Namun kebijakan Jokowi memutasi Walikota Jakarta Selatan Anas Efendi menjadi Kepala Perpustakaan Daerah Jakarta Selatan dinilai kurang tepat.

Apalagi menurut Raihan, langkah Jokowi tersebut juga bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, khususnya pasal 30 yang berbunyi, ‘Perpustakaan Nasional, perpustakaan umum pemerintah, perpustakaan umum kabupaten/kota, dan perpustakaan perguruan tinggi dipimpin oleh pustakawan atau oleh tenaga ahli dalam bidang perpustakaan.’

“Jadi, kepala perpustakaan daerah harus memiliki latar belakang pendidikan dan profesi perpustakaan. Karena hanya seorang profesional pustakawanlah yang memahami dan mengerti bagaimana mengelola dan mengembangkan perpustakaan dengan baik,” ujar Raihan.

Raihan mengatakan perpustakaan semestinya bisa menjadi wajah peradaban sebuah bangsa. Jika kita melihat di berbagai negara maju, perpustakaan dijadikan sebagai wajah dan ikon peradaban bangsanya.

Karena itu, jika Indonesia ingin menjadikan perpustakaannya sebagai wajah peradaban, sudah seharusnya perpustakaan dikelola oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

“Karena itu, alangkah bijaknya jika Jokowi selaku Gubernur DKI mempertimbangkan lagi kebijakannya ini,” pungkas Raihan. (rmd/jor/detikcom)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 7,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mungkin Jokowi hanya mendapat masukan dari bawahannya tanpa melihat aturan2 yang berlaku tentang ketentuan menempati suatu jabatan.

    • Dapat masukan dari bawahan atau “Atasan” ya..??

  • harusnya dipindahkan ke nusa kambangan :P

  • Muh. Quraisy Mathar

    Komunitas perpustakaan bahkan tidak mau Jokowi jadi kepala perpustakaan dimanapun dan kapanpun, sebab basicx tdk di bidang tsb. Semoga Jokowi segera mengoreksi hal tsb… kecuali jika beliau memang tidak care thd dunia perpustakaan

  • perpustakaannya dibuat lebih bagus kalo gitu, bisa di contoh dari negara tetangga / singapore. perspustakan2nya begitu nyaman sehingga orang2 senang untuk membaca dan berada lama2 di perpustakaan.

  • bingung juga sih, kenapa selalu hal negatif beliau yg terbeberkan disini, yg positif nya mah jarang terlihat.. Itu presiden kita dalam memilih menpora juga sama, gak ada basic olahraga jadi menpora.. kdg tak jarang seorang guru yg terpintar, tetapi tak bisa menjadikan siswanya paham apa yg diinginkan guru tsb dari apa yg disampaikan.. dan kita juga sadar kan bahwa yg korupsi itu bukan orang yg bodoh, tapi mereka yg bersekolah tinggi dan sangat2 pintar??
    menurut saya, jokowi hanya mencoba utk merubah kebiasaan dgn gebrakan demi lebih baik utk jkt ke depannya..
    positif thinking, belajar menghargai dgn jgn hanya melihat kelemahan orang lain..

    • Ahmadsuryadi

      Gak usah aneh Bro maklum lah simpatisan yg calonnya gk kepilih jd gubernur n yg gw heran ini media pake nama dakwahtuna n harusnya kan isiny tu enak dibaca bukan malah menilai kelemahan orang n yg lebih begonya apa yg punya ini media gk malu apa sama yg non muslim kalo mereka baca isi yg ada dimedia ini namanya aja DAKWAHTUNA tapi isinya

  • ridho

    hahahaaaa…. dakwatuna goblok.. jawabannya gampang. Jokowi menilai bahwa walikota Jakarta ini masih kurang pintar dan kurang baca, makanya dipindahkan ke perpustakaan, agar nih orang jadi rajin membaca dan bisa menambah ilmunya. Mungkin kalau dia sudah pintar lagi, akan ditarik kembali menjadi walikota.
    dakwatuna…oh…dakwatuna.

  • Syauqi Bay Roes

    katanya menyiarkan Islam Kq Malah menjelek-jelekkan Islam Ini ….. lebih baek Di OFFkan ajah Nih Situs …. ngerusak Islam Ajah……

  • Renol ali umar

    bagi kalian yg berkomentar negative pada dakwatuna mungkin itu karna beberapa alasan 1. kalian non muslim, 2. kalian muslim tapi gak mengerti tentang kondisi islam sekarang ini.. 3. kalian muslim tapi gak pernah mendalami akan agama kalian sendiri.. 4. kalian yahudi tapi bercangkang muslim.. 5. kalian muslim tapi msh bersifat jahiliyah…

    • mamase

      situs ini gak sesuci yg anda kira.. jangan mengkultuskan situs,,,,

    • Andri Kurniawan

      kalo yang nulis berita di situs ini malaykat di utus sang pencipta, saya setuju dengan anda,….

    • Andri Kurniawan

      kalo yang nulis berita di situs ini malaykat di utus sang pencipta, saya setuju dengan anda,….

    • ridho

      bos renol,, yang terjadi di negara kalian tercinta ini adalah korupsi dilakukan oleh orang-orang yang sangat mengerti agama. Sekjen PKS dan Mr.Fath adalah orang yang sangat paham agama. karena sangat paham agamalah mereka melakukan korupsi. korupsi itu sama dengan mencuri, mencuri itu dosa, cara menghapus dosa mencuri adalah dengan meminta maaf kpd orang yang dirugikan, memohon ampunan ALLAH dan melakukan tobat nasuha.
      Mengapa sekjen PKS dan Mr.Fath melakukan itu, ya jawabannya karena mereka mengerti agama dan tahu bagaimana cara bertobat.
      Bos Renol, aku muslim dan aceh asli. Acehnya bukan dikota, tapi asal kampung yang ajaran Islamnya lumayan kuat.
      Oya, satu lagi, politik di Indonesia adalah yang paling mengerikan diseluruh dunia. pemutar balikan fakta nya sangat sering terjadi. Menjauhlah dari politik negara ini.

    • ridho

      bagaimana rupanya kondisi Islam saat ini bung renol? Biar aku jelaskan yang aku lihat sama kamu, bagaimana seharusnya.

  • ibadi ichsan

    Ini sih bukan dakwatuna tapi ghibatuna (ghibah kami bersama)

    • ibadi ichsan

      Ciri-ciri Khawarij itu adalah berontak kepada pemerintahan yang sah.

Lihat Juga

Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Ma’ruf Amin.  (dewandakwahjabar.com)

MUI Tolak Revisi UU Anti-Terorisme Jika Untuk Refresif Terhadap Terduga Teroris