Home / Berita / Daerah / Ahok: “Negara Ini Rusak Karena Mencampurkan Agama dan Politik”

Ahok: “Negara Ini Rusak Karena Mencampurkan Agama dan Politik”

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok.  (detikcom)
Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok. (detikcom)

dakwatuna.comBagi Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, dunia politik penuh dengan kemunafikan. Banyak pejabat yang mengaku berakhlak, namun kenyataan berbicara sebaliknya. Dia pun kesal dan meluapkannya di depan para dokter.

Ahok bicara di depan sekitar 70 dokter se-Jabodetabek dalam acara seminar tentang Kartu Jakarta Sehat di RS Husada, Jl Mangga Besar, Jakarta, Selasa (19/2/2013). Awalnya, mantan anggota DPR itu sedang membicarakan pentingnya KJS. Ahok juga bercerita pengalamannya dalam kasus-kasus kesehatan pasien miskin. Tak lupa, prinsip dalam hidup juga dia sampaikan.

“Bagi saya yang penting nyawanya kita tolong. Pernah ada pengalaman di Belitung ada orang yang belum sembuh ditinggal pulang sama keluarganya lalu meninggal, saya marah sama keluarganya, kenapa pulang? Dia nangis, penghasilan saya Rp 1 juta, buat nungguin bapak saya Rp 1,5 juta. Dari situ saya berpikir semua Puskesmas harus ada rawat inap,” cerita Ahok.

“Yang penting itu tiga hal, perut, otak sama dompet,” sambung Ahok.

Nah, di saat sesi tanya jawab, ada seorang yang mempertanyakan tiga prinsip tersebut. Menurut dokter Imam dari RS Pondok Labu, selain tiga hal tersebut, ada juga faktor akhlak yang penting.

“Saya nggak setuju dengan tiga prinsip Bapak, karena akhlak juga penting. Pemerintah juga harus memikirkan soal akhlak rakyatnya,” ujar dokter tersebut.

Menanggapi dokter Imam, Ahok langsung teringat pengalaman politiknya selama 10 tahun terakhir. Dengan nada tinggi, dia menegaskan bahwa akhlak kadang bukan lagi acuan dalam dunia tersebut. Sebab, saat ini para pejabat sebagian besar munafik.

“Kerusakan akhlak jelas bukan soal politik, negara ini rusak karena mencampurkan agama dan politik. Kita bisa berdebat di luar itu, banyak orang munafik, ada nggak pejabat yang berani melaporkan harta kekayaannya dan pajak yang dibayarkannya, tidak ada yang berani Pak, munafik!” seru Ahok dengan tinggi

Bagaimana dengan Ahok? “Saya berani Pak, periksa saya dulu. Saya ngomong di DPR dulu, periksa saya dulu,” tegas eks anggota DPR dari Golkar ini.

Karena itu, Ahok tak mau bicara soal agama dalam politik. Dia lebih memilih berbuat baik pada sesama.

“Saya udah kenyang 10 tahun berpolitik, bahkan saya sudah muak berpolitik, makanya saya sudah muak bercerita soal agama dan akhlak, kita buktikan perbuatan sekarang,” beber Ahok sambil disambut senyum para dokter.

“Orang bilang saya arogan, memang arogan, karena negara ini tidak bisa dipimpin baik-baik mesti diajak berantem,” sambungnya. (mad/nrl/detikcom)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (612 votes, average: 8,58 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Negara ini juga rusak karena dipimpin oleh orang-orang yang yang tidak berahlak yakni takabur dan congkak, wallahu ‘alam

  • brotocurah

    orang pintar dan kaya tanpa akhlak, hanya akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya walaupun itu mungkin akan merugikan orang lain

  • Zaman sekarang gak ada yang sanggup membawa agama ke pusaran politik.. dan itu Jelas bahwa agama terlalu suci untuk dibawa ke medan politik, untuk jangan kotori agama dengan noda-noda politik,

    • Hamba Allah

      Lantas, kalau Anda mau mencuci baju kotor, Anda biarkan saja biar bersih sendiri, atau Anda bawa ke pusaran mesin cuci atau dikucek dengan tangan ???

    • masyudha

      wah..mas ini…lagi butek mata hatinya…namanya manusia..hidup itu ibadah..lah berpolitik itukan dilakukan orang yg masih hidup..jadi g bisa dilepaskan antara politik dan agama..tinggal yg melaksanakannya dalam berpolitik itu berazaskan agamnya atau dunianya..kalo dunianya maka nafsu yg banyak mempengaruhinya..maka yg dilakukan yg penting tercapai tujuannya bagaimanapun caranya..meskipun pake menipu semua orang..berpenampilan baik misalnya..berbuat baik dengan tujuan kepentingan sendiri..pake uang hasil g pbayar pajak..menipu..atau sebagainya..maka hasil akhirnya ya jelek semua…

    • “Waduuh pikiran mas Kamarudin ini terlalu naif… kenapa bangsa kita mudah menyerah….justru politik itu hrs dikawal dg agama agar supaya tdk kebablasan …blas…blas…blas…dlm berpolitik…

    • crystallino

      setuju. agama itu adalah hubungan pribadi dengan Tuhan. ketika dibawa ke ranah politik, itu berubah menjadi barang dagangan, bukan lagi hubungan dengan Tuhan. orang yang benar-benar menghayati dan menghidupi agamanya, tidak akan kuatir tidak mendapat dukungan pada pemilu, sekalipun tidak membawa atribut-atribut agama di dalam “wajah” partainya.

  • d2n

    bukankah bobroknya para pejabat itu dikarenakan ahlaknya yang bobrok ? kok bego ya si ahok.

  • d2n

    Bagaimana kiranya kalau Berpolitik tanpa
    aturan ? politik bebas tanpa halal dan haram ! pion-pion sekuler mulai
    angkat bicara. ingat kehancuran khilafah turki utsmani bukan hancur
    karena wahabi tapi ia hancur karena demokrasi sekuler (Kemal at tatruk).
    “Agama Harus dipisah dari Pemerintahan” menjadikan umat tidak diatur
    oleh hukum allah melainkan dihukumi oleh hukum kapitalis yaitu hukum
    semau gue.

  • d2n

    @Wirtoyo. ente jangan pesimis. komitmen utama dari diri pribadi. kalaupun belum ada partai yang bisa komitmen, atau yang antum belum tau komitmenya. diri antum sendiri harus bisa komitmen “kalau negara tidak dipimpin oleh orang yang beriman dan menegakkan hukum allah pasti negara itu rusak”. siap ngak antum berkomitmen seperti ini ? kalau antum pesimis hanya menambah-nambah kelemahan dan menguatkan kekufuran kaum sekuler.

  • Syahlan Bro

    Memisahkan politik dengan Agama = Liberal

    • benar, tapi bukan ini yang dimaksudkan oleh Ahok

  • kang gorat

    bagi ahok,,,,agama itu tak penting,,,taka ada dalam kamus hatinya..hahahahah

  • pardiparto

    komentar itu mengisyaratkan tidak memilikinya kapasitas sebagai pemimpin yang mengetahui kondisi rakyat yang dipimpinnya untuk keluar dari kelemahan dan kesulitannya…… capppppeeeekkkkkk deeeehhhhhhhhh

  • grendel

    ya ampuuun ahok ngeri ya…untung sukanya ama jokowi bukan ahok….hati2Pak…

  • mungkin dlm ajaran agamanya demikian, tapi untuk islam tidak demikian, kalopun umat islam berpolitik jadi kacau, maka bukan islamnya yg mengajarkan demikian, namun individunya yg salah.tidak ada pemisahan dalam islam kecuali yg haq dan batil.

    • Dede Pujayadi

      Yas for O.O.

  • Rinaldy Sulaiman

    agama tidak bisa dilepaskan dari segala aspek hidup manusia, bahkan politik. kalo ada kesalahan dalam pengamalan ajaran agama tsb bukan salah agamanya, tapi salah manusianya yang nggak sepenuhnya mengenal ajaran agamanya. Agama disisi lain, manusia pengamalnya disisi lain. sekarang banyak manusia yang ngga mau belajar mendalam sama agamanya…agama cuma jadi lips service dan 5 huruf beku di ktp..

    • masyudha

      setuju bro…itu sih soal manusianya dalam mengamalkan agamanya..jangan2 pak ini sudah g jalani agamanya….

    • Brengsek

      rinaldy adalah salah satu rakyat bodoh yg dimaksud Ahok. agama boleh aja dipeluk manusia, tp salah besar dicampur dgn politik..

    • radixe

      Mengerti atau tidak, kalau tidak mau ikut lalu mau apa? Menteri agama apa tidak tahu agama? Tapi tetap saja uang haji di korupsi habis-habisan. Moral, etika dan kebenaran itu tidak selalu harus terkait dengan agama.

  • wajar ahok blg begitu, karena mungkin dia juga kesal, coba lihat waktu kampanye para calon2 mengatasnamakan agama, … tapi ketika terpilih lupa dg agama..

  • menurut saya ahok memang benar, tidak sedikit para calon pejabat kita yg secara tidak langsung menjual agama ke publik, alih2 untuk merebut hati rakyat. Dan yg banyak terjadi adalah predikat Haji. tapi ironisnya predikat tersebut tidak serta merta mencerminkan pribadi2 yg baik bagi sang empunya. Yah bisa dibilang munafik,
    Saya muslim, tp itulah pandangan saya, alangkah lebih baiknya untuk msalah politik, agama tidak perlu di ikutsertakan secara langsung, melainkan agama di jadikan landasan akhlak bagi pribadi masing2 tanpa mesti dibeberkan ke publik hanya untuk menjual nama…
    Dan mungkin ahok bisa bicara demikian, karna dia mungkin sudah lelah dan jijik mendengar janji2 kosong oknum2 yg menjual agama utk kepentingan suara, tp realitanya NOL besar..
    Alangkah lebih baiknya jika kita umat muslim ikut bercermin, apakah benar demikian penilaian saudara2 kita yg berbeda agama, jika memang demikian, berarti citra islam sudah rusak di tangan kita sendiri.

    Bijak lah, jangan memandang sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja…terima kasih

    • Erikjunier

      Dasar Atheis ,ga punya agama….. mana ada atheis mau mendengan tentang Agama…

    • Yang salah tetaplah orangx bapak, bukan agamax, bapak ngaku muslim tp tdk percaya agama, itu apa namanya…

  • Umi Afifah

    woooiii .. ati-ati pak klo ngomong …

    Kayak yg paling bener aja …

  • Fahmi

    owwh… jd yg merusak negara ini Politik dan Agama ya HOK…???

  • produk dari akhlak yang baik dari pemerintah, diantaranya adalah kesejarteraan rakyat. ahlak yang baik tidak bisa dilihat dari bagusnya sorban yang dipake, atau idiologi yang dianut. ketika kebutuhan rakyat terpenuhi, itu merupakan produk terbaik dari ahlak pemerintah.

  • yang dimaksud ahok banyak pejabat yang sok suci bertameng agama namun moralnya bobrok. jadi rakyat banyak tertipu dengan penampilan religius ternyata moralnya rusak, jadi mending ga usah bertameng agama, kalo cara politiknya ga bisa sesuai dengan agama. jadi rakyat ga banyak tertipu. lain kali lebih diperjelas pak ahok karena unsur SARA cendrung sensitif.

  • Harusnya berpikirnya begini kalau politik yang diwarnai agama saja masih seperti ini, bagaimana kalau politik tidak diwarnai agama, apa tidak lebih hancur

    • Danny Boy

      Salah! Politik jadi ngaco gara2 rakyat pilih pejabat berdasarkan agama. Politik memanfaatkan agama buat pencitraan. Tanpa bawa2 agama ke dalam politik lebih bagus, jadi rakyat menilai pejabat secara objektif hanya berdasarkan kinerja nyata!

      • Masya Allah, ya harus jelas dogn agamanya…harus lebih loyal yang ke Islam!!

        • Danny Boy

          Masya Allah, jgn pilih pejabat cuma gara2 Islam. ngaco abis

  • Iwan Bafak

    yg salah itu klo agama hanya djadikan topeng dalm brpolitik………tp klo brpolitik dengan berlandaskan agama, insya allah politiknya bener……..

    • Dede Pujayadi

      betul bin benar

  • jabar

    apapun kata ahok sampai hayat, saya akan menempatkan agama saya sebagai dasar segala aktivitas saya, seperti janji saya setiap sholat dalam doa iftitah, sesungguhnya ibadahku atau segala aktifitasku, hidupku, serta matiku hanya untuk Rabb sekalian alam, saya doakan semoga ahok mendapat hidaysh dari Allah swt

    • Dede Pujayadi

      Mantab ustadz Jabar

    • masyudha

      SETUJU mas BRO…..karena yg hakim kita di akhirat bukan mas AHOK…namun ALLAH SWT…

    • crystallino

      Ya ini ni yang calon munafik. Orang yang benar-benar menghayati agamanya akan sibuk berbuat kebaikan, bukan sibuk mengkoar-koarkan dirinya beragama apa.

      • Adi Rahadi

        jiah hoby banget menuduh munafik.

        Gimana elo misa mengetahui seseorang calon munafik ato bukan?
        Elu nggak tau kehidupan dia udah ngatain munafik,
        Ini nih contoh tuduhan dari orang2 orang munafik.

        • evi

          seandainya crystallino tinggalnya dekat rumah saya…,???”””akan sy pukul mulutnya sama linggis,ngatain orang munafik,pdhal gk tau apa apa….

          • radixe

            Apa nggak mending bilang orang munafik daripada mukul pake linggis?

  • JANGAN MASUKKAN POLITIK DALAM AGAMA, TAPI MASUKKANLAH AGAMA DALAM POLITIK……POLITIK AKAN RUSAK TANPA AGAMA………..SEGALA CARA JADI HALAL JIKA TAK ADA AGAMA

  • yasmine

    kita sebagai umat muslim jangan marah dulu, memang seperti itulah kenyataannya, sebagian besar pejabat2 kita yang berkoar2 kalau dia muslim, apa2 membawa nama2 agama padahal kelakuannya wah..susah di umpamakan, tamak, munafik, sok wibawa…pokoknya lengkap. bapak ahok bukan beragama islam, dia tidak tahu islam itu seperti apa, yang dia tahu bagaimana kelakuan penganutnya…sama dengan kita menilai agama lain..yang kita tahu adalah bagaimana perilaku umatnya…kerena semua orang tahu agama adalah landasan dalam berperilaku…jadi kita orang muslim harus intropeksi diri aja….dan saling mengingatkan satu sama lain

    • masyudha

      ya kalo mau diingatkan..kalo sudah jd pejabat pada lupa semua..kalo gitu g bisa diingatkan..pake bawa-bawa agama..halal untuk dibunuh..itu..gimana..?

      • Sorot

        ya klo gk mau di ingatkan, itu bkn lalu agamanya yg salah, klo ente mau ngingatkan jgn koar2 dan nanya disini percuma, sono tuh bilangin ke orangnya itu aja kok cepot.

    • Moshimaro Wijaya

      yap tul skali…bnyk muna…

  • madyani

    luar biasa omongan AHOK, agama nya apa ya?

  • yang jelas (agama) Islam itu kaffah dan sempurna, yg dapat hidayah dan petunjuk-Nya mari kita syukuri dg amal kebajikan dan keikhlasan, terus bekerja untuk Indonesia

  • senjata parpol tuk mencari suara biasanya dng nafas agama paling mudah …makanya banyak orng yg pakai agama adalah bisa jd mesin tuk berpolitik

  • betul pak ahok saya setuju dengan anda, lha kalo memang agama dicampurkan dengan politik seharusnya pemerintahan ini jadi pemerintah yang jujur adil serta mensejahterakan rakyatnya, gak kayak sekarang ini malah para pejabat birokrasi yang mengaku berakhlak tapi malah munafik mengerogoti uang rakyat serta mnyengsarakan rakyat cari menang sendiri yang penting perutnya kenyang sekali lagi hidup pak ahok!

  • Pak Ahok suka barantem ya kalau berantem sering pakai jurus apa

  • ga usah dibahas-bahas pak.. SARA itu.. mau agama, suku dll.. kita ngerti sendiri ajalah.. itu bukan rahasia lagi dan udah menjadi indikator dari kehidupan didunia ini.. didalam hal apa saja.. contoh kecilnya.. bapak pasti lebih memilih untuk menyelamatkan saudara bapak sendiri daripada orang lain yang bapak kenal atau tidak kenal bukan..

  • negara ini rusak karena mencampur adukkan politik dengan agama? what? maksudnya? diperjelas pak.. orang bisa salah tanggap dengan pernyataan bapak ini.. SARA itu sudah menjadi bagian dari kehidupan ini pak.. dan sudah bukan rahasia lagi.. contoh kecil kita pasti lebih mengutamakan Kepentingan SARA daripada kepentingan orang lain.. jadi ga perlu dibahas pak.. TST aja

  • memilih yang terbaik diantara yang buruk…..

  • hartmin

    wah .. wah … ada yg sepaham dgn ahok ni… jokowi harus bertanggungjwb dihadapan Allah membawa org punya pikiran yg tdk sejln dgn islam

  • no partai dalam islam you know karena partai itu tidak mendukung rakyat katanya mendukung tapi memijak malah

  • Danny Boy

    INDONESIA NEGARA SEKULER! Sudah ditetapkan Bapak Pendiri Negara!

    This
    country, the Republic of Indonesia, does not belong to any group, nor
    to any religion, nor to any ethnic group, nor to any group with customs
    and traditions, but the property of all of us from Sabang to Merauke! –
    Kusno Sosrodihardjo (Dr.(HC) Ir. Soekarno, the first President of
    Indonesia) speech in Surabaya, September 24, 1955

    Jangan bawa2 agama ke dalam pemerintahan, junjung tinggi supremasi hukum!

    • aiem

      sudah tau pasti bahwa sejarah kemerdekaan indonesia itu, mendirikan negara sekuler???

    • Mursalin

      Maka jgn heran klu negara ini akan hancur, moral dan akhlak tdk lg dijunjung, agama dikesampingkan bahkan ditinggalkan. Silahkan berzina, mabok, korupsi, tdk usah ada agama. Begitu kan maksud you…!!!

  • Danny Boy

    Sebagai pribadi takutlah pada ajaran agama. Sebagai warga negara takutlah pada hukum negara. Sebagai pejabat junjung tinggi hukum negara di atas segala2nya, utamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi, golongan, suku, bahkan agama sendiri !
    Kalau tidak sanggup TURUN SKRG JUGA!

  • nair

    ahok dasar agama tidak jelas, loe mau ajak orang islam bertarung ya oke kapan??..loe jual gue beli, persetan dtg jabatan loe, nggak ada ceritanya orang china ikut berjuang, loe khan tinggal cari makan doank

  • sepakat,,,

  • yasmine

    mau koment ajjah susah

  • Saya yakin bukan maksudnya jadi negara tidak beragama, tapi bagaimana tidak membuat agama hanya menjadi tameng saat diperlukan.. Agama bukan supaya kita di RESPECT, tapi bagaimana kita jadi IMPACT (punya dampak) buat masyarakat dan bangsa :)..

  • perut kenyang, otak pinter, dompet tebel…udah banyak di indonesia. kalo 3 hal itu sj yg penting kok negara ini masih gak bener gini pak hok?hayooo napa?

  • Sekuler sekali pernyataan ini..!! Baguslah, kita jadi tau siapa dia.
    Politik itu bagian dari agama, maka politik itu harus berdasarkan aturan2 agama, sehingga tidak ada yang dirugikan. Tidak ada satupun aturan agama yang merugikan bagi manusia. Semua membuat manusia hidup dalam keadilan dan sejahtera. Dan ketimpangan yang terjadi di negara kita adalah karena ada aturan agama yang dilanggar. Itu sudah pasti.
    Ahok berpendapat demikian karena selama ini yang ditemui adalah orang yang pintar bicara tentang agama bukan orang yang berilmu dan berakhlak secara Islam.
    Jadi bukan agamanya yang jadi masalah karena agama itu untuk memudahkan manusia mencapai kesejahteraan. Tapi manusianya yang cuma kenal, tapi tidak faham tentang agama (meskipun berlabel kyai atau haji sekalipun), sehingga akhlaknya sangat jauh dari nilai-nilai agama. Pemikiran sekuler ini sangat bertentangan dengan Islam, karena Islam itu agama yang sempurna meliputi seluruh aspek kehidupan manusia baik secara pribadi dan sosial juga ilmu pengetahuan dunia dan akhirat.
    Kalo kita melek sedikit dan lihat hasil survey resmi beberapa waktu lalu, sudah terbukti bahwa yang mendominasi korupsi dinegara ini adalah Partai2 nasionalis dan sekuler.
    Jadi saya berasumsi bahwa Ahok mengucapkan begitu karena teman2nya sebagian besar adalah kaum Nasionalis Sekuler.
    Mudah2an Ahok menyadari kesalahan pendapatnya itu dan mendapat hidayah..aamiin

    • afifah

      Setuju……………. Semoga yang lain juga baca tulisan anda………

    • “Betul sekali mas Adi…saya sebenarnya kasihan sama engkong Ahok ini, brliau ini blm memahami agama ( apalagi agama Islam ) tapi sdh lantang tentang tentang akhlak dan agama… menyedihkan….semoga beliau menyadarinya…

    • crystallino

      salah. omongan Ahok ini justru sangat berkarakter. dia nda mau agama anda dijadikan barang dagangan. anda mau beli pepesan kosong? memilih partai yang nampaknya memakai “kostum” agama anda, tapi ternyata kelakuannya jauh dari ajaran agama anda? yang terjadi adalah nama agama anda sendiri yang rusak!

      yang Ahok bilang itu, hiduplah menurut agamamu masing-masing, tidak usah digembar-gemborkan. nanti kalau orang melihat perbuatanmu yang baik, orang akan bertanya-tanya sendiri koq, apa yang bisa membuat anda bisa memiliki akhlak yang baik seperti itu. tidak ada omongan bahwa Ahok tidak ingin orang berpolitik itu tidak beragama koq. yang ada adalah Ahok tidak mau agama dijadikan manipulasi agar orang memilih parpol atau tokoh tertentu, padahal ternyata ujung-ujungnya pembohong besar.

      • evi

        kalau goblok jangan ngomong…., kecuali klu kamu lahirnya dr orang goblok ya gpp, itu dah nasibmu…

  • Erikjunier

    Orang Atheis Ya…Tentu muak dengan cerita-cerita Agama … Org jakarta Bodoh aja yg pilih Jokowi AHok

  • Erikjunier

    Seharusnya Wagub DKI Ahok bisa bicara dengan santun seperti china-china lain yg santun…..sy melihat tionghoa/china yg memalukan….

  • Erikjunier

    Indonesia bisa merdeka dg perjuangan Mujahit Jend Sudirman sbg orang pesantren…. Pekik Allahhuakbar. tidak dengan haleluya atau gong xi fat chai… Tahu diri lah kalian

    • delpiedo

      oi bodoh,tnpa cina,,,mereka makan dr mana?tnp cina ,soekarno membaca proklamasi dr mana?dan tanpa cina,indonesia itu gersang,,,bodh di pelihara

  • Erikjunier

    Di negara AS,Inggris,Kanada, China,Miyanmar,Thailand, ATAU LAINYA Apakah Ada Minoritas memimpin Mayoritas…. Islam seperti di Indonesia… Minoritas di Indonesia sudah keterlaluan bicarnya …..

  • Erikjunier

    Ingat-Ingat ……. Pemimpin Komunis Indonesia DN Aidit adalah Orang Bangka Belitung….. mudah2an Wagub DKI bukan….. turunan K O M U N I S / ATHEIS……

  • Maaf,,judulnya agak profokatif,.sebetulnya maksud Ahok itu, dia muak berbicara soal agamanya dia..krn lagi-lagi ngga ada yg kongkrit dalam ajaran mereka untuk menangani masalah sosial..kl orang Islam, tetp sj, semua aspek hidup hrus ngikut aturan agama, baik dari sisi aturan hukum maupun akhlaq nya.

  • noim

    Ahok bukan hanya arogan, tp sudah sombong///
    seharusnya agama sangat menghargai rasionalitas, tanpa mengesampingkan sisi spiritualitas. kebobrokan umat y krn kebobrokan akhlak.

  • Nata Prawirautama

    Mas Ahok, Sifat munafik yg ada adalah warisan liberalisme yang ada….pemerintah tidak mementingkan pembinaan agama dalam penerapan kehidupan sehari hari….pemerintah hanya mengejar bentuk pembangunan infrastruktur yang diutamakan, Padahal sebagus apapun infrastruktur jika tdk diimbangi aklak yg baik sesuai agama tentu hancur juga. Dan Mohon untuk dipahami bahwa agama tidak bisa disekat hanya untuk ibadah….namun agama dipakai diseluruh aspek kehidupan kita baik individu,masyarakat, atau bernegara termasuk berpolitik. Dan tolong dipahami bagi teman teman, bukankah dari dulu kita selalu mensekat antara agama dg politik, agama dg hukum, dll. Pengertian kita hanya agama itu dimasjid, digereja,diwihara dsb. Bukankah itu sudah kita warisi…dan apa hasilnya? Seperti yang disampaikan Ahok……maka mengapa ketika kita ingin berubah bahwa agama akan kita bawa ke kehidupan sesungguhnya…..ini dikatakan munafik? Saya tidak sepakat dengan ahok……..akan hal ini

  • gua emang gak taat agama, tapi sangat tak setuju dgn Ahok. Akhlak itu penting, apalagi buat para pejabat. gmna mau maju kalo pejabat akhlaknya rusak?

  • oedin

    Hallo !!! Ahok ente baru 10 tahun berpolitik aja sombong, emang apa aja yg udah ente berikan kepada negara, bandingkan dengan para ulama yg sudah memberikan segalanya kepada negara berpuluh-puluh tahun !!! mending loe turun aja lo AHOK !!!!

  • hatijah tambengi

    bung syahrul…..anda perlu mengkaji ajaran agama kita lebih jauh …harus dibedakan mana oknum mana ajaran Islam….bukankah pendiri negara ini menjadikan jihad sbg semangat mereka dalam mempertahankan sejengkal demi sejengkal TANAH AIR KITA INI dan menata negara kita ini …dan bukankah Muhammad itu adalah seorang kepala negara? mungkin ini saja anda tidak yakin, negara dan agama itu tidak bisa dipisahkan bung,,,,karena hidup bernegara tanpa niat beragama sia-sia….kalau yg anda maksud agama disini adalah haji saja ,saya kira anda salah besar.

  • Jojo Saifudin

    Saya pikir ahok ada benarnya juga, masak ada orang Islam korupsi pengadaan Al Qur’an, kedzoliman apa yg lebih besar dari itu, mending doakan dia dapat hidayah Allah Swt, siapa tau dia akan menjelma menjadi sosok seperti pribadi Umar RA, tegas terhadap kebatilan namun lembut terhadap umat.

  • “Yang penting itu tiga hal, perut, otak sama dompet,” sambung Ahok.
    Semua dinilai dengan materi. Ada satu yang lebih penting dari semuanya yaitu keimanan yang menghunjam dalam dada.
    Orang yang korupsi denegeri ini, mereka telah mempunyai ketiga hal diatas, tapi tetap melakukan korupsi. Itu semua karena gersang jiwa raganya dengan iman, Agama cuma dijadikan label, sebuatan kyai juga cuma label, haji juga cuma label. Kelakuannya sangat jauh dari nilai2 agama sebagaimana orang2 sekuler yang memisahkan masalah dunia dengan agama. Padahal harus diingat bahwa agama bukan cuma sekedar pengetahuan teoritis saja tapi juga implementatif. Agama adalah Akhlak. Artinya tidak beragama orang yang tidak berakhlak sehingga yang ada cuma keserakahan dan hawa nafsu untuk berkuasa dan dihormati manusia. Padahal sesungguhnya amat hina dihadapan Allah. Na’uzubillah…
    Islam adalah agama sempurna, dan politik adalah salah satu aspek kehidupan yang diatur Islam dari sekian banyak aspek kehidupan lainnya yang telah diatur secara sempurna. Jadi akan kehilangan arah bila bagian yang kecil dari sistem kehidupan ini (politik) keluar dari sistem yang menaunginya (Agama).
    Sebagai Pemimpin harusnya cukup cerdas dan santun dalam menggunakan kata-kata kalau tidak mau dibilang arogan atau preman

    • sunflower

      sepakat

    • “Setujuuuuu…mas!

    • crystallino

      saya masih tetap setuju dengan omongannya Ahok. yang dia omongkan sudah sangat pada tempatnya. Indonesia kalo tidak ditegasi, tidak sadar-sadar, tidak bangun-bangun. oleh karena anda bilang agama itu adalah akhlak itu lah Ahok muak dengan politik yang dicampurkan dengan agama, karena agama di dalam politik hanya dipakai sebagai barang dagangan, tidak ada akhlaknya. cuman untuk dagang pepesan, bagus di luar, tapi tidak ada isinya di dalam. mungkin anda bilang Islam adalah agama sempurna. boleh-boleh saja anda berpendapat begitu. sayangnya yang menjalankannya adalah manusia-manusia yang tidak sempurna, yang cenderung memanipulasi apapun celah yang abu-abu. mau agama anda dipakai sebagai barang dagangan? silahkan kalau anda mau. kalau saya sih saya tidak mau tertipu.

  • rudisalm

    EMANG AHOK GAK PUNYA AGAMA,…..perilaku itu berkaitan dengan agama….belajar lagi deh agamanya kasihan pendeta yg ajarin AHOK

  • capede

  • saya muslim. tapi saya sangat sangat setuju dengan pak ahok.. gak usah ngaku beragama jika tujuan berpolitik cuma fokus kekuasaan dan pemenuhan kebutuhan pribadi dan organisasi. apalagi membawa nama Tuhan dan agama untuk menutupi kedzaliman. itu munafek ! dan sahasaja menjual agama + lecehkan Tuhan !!

  • Inara

    Maklum beda pemahaman. Nikmati aja pilihan yg ada. :D

  • zie

    “Saya tidak mau komentar itu. Tidak semua anggota DPR jelek. Kalau Anda
    mengatakan DPR jelek itu salah. DPR itu ada orang baik banyak. Cuma
    jumlahnya kalah banyak dengan yang jelek. Itu saja,” ujar
    Ahok.
    http://ahok.org/berita/news/btp-bicara-soal-dana-pensiun-anggota-dpr/#comment-39956

  • Iben

    mending baca isinya…bukan baca judulnya
    dan yg komen nggak terima, kok seperti mereka tersindir … (lucu)

  • toto

    pak akhok…. jadikanlah agama sebagai tongkat komando untuk mengatur politik…. jangan di pisahkan antara keduanya… jika dipisahkan pasti politikmu akan hancur… begitupun dalam kepemerintahan…

  • masmuh vitezstvi

    kalo menjalankan syari’ah dg baik,akhlaknya jg baik.coba belajar beragama yg baik dulu pak ahok baru berpolitik.

    • Feny

      Bro,pandai dulu dalam menilai,jangan tuduh ahok ngga bener,baca artikelnya baik2….
      Kalian bodoh yang menyalahkan sang ahok ini…
      Bir dan miras (minuman keras) maksud si ahok itu adalah miras yang memiliki kadar alkohol di larang,kenapa bir tidak dilarang,kan walau kadar alkoholnya sedikit alkohol tetap alkohol.

      Masalah politik dan agama,maksud ahok itu jika memang kita umat beragama yang memiliki akhlak yang baik mengapa masih ada pejabat korupsi,pejabat munafik dan pejabat main serong.Ahok kan bilang 10 tahun kerja di politik sudah muak,karena banyak yang munafik,,jadi kemana akhlaknya?

      Positif thinking berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

  • asrina

    sepakat dengan pak adi dan renaldy, bahwa agama sesungguhnya mencakup semua aspek kehidupan, karena kita berjalan di atas dunia ini berdasar pada tuntunan agama yang kita anut. soal pelaku politik atau pejabat yang korupsi, jangan salahkan agamany, ORANG ny saja yang tidak mengamalkan tuntunan agamanya secara penuh. Coba bapak Ahok baca alqur’an dan hadist, semua yang terjadi di dunia ini sudah diatur selengkap-lengkapnya di sana. jadi tidak ada alaasan untuk memisahkan agama dari politik seperti yang terjadi di negara sekular …

  • Johan Sanjaya

    Betul Pak Ahok, semua Agama adalah rem setiap individu agar tak melakukan hal yg buruk, Agama jgn dijadikan senjata mencari Pamor dan Koruptor Kotor!

  • Rodas

    Jadi ga respect lage ma Mr Ahokk..hok..hok. Bagaimana bisa politik dipisahkan dengan agama. Makin jadi titisan setan lah para pemimpin negeri ini ??

  • Yusuf Perdana

    Politik harus mengikuti Agama.

  • Jadi ingat status teman di salah satu media sosial :
    “Atheis praktis adalah mereka yang menganut dan
    menjalankan ritual agama tertentu (kalau ia Islam, maka ia shalat,
    puasa, berzakat bahkan naik haji) namun tidak menyertakan Tuhan/Allah
    dalam kegiatan-kegiatannya (misalnya, kalau ia Muslim, ia selalu shalat,
    puasa, bahkan bulak-balik naik haji/umroh, namun berbohong dan korupsi
    menjadi “makanannya”. Entah di mana Allah swt ia letakkan saat ia
    melakukan hal-hal yang dilarangNYA)”. Mari sama-sama memeriksa diri,
    jangan-jangan kita termasuk penganut atheis praktis – na’udzubillah min
    dzalik, tsumma na’udzubillah”
    Mungkin inilah yang terjadi pada pemimpin kita saat ini. Jadi sebenarnya bukan agama yang bersalah, tapi pribadi masing masing individu lah yang mesti dibenahi. Kalo seandainya para pemimpin ini benar benar menempatkan agama di dalam dirinya, pasti politik tak akan sekotor ini. Contohnya masa kepemimpinan para sahabat nabi dan khilafah

  • kalo gw disuruh pilih, mending atheis tapi berbuat baik dan tanggung jawab drpd beragama malah mempermalukan agamanya.

    • mending baik dan tanggungjawab serta beragama ,, hihi

      • evi

        sip

    • kenapa musti agama yang jadi dipermalukan?
      emang ngajarin buruk ye?
      yang salah kan orangnye…
      aneh,,,

      • Kent

        anda tau maksud ‘mempermalukan agama’ disini gak kak ?
        maksud dia bukan agamanya ngajarin buruk
        tapi

        kalo anda berbuat sesuatu yang buruk
        kan nama agamamu yang dianggap (di label) buruk

        • evi

          yang nganggep yang blo’on

    • Elly Sumantri

      Ngomong jgn asal yach, klo loe muslim, maka keislaman loe sdh cacat dgn ngomong gitu. ga tau klo loe agamanya bukan Islam…

    • Hilman Fauzi

      Mantaps mas Tegoeh….. :D Saya setuju dengan mas tegoeh deh…. Kalo dah berbuat baik dan bertanggung jawab isnyaallaah laahh dimudahkan kembali kepada nur ilahi…. Vote up buat mas teguh… Yang ada tuh Baik dulu maka Allah akan mendekat…. Maklumlah mas kebanyakan kita kan Orang Islamnya turunan juga dan karena kondisi lingkungan yang islami tapi bukan islam…. Ngakunya Islam Undang-undang dan landasan negara tidak berlandaskan Quran aja diem aja loe pade…

    • “Saya gak tau nih mas Teguh tuh apa agamanya..? kalau agamanya Islam, hrs bersyahadat ulang lagi tuh…! Astaghfirullah….

    • YUSUF ANDRI

      namanya teguh tapi teguh dalam kesalahan ,, baca buku dan belajar agama lagi, banyak minum susu siap itu tidur aja,, biar cepet gede

  • Mulai kelihatan aslinya alias Atheis…..

  • abu

    singkat saja: DASAR AHOK !!

  • fajar

    yang dilihatnya hanya pejabat yang munafik, pernah nggak dia lihat alim ulama yang hidupnya sesuai dengan agama dan menolong orang tampa pamrih, apa sih yang telah dibuat oleh ahok ini untuk masyarakat, bangsa dan negara

  • inaswar

    Bung Ahok… Ajaran Agama itu harus melekat pada setiap orang apa pun peranannya dalam kehidupan ini. Jika ajaran agama dilepaskan dalam gerak dan langkah kehidupan setiap manusia, maka manusia itu punya pedoman, tidak punya penuntun, tidak punya petunjuk, tidak punya rem terhadap segala hawa nafsu – termasuk hawa nafsu untuk selalu nada tinggi atau marah-marah setiap bicara, sepertinya dia benar sendiri, merasa pintar sendiri, merasa jujur sendiri, sombong terhadap apa yang dia perbuat, dan merasa serba bisa. Akibat fatal dari melepaskan agama dari kehidupan seseorang, membuat di menjadi koruptor, memakan hak orang lain, tipu sana – tipu sini dengan berdalih itulah politik.
    Ketika seseorang atau sekelompok orang atau orang-orang partai politik atau para pejabat negara, pajabat pemerintahan melakukan kerusakan dlm bentuk apapun, itu bukan salah agama yang dianutnya, tapi manusia itu sendiri yang bejad.

  • hmmmmm….kalo dah begini susah….ahlak juga penting,dompet juga penting,otak juga penting,perut juga penting…

  • agree………….tapi memang benar jaman sekarang agama hanya menjadi topeng :( dan berlandaskan setan :(

    • mona

      Itu kenapa ahok menyinggung tentang, jangan bawa2 agama dalam berpolitik. Karena pada kenyataannya kebanyakan orang politik mengatas namakan agama sementara nggak tahu cara beragama yg baik, malah cenderung munafik dan ga beragama. Agama selalu di jadikan umpan atau senjata tapi inti dari beragama malah nggak tahu atau ga di pakai. Itu kenapa ahok bilang yg penting berbuat yg benar, berbuat kebaikan. Itu kan inti dari beragama karena apapun agamanya mengajarkan berbuat kebaikan dan kebenaran. Jadi jangan ngaku beragama kalau masih belum bisa berbuat baik dan benar. Itu yg aku tangkap dari omongan ahok. So ahok is really damn good!

      • Haryono Adigunawan

        Yang salah kenapa politiknya yang dijadikan panglima bukan agama yang dibikin jd anak tiri ? Akhirnya malah rancu mau disekulerkan ? Bukannya nilai2 agama itu kebaikan ? Kalau agama jangan dibawa2 lantas apa yg mau dijadikan acuan ? Kepentingan dan hawa nafsu toh ?

  • safril

    Wah kacau juga ni pendapat pak Ahok, tapi kalau dalam konsep Islam politik itu adalah strategi untuk menjadikan ummatnya mengerti , memahami, dan mengamalkan konsep Islam dengan benar sehingga jadilah seorang muslim yang taat kepada Allah SWT, kepada Nabinya, kitabnya hingga sampai kepada pemimpinnya, tanpa ada strategi bagaimana ummat ini bisa maju dan bermanfa’at bagi orang lain. Istilahnya diibaratkan politik itu sebagai pisau, kalau pisau digunakan oleh orang baik maka pisau tersebut sangat banyak manfa’atnya, tetapi kalau dipakai oleh orang tidak baik akhlaknya bisa saja dijadikan sebagai senjata pembunuh orang yang tidak bersalah, Apapun yang dilakukan di Dunia ini tidak terlepas dari politik tersebut.
    Wassalam, Safril . SPt dari Riau.

  • berpolitik lah demi agama jangan beragama demi politik.. semua yang di lakukan manusia tetap ada pertanggung jawaban nya.. jadi agama gak bisa di pisah kan dari apa pau.. kalo ahok memang gak punya agama.. org dia gak prcya ada surga n neraka.. keluarga saya dri belitong timur yg mantan bupati nya ahok.. coba media sorot hidup di profinsi yg katanya salah satu provinsi terkaya RI itu jauh dr kata sejah tera.. jd jgn bangga dgn ucapan AHOK itu

  • emang politik dan agama itu, konsepnya sesempit itu yah Pak Ahok,contoh kasus sesedikit itu memang cukup yah untuk kesimpulan seluas itu?

  • sepakat kalo ini….

  • bagi temen2 semua tlg dibaca semuanya dulu dan di cermati,jangan asal comen yg gak jelas.kyaknya ngak sebegitu amat bacan itu, dan diatas pun tdk menyebutkan salah satu agama,ahok cuma memaparkan para pejabat di negerikita ini yg mgkn terlalu memalukan……dan jgn terpengaruh dg comen2 yg mgkn bs megadu domba karena negara kt meghormati semua agama

  • Rahmat Awaludin

    Saya SETUJU dengan Ahok.
    Kalau agama kristen dicampur adukkan dengan politik ya rusaklah Indonesia.. :)

  • Ahok, klo kamu beragama kenapa berbicara seperti itu? Agama diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan kesempurnaan, universal, menjadi panduan hidup, mengatur semua kehidupan manusia, termasuk dalam berpolitik, bernegara. Klo loe gak mau diatur sama agama, apa bedanya dengan PKI?????

  • Asih

    Justru politik tidak dilandasi dengan nilai2 agama jadi rusak seperti sekarang ini. Masalahnya manusia bertindak tidak menggunakan nilai2 agama melainkan menggunakan nafsu pribadi yang mengatasnakan kepentingan umat. Pada prisipnya politik dalam pandangan Islam untuk mengatur kepentingan seluruh kehidupan umat…. cuma orang dah terlanjur dan terbiasa berbuat curang dengan mengatasnamakan “POLITIK”, jadi politik ya selamanya terlihat buruk dan jahat…

  • Elly Sumantri

    Ahok dan para pendukungnya ga belajar sejarah sich. Siapa coba yg berdarah2 memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, siapa pula yang mati2an mempertahankannya dari upaya penjajahan kembali, kalau bukan kaum yg beragama (Islam) dgn semangat jihadnya, tidak mungkin negeri ini merdeka, dan itu politik.
    Sedangkan orang2 yg kayak Ahok ini cuma dompleng ketika enaknya mereka ikut koar2 merasa telah berkorban, eh ketika susahnya mereka lari.
    Umat Islam dan kaum beragama yg berjuanglah pewaris sah negeri ini. Mereka yg sekuler, liberal, atheis itu cuma menumpang di negeri ini dan suatu saat bisa diusir.

    • Feny

      Bro,pandai dulu dalam menilai,jangan tuduh ahok ngga bener,baca artikelnya baik2….
      Kalian bodoh yang menyalahkan sang ahok ini…
      Bir dan miras (minuman keras) maksud si ahok itu adalah miras yang memiliki kadar alkohol di larang,kenapa bir tidak dilarang,kan walau kadar alkoholnya sedikit alkohol tetap alkohol.

      Masalah politik dan agama,maksud ahok itu jika memang kita umat beragama yang memiliki akhlak yang baik mengapa masih ada pejabat korupsi,pejabat munafik dan pejabat main serong.Ahok kan bilang 10 tahun kerja di politik sudah muak,karena banyak yang munafik,,jadi kemana akhlaknya?

      Positif thinking berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

  • mencampuradukkan agama dengan politik itu ga masalah,pak ahok…asal toleransi…seperti di madinah dulu(pembaca muslim tau) yang bikin sekarang rusak itu menurut saya adalah karena sekarang agama yang dipolitikkan…jadi…embel2 nya agama…tapi sebenarnya digunakan untuk kemauan politik…semua ajaran agama itu baik…(pastinya yang lebih baik islam dong…terbaik..agama saya yang hak)…jadi sebenarnya memang harus murni…agama yang murni dan hati yang murni…ingat pak ahok…jangan menomorduakan agama anda…

  • dasar singkek…

  • Hilman Fauzi

    Wah mantaps pak ahok…. Kalo mau berpolitik bawa agama ya ganti negara kita….. ganti dasar negara juga wew…. Hehehehe…. Actuion Action Pak Ahok…. Mantaps….

  • Hilman Fauzi

    Kalo kita ngikutin politik zaman rosul dulu ya perang kita….. Soalnya Rosul Muhammad gak mau dia berlandaskan aturan diluar Quran…., :D Wajarlaaaahhhh Banyak orang munafik…. Orang kita semua kebanyakan agamnya gak bener….. Hasil selalu sesuai dengan proses tentunya…. Rakyatnya banyak yang munafik ya dikasih pemimpin ma politisi munafik juga…. hehehehhe

  • mas Jabar ???? justru itu…….yang ahaoh bilang, karena politik itu mayoritas kotor, maka jangan dicampurkan kesucian dari agama itu.

  • Pak Ahok….memberantas korupsi itu juga perintah agama lho…..

  • Hei
    Ahok lu tau Agama darimana…..masalah politik aja gue tahu lu lum
    apa-apa ilmuanya lu keangkat jadi wagub karna duit lu banyak aja…

    • Fatah Hidayat

      jangan lupa juga pak…karena berpasangan dengan jokowi…

  • nilah orang kafir ngomong mulai sok tau..islam tu politik Allah ..politik sekarang politik orang munafiq termasuk loe…

  • azwar fauzi

    tapi saya setuju dengan pendapat ahok sebuah idealisme memang harus dibuktikan jangan hanya mengumbar saja..

  • “Sekarang emang berani lapor harta kekayaan karena baru menjabat, dua – tiga tahun setelah menjabat, apa masih berani lapor harta kekayaannya…??? Mari kita tunggu sama2 di episode berikutnya…

  • Berpolitik bagian dari kehidupan yang memang harus dilandaskan agama, klo nggak mau dilandasin agama PKI tuh

  • Danny Boy

    Kalau pribadinya beragama dengan benar ga bakal ada kejadian kayak zina, mabok, korupsi. Yg beragama itu orangnya, pribadinya, bukan negaranya. Negara menjunjung tinggi hukum yg dibuat oleh orang2 yg beragama. begitu lho

  • Danny Boy

    Yang beragama itu orangnya, pribadinya, pejabatnya, pemimpinnya. Bukan negaranya, negara itu institusi, ga ada bedanya sama perusahaan. Kalau orang2 yg menjalankan pemerintahan beragama dan teguh menjalankan ajaran agama, otomatis hukum negaranya juga bener. Makanya tunjukkan imanmu dengan perbuatan. bukan dengan cara berpakaian atau embel2 keagamaan.

  • YUSUF ANDRI

    aku gk tahu agama ahok apa,,, mestinya gk perlu buat pernyataan seperti itu, jika dalam agama yg dianutnya tak ada mengatur soal politik, jangan memvonis bahwa pemeluk agama berbuat jahat lantas disalahkan agamanya. bung ahok mesti tahu itu. tapi di Islamm yg namanya berkehidupan semua di atur sama kitab yg namanya Al Quran dan Hadist, Baik berpolitik, berdagang, berhubungan dg sesama , dg Penciptanya, pendeknya dari kita bangun pagi sampai tidur lagi ada di atur oleh agama, bahkan mau tidur dg istripun ada doa dan aturanya,,, sekarang saya mau tanya agama om ahok apa,,, sehingga sampai membuat pernyataan seperti itu, kalo ad kejahatan dari pemeluk salah satu agama bukan sama sekali ajaran dari agamanya. tapi murni oknum pemeluk agama itu sendiri yg tidak menjalankan ajaran agamanya. pernyataan seperti bung oahok itu bukan semestinya disampaikan oleh pemimpin yg hidup dinegara yg beragama, mungkin lebih cocok di sampaikan didepan audien yg negaranya tidak mengakui adanya agama,,, contohnya di negara komunis, kapitalis, liberalis, yg inti pokok ajarannya hanya memikirkan urusan perut dan bawah perut,,, kayak slogan negara cina menjajah,,, tempo dulu hanya merampas harta negara yg di kalahkan dan memperkosa para wanita yg kalah perang. dan sampai sekarang bisnis yg di jalankan juga tidak jauh dari urusan dosa, perjudian,, pelacuran,, jual minuman keras, jual ektasi. sabu-sabu,yg banyak di geluti oleh para pengusaha cina,,,apa jakarta mau dijadikan gituuu???

  • 70% ciri-ciri orang munafik itu lebih condrong menyebut orang lain munafik…
    Agama adalah landasan politik, bahkan segala sesuatunya tanpa dilandasi dengan agama tidak akan berjalan, ini kehidupan pasti ada rintangan, ya wajar saja semua tidak bisa berjalan mulus semulus paha cerybell.. Politik tanpa dilandasi dengan agama…?? apakah yahudi…?? mungkin kalau yahudi ya wajar, wong gak punya agama..
    Berperan aktif untuk kemajuan itu bukan dengan cara menyudutkan orang lain dari kesalahannya, namun mengingatkan dengan memberi saran.. Kalau seperti ini, seolah-olah terlihat ahok seperti orang yang gak punya salah.. maunya bener sendiri.. apa bisa menjadi seorang pemimpin tanpa landasan agama dalam poliknya..??

  • Hehehe.. jadi pengen tahu pendapat ahok tentang AHLAQ…

  • anggy

    mantap pak wagup dki… banyak yg beraklak…korupsi ajak kerjaanya…mank dimana aklak org itu apakah agama cuma sekedar pengenal????? klo betul aklakanya pasti gak mau berbuat yg begituan….saya setuju dengan pak ahok tapi kenytanya indonesia mayoritas islam dan pejabatya juga banyak yg islam kenyataaan dan fakta korupsi masih subur hidup di indonesia,saya sendiripun islam tapi saya setuju dengan pendapat bapak.klo mau niat baik ke sesama gak pilih agama,gak pilih ras, karena didalam al quraan pun di anjurkan hidup rukun antarr umat beragama saling menghormati dan menghargai…….

    teteap semagat pak ahok

    • Wawan Go Success

      Mas Broww…
      Saudara Q…
      Istigfar…

      Agama qt tercinta, Islam tu sudah bener2 mengatur segala urusan Dunia dan Akhirat qt, urusan dunia tdk bsa dipisahkan dengan agama.
      Jgan karna banyak orang Islam yg menjadi koruptor di negri ini lantas anda menyalahkan Islam.

      Hati” dengan si Ahok ini, inilah tanda2 orang yg Munafik, musuh nyata bagi Islam.

      Apakah semua orang yg ngomong kyak Ahok tu akan anda benarkan jga?

      • crystallino

        yang benar itu urusan pribadi anda tidak bisa dipisahkan dengan agama. hubungan dengan Tuhan koq dibawa-bawa ke politik. yang benar itu, “agama tidak bisa dicampurkan dengan politik, tapi berpolitik harus dilandasi akhlak beragama!”

  • Guest

    hahahah aneh nih cagub…punya agama ga y?

    • Feny

      Bro,pandai dulu dalam menilai,jangan tuduh ahok ngga bener,baca artikelnya baik2….
      Kalian bodoh yang menyalahkan sang ahok ini…
      Bir dan miras (minuman keras) maksud si ahok itu adalah miras yang memiliki kadar alkohol di larang,kenapa bir tidak dilarang,kan walau kadar alkoholnya sedikit alkohol tetap alkohol.

      Masalah politik dan agama,maksud ahok itu jika memang kita umat beragama yang memiliki akhlak yang baik mengapa masih ada pejabat korupsi,pejabat munafik dan pejabat main serong.Ahok kan bilang 10 tahun kerja di politik sudah muak,karena banyak yang munafik,,jadi kemana akhlaknya?

      Positif thinking berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

      • gozan

        Masalah politik dan agama,maksud ahok itu jika memang kita umat
        beragama yang memiliki akhlak yang baik mengapa masih ada pejabat
        korupsi,pejabat munafik dan pejabat main serong.Ahok kan bilang 10 tahun
        kerja di politik sudah muak,karena banyak yang munafik,,jadi kemana
        akhlaknya?

        Positif thinking berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

        aku setuju dengan pembahasan ini, di ambil positifnya aja. jangan langsung memakai emosi..

  • Aulia Rahman

    Pak ahok, Anda bukan pemimpin yang diharapkan, Anda hanya berkedok baik, tapi sesungguh nya anda munafik, Kalau memang anda merasa dunia plitik itu dunia orang-arang munafik, kenapa anda masih berada di dunia itu, itu sama saja anda munafik,
    Anda sok suci…. Kalau memang anda pemimpin yang baik apakah anda berani menyumbangkan seluruh harta andan untuk fakir miskin dan anak yatim?… dan hidup layak nya seperti fakir miskin dan anak yatim? Seperti Syaidina Umar bun Khattap?… Kalau anda tidak berani jangan berbicara sombong !! karna anda hanya manusia, bukan tuhan !!

  • RISOL

    orang kalo sudah menisahkan politik dari agama bahaya tuh..WAH…ISTIGFAR

  • Joko Wow

    pantesan aja bisa ngomong kaya gtu,,
    Ahok: “Negara Ini Rusak Karena Mencampurkan Agama dan Politik”

    orang dia ga punya agama doyannya mabok
    masa miras dilegal kan??

    Ahok: “Bir Bukan Miras, Gak Masalah Minum Bir Asal Gak Mabok”

    • Misdar Upr

      emang bir bukan miras???

  • capcay

    waduh Ko Ahok, itu kalo emang bener kalimat terakhir artikel diatas, bisa berabe ko… diajak berantem segala… yg baik-baik aj lah ko…… kalo udah muak ya pensi aj… istirohat di tempat.

  • dehasapan

    jadi nurut si ahok yang pantes apaa? politik di campur Miras? sekalian aja politik dicampur prostitusi, judi trus narkoba… biar lebih seru…. gimana hok berani gak lu ??

  • ora melu melu

    politik tanpa agama malah buyar bos…. pancasila pasal satu “ketuhanan yang maha esa” apa mau diganti politik saya yang paling benar?

  • dokdok

    yang paling baik politik yang beragama, bukan beragama untuk politik. ga usah lah bawa2 nama agama dalam politik tapi korupsi, main perempuan, itu namanya MUNAFIK.. agama itu didalam hati, tidak usah digembar-gemborkan terus buat jualan biar parpolnya laku dan dianggap suci..

  • Putra Neren

    ayo turunkan Ahok, kaki tangan jahudi

  • Feny

    Bro,pandai dulu dalam menilai,jangan tuduh ahok ngga bener,baca artikelnya baik2….
    Kalian bodoh yang menyalahkan sang ahok ini…
    Bir dan miras (minuman keras) maksud si ahok itu adalah miras yang memiliki kadar alkohol di larang,kenapa bir tidak dilarang,kan walau kadar alkoholnya sedikit alkohol tetap alkohol.

    Masalah politik dan agama,maksud ahok itu jika memang kita umat beragama yang memiliki akhlak yang baik mengapa masih ada pejabat korupsi,pejabat munafik dan pejabat main serong.Ahok kan bilang 10 tahun kerja di politik sudah muak,karena banyak yang munafik,,jadi kemana akhlaknya?

    Positif thinking berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

    • Yudha Purnama Yusup

      mbak feny !!! positive thinking itu berguna kan ??? kasih tau tuh si AHOK suruh positive thinking.

      • crystallino

        eh, ada yang kebakaran jenggot. :3

        • Sorot

          lah ente kebakaran apanya, kok nongol disini?”

        • evi

          sip yudha….,yang goblok crystallino,

  • Arek Madura

    Ko AHOK KAGAK insyaf2 sampean

  • Purwoko Adi

    “Saya udah kenyang 10 tahun berpolitik, bahkan saya sudah muak berpolitik,” kalo udah muak di politik kok masih aja nyemplung di situ… apa itu gak dikata munafik bang ahokk…

    • Kent

      jadi kalo muak kerja = gaboleh kerja ?

      • evi

        ya boleeehhhhhh…….,tapi jualan sate aja, jangan berpolitik dong,ktnya dah muak

  • Luis Cellung

    Pancasila
    1. KETUHANAN YANG MAHA ESA

    nih Bang Ahok kyknya maw mnghapus Sila pertama pancasila. Jelas-jelas pancasila menegaskan kalau negara ini negara BERTUHAN.

    Kalau nggak mw d ganggu agama silahkan pindah ke Rusia dn ngara komunis lainnya at pindah ke Eropa barat yg menganut sekularisme!

    Ini Indonesia!! Kita tdk bisa pisah dr agama.

    • Bayu

      Maaf bung…. ahok bkn mnyatakn tdak bleh beraga,,,, tp mnrt saya ada benar nya…terllu bnyak oknum2 politisi yg mmbawa agama.. tp bgtu mnjabat,, smua dia halal kn,.,.,, tlng cerna baik2 n ambl psitifnya

      • Rifai

        Renungkan Mas bayu yang ganteng:

        Negara ini rusak karena memisahkan Agama (baca Islam) dari kehidupan
        berpolitik dan bernegara, makanya banyak politisi yang korup, Pejabat
        yang korup, karena cuma baju koko ama kopiah aja yang nyantel di
        badannya, sementara ajaran agamanya mereka tinggalkan entah di mana…..

        • Widia Kusuma

          Lalu pejabat yang paling banyak korup itu agamanya apa mas? Saya belum pernah mendengar pejabat korup di Indonesia beragama Budha atau Hindu. Rata-rata Agama mereka tuh Islam….

          • hary

            karena indonesia mayoritas islam mbak, coba dinegara yg mayoritas nya hindu atau budha pasti yg korupsi mereka mereka juga yg beragama hindu atau budha, berarti mbak juga tdk update berita, jgn mendeskriditkan islam mbak yg korupsi bukan agama (islam) tapi individu-individu nya … jgn asal bicara saja …

          • Yudha Purnama Yusup

            MBAK WIDIA Kusuma JANGAN IKUT KOMENT !!! gak nyambung komentnya .. gak berbobot dan tidak lahir dari buah pemikiran panjang .. dan lagi kayak yang gk belajar agama gitu komennya

  • Muhamad Saman

    Tuan Ahok, suatu saat Anda akan kena batunya. Ingatlah, orang sombong itu, pertamanya saja terlihat sukses, namun ujung2nya akan hancur berkeping-keping. Ingatlah tidak ada kesombongan di atas dunia ini, akan langgeng abadi –> TIDAK ADA itu… Orang yg sombong itu sesungguhnya memiliki suara hati yang Rapuh.

  • Irel

    Kritik dr ahok utk para politisi yg sering jual dalil dan ayat suci utk kepentingan pribadi attau kelompoknya…jd jgn ditanggapi sinis,,klo bisa ini malah kita jadikan motivasi utk berpolitik yg berKETUHANAN YANG MAHA ESA……. :) Salam damai utk Indonesia

  • Rifai

    Negara ini rusak karena memisahkan Agama (baca Islam) dari kehidupan berpolitik dan bernegara, makanya banyak politisi yang korup, Pejabat yang korup, karena cuma baju koko ama kopiah aja yang nyantel di badannya, sementara ajaran agamanya mereka tinggalkan entah di mana…..

    • Widia Kusuma

      Itulah… agama untuk memperbaiki ahlak, ahlak yang baik tentunya membuat seorang melakukan politik yang baik.

      Masalahnya, menggabung-gabungkan politik dan agama urusannya bisa berabe. Apalagi di Indonesia, sangat mudah mempengaruhi massa dengan issue SARA. Hal ini yang dipolitisi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab

  • Rifai

    Saya melihat wajah ahok kok seperti melihat wajah orang yang penuh kebencian dan kemarahan ya??? Bang Ahok stay cool sedikit lah….

  • alketif

    agama itu hrs dibawa kemanapun/dimanapun kita berada, mau masuk WC, mau bersenggama dll.pun diatur oleh agama, apalagi dlm berpolitik..wajib itu !

  • Kasmui Rasidjan

    kelihatannya ahok memusuhi agama ya….

  • Sofyan Al-farisy

    Pak Ahok…! dulu wkt msh sekolah Nilai Pelajaran PMP Pendidikan Moral Pancasila nya Rendah di Bawah angka 5. jd nilai yang tertinggi itu Aljabar (Matematika) jd Wajar dia ngomong “, negara ini rusak karena mencampurkan agama dan politik”
    Ahok ga Hapal Pancasila . apalagi UUD 45 . Maklumlah… Sobat.

  • Donny Fardiyan

    Sebenarnya politik dan agama tidak bisa dipisahkan. Tapi banyak politikus yang menonjolkan agama sebagai kedok.

  • A. D. A.

    wah Pak Ahok ngajak berantem nih, terus kalo 10 tahun berpolitik dan muak, kenapa ga mundur aja? gede’in perut mulu sama jabatan sih.. . kalo emang banyak pemimpin yang munafik, anda mau ikut2an jadi orang munafik karena banyak temannya??? berbuat baik tanpa sadar syariah yang benar juga salah pak… “orang maling juga niat dan tujuan baik pak, nafkahin anak istri, tapi apa itu bisa dibenarkan?” makin ada2 aja pemimpin ga bisa mikir disini???

    • tom

      aduh.. kayaknya kamu nggak bisa menelaah kalimat2 yg beliau ucapkan… sesuai dg fakta yg ada… beliau orgnya spontan dan tak ada yg ditutupi… saya bukan org polititk aja muak melihat politik.. apalagi beliau.. maksudnya politik yg munafik.. politik yg ada skrg hanya mementingkan diri sendiri dan kelompok… faktanya belum terbukti di indonesia bahwa politik itu menguntungkan rakyat banyak… mudah2an kehadiran jokohok betul2 akan membuat politik indonesia lebih baik .

      • Putra Bentan

        klu gtu gak usah pke politik klu dah muak mas bro

      • Yudha Purnama Yusup

        ahli telaah ya paK ???

    • abdiman

      mau nih berantem sama ahok? saya gelar tikar aja deh, sambil makan kacang..

  • Mujahidah

    mau saja dibodohi dgn kalimat yang terdengar benar tapi salah dan bahaya ini “pisahkan agama dgn politik”

    yang benar itu perbaiki agama dlm pribadi kita, keluarga kita, masyarakat kita, baru masuk ke ranah politik, gitu bang.!

    • HURIYYA

      PERBAIKI POLITIK DENGAN AGAMA :)

      • hasanw07

        Politik gak bisa diperbaiki dengan agama coy….

  • tom

    Negara ini rusak karena manusianya tidak bisa menempatkan dengan benar antara agama dan politik! Agama itu baik.. cuma manusia2nya yang salah . Agama dijadikan kedok.

  • SAKDN

    Dicerna dulu yang baik perkataan Ahok, lihat kondisi sekarang itu ada benarnya. Kasus korupsi sapi itu contohnya. Kurang gimana pemahaman agamanya tapi kok masih korupsi. Trus kasus korupsi Al Quran, gimana gak mau dibilang munafik. Harusnya kita mengaca dengan sindiran dan ucapan Ahok tadi.

    • Mujahidah

      sudah terbukti bersalahkah orang2 yg tertuduh dalam kasus impor daging itu, sudah dengarkah penjelasan orang2 yg di sangka korupsi itu?
      sudah pelajari sampai mana keterlibatan orang2 yg disidang itu dengan orang2 yg berada disekelingnya, dan kemungkinan fitnah besar didalamnya?

      berapa banyak tokoh agama dan ulama yang dihukum dan dibunuh karena fitnah ?

      • SAKDN

        kalau nanti terbukti bersalah gimana? mau minta maaf? mau tobat? Muslim yang baik itu yang bisa menerima dan memperbaiki kesalahan. Dimuka bumi ini bisa mengingkari kesalahan nanti di akherat baru gak bisa ingkar lagi. Kalau tidak ada bukti2 itu baru fitnah tapi kalau ada bukti itu fakta. saya tidak menghakimi biar saja nanti kita lihat hasil keputusan sidangnya.

        • Mujahidah

          kalau terbukti bersalah, kita semua tau harus bersikap apa. dan kalau cuma fitnah, Allah tidak pernah menutup mata.

          tunggu saja beritanya.

          semoga media masa yg sudah ditunggangi para penguasa yg tamak, semuanya objektif dalam masalah yg satu ini (korupsi). yg salah ya tunjukkan kepublik, yg benar juga tidak perlu ditutup2i.

          • abdiman

            ah, memangnya kalau belum terbukti harus dibebaskan? toh poinnya, orang2 yang anda bela mati2an itu memang tersangkut dengan perbuatan mungkar. padahal penampilannya selalu membawa2 nama islam. semua orang islam ikut dipermalukan. gitu mbak cantik..

            soal pembuktian benar dan salah, itu bukan urusan anda, juga bukan wewenang saya. semoga anda menangkap poinnya. jika tidak mau paham, saya ogah aja diajak berantem. bukan orang kuat macam Ahok sih.

          • Mujahidah

            bukan membela mati-matian, cuma nyoba buka pikiran ja,, pertama, KPK itu benar independen atau….?
            kedua, media yg menayangkan soal kasus orang2 ini objektif atau memainkan peran sbg pencitra? misalnya kesaksian yg memberatkan terdakwa diangkat ke publik bersama dengan kesaksian yg meringankan ga?

            media kita-yg tayangannya/informasinya kita telan mentah2-ditunggangi parpol. artinya sangat memungkin buat mereka untuk mengendalikan informasi, supaya bisa menguntungkan mereka, dan menjatuhkan lawan politik mreka, termasuk pengendalian opini.

            lebih mudah lagi karna masyarakat kita pada males mikir.

            silahkan dikaji dari berbagai sudut, sbagai masyarakat yg berakal

          • Joseph Sp

            @Mujahidah : ……….
            media kita-yg tayangannya/informasinya kita telan mentah2-ditunggangi parpol. artinya sangat memungkin buat mereka untuk mengendalikan informasi, supaya bisa menguntungkan mereka, dan menjatuhkan lawan politik mreka, termasuk pengendalian opini. lebih mudah lagi karna masyarakat kita pada males mikir.
            ——————————————————–
            ha..ha…ha…ha….ternyata mbak ayu ini juga sedang terkena syndrome untuk “mencitrakan” sesuatu “kebusukan” unt menjadi “kebenaran” ….hmmmm……

        • zulfikar

          Kader2 PKS jangan diajak debat! kagak ada yang mau ngalah walaupun salah!

  • Masni Fiyan Siregar

    agama ya hrs disandingkan dgn politik,. sedangkan agama dsandingkan dgn politik aja msh kacau balau apalg agama dipisahkn dr politik makin hancur2an dunk.

    • Ginanjar Ari Yudanto

      harus? banyak contoh negara Sekularis yang adem-ayem, lancar dan kondusif, politik ya politik, agama ya agama, harus dipisahkan!

      • arifpujianto

        @Ginanjanr: pemikiran yg hancur neeh.

    • Widia Kusuma

      Mba Masni ga melihat kondisi Indonesia yang sering mencampur adukkan agama dengan politik ya? Perhatikan dong, banyak banget orang yang mengatasnamakan agama untuk kepentingan kelompok mereka. Selain itu, Agama juga sering digunakan untuk mengintimidasi dan mempengaruhi orang lain dan cara politik kotor, ingat kan yang dilakukan Rhoma Irama.

      Lihat partai yang menggabungkan Agama dengan Politik, isinya orang-orang munafik, koruptor, hidung belang, dan mafia hukum. Anda tahu dong kabar salah satu partai yang mengusung Agama tertentu itu partai apa, kurang contoh apalagi?
      Belajar melihat situasi dong Mba, punya Televisi harus kritis juga dong, jangan hanya nonton tapi ga ngerti.

      • arifpujianto

        @Widia: Kalo bnyk org yg mencapuradukkan agama dg kepentingan politik kelompoknya, yg salah bukan agamanya laahh,..tp individu dan motivasi atau niatnya, jg pemahaman ttg agama+politiknya yg krng mendalam. ciiah…fans beratnya bang haji rhoma ya, goyang terus wae deh kang Widia. Dan tafsirkan aja sebanyak mungkin lagu2 bang haji dan jgn lupa sambil begadang dan joget.
        Cetek bgt pemikiran anda,..maaf

    • hasanw07

      Singapura tidak pernah mencampurkan agama ke dalam politik, buktinya negara ini tambah kuat. Perekonomian maju. Di Singapura, agama harus dipisahkan dan diserahkan ke masing-masing kelompok dan individu.

      • Abu Sulthan

        Apanya yg kuat?Banyak singapurian cari makan di sini (Indonesia).Penduduknya aja yg sedikit gampang ngaturnya jd keliatannya maju.

        • KAION

          goblok lu, justru banyak indon makan disana, padahal negara indon kaya sumber alam… masih makan ke negara lain… dasar babu

          • Adi Rahadi

            goblog loe, justru banyak orang2 kayak loe yg berguru disini, ke Indonesia, lalu durhaka terhadap guru yg mengejarkannya.
            Padahal orang2 alay’sia kayak loe, kaya ilmu juga dari Indonesia. Habis manis guru dibuang, tipikal penjilat.

      • arifpujianto

        nih pola pikir org yg kerdil dan minim pngetahuan agamanya.

  • abdiman

    komentarnya pada panas semua nih. berantem aja yuk. sekalian buat latihan memimpin negara.

  • Agustal

    Ahok itu ingin membawa jakarta jadi tertib, klo gak setuju sama Ahok berarti emang susah untuk diajak tertib. jangan bawa agama dah, itu hanya kedok.

    • Adi Rahadi

      cetek amat kalo gak setuju berarti ini itu.
      Klo lo setuju dengan Ahok, berarti mulut lu juga nggak bisa diajak tertib (asal njeplak).

      • crystallino

        asal njeplak itu sangat diperlukan untuk mentertibkan rakyat dan pejabat indonesia yang kelakukannya juga sudah asal njeplak, asal pengen korupsi, ya korupsi. gak ada rem nya.

        • Adi Rahadi

          Gimana mau tertib, klo mentertibkan asal njeplak dengan tindakan yg asal njeplak pula? wkwkwkwkwkwk… Standar ganda…

          • evi

            setuju adi…..,crystallino goblok….,ke laut aja

  • Aulia Rahman

    BANYAK BERBICARA BANYAK DUSTANYA, BANYAK MENGKERITIK ORANG ODALAH SIFAT MUNAFIQ, MEMUJI DIRI SENDIRI DAN ORANGLAIN ADALAH SIFAT ORANG YANG PUNYA MAKSUD.

  • bill nhuda

    Semua Agama yang berketuhanan yang Maha Esa semua baik, hanya Individu-individunya yang munafik jadi kita tdk peku membuat ststement bahwa mencampur adukkan Agama dan Politik menyebabkan Negara ini rusak……..ini tdk benar, coba bayangkan sebuah negara berpolitik tanpa dilandasi Agama……….berarti jelas tanpa Hukum, kalau seseorang tdk beragama (Atheis) berarti tdk mempunyai Hukum dan aturan……..arti tdk mempunyai Hukum adalah kebebasan sebebas-bebasnya, bisa berbuat semaunya, yang haram bisa jadi halal..,demikian sebaliknya. Jadi harapan saya buat Insan beragama jangan terpedaya dan berpegang teguhlah pada Ajaran Agama, jangan mudah termakan Statement yang tdk bisa dipertanggung jawabkan, apalagi terprovokasi masaalah yang dapat menghancurkan Negara ini.

  • abu fariz

    hadooh…parah..prinsip hidup kok perut, otak dompet. Ini artinya merendahkan martabat manusia. Hidup hanya buat makan…nggak beda dengan ayam. Muak dengan politik tapi berpolitik juga..nyalon jadi wagub itu kan berpolitik..ini yang namanya munafik

  • ALI MURTADO

    JADI PAK AHOK TUCH MUAK DENGAN KELAKUAN PARA POLITIKUS YG BERTEDENG AGAMA, PADAHAL MEREKA TUCH SEBENARNYA PARA MUNAFIK SEJATI. GELAR SICH USTAD, KIYAI, PASTOR DAN SEJENISNYA. TAPI KELAKUANNYA MIRIP BINATANG. SILAKAN BACA ALQURAN….

  • Yudha Purnama Yusup

    jadi agama situ gk pernah nyangkutin dunia politik ya !!!! kami di ajarkan berpolitik dan beragama pak baok ,!! yang harus bapak baok tau adalah setiap orang yang berpolitik itu minim pendidikan agama .. udah minim agama, sekarang minta jangan di campurkan agama dan politik .makin sengklek aja ni negara..!! dikira kami mau dipimpin orang Atheis .. ini negara beragama pak .. landasan hukum kamipun datangnya dari agama!!

    • Adila

      hihihi…….. bercermin aja pada partai agamais kasus sapi

      • Adi Rahadi

        bercermin juga pada partai bintang tiga di berbagai kasus.

    • Aldo Sitepu

      berarti anda tidak menangkap maksudnya pak ahok, yang dimaksud adalah banyak politikus yang mengataas namakan agama dalam berpolitik, dan membuat agama sebagai tameng mereka untuk melanggar konstitusi dan melakukan tindakan2 yang mencoreng nama bangsa

  • أرضيان نور

    Hanya satu kata buat AHOKKKKK….TOLOLLLLLLLLLL

    • UCOKOCOK

      orang beragama bisa sabar :)

  • zulfikar

    Walikota depok “Nur Mahmudi” tidak menerima suap dari siapapun. Karena istilah suap dia ganti dengan INFAK. Munafik juga namanya tuh!

    • arifpujianto

      ciah, mas Zulfikar dpt sumber dr TPA Bantar gebang ya?

  • Udin

    bisa bisa citra jokowi rusk kerena wakilnya yang sok exis dengan cara berfikir minimalis tapi sok kritis

  • chacha

    Saya selalu setuju dgn banyak pendapat Ahok, tapi gak, buat yg satu ini,
    Saya pikir agama tidak boleh terpisahkan dgn politik, yg saya maksud di sini mungkin lebih ke nilai2 dlm agama itu sendiri. Bukan dlm hal mengatas namakan agama…., karena kalau mengatas namakan agama, kita hidup di sini tidak hanya 1 agama, tapi beragam.

    Saya yakin semua tindakan Ahok yg baik itu juga secara tidak sadar adalah sebuah naluri yg merupakan nilai2 dri agama. Jadi hal itu gak boleh dilepaskan.

    Semoga di lain kesempatan Ahok bisa lebih memikirkan kata2 yg akan dia keluarkan, karena pada dasarnya semua rumusan dan hal2 yg baik itu awalnya dari agama, cuma orang2nya saja yang suka menyalahgunakan.

    • crystallino

      nda. saya tetap setuju dengan Ahok. yang dia katakan itu, agama jangan dijadikan dagangan politik, membuat orang mendukung tokoh atau parpol tertentu hanya gara-gara tokoh atau parpol tersebut memakai “kostum” agama tertentu. tapi pada akhirnya juga masih banyak yang korupsi, yang menandakan bahwa agama yang sebelumnya digembar-gemborkan itu cuman sebatas lips service, sebatas kostum belaka, tidak dihidupi. saya sangat setuju bahwa agama itu adalah membentuk akhlak dan nilai-nilai seseorang. tapi tidak perlu digembar-gemborkan dan dijadikan barang dagangan. kalau seseorang hidup menghayati agamanya, orang akan bisa melihat sendiri koq, tanpa perlu digembar-gemborkan agamanya apa. itu maksud pak Ahok. bukan berarti membuang agama dari politik, tapi menempatkan yang benar di mana agama dan di mana politik.

      • evi

        nih orang kayak dodol basi…..

  • Riandi

    Maksudnya, dari pengalaman banyak partai yang mengusung embel-embel agama sebagai landasan. Namun pada kenyataannya sama saja dalam berpolitik. Memang politik sulit disatukan dengan agama. Alih-alih menjadi partai politik berlandaskan agama, malah agama dikutak-kutik agar sesuai dengan politik partai. Lha didalamnya kan sama saja, manusia yang hidup mencari makan, punya ambisi, keinginan, kebutuhan, dan terkadang selalu ingin lebih.

  • zoe

    mbok ya mikir to pak, agama itu mencakup segala asppppppppek kehidupan, termasuk dalam hal politik… agama g hanya cukup dengan berbuat baik kepada sesama..

  • franz maulana

    negara ini sudah rusak krn yg berpolitik melupakan ajaran agamanya, dan akan lebih rusak lagi kalau yg berpolitik tidak mau beragama seperti AHOK ini

    • Adila

      lebih merusak lagi klo yg berpolitik koar2 soal agama, tapi ternyata 1 partai isinya koruptor semua. Coba berkaca pada partai sapi tuh…… Mana yang lebih rusak? Udah akhlaknya rusak eeee…….. memberi image negatif lagi pada agamanya.

      • arifpujianto

        ciah, partai sapi di salah2in, praduga ga bersalah brow,….

        • Aldo Sitepu

          bagaimana penafsiran anda dengan praduga ga bersalah? apa korelasinya dengan komen di atas? tolong perjelas bro, bagus penggunaan katanya dengan istilah hukum tapi nyambung ga? jangan sampai kayak yang di infotainment ngomong bahasa inggris sama pake istilah2 bagus, tapi ngawur dan ga nyambung.

      • Adi Rahadi

        Berkaca juga pada partai bintang tiga, mana yg lebih rusak?

    • crystallino

      manaaaa omongan Ahok bahwa dia tidak mau beragama? asal njeplak anda ini. yang ada adalah dia nda mau agama dijadikan barang dagangan. dia sendiri orangnya sangat religius! kalau anda mau, ya gpp, biar agama anda dijadikan barang dagangan. nanti kalau banyak pembohong-pembohong besar di dalam tokoh-tokoh parpol yang tadi memasang topeng agama anda dan menggembar-gemborkannya, anda jangan malu ya!

      • evi

        goblok

  • niQOnly

    Akhlak itu berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat pak Ahok
    kug malah pengertiannya jd agama?
    org Atheis (gak beragama) jg ada yg berakhlah (baik) kug
    Negara ini rusak bukan krn mencampurkan agama dan politik
    tapi krn AKHLAK orang2nya yang RUSAK!
    orang yang munafik termasuk orang yang tidak berakhlak (baik) pak..

  • abe

    sori bos gue ga setuju dengan pernyataan ini….boleh lah kita berdebat…..

  • rokecang

    ajaran agama islam baik dalam alqur’an dan hadistpun mengajarkan kita berpolitik. hanya pikiran ahok aja yang kurang pengetahuan dalam berpolitik yang baik. yang taunya gengster, triad, yang lo tau. mana pernah tau agama yang benar dia!

    • sugeng

      elo salah coy tu si Ahok lagi mendalami agama Islam, metode belajarnya begitu, ntar jangan heran ya, tau2 si Ahok mendeclearkan dirinya sbg mualaf.

      • Aldo Sitepu

        hahahaha inilah perkataan2 masyarakat Indonesia yang benar2 tidak tahu kenapa negar kita dibangun. Negara kita bukan negara agama tetapi negara hukum di bawah konstitusi (pancasila dan uud45). Anda berkata sedemikian rupa sebenarnya anda sudah melakukan tindakan yang melenceng dari pancasila. Untuk rokecang, dilihat dari nama anda yang takut nama asli anda kelihatan bodoh, sangat disayangkan perkataan anda sedemikian rupa.,

        • Adi Rahadi

          hahaha,, Lu lebih tidak tahu.
          Lu tidak tahu histori, apa isi dan kenapa pancasila lahir.

          Lu jg tidak tahu perihal pancasila lahir pada ketika dibentuknya PIAGAM JAKARTA yg ditulis oleh panitia sembilan.

        • evi

          sitepu….,si “GOBLOK iya…..,wkwkwkwk

    • Adila

      klo agama mau dibawa ke ranah politik ya liat aja tuh 1 partai agama isinya koruptor semua. Apa mau agama disalahin?

  • syafril rivai

    mungkin maksud pak Ahok orang yg berpolitik kini tidak mentaati agamanya…santai aja lagi…he…he…selamat bertugas pak Ahok

  • benz archilles

    aduh” byk yg comment y…

    klo menurut saya, apa yg d’maksud dgn pak ahok itu adlh benar
    “smua yg ada d’dunia politik atau bkn tu trlalu meng embel”kan agama/sok bawa agama
    dalam segi kenyataan’y slalu brnilai nol besar dr apa yg mrka katakan….”
    mgkn bapak ahok salah dalam menyampaikan, klo emang byk yg ga suka dgn cara dia
    mgkn yg ga suka mrasa tersindir…

    bagi saya, bapak ahok itu tipe pemimpin yg keras n real, ga suka basa-basi n apa yg salah y salah bagi dia n ga ada alasan untuk membenarkan tindakan yg salah
    bapak ahok berjiwa pemimpin sprt UMAR BIN KHATAB
    klo memang anda” smua tau kisah UMAR BIN KHATAB, anda pasti mengerti jalan pikiran n maksud dr bapak ahok…

    jgn suka nge judge org klo ga tau maksud dr ucapan n tindakkan’y

    • abu syahdan

      Hei OTAK MULES! apa-apaan lu nyamain Umar bin Khatab dengan Bos AHOK. Sampai kiamat pun gak sebanding lah, Umar Tegas karena faktor Keimanannya kepada TUHAN bukan karena sok Jagoan, beda dengan pembandingnya pasti.

      • Ryan Pakasi

        ahhh ini satu orang bejat bikin kotor aja disini nih

  • Vincentius Christopher

    Masih lebih baik orang ATHEIS atau AGNOSTIK ber-budi baik dan taat aturan, daripada yang berkoar-koar soal agama, tapi tindakan nya ANARKIS

    kalau memang agama anda mengajarkan kebaikan, wujudkan dalam tindakan nyata, bukan hanya di mulut saja

    • M’ Agus Hayyudin

      kalimat pertama anda benar , yang penting jangan menyalahkan agama tanpa dasar yang kuat , itulah sifat manusia , susah membangun,tapi mudah merusak ,

  • budi prasetyo

    alah2.. kalo memahami sesuatu itu ya jangan dipahami dari kalimatnya toh!! makanya gini ini bodohny kelihatan… begitu baca kommennya pak ahok langsung emosi maki2 pak ahok… memang pak ahok ngga seharusnya mempermasalahkan agama… tp yang mesti d pahami itu adalah maksud dan tujuan positif dari perkataan pak ahok, dan bukan KALIMATNYA. Lebih dalam donk kalo punya pemikiran.. jgn sempit banget masa liat luarnya trus uda pake emosi segala mempermasalahin statement pak ahok, LIAT MAKSUD DAN TUJUANNYA itu POSITIF dan MEMBANGUN.. MAJU TERUS INDONESIA!!!

  • UCOKOCOK

    orang intinya yg penting profesionalisme… daripada bacot politik + bacot agama, si ahok langsung praktek, selesai toh? ga ad agama yg kesindir, ga ada politisi yg kesindir. kok pake sewot…

    baca cuma berapa kalimat kyk langsung bs ngejudge ahok… coyyyy, dateng seminarnya baru ngerti maksudnya :)

    manusia jg ada salah ngmng x. maksudnya lain dr ucapan

    kalo lu2 pada beragama ya sabar dong. jgn emosi. chillax bung!
    salam kece damai

  • Guest

    oh well, banyak yg maki2 ahok dengan pertanyaan ini ._. yang gw tau satu, mereka pasti ga lulus SMP, cuma lulus SD doank modal baca!!! tp ga punya pengetahuan lebih dari anak SMP, krn ga lulus .. demikian.. ._.

  • Nurdam Yusuf

    oh well, banyak yg maki2 ahok dengan -pernyataan- ini ._. yang gw tau satu, mereka pasti ga lulus SMP, cuma lulus SD doank modal baca!!! tp ga punya pengetahuan lebih dari anak SMP, krn ga lulus .. demikian.. ._.

    • abu syahdan

      Oh elu yang cuma lulus SMA, jilat aja terus bos AHOK dasar mental penjilat!

  • Tri Agung N

    mksdnya sih baik cuma kata2nya kurang pas.. itu mgk krn Ahok melihat mereka para petinggi mengatasnamakan agama tp kenyataannya krg paham bnr soal agama shg mjd tak berakhlak.. tp sbnrnya antara politik dan agama itu hrs beriringan (tp dlm kontek agama sesuai syariat bkn agama ktp)..

  • KAION

    liat negara beragama, terutama timur tengah…. konflik melulu… tuh contoh agama campur politik, arab lu dewain dasar indon goblok… budaya arab malah bikin rusak budaya sendiriiiiii

    • Guest

      yg membuat orang goblok itu orang Cino coy, yg RI tdk akan pernah menjadi Singapura ke2 hanya oleh Cino.

    • sugeng

      yg membuat orang goblok itu orang Cino coy, yg jelaz RI tdk akan pernah menjadi Singapura ke2 hanya oleh Cino.

      • Ryan Pakasi

        ini lagi orang racist satu…ehh jawirrr goblok, gara gara banyak orang goblok kayak lu di Indonesia Negara hancur tau gak..gak pernah maju karana banyak orang goblok kayak lu ini… pikirin tuh gimana Negara kita ini bias maju econominya kayak Singapore ato negara2 yg maju…bukan karena dia CINO kek, Jawirr kek batak kek…

        • M’ Agus Hayyudin

          ini lagi orang goblok satu … ehh tolol , kayaknya lu bener juga , hahahaha

      • M’ Agus Hayyudin

        wakakakaka,sebenarnya saya kurang setuju sih,tapi kenyataannya memang orang cina di indonesia banyak busuknya , mencemari budaya suku2 di indonesia aja,

    • Raja Fatih

      LOL…
      yang bikin rusak negara2 arab itu siapa?
      Amerika, israel, dan org yg ngaku islam tp kelakuannya ngga kayak org islam (liberal, syiah, dll)

      Coba lo liat tuh kalo israel ga ke palestina, amerika ga ke afghanistan,irak, dan lebanon, suriah ngga dipimpin oleh org yg menuhankan dirinya (bashar assad), mesir tetap dipimpin oleh mursi, dan sebagainya.

      Niscaya negara2 itu akan membuat negara lain iri..

      Bisa dicoba pikir kenapa arab saudi, iran, dubai, dll aman2 aja negaranya?
      karena pemimpin mereka saat ini ngga menjalankan syariat islam (bukan berarti pemimpinnya bukan org islam). Mereka jadi aman.

      Kenapa Mursi yg belum setahun
      duduk di kursi pemerintah langsung dikudeta sama militer? padahal
      sebelumnya mubarok menduduki pemerintahan selama 30 tahun dan ngga
      diapa2in? Karena Mursi mau menegakkan syariat islam di mesir. Itu yang
      ditakuti amerika, israel, dan para pembenci islam, sehingga pecahlah
      perang di mesir.

      • PacSoekarnois

        Saudi sudah sangat bergantung kpd negara barat, dia paranoid kalo “isme” demokrasi ditularkan diwilayahnya, karena mengganggu kemapanan para saud. Contoh lain bagaimana para saud itu panik ketika terjadi agresi Irak yg ingin mencaplok kuwait, mereka dgn memohon mendatangkan pasukan Nato utk gempur Irak.

        Kalau Dubai-mah, bagian dari emirat, dekadensi syariah sudah terjadi disana, hedonisme dan materialisme menjadi berhala baru disana… tinggal tunggu kehancurannya.

        Iran, setelah “kekeliruan” panjangnya dalam perang 7 thn dengan irak, memang sekarang mulai menata nasionalismenya, tapi jangan lupa, China, soviet berada dibelakang teknologi senjata nuklir mereka.

        Kesimpulan:

        Jangan terlalu nyalahin bangsa lain dgn teori konspirasi mrk, sebaiknya… mari pupuk terus nasionalisme Indonesia, cinta bangsa sendiri. supaya gak mudah di adu domba, karena di negeri kita “Nasionalisme” malah dikonfrotir dgn agama, ini yg keblinger. Ok!

        • Guest

          tapi bagaimanapun juga, A hok tetaplah seorang politisi, jadi harus dapat ditanggapi dengan dewasa. bila tidak setuju dengannya yang paling sedikit dapat dilakukan terhadapnya adalah: tidak usah dipilih lagi pada pilkada yang akan datang

        • Guest

          tapi bagaimanapun juga, A hok tetaplah seorang politisi, jadi harus dapat ditanggapi dengan dewasa. bila tidak setuju dengannya yang paling sedikit dapat dilakukan terhadapnya adalah: tidak usah dipilih lagi pada pilkada yang akan datang

      • Ryan Pakasi

        ini lagi orang sok tau..lu kayaknya seorang PRO VOKATOR yah… waktu tsunami di indo siapa yang nolong lu siapa yg nolong Indonesia kalo bukan amerika coy..geblek…makanya jgn kebanyakan gelek

        • M’ Agus Hayyudin

          ini lagi orang sook tau , kalau gw kaya mah gw juga bisa Njing nolong amerika nglarisin produk2 militernya , hahahaha

    • abu syahdan

      Ini lagi orang BEGO kesiangan, di mana di TIMUR TENGAH ada Negara Agama… sebahagian besar diantara negara-negara tersebut berbentuk kerajaan yang “Titah seorang Raja menjadi produk Hukum” Jadi tidak berdasar pada Syariat Islam tapi lebih berdasar pada Syariat Budaya yaitu BUDAYA ARAB dan Budaya Arab tidak sama dengan Budaya ISLAM. Ngerti Luh Maling sial!!!

    • Ryan Pakasi

      lmao

  • unknown

    kirain yg komen lebih beradab dan berakhlak… hmmm..

  • fahmi

    betul sekali omongan pak ahok, tp kalau menggunakan politik saja tanpa agama maka akan terjadi kediktatoran dinegri kita ini, seperti jaman pak suharto dulu. dan solusinya adalah jangan menggunakan hukum2 manusia, tp gunakanlah hukum2 ALLAH secara menyeluruh, seperti yg diajarkan didalam al quran dan hadits

    • abu syahdan

      Koq setuju dengan Bos AHOK tapi kalimat penutupnya memakai himbauan untuk menggunakan hukum-hukum Allah yang nota bene produk agama, piye toh mas! itu sami mawon bertentangan dengan pendapat Bos AHOK… artinye ini ente mencla mencle alias ABS asal bapak senang, tipikal PENJILAT… kalau ENGGAK ya katakan ENGGAK! Tegas gitu loh jangan seperti RI satu yg kagak tegas!

      • Aldo Sitepu

        permasalahannya adalah agama kita bukan cuma satu, dan negara kita bukan merupakan negara agama, tetapi negara hukum tunduk di bawah pancasila dan uud45 yang menjadi dasar lahirnya negara kita. Kalau seperti kalimat saudara fahmi itu saja sudah menciderai perasaan agama lain, tolong pikirkan kembali perkataan anda.

  • Rendi

    Kutipan dari Masni Fiyan Siregar:
    “agama ya hrs disandingkan dgn politik,. sedangkan agama dsandingkan dgn politik aja msh kacau balau apalg agama dipisahkn dr politik makin hancur2an dunk”.

    Sangat setuju dengan Masni Fiyan Siregar.. :)
    Karena agama itu bukan hanya untuk hidup. Tapi juga untuk kehidupan setelah hidup ini (akhirat).
    Bagus tidaknya nilai agama bukan “hanya” dilihat dari sukses atau tidaknya suatu Negara (kehidupan dunianya saja), bisa saja nilai ajaran agamanya benar tapi masyarakatnya yang tidak menjalankan perintah dan larangan dalam ajaran agama tersebut.
    Karena agama mengajarkan akhlak dan ibadah, yang nantinya merupakan “amal”..
    dan AMAL itu lah yang menjadi ASET, BEKAL, dan TIKET kehidupan manusia di akhirat (ke Surga ataukah ke Neraka).
    Jadi, kalau kita hidup dengan menyampingkan ajaran agama…. waaah…. bagai hidup tanpa makna. Apa yang kita bawa ya ketika kita menghadap Yang Maha Kuasa nanti?

    Kalau menurut ku, ada benarnya ucapan pak Ahok, tapi mungkin cara & bahasa penyampaiannya yang kurang tepat mungkin ya..
    Kalau yang aku tangkap, maksudnya: “nilai ajaran agama jangan cuma diucapan saja, tapi dibuktikan juga dalam sikap dan tingkah laku”.
    (Tapi hanya Allah yg Maha Tau Isi hati seseorang, mohon maaf jika saya salah menilai)
    “Kita mencoba mengambil nilai positifnya”. (^_^)

    Hasbunallah wa ni’mal wakil..

    • crystallino

      salah, agama TIDAK BOLEH disandingkan dengan politik. agama itu urusan hubungan pribadi dengan Tuhan. begitu disandingkan dengan politik, itu berubah menjadi barang dagangan.

      • evi

        matamu suwek….

  • Zupper Dens

    Betul… agama memang bukan untuk dicampur adukkan dengan politik…..
    negara yang rakyatnya tak beragamapun bisa bagus tuh….
    intinya adalah kembali kepada moralitas masing2….
    agama khan hanya salah satu alat untuk membuat moral kita untuk lebih baik…..
    dan agama itu hubungannya lebih untuk ke atas….
    dan yang perlu di catat…. agama belum tentu bisa membuat moral manusia menjadi baik…
    jadi agama apapun… yang penting dasar moralnya sudah baik dan mau untuk diajarkan yang lebih baik akan membuat kita menjadi lebih baik di sektor apapun..
    Untuk negara ini… perlu suatu tindakan yang Top Down… contoh dari atas….
    karena kerusakan negara ini sudah parah dan sistematis….
    perlu banyak Ahok-Ahok lain untuk mengatur negara ini….

    hanya perlu sedikit lebih santun aja……

    • yuli

      waduh.. padahal semua morak, norma dan kaidah yg baik itu asalnya dari aturan agama loh… coba, ada ga agama yg menyuruh umatnya munafik??? pada dasarnya semua aturan dalam agama (5 agama yg diakui di indonesia) adalah baik, namun jika banyak pemimpin negara ini yg tidak baik, berarti mereka jelas tidak memahami agamanya masing2, maka penyebabnya pun bisa jadi banyak hal, sistem pendidikan agama di negara ini, pendidikan moral pancasila yg malah dihapus, sampai pada aparat hukum yg tidak tegas terutama jika pelaku kejahatannya adalah pejabat, itu menurut pemahaman saya.

      • Aldo Sitepu

        permasalahannya adalah agama di Indoensia bukan cuma satu. Tapi memang kita harus melihat dari konstitusi, pasal satu pancasila kita adalah keTuhanan yang maha Esa, dengan demikian betulah negara kita berlandaskan keTuhanan. Tetapi yang dimaksud oleh bang ahok di atas yang saya tangkap adalah dikarenakan banyak pejabat yang membenarkan perbuatannya dengan mengatakan sesuai dengan hukum agama, padahal dalam bernegara kita harus tunduk pada konstitusi bukannya melanggar konstitusi dengan mengatasnamakan agama, itu yang membuat negara kita hancur dan mencoreng pancasila dan uud45 serta konstituen itu sendiri.

      • onion head

        ga perlu ada agama buat ngerti moral dan norma. it’s nature and nurture di setiap manusia.

        • warni

          PKI juga gak punya agama..

  • ojeng

    agama melulu di slahkan padahal manusianya pada bejat sudah jelas semuanya punya kepentingan mikirin perut,dompet,dll cukup berbuat sedikit bermanfaat dari pada banyak ngomong saru semua perbaikin dulu akhlak diri lah mulai dari keluarga sendiri baru orang lain …..

  • ojeng

    politik itu semuanya punya kepentingan,,masalah perut sama kekuasaaan..coy ga ada politik bersih makanya bos wagub bilang gitu,,,kalau politik itu bersih bulsit ga ada yang bersih,,makanya yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin,

  • edy

    hanya Ahok pejabat yang berani ngomong begini, dia kapasitasnya bukan wagub tapi presiden atau wapres

    • abu syahdan

      Ini baru WAGUB pegimane kalo doi jadi RI satu… alamak bisa-bisa jadi Fir’aun nih orang

      • Ryan Pakasi

        ada aja orang yg otaknya cetek kayak lu bro

        • ‘Alwi Mukadar

          يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَىٰ
          أَوْلِيَاءَ ۘ
          بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُ
          مِنْهُمْ ۗ
          إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ [٥:٥١]

          Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu
          mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu);
          sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa
          diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu
          termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada
          orang-orang yang Zalim

          • Rahmat

            saya setujuu

          • sya

            saya setuju bangetttt :) alhamdulillah

          • sya

            saya setuju bangetttt :) alhamdulillah

        • abu syahdan

          Otak luh lebih nyungsep kalau ngeliat cara komentar luh yang gak bener. Apalagi setuju dengan pendapatnya Bos Ahok yang lagi naik daun… Gue tetap berpendapat bahwa Agama selamanya akan tetap berdampingan dengan Politik itu untuk keselarasan hidup, dan gak bisa dipisahkan dengan karenanya. Karena Otak lu Koplak alias nyungsep gak nyampe dengan pendapat itu…

  • Bahar

    Yang seharusnya, tidak mencampurkan agama dan politik, tetapi ” POLITIK HARUS DILANDASI AKHLAK BERAGAMA “.

    • Ryan Pakasi

      itu benar sekali boss

    • crystallino

      nah, ini baru comment yang cerdas. saya sangat setuju dengan komen ini!

      • evi

        kamu aja yang goblok……

  • abu syahdan

    Berarti : Negara Ini akan BAIK Karena berlandaskan Agama tanpa memasukkan unsur Politik, begitu kan artinya Bos AHOK orang paling berani se-DKI

    • Ryan Pakasi

      Negara ini akan baik kalo semua pemimpin jujur, tegas, dan berani membela kebenaran dalam memimpin rakyatnya

      • Adi Rahadi

        negara akan baik lalo semua pemimpinnya menjunjung ke lima-limanya sila di pancasila (tanpa kecuali). nah, yg sekarang masih belum baik kan masih ada yg bolong.

  • Muhammad Pramaditya Garry Hana

    tanya dulu sama ko ahok ,

    “Agama apa dulu ini pak ?” :)

    • onion head

      sama ajeee semuanyaaaa… pertanyaan retoris.

    • Ryan Pakasi

      lu ngerti gak agama tuh apa menurut lu?

  • adry lase

    hehehehheh jika begini mental semua pemimpin maka indonesia dijamin bebas korupsi heheheheehehehe

  • Charles

    Biarkan dia bekerja apa adanya. Memang menjadi seorang pemimpin itu harus kuat dulu imannya [berahlak], jadi jangan campur-adukan agama dan politik dalam bekerja untuk negara saat ini.

  • Ryan Pakasi

    menurut gwe dia gak sombong, dia cuma terlalu jujur dan terlalu berani

  • hapis

    mantap pak ahok org jujur kek gini susah nyarik nya di indonesia, kayak nyari jarum dlm tumpukan jerami.

  • tomizulianto

    sangat bagus pak ahok ,,kalo yang mengatakan tak bagus ,,ada maksut lain

  • Faizal Max

    jgn krn banyak pejabat yg korupsi yg notabene muslim, lalu Pak Ahok mengambil kesimpulan semuanya munafik, dan beranggapan bahwa negara ini rusak karena mencampurkan agama dan politik,, masih banyak pejabat lain yg jujur, namun tersingkir krn prinsip sistem kapitatalisme yg berlaku di indonesia, di mana uang adalah raja,, dan soal rusaknya sistem negara ini, bukan karena mencampur agama dgn politik, tp karena mencampurnya setengah-tengah, tdk total,, oh iya bukan kah butir pertama dalam pancasila sudah menunjukkan bahwa agama adalah prioritas utama dalam membangun bangsa ini.

    • muhamad walfajrin

      betul banget tuh bang.,

    • crystallino

      eh, emang pak Ahok di atas ada nyebut agama muslim gitu yang pada korup? kalo mau ngomong “mencampur total”, sekalian aja kita coba tuh liat di Aceh, kira-kira jadi apa tuh daerah sekarang? orang politik itu harus beragama, tetapi politik itu sendiri harus dipisahkan dari agama.

  • Nueng

    Koyol ahok sembarang ngomong…..

  • Ricky Andri

    semoga menjadi cambuk bagi umat muslim untuk lebih bijak, jujur dan amanah dalam memimpin bangsa ini, malu coyy sama ko ahok….

    • Incek Budi

      setuju sekali dengan anda, bung Rcky. Kalau Allah berkehendak, bisa saja islam ini hancur lebur. nah… di situlah kita baru sadar, sadar yang sebenarnya tentang agama ini

  • warni

    PKI dulu kata-katanya juga gitu..

  • warni

    Wah dukung mendukung nih… saya ikut Al Qur’an aja.. Al Maidah: 51, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan
    Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu);”

    • sahat

      ayat ini, memunculkan perpecahan di negara pancasila.

      • bill nhuda

        Sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa artinya Tuhan itu hanya satu yaitu ALLAH, yang jadi pertanyaan saya di Indonesia itu Agama mana saja yang bertuhan hanya satu ?.

        • dwiyanto

          makanya, mending pada KTP nggak usah ditulis kolom agama, karena agama adalah hak pribadi setiap orang, dan tidak udah di tunjuk2kan , yang penting perilaku dengan sesama, dan lebih bagus lagi, agama nggak usah di urusin sama negara, gitu aja koq repot

    • sya

      bener banget @warni:disqus saya juga ikut Al Qur’an aja.. Al Maidah: 51, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu);”.
      Manusia bisa seenaknya berbicara dan memilih apa saja yang mereka mau tetapi untuk hamba Allah muslimah dan muslimat mohon di ikuti perintah ALLAH yang tertera di ayat suci Alquran .:)

    • sya

      bener banget @warni:disqus saya juga ikut Al Qur’an aja.. Al Maidah: 51, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu);”.
      Manusia bisa seenaknya berbicara dan memilih apa saja yang mereka mau tetapi untuk hamba Allah muslimah dan muslimat mohon di ikuti perintah ALLAH yang tertera di ayat suci Alquran .:)

      • INDONESIA RAYA

        Ini nih orang yang tau agama dari luar doang gak dipahamin dalemnya. buat apa tiap malem dibaca tapi gak diniatin. coba kalau di baca keseluruhannya jangan sepotong-sepotong. dan pahami maksudnya. Oke sekarang kalau kita tidak mau dipimpin sama orng nasrani atau konghucu atau apapun. Tapi kalau nyatanya pada korupsi, pada selingkuh, pada main perempuan. apakah gak malu kamu? kalau silakan… negara ancur kamu gak bisa makan, atau terjadi perang… main bunuh2an kamu senang…. AGAMA EMANG UTAMA, TAPI TOLONG DIPAHAMI SETIAP KATA DI AYAT SUCINYA MASING2.. Memang Nabi mengajarkan untuk selingkuh atau korupsi?????? ENTE BERFIKIR GAK???? JANGAN PERNAH BAWA2 Ayat SUCI TAPI GAK TAU MAKSUDNYA….. INI LAH CERMINAN ORANG MUNAFIK YANG DI BILANG SAMA AHOK… NGERTI ENTE

        • Tamara jasmine

          Apa pemimPin selain beragama Islam pasti lebih suci daripada pemimpin Islam? Bagaimana kita tau orang tulus berbuat baik atau berniat buruk?

  • mamase

    ada benarnya jg.. betapa banyak pejabat munafik.. tuh yg dr partai2 agama… tp hidupnya banyak yg glamor meski tdk semua..

    • Guest

      apakah seperti partai PDS?

      • mamase

        anda bs menilai sendiri… yg beli jam tangan rolex 70 juta… orang beragama macam apa itu…

  • Ahmad Baihaqi

    Negara rusak bukan karena agama dan politik tapi karena tidak mau ikut aturan ALLOH

  • bill nhuda

    Kalau berpolitik tanpa tuntunan Agama masuk akalkah……..?, karena sudah jelas setiap orang yang berpolitik tanpa tuntunan Agama pasti prilakunya tidak memepunyai akhlak yang baik sebagai Manusia, itu tidak bisa dipungkiri dan menjadi Realita dikehidupan sa’at sekarang ini, jadi jangan ada yang mengatakan ” jangan mencampur adaukkan Agama dan Politik “, terkecuali ada manusia yang menginginkan akhlak seperti Binatang yang tak mengenal aturan Hukum sebagaimana Manusia seutuhnya.

    • beng-beng

      hahaha betul tu.dalam agama apapun pasti selalu menyuruh umatnya untuk menjadi baik..

  • yusman

    pak ahok, bapak baru 10 tahun didunia politik, bagaimana bapak bisa mengatakan “sudah muak berpolitik”, sedangkan arti dalam Agama Islam Politik itu segala sesuatu pengurusan kepentingan ummat, sedangkan apa yang bapak sekarang pimpin, tentang itu semua, pelajari lebih dalam pak arti politik menurut agama, khususnya Agama ISLAM…

    • Dolinada Nazara

      ko anda menyuruh ahok belajar arti politik menurut agama, jika begitu anda ingin membandingkan politik menurut masing2 agama ? . hati – hati setiap agama mempunyai pandangan masing2 . Benar kata pa ahok , negara ini banyak orang munafik , yg penting liat praktek sosialnya aja. Bukti munafiknya, ALquran kitab suci agama ISLAM saja berani di korup

      • bam

        begitulah y namax Muslim Bro, Agama harus selalu dKedepanKn sbgi pengontrol sma aktifitas, termasuk berpolitik, krn Muslim hrs menjadikan sma aktifitasx benilai ibadah dSisi ALLAH SWT, termasuk politik juga, kalo Ahok ngomong gitu, mungkin krn dAgamax g dAjarN ttg itu, meñgenai siapapun, yang tetap mLakukan pelanggaran dalam bepolitik, walau kLihatnx tampak alim, y itu y salah pasti personalx, demikian Bro:-)

    • jimy lain

      YA ITU KAN CIRI AHOK SEBAGAI ORANG YANG MUNAFIK. 10 TAUN AJA BANGGA…

  • gigih

    jangan menanggapinya dengan negatif. sudah banyak partai basis agama yg korup, kasus daging dll.. negara ini butuh pemimpin yang ga gila harta dan kekuasaan.

    • bam

      pisahN juga Bro, bukan agamax y salah, tp personx

    • beng-beng

      hhaha betul tu.mungkin mereka khilaf karena mereka yg ada dipartai basis agamakan juga bukan malaikat.atau mungkin karena mendekati pemilu 2014 jadi kasus yg ada bisa jadi pesanan partai yg lain..

  • Dolinada Nazara

    Benar kata AHOK jika dinegeri ini banyak orang munafik. Tapi salah kata AHOK jika politik jangan dicampur adukan dengan agama. Karena manusia pada dasarnya diciptakan oleh Tuhan. Kita sebagai manusia harus bisa membedakan Pemimpin yg menjadikan agama sebagai tameng dan pemimpin yg benar2 beragama.

  • Victor Valdes Kurnia

    karena negara ini tidak bisa dipimpin baik-baik mesti diajak berantem
    Bener nian tu Pak Ahok. tapi yang ini (makanya saya sudah muak bercerita soal agama dan akhlak) ini penting Pak.Akhlak tu yg jadi penentuan prilaku seseorang.. klo untuk ini jgn sampe muak pak ini sangat di perlukan.

  • gunawan

    NEGARA INI HARUS ADIL DAN TEGAS…”mana dasr nilai pancasilanya”‘ ahlak itu merusak hukum juga mnurut saya….gimna negara ini mau terbebas dari tikus” klo slma ini ada rasa kasian untuk membuatnya MUSNAH….BERAPA BNYK TIKUS” BANGSA yg hany dikurung dn di manjakan..knapa gk di bunuh aja tikus” ini….

  • basaruddin, sh

    pikiran ahok perlu di kaji ulang, banyak pemimpin yang monafik itu karena politik yang mengatur agama, seharus agama yang mengatur politik, baru negara ini akan makmur, jadi jangan pisahkan agama dengan politik, saya harap kalau masih ada orang yang mendalami agama harus bangkit untuk memimpin negara ini jangan terpengaruh pendapat ahok

  • djeku

    agama yg harusnya mgatur sendi2 kehidupan….. ahok krg bijak & krg wawasan agama.. klo agama dipisahin dr politiik waaah lebih kacau lagi….bisa2 kyak CRUSADER di kristen & sekularis d beberapa negara mayoritas muslim

  • Robby Atmaja

    Apapun agama seorang politisi kalau dia lurus menjalankan agamaya akan terlihat langsung dari kehidupan berpolitiknya. Ucapan Ahok jelas keliru dan mengundang feedback yang sama atau bahkan lebih keras dari ucapannya sendiri karena Indonesia/ Jakarta adalah negara Ketuhanan yang mayoritas penduduknya BERAGAMA.

    Agama adalah keteraturan dalam sistem tertentu yang melibatkan unsur Tuhan dan Iman. Banyak pemimpin legendaris yang lurus dalam beragama dan beragama ISLAM terbukti berhasil dalam berpolitik dan bernegara.

    Yang Ahok liat adalah contoh di Indonesia dimana orang yang menampilkan diri agamis dari partai agamis atau oknum-oknum yang aktif berpolitik diuar partai atau elemen-elemen pemerintahan lainnya yang terbalut dalam tampilan dan atribut-atribut agamis lainnya ternyata berkinerja buruk bahkan sangat buruk. Contoh sederhana, kIta semua merasakan bagaimana pembuatan KTP ternyata tetap ada pungutan biaya tertentu, sementara kantor pemerintahan yang melakukan hal demikian mayoritas beragama Islam.

    Imej tersebut rupanya terekam dengan baik di benak Ahok. Belum lagi partai-partai ber-landaskan dan beratribut agama yang anggotanya tersangkut urusan korupsi karena pengadaan Kitab Suci dan sapi dan masih bayak contoh lain yang akhirnya membuat Ahok mengeluarkan pernyataan seperti diatas. Belum lagi tentang Dana Sejuta Umat.

    Saya tidak menyukai Ahok dan kalau saya warga Jakarta saya tidak akan memillih Ahok karena pertimbangan-pertimbangan tertentu waktu pilkada kemarin. Tapi sudah selayaknya Umat Islam Indonesia umumnya dan khususnya figur-figur pemimpin yang beragama Islam yang menjalankan fungsi-fungsi kenegaraan dan pemerintahan melakukan introspeksi. Apa iya kita sudah tidak “malu-maluin” agama dan iman kita? dengan semua yang kita lakukan? Jalankanlah agama sepenuh-penuhnya.

    Kalau tidak suka dengan pernyataan DKI-2 ini ayo sama-sama lakukan perubahan nyata membuktikan ucapan Ahok salah ke masyarakat dengan melakukan perbaikan yang menunjukkan kalau kita umat Islam adalah orang-orang yang mampu berkotribusi positif dan konsisten dalam kebaikan berbangsa-bernegara karena agamanya ternyata ajaran universal yang bisa masuk ke segala sendi kehidupan bahkan hal sedangkal politik.

    Tapi selama kita dan para figur-figur politisi dan pemimpin ini belum berubah, Ahok akan selalu dengan santai dan mudahnya akan mengulang-ucapkan kalimat nyelenehnya ini.

    Umat Islam saat ini adalah fokus pemberitaan media dimana-mana. Kalau kita tidak “behave” dengan menyadari kalau kita adalah “citizen of the world” maka kita tidak akan keluar dari lingkaran kekurangan, keterbelakangan, kebodohan, keter-pecah belah-an dan mudah dimanfaatkan.

    Jangan buka celah Ahok atau umat atau bangsa atau golongan lain untuk dapat mengucapkan hal seperti ini lagi.

    Kalau kita (umat beragama) benar-benar tersinggung dengan ucapan Ahok…Ayo kita buktikan ketersinggungan kita kearah yang lebih positif lagi dengan pembuktian bahwa agama (Islam) adalah panduan kehidupan berpolitik yang paling applicable, nyata, dan efektif…yang dapat mendorong suatu kaum atau bangsa atau golongan ke hal-hal yang lebih baik bahkan jauh lebih baik dari kehidupan berpolitik sebelum mengenal agama sebagai bahan campurannya.

  • okabasi doma

    Lama lama bisa terbunuh A HOK ini kalau mengumbar omongannya.

  • ike helmidyah

    masak yg begini mau jadi calon wakil presiden, apalagi kalo jadi calon presiden..?? waduh memang tanda2 kiamat sudah mulai kelihatan…

  • Raden Mohammad Ariodillah

    intinya dia disini udah ga percaya ama orang yg beragama didalam politik, cz smuanya sama pd mau harta aja tapi ga mikirin rakyat..
    mungkin itu yg dimaksud pak AHOK

  • janjan

    maksudnya ahok itu..jangan di tonjolkan embel2 agama…yg penting hasilnnya

  • Tresna NC

    apapun kegiatan sehari hari yg kita lakukan ..apakah itu berpolitik…pengusaha…dll..sebagai muslim ya dasarnya harus sesuai dengan agama dong..bukan sebaliknya agama yg harus mengikuti aturan ini itu…

  • Tresna NC

    yg bermasalah itu bukan agamanya…tapi individunya yg tdk menjalankan syariat agama dengan benar….

  • Denny

    Masyaallah…. urusan Ahok aja kok jadi ada bahasa binatang, kita perlu memperbaiki akhlak bangsa ini, bukan saling mencaci….. saya pikir yang berkomentar disini berakhlaq semua…. ternyata cuma sebagian kecil……
    Kapan Indonesia mau damainya ? Kalau selalu mengedepankan sebutan binatang, katanya orang beragama……orang berakhlaq………………….

  • herman

    gaya bener nih pak Ahok, anda kepilih jadi Wagub juga bukan karena Partai Politik juga kan?

    • rumput

      Iyah betul, jadi negara ini rusak bukan karena Partai Politik berasaskan Agama

  • map17

    Hidup Ahok! sangat setuju jadi maksud Ahok adlh jgn membawa-bawa embel-embel agama A,B, C dll tapi IMAN dan PERBUATAN itu yang harus ditampilkan dlm kehidupan berpolitik. Bukan simbol agamanya. Sbg org yg berwawasan hrs mampu mencerna maksud kata-kata pak Ahok. INGAT AGAMA tidak menyelamatkan manusia tapi IMAN dan PERBUATANlah yang menyelamatkan di akherat. Guna apa bilang agama Islam, Kristen dll tapi perbuatannya NOL!!!. Pemimpin begini yg hrs ada di Indonesia. Ktia mesti dukung agar semakin byk pemimpin kita yg sadar n kembali pd perbuatan yg benar.

    • jimy lain

      AGAMA ENTE GAK MEMBAHAS TENTANG IMAN YA MAS BRO…, ??

      • crystallino

        ente komen untuk siapa mas bro? setau gw, perbuatan itu mencerminkan iman. kalo perbuatan baik, kemungkinan besar keimanannya juga kuat. kalo perbuatannya seperti setan…? well..

        • evi

          nih…, satu lagi orang goblok,……

        • Tamara jasmine

          “Perbuatan memerminkan keimanan” bgmn qt tau org lain benar” berbuat baik atau benar” berbuat buruk? Hahaha bukankah Tuhan lah Maha Tau. Kita manusia jangan sok tau. Keimanan itu ada dalam setiap hati manusia.

          • Adi Rahadi

            Perbuatan yg baik dan buruk, benar dan salah sudah terpampang di kitab suci. Buka lagi gih kitabnya.

            Baca baik-baik biar tidak mis-com.

    • Ropai Ahmad

      kalo seperti ahok yang diperbanyak, negara makin ancurrrrrrrrrrrr

      • evi

        setujuuuuuuuu….

      • radixe

        Kalau yang dimaksud koruptor makin hancur, setuju! Jelas-jelas jakarta makin rapi dan maju akhir-akhir ini. Ngomong kok nggak berdasarkan kenyataan.

    • muliati

      perbuatan it juga larinya ke akhlak to !!!

    • Kent

      kayaknya yang komen pada kaga ngerti maksud TS

      maksudnya percuma anda mau bilang kalo anda orang beragama tapi tindakannya gak jauh2 dari setan

      semua agama mengajarkan buat berbuat baik toh
      jadi sebenernya yang jadi tolak ukur anda bisa diselamatkan di akherat itu perbuatan anda. bukan label agama anda.

      percuma aja anda beragama tapi kalo masih mabuk2an, mencuri, menipu, dsb. kan ?

  • Pangeran Rizki Pebrio

    Beginilah jika seorang pemimpin hanya mengedepankan perut,otak dan dompet,tetapi membelakangi akhlak,,,untuk kedepannya beljar memilih pemimpin tidak hanya melihat dari ketegasan nya,tapi utamakan lah akhlaknya

  • Muhamad Ali Imran Dalimunthe

    Biasanya bila seorang Ulama sudah terjun kedunia politik baik secara langsung maupun tidak langsung bisa lupa akan Tugas Utamanya dan juga lupa ,menganggap remeh atau pura pura lupa dengan rambu rambu yang berlaku,lalai sebagai penjaga mungkin karena terlena…….hmm

  • shafanasywa

    Sudah mulai kelihatan belangnya. Tunggu saja. Makin lama2 pasti makin banyak belangnya.
    Kita saja umat islam yang bodoh. Mau dibodohi.

  • Zahira Khanza

    tidak ada dunia ini yang mengaku dirinya tidak munafik. Saya boleh katakan semua didunia munafik termasuk ahok sendiri. Buktinya Kata ahok “saya sudah 10 tahun berpolitik bahkan sy sudah muak dengan politik”. Kenyataanya, dia terpilih menjadi wakil gubernur karena partai politik juga. Apakah ahok masih menyangkal bahwa dia tidak munafik.

  • Dul Kampret

    Negara Ini Rusak Karena Masih Banyak Yang Mau Memiilh Pemimpin Asbun Seperti Ahok

    • jimy lain

      SETUJU….

  • Thomas Alvanov

    Negara Ini rusak karena masih banyak warga negaranya yang munafik dan cenderung tidak menerima keberadaan agama lain…

    • Sabirin

      Betul… contohnya si Ahok ini. Udah munafik… nggak toleran lagi.

  • Fredy Estofany

    Agama dan poltik tidak bisa dipisahkan dalam sistem negara yang benar, Semoga Pak Ahok yang terhormat dapat memahami ini.

  • jimy lain

    BAPAK AHOK, TAU GAK ARTI AKHLAK ITU APA????

  • Cinunuk 2010

    Jika Jokowi menjadi peserta Pilpres 2014, secara otomatis dia harus melepaskan jabatan gubernur DKI dan secara otomatis pula Ahok akan maju menjadi gubernur DKI.

  • Sabirin

    Selama ini yang mimpin Indonesia itu kalau nggak Sekuler (Gol*ar dan Demo**at) ya yang cenderung Ateis (PD*P). Bisa dikatakan Islam belum pernah memimpin Indonesia. Jadi kalau Indonesia sekarang bobrok… ya salahkan orang-orang yang pernah memimpin Indonesia itu.

  • Zakirman Yurnalis

    bicara 3 hal, perut .. otak.. dan dompet… ketika ada dokter yang tidak setuju dan menambahkan masalah akhlaq dengan lantang di sanggah ahok…. ingat .. kitab suci mana yang mengenyampingkan soal akhlak??? adakah alquran, injil, tripitaka, weda mengenyampingkan soal akhlaq dalam kehidupan?? kemudian soal pendapat ahok bahwa rusaknya negara karena mencampurkan agama dan politik…. ingat .. politik pada negara adalah keniscayaan dan pasti dipake, berarti ahok dengan sengaja menuding bahwa rusaknya negara adalah karena turut campurnya agama….. jadi baca dulu dan dalami dulu arah kemana omongan ahok ini… siapakah yang mau dituduh agamanya merusak negara ??? bayangkan, dokter imam bicara tentang akhlaq yang notabene itu adalah bawaan agama, malah di jungkirbalikkan oleh ahok bahwa agama dan politik dicampur membuat negara rusak…

  • Wira Arifin Hidayat Patangari

    negara kita bukan negara agama, jadi apa yg di katakan Ahok itu ada benarnya.

    • Satria Pininggit

      mana ada yg bawa aga ahok sendiri yang bawa2 agama baca mas orang dokter bilang akhlaq berarti perilaku yang baik knp ahok ahlaq itu agama… indonesia kembalikan ke pancasila sadar dan jangan terbawa emosi dengan visual dan aksi2 yg tidak jelas ini lihat anak2 sd mengikuti gaya ahok dengan kata”” BAJINGAN “” bagaimana generasi selanjutnya

      • StepTri Prawira

        IDIOT SELALU BERBICARA TANPA MEMAKNAI SUATU BERITA…..!!!!
        IDIOT IS THE BEST….!!!!!

  • risman muchtar

    Sdr. Ahok, anda ini sudah kebablasan. Jangan sok tahu semua dan merasa benar sendiri, menuduh semua orang munafiq dan malah Muhammadiyah dituduh juga munafiq. Anda mengatakan bahwa Indonesia bukan negara agama, Indonesia negara sekuler. Barangkali anda dulu tidak sempat belajar tentang Panca Sila dan UUD 1945 dan sejarah berdirinya Republik Indonesia yang kita cintai ini. Sekarang anda bilang lagi rusak negara ini karena mencampur-adukkan agama dan politik. Barangkali anda ingin mengatakan bahwa agama tidak usah dibawa-bawa dalam urusan negara, cukuplah negara ini diurus dengan politik ansich. Sadar tidak anda bahwa orang-orang munafiq yang anda maksud itu adalah orang-orang yang agamanya rusak, agamanya dangkal, tidak mengerti agama dan malah mengamalkan agama sebatas formalitas dan seremonial belaka. Para koruptor dan para penjahat lainnya yang merusak negara dan menyengsarakan rakyat adalah mereka-mereka yang hanya mencari keuntungan dan kemewahan duniawiyah dengan menghalalkan segala cara, dan mengabaikan ajaran-ajaran agamanya. Jadi yang merusak negara ini adalah para politisi, pejabat eksekutif, legislatif dan yudikatif termasuk aparat penegak hukum yang tidak meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran agamanya secara baik dan benar. Anda ini potensial dan berani, tetapi sebagai pemimpin anda tidak wisdom dan gaya anda terlalu arogan dan kurang menghargai orang lain. Anda memimpin jutaan orang, perlu kearifan dan saling menghargai, wassalam

    • Satria Pininggit

      benar ahok sudar di luar batas

      • StepTri Prawira

        IDIOT SELALU BERBICARA TANPA MEMAKNAI SUATU BERITA…..!!!!
        IDIOT IS THE BEST….!!!!

    • StepTri Prawira

      YA INTI YANG DI BLG AHOK ITU ORANG-ORANG YANG BERKEDOK… MINTA PARA2
      PEMUKA AGAMA BERKOMENTAR BAIK SAAT PEMILU, MENGADAKAN KEGIATAN-KEGIATAN
      AMAL BERDASARKAN AGAMA, DLL…UNTUK MENCARI SIMPATI MASYARAKAT YANG
      BERAGAMA MAYORITAS….DAN SAAT TERPILIH JADI PEJABAT MALAH BERSIFAT
      SEPERTI SETAN DENGAN MENYALAHGUNAKAN KEKUASAAN, KORUPSI, BERKELAKUAN
      LAYAKNYA JAGOAN, NYARI ISTRI BARU, DLL….

      JADI PEMISAHAN DI
      BUTUHKAN UNTUK TUJUAN TERSEBUT, AGAR AGAMA TIDAK MENJADI KEDOK2 IBLIS INGIN MENYUSAHKAN RAKYAT SETELAH TERPILIH….

  • Reza fahevi

    Kalo dipimpin orang yg ngakunya islam tapi korupsi…sama aja boong….
    Ahok masih lebih baik dibanding pemimpin2 koruptor…

    Jaman sekarang susah cari pemimpin yg ga korup…

    • Guest

      Sekilas klw kita melihat akibat ulah elit politik (munafik= kaum sepilis = sekuler,plural,liberal) maka Ahok kelihatan lebh baik. Ya, baik di antara mrk2 (elit politik) yg buruk alias munafiqun. Ahok ini sekilas klw dilihat tujuannya benar dan baik, cuma dia terang2an mengejek, melecehkan agama mayoritas di bumi ini. Tujuan sbenarnya ingin negara ini menjadi negara sekuler yg memisahkan urusan agama dan negara. Negara sekuler ini sdh terjadi dah lama ahok, bukan baru skg oleh para pemimpin sejak kita merdeka. Jadi kerusakan (curat marut) negara ini krn mmg Indonesia jelas-jelas sdh sekuler, plural dan liberalalias sepilis. Nah inilah penyebabnya kerusakan sebenarnya alias biang amboradol bangsa dan negara. Bahkan kita tahu para pemimpin (elit politik dll) sdh berkolaborasi dgn kaum sepilis. Jadi sejak kapan dan dimana agama ini mencampuri urusan negara ini ahok? Think smart lah man, justru krn terpisahnya antara agama dgn dunia (baca:negara) maka jadilah negara random country (antah berantah) kt Justin Bibier. Jgn lah kita mencari-cari kesalahan anggap lah disini akhlaq (agama) tp ,manusia2 munafiqun + sepilis itulah penyebabnya.

      • StepTri Prawira

        YA INTI YANG DI BLG AHOK ITU ORANG-ORANG YANG BERKEDOK… MINTA PARA2
        PEMUKA AGAMA BERKOMENTAR BAIK SAAT PEMILU, MENGADAKAN KEGIATAN-KEGIATAN
        AMAL BERDASARKAN AGAMA, DLL…UNTUK MENCARI SIMPATI MASYARAKAT YANG
        BERAGAMA MAYORITAS….DAN SAAT TERPILIH JADI PEJABAT MALAH BERSIFAT
        SEPERTI SETAN DENGAN MENYALAHGUNAKAN KEKUASAAN, KORUPSI, BERKELAKUAN
        LAYAKNYA JAGOAN, NYARI ISTRI BARU, DLL….

        JADI PEMISAHAN DI
        BUTUHKAN UNTUK TUJUAN TERSEBUT, AGAR AGAMA TIDAK MENJADI KEDOK2 IBLIS
        INGIN MENYUSAHKAN RAKYAT SETELAH TERPILIH….

        UDAH NGERTI BELOM ORANG SIPILIS?

    • Satria Pininggit

      ahok memang benar tapi memang ada agama ikut2 politik ini bodoh berarti ahok itu politik agamanya supaya orang2 islam tercegang dengan aksi dia inilah pemimpin non muslim yg mau cari perhatian sok kalau aku bilang / kalau mau di videoin juga banyak pemimpin2 islam yg lebih dari ahok. lihat jokowi mana ada omongan macam2 kerja turun lapangan ahok cuma ngomong doang lama2 gw hoak lihat dia .emang selain agama islam ngak banyak yang korup mereka lebih gila dari orang korup karena dia yang hasut2 buat pejabat pada korup lihat kasus century siapa biang keladinya dan masih teringat zaman soeharto edy tansil bawa kabur uang sadar2lah kalian umat islam jangan mau dia adu domba.

      • StepTri Prawira

        IDIOT SELALU BERBICARA TANPA MEMAKNAI SUATU BERITA…..!!!!
        IDIOT IS THE BEST….!!!!

  • jetix

    Sekilas klw kita melihat akibat ulah elit politik (munafik= kaum sepilis
    = sekuler,plural,liberal) maka Ahok kelihatan lebh baik. Ya, baik di
    antara mrk2 (elit politik) yg buruk alias munafiqun. Ahok ini sekilas
    klw dilihat tujuannya benar dan baik, cuma dia terang2an mengejek,
    melecehkan agama mayoritas di bumi ini. Tujuan sbenarnya ingin negara
    ini menjadi negara sekuler yg memisahkan urusan agama dan negara. Negara
    sekuler ini sdh terjadi dah lama ahok, bukan baru skg oleh para
    pemimpin sejak kita merdeka. Jadi kerusakan (curat marut) negara ini krn
    mmg Indonesia jelas-jelas sdh sekuler, plural dan liberalalias sepilis.
    Nah inilah penyebabnya kerusakan sebenarnya alias biang amboradol
    bangsa dan negara. Bahkan kita tahu para pemimpin (elit politik dll) sdh
    berkolaborasi dgn kaum sepilis. Jadi sejak kapan dan dimana agama ini
    mencampuri urusan negara ini ahok? Think smart lah man, justru krn
    terpisahnya antara agama dgn dunia (baca:negara) maka jadilah negara
    random country (antah berantah) kt Justin Bibier. Jgn lah kita
    mencari-cari kesalahan anggap lah disini akhlaq (agama) tp ,manusia2
    munafiqun + sepilis itulah penyebabnya.

    • StepTri Prawira

      YA INTI YANG DI BLG AHOK ITU ORANG-ORANG YANG BERKEDOK… MINTA PARA2 PEMUKA AGAMA BERKOMENTAR BAIK SAAT PEMILU, MENGADAKAN KEGIATAN-KEGIATAN AMAL BERDASARKAN AGAMA, DLL…UNTUK MENCARI SIMPATI MASYARAKAT YANG BERAGAMA MAYORITAS….DAN SAAT TERPILIH JADI PEJABAT MALAH BERSIFAT SEPERTI SETAN DENGAN MENYALAHGUNAKAN KEKUASAAN, KORUPSI, BERKELAKUAN LAYAKNYA JAGOAN, NYARI ISTRI BARU, DLL….

      JADI PEMISAHAN DI BUTUHKAN UNTUK TUJUAN TERSEBUT, AGAR AGAMA TIDAK MENJADI KEDOK2 IBLIS INGIN MENYUSAHKAN RAKYAT SETELAH TERPILIH….

      UDAH NGERTI BELOM ORANG SIPILIS?

  • Satria Pininggit

    AHOK jangan sampai lu orang salah dan kebalasan ngomong lu orang lagi diatas jangan mentang2 orang banyak salah lu belaga benar trus itu kan gaya lu kalo ngomong sampai anak2 SD ikut2tan ngomong gaya lu ” BAJINGAN ‘ lu orangkan kan WAGUB harus mencontoh bukannya merusak akhlaq anak2 generasi muda dengan gaya bicara lu. emang saya tau kalau buat lu itu bahasa sehari2 dari kecil cuma ingat ngak semua orang indonesia bicara tanpa adab dan ahlaq indonesia dari sabang sampai merauke lu di tonton seluruh indonesia.

    • GUEST

      Luh.. mengaku Satria Piningit tapi tidak bisa membedakan masalah..dan sok tau

    • StepTri Prawira

      IDIOT SELALU BERBICARA TANPA MEMAKNAI SUATU BERITA…..!!!!
      IDIOT IS THE BEST….!!!!

  • GUEST

    Politik dan Agama harus dipisahkan biar kehidupan ini tenteram dan tidak ada perlakuan khusus untuk agama tertentu karena ini Negara Pancasila yg punya 6 agama berbeda2 masing2 harus saling tolerasi dan menjaga kerukunan serta tidak boleh menganggap agama sendiri yg benar

  • Wahyu Yuni Fisio

    ahok kamu kira orang politik itu menjalankan agama , agama itu benar kalo mereka ga beriman yg km katakan benar karena kalo dia munafik bukan kesalahan agama karena dia tidak beriman kalo semua orang kamu suruh tidak beragama komunis sangat kejam hitler nazi juga kejam ,..mereka munafik justru karena tidak sesungguhnya menjalankan agama, dilihat dari omongan ahok ini cuma orang yg besar mulut tapi ga tau fungsi agama sesungguhnya, bisanya cumaasal berkoar saja,.inilah ahok,….

    • StepTri Prawira

      anda itu idot? ga ada yang nguruh untuk tidak beragama, tetapi memisahkan agama dengan politik agar masyarakat bisa melihat dengan jelas mana salah mana benar…masyarakat yang tidak mengerti tentang pemerintahan hanya berfikir tentang pemimpin yang pakai “PECI” dan “JILBAB” padahal itu malah orang-orang berhati IBLIS yang sedang menyamar untuk menipu masyarakat atas nama agama…apakah anda sudah melihat seorang politisi wanita dari partai demo***t yang berpindah agama dan berpakaian selayaknya wanita soleha yang ber JILBAB tetapi korupsi besar-besaran???? klo anda tidak mengetahui siapa politisi wanita tersebut lebih baik jangan berkomentar tentang politik dan agama yang ada bilang tidak bisa di pisahkan… otak anda dangkal klo bilang orang lain itu komunis padahal anda sendiri orang komunis yang di KTP bertuliskan beragama….

      • Adi Rahadi

        idiot kok teriak idiot, ga nyambung, yg dibahas apa, nyambungnya apa.

  • Wahyu Yuni Fisio

    ahok kamu jangan menghina agama kamu ga beragama ga masalah tapi jangan kamu salahkan agama agama itu justru menjaga daripada politik kotor ,..tapi orang yg ga mengamalkan agama sebenarnya dia ga punya agama cuma mengatasnamakqn agama j

  • tino ahmad khoirul khilafah

    saya Sangat Senang dengan ke tegas san nya pak AHOK jdi ingat Kisah Umar Bin Khotob,. doa kan sja supaya ahok memeluk agama islam krna kbrian nya dya lah yg sya slut kan ,. dya bgtu karna ga paham islam, sma hal sprti umar dya benci islam karna ga ngerti islam ,. jngan sprti pejabat skrang g bda jauh sma abu jahal dya mngerti muhamad itu nabi atau rasul utusan allah swt bahkan dya mngakui tuhan nya muhamad saw tp dya mlanggar printah allah swt ,. ap bda nya sma sma setan dya beriman sma allah hnya sja dya tdak mngikuti 1 printah allah swt krna k sombongan nya yg mbuat dya d laknat ,. doa kan sja kaum muslimin smoga ahok msuk islam,. tuh slah satu nya ustad felix yg td benci islam skrang mndukung islam pejuangan nya luar biasa bnyak skli yg tdi nya benci islam
    tp rencana allah bgtu indah,. yuu saudara2 muslim kita doa kan orang2 yg mncintai kebaik kan dan jga kebenaran dan tegas dlam mnyampaikan kebaikan yg slama ini mreka tdak mngenal islam supaya mreka msuk islam dan mngerti bahwa islam itu indah
    ,. :)

  • otang

    hehehe..kok ada yg suka dengerin ahok ngomong ya, aku mules….

  • khery

    kehidupan terus berjalan anda berbuat kebajikan maka ada konstribusinya… baik pula.. ahirnya. dinamika kehidupan anda punya naluri dan jangan melampauinya, dan kepercayaan anda sekuat mana pun tanpa kebersamaan tetap ada batasanya. jgn berharap apa yang anda perbuat adalah suatu keyakinan.

  • Anton Widianto

    Udah ditulis dengan jelas, dinyatakan dengan jelas, masih aja ada yang gak paham….
    1. Kerusakan akhlak jelas bukan soal politik, negara ini rusak karena mencampurkan agama dan politikAgama ya agama, politik ya politik….Dan siapa yang mencampurkan antara agama dengan politik? YA ORANGNYA…. Seperti gitu masih beranggapan Ahok menyalahkan agama? Dan apakah perlu menyebutkan gelar Haji, beribadah, sumbangan, dll. ketika berpolitik? Beribadah untuk Allah atau beribadah untuk pencitraan kepada orang lain?
    2. Kita bisa berdebat di luar itu, banyak orang munafik, ada nggak pejabat yang berani melaporkan harta kekayaannya dan pajak yang dibayarkannya, tidak ada yang berani Pak, munafik!
    Jelas ditulis “banyak”, berarti tidak semuanya.
    3. Saya sudah muak berpolitik
    Tidak salah bila dibilang Ahok juga munafik, tapi bagaimana gambaran umum politik di Indonesia? Melobi anggota dewan, beradu mulut tanpa solusi dan tindakan yang nyata, kunjungan kerja gak jelas hasilnya, dll. Apakah Ahok seperti itu?
    4. Pemimpin yang bukan Muslim
    Apa yang kita pilih, pemimpin Agama atau pemimpin pemerintah? Bagi saya, yang disebutkan dalam Al-Maidah : 51 adalah pemimpin dalam beragama. Jelas pemimpin Agama harus sama-sama Muslim, tetapi pemimpin pemerintah dapat berbeda agama ASALKAN tidak memanfaatkan posisinya untuk mengajak orang-orang untuk masuk ke dalam Agamanya.

    Emang gak salah Ahok bilang “Negara ini tidak bisa dipimpin baik-baik mesti diajak berantem” karena masih kental pemikiran yang rasis, SARA, fitnah dan menyebarkan kesan-kesan yang buruk.

    • Mochtar Kusuma

      Enough said, you have my thumbs up !

  • Mochtar Kusuma

    Well, religion and politics are two separate fields, however, interconnnected. Wrongly applied and implied, MOST Indonesian people would still prefer to vote for candidates who have the same religion as they are, for example: muslims will still vote for muslim candidate, christians will vote for a christian candidate, etc. Unless the previous muslim candidate is so fucked up that people will not trust a muslim candidate anymore and hence, an influencing factor to the the scenario on how Ahok got elected.

    I have also heard of muslim preachers who encourage their people to vote for a muslim candidate in a scenario in which they are other candidates with different religions. I guess this is what Ahok is trying to say, if only Indonesian people can carefully distinguish the exact boundaries where religion principles and influences could step in or not, this country would have been a better place.

    Another related topic is racism, I guess most people are still not that open minded to equalize favorism of all ethnics, and this is strongly influenced by one of the factors, again, religion. So my point is, Indonesian people should learn how to measure how far a religion could affect politics and apply them justifiably. And do not deny all of what I have said, as this is what’s happening in Indonesia unless you presistently veil yourself with hypocrisy.

  • NNFarida

    Yang benar itu meng-agamakan politik, bukan mem-politik-kan agama.
    Segala hal, jika dilandasi dengan agama pasti akan jauh lebih baik.

    Berhubung kenyataan yang ada adalah sebaliknya, mungkin ada benarnya pendapat Pak Ahok.

  • Jason Fernandez T G

    politik ya politik, agama ya agam, ga bisa di campur.
    Kalo mau bilang politik berlandaskan agama, itu kalimat yang salah, politik tuh berlandaskan hukum yang ada… agama itu suci, politik tidak suci…

  • fahmi rezza

    ah ini judulnya bikin persepsi, ga bener ah.

    yang Bpk. Ahok salahkan adalah orangnya, oknumnya, bukan agamanya. tp kalo judulnya begitu bikin persepsi banyak orang, dan bahkan bisa menimbulkan keregangan hidup bermasyarakat nih.

  • Bernard

    Menanggapi mas yuda..

    Ada 2 orang…
    yang satu mengatakan, “saya menjalankan agama saya.” Tetapi nyatanya kerjanya gak beres.

    Orang yang satu tidak berkata apa apa, tetapi nyata bahwa pekerjaannya benar dan beres…

    Jadi mana yang sebenarnya menjalankan agamany?

    • Adi Rahadi

      menjalankan agama & menjalankan pekerjaan tidak selalu berhubungan.

  • Faith

    Gaya banget sama yang sok Rohani melandaskan keagamaan dalam Politik. Mengotori iman sendiri! :D Go AHOK!

  • Augustinus Assistatya Suryaput

    SETUJU… SETUJU… SANGAT SETUJUUUU…!!!!

  • Agus

    itu benar sekali, sebab negara ini sudah dirusak dengan kepentingan pribadi. jadi menghalalkan segalam macam cara untuk kepentingan pribadi. saya setuju sekali dengan komitmen pak ahok maju terus pantang mundur. kebenaran tetap menjadi kebenaran ga bisa di ganti dengan apapun.

  • Mamad Memed

    Negara-negara eropa, jepang dan china adalah negera maju. Tetapi agama tidak tidak memasuki ranah politik. Negara memberikan kebesan beragama bagi penduduknya. Tapi penyebaran agama di kelola lembaga agama bukan pemerintah.
    Bahkan di eropa dan amerika sokolah pemerintah tak ada pelajaran agama.

  • Agama tidak ada hubungannya dengan akhlak. Tolong orang yang sibuk mengkait2kan agama dengan akhlak introspeksi dulu. FPI FBR isinya preman berkedok agama, MUI terima suap label halal, PKS kolusi daging sapi.

    Mekanisme untuk menjaga akhlak sudah ada di pemerintahan: namanya KPK. Agama efeknya nol dalam membantu kinerja KPK, malah jadi musuh karena menjadi tameng untuk para koruptor untuk berpura2 suci.

    Apa tugas pemerintah? perut, otak sama dompet. Bener sekali kata ahok. Agama itu tugas masing2 orang.

    Kalau rakyat perut diisi, otak diisi dan dompet diisi, pasti bisa bantu untuk membersihkan pemerintahan secara riil dan nyata. Bukan cuma ngedumel dan sibuk urusin pencaharian masing2.

    Kalau rakyat perut lapar, otak kosong dan dompet kempes, semuanya akan mudah dibodohi politikus, diimingi2 janji palsu dan tidak ada kemampuan untuk tindakan kritis.

    • bolangkid

      Agama dengan ahklak jelas ada hubungannya…di mana ada orang tdk beragama yg berakhlak?
      orang atheis,komunis mereka tdk beragama.gimana dgn akhlak mereka?
      Karena agama mengajarkan akhlak!

      • Adi Rahadi

        Benar sekali, agama mengatur akhlak.
        Orang yg tidak berakhlak mencirikan semaunya sendiri.
        seperti domba wahyudi yg tidak mau digembala (menolak peraturan baik).

        • StepTri Prawira

          agama ya agama, politik ya politik…
          orang beragama apa pasti punya akhlak? coba pikir dolo…

          semua orang indonesia punya agama tetapi apakah punya akhlak semuanya?…tetapi orang berakhlak pasti bersikap seperti orang beragama, karena bersikap sepantanya pada semasa…dipikir dolo bos lw pada mikir orang beragama akan selalu benar? tuh politisi-politisi yang berpakaian sok alim tetapi korupsi gede-gedean kelewat banyak bos… yang benar-benar menjalankan tugas dengan benar tanpa korupsi itu SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SEDIKIT…..

          JADI APAKAH ORANG YANG “TERLIHAT” BERAGAMA DALAM BERPOLITIK SELALU BAIK????

          • Adi Rahadi

            kaga ada juga yg bilang beragama pasti berakhlak, ga ada yg bilang selalu baik. org cuman bilang, agama mengatur akhlak. Aturan akhlak tidak hanya korupsi, tetapi juga akhlak humanis, amor, dan transendental.

            kalo orang belum/tidak berakhlak itu lain soal, jng dicampur-adukan, berarti orang yg belum/tidak berakhlak ciri orang susah diatur/susah taat aturan. seenaknya sendiri.

            Tidak cuma agama, pancasila juga turut mengatur akhlak juga, akhlak keTuhanan, akhlak kemanusiaan yg adil & beradab, akhlak kepemimpinan yg bermusyawarah, bijaksana & adil, akhlak keadilan thd kehidupan sosial. Jadi Pancasila dan agama itu sejalan.

            Kalo hukum Sang Pencipta saja tidak digubris, apalagi hukum manusia.
            tapi napa elu gusar? ente mizonis wahyudi tong?
            nah, mau komen kaga nyambung apa lagi tong?

      • aninim

        hahaa..bos di negara eropah byk atheis tp lbh berahlak drpd negara yg beragama..byk orng atheis yg membatu orng drpd orang yg cm ngaku nya beragama

  • Murwan Suhudi

    Dalam pembukaan UUD 45 ditegaskan bahwa kemerdekaan adalah berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Kementrian Agama adalah produk politik, Kantor Urusan Agama adalah produk politik. Naa kalo politik tidak di dasari agama akan hancur kita. Para yang dikatakan munafik itu tidak dapat digeneralisir lantas semua begitu. Liat saja ketika semua hanya kita landaskan pada nilai2 kemanusiaan semata, mungkin kita masih ingat ada pernyataan resmi seorang pemimin yang mengatakan bahwa PSK adalah Pahlawan Keluarga???

  • fajar

    seandainya ada orang muslim yg memimpin dengan gaya kepemimpinan ahok, saya akan sangat senang dan mendukung!
    sayangnya ahok nonmuslim.
    saya setuju dengan pernyataan ahok ” jangan mencampurkan agama dan politik”, karena yang terjadi di politik kita adalah apabila seseorang (politisi) yang ketahuan melakukan hal2 jelek seperti KKN mereka lantas berlindung pada agama, tp pada saat mereka tidak ketahuan melakukan hal jelek tersebut apakah mereka ingat dengan yg namanya akhlak?
    begitupun dengan pernyatan ” negara ini tidak bisa dipimpin baik2, mesti diajak berantem” karena d indonesia msh banyak org yg bermental preman, kalau level pejabat sih mungkin disebutnya mafia yg ska membekingi preman yg memegang lapak2 pkl,atau parkir, klw rakyat sih apakah membuang sampah sembarangan, menyebrang jalan seenaknya, berkendara tanpa etika berkendara disebut preman? memang bukan tapi bermental preman.
    demikian juga artikel diatas, para pekerja2 di Indonesia termasuk instansi yg disebutkan diatas blm memiliki rasa profesional kerja yg sesungguhnya.
    Ayo kita bangun negara kita oleh kita sendiri, jangan saling saling mengandalkan pemerintah sedang kita hanya tidur, ayo mulai disiplin, dan menumbuhkan rasa kemanusiaan.

  • Rikaz Uba

    gini aja, yg korupsi hukum potong tangan aja, membunuh balas bunuh, ayo. berani ngga yg ngaku2 baik atau pun ngga munafik ???

  • YoPs

    Definisi ‘akhlak’ yg dimaksud si dokter ini apa dulu?
    Bukankah perbuatan si Ahok yg mengutamakan kepentingan rakyat miskin dgn mengusahakan bantuan kesehatan sudah menunjukan perbuatan akhlakul karimah?
    jangan2 cuma beda istilah aja.

  • Samuel Tobing

    YANG PASTI DAN JELAS, REPUBLLIK INDONESIA, INGIN TETAP MERDEKA DAN BERSATU TANPA KEMUNAFIKAN…!!

  • Kurnia Tedi

    benar kata ahok harus nya orang yang tidak beragama seperti ahok tidak usah ikut ngurus negara yang apalagi katanya mayoritas warganya muslim

    • no name

      Jangan sotoy! Ahok itu beragama, makanya jalannya bener, gak korup… hahahaha

  • Iswanto

    Agama penting sebagai alat kontrol dalam berpolitik & beraktifitas lainnya, bukan mencampur adukan.

    • Rf

      Oooh agama sbgai alat kontrol berpolitik?kok nyatanya gak terkontrol ya..?kok orng” politik bnyak ga waras?lhoo agamanya kemana?

  • bill nhuda

    Jika berpolitik tanpa Akhlak……… mau dibawa kemana negara ini …..hok ????.

  • Ben

    Ahok itu melihat kenyataan yang ada di dunia politik indonesia yang semakin menjadi jadi . Di indonesia itu kubu yang kuat itu ABRI dan Agama , sisa sisanya kalo mau ikutan mesti ikut dua itu … sekarang setelah 1998 , kondisinya berbeda ,mulai lahir figure figure yang rasionalist dan idealist seperti pak ahok , DAN JUGA standard ganda politik semakin menjadi jadi agama dan politik semakin rumit dan komplex, Ada baiknya politik dipisahkan dengan agama, Kalo sudah jadi pendeta , nga usah banyak komentar soal calon presiden yg baik apa yang engga, Kalo uda jadi kyia kelas berat , nga usah membobot bibitkan calon calon walikota di kotanya. Dinamika politik memang erat berhubungan dengan unsur unsur sosial termasuk agamais tapi politik itu nga bisa didasarkan konsep keagamaan , kalo mau di jadikan konsep agama mending nga usa jadi negara demokrasi , Negara agama aja. Bagi yang belon ngerti makanya sekolah yang bener di sekolahan yang mengajarkan pendidikan dan pengetahuan bukan cuma agama. NGERTOS ?

  • zoukoutloud

    daripada jidat item tapi nipu sana-sini, ngewe kanan-kiri loooll

  • rizal chalaboeik

    Saya sangat “”TIDAK SETUJU””…. Politik dan Agama tidak bisa
    dipisahkan.. karena dengan beragama dia bisa berpolitik yang baik… krn
    dengan ber””AGAMA”” seseorang itu bisa membedakan mana yang “”BAIK””
    dan yang “” BENAR””.. disini yang salah “” MANUSIA””nya, Bukan
    “”AGAMA””nya… “”Benar menurut anda, belum tentu “”BENAR”” dalam
    pandangan orang lain.. jadi tempatkanlah permasalahannya tanpa harus ada
    yang disalahkan, klu mau menyalahkan salahkan “”MANUSIA””nya… Kalau
    “”MANUSIA””nya salah menurut anda, bawa dia ke jalur “”HUKUM”” Jadi
    jangan anda mengatakan seseorang “”MUNAFIK”” tetapi sebenarnya dalam
    tindakan anda sehari – hari adalah “”KEMUNAFIKAN”” juga…

    • no name

      Orang yg beragama mana maksudnya?? Si mentri agama ituh, yg korupnya gk nangung2… DANA PENGADAAN KITAB SUCI DAN DANA HAJI… ckckckck

  • yohana

    Smua berpedoman pada keyakinan masing masing even non agama . Agama adalah sebuah keyakinan yang di mana umat manusia di ciptakan Allah untuk berbuat baik di dunia dan berusaha menjalankan rutinitas kewajiban beribadah dan amal kebaikan selama hidupnya dalam hal hal yang tentu berbeda dalam aturannya, jika anda bijak dalam hidup tidak perlu menyalahkan apapun apalagi agama .Lebihterpenting lagi dalam hidup berusaha sebaik mungkin dan jujur sebagai manusia yang di beri akal sehat dan berfikir yang cerdas. saling menyalah kan bukanlah hal yang positive untuk merubah keadaan tapi berusaha bersama dengan berfikir jernih dan rasional open minded adalah mutlak untuk lebih tahu dimana kekurangan dan kelebihan agar segala sesuatu akan seimbang niscaya negara dan rakyak akan mendapat seorang pemimpin yang adil , jujur, dan membawa negara aman makmur bersama. Amien

  • dfriendly

    agama itu untuk pedoman hidup, ketika seseorang punya agama dan menjalankan ajaran agama dengan baik maka akan berdampak terhadap perilakunya yaitu kebaikan. dan dengan kebaikan maka seseorang akan ber-politik secara baik dan takut akan dosa jika melakukan suatu kesalahan dan kebohongan. coba jika politik dipisahkan dari agama,, maka negara ini pun akan hancur.. so…agama harus jadi landasan dalam berpolitik agar tercipta kehidupan bernegara yang aman, damai, makmur, dan penuh rahmat.

    • Avi Cruss

      Setuju.
      Dan ini sudah dilakukan oleh umat2 terdahulu bagaimana memperjuangkan negeri ini untuk bebas dari kedzoliman penjajah.
      Sayangnya setelah merdeka, bangsa ini dipermainkan oleh orang2 munafik. Kini saatnya perjuangan dikobarkan kembali, melawan kedzoliman orang2 munafik.

      Agama harus lebih dijalankan oleh umat, bukan simbol tapi perilaku. Kalo cuma simbol, orang munafik jagonya. Soal ceramah, baca qur’an, munafik jg fasih coy. Umat, harus lebih peduli dengan jalan kenegaraan, lebih berperan dan menjaga sistem kejujuran/transparansi (yg paling dibenci oleh orang2 munafik yg sukanya remang2). Umat harus lebih tanggungjawab pd negara ini dan ambil peranan.

  • Ahmad Zaki Sagala

    gini aja deh, daripada RIBUT semua yg coment ini, mending biarin aja si “AHOK” itu memisahkan urusan “AGAMA” dan “POLITIK”, ntar juga ketahuan kok, gue pastiin kalo Politik tanpa di dasari oleh agama bakal kacau balau ini negeri, ntar kalo udah kejadian baru deh lu pada yang SETUJU sama statement si “AHOK” itu nepok jidat dan ngejilat lagi kata-kata lu pada. .

  • athaya

    sama saja..
    sarapks..

  • Rizky Saputra

    Dari pada ngepublish hal2 kyk gini yg dapat memprovokasi masyarakat, lebih baik ngepublish tentang ‘ilmu syar’i seperti fikih dll

  • Salim Al Fatih

    Jelas ahok adalah pemimpin yang berideologi sekuler. Wajar jika ahok berkomentar demikian. Setidaknya kita bisa mengambil pelajaran, bahwasanya pemimpin sekuler, meskipun dia beragama Islam, tetaplah berbahaya untuk memimpin, karena akan memisahkan kehidupan agama dan negara.

  • Djiwa

    Udeh bos..pecah aja negara ini..mana yang nasionalis mana yang islamis….Mane yang ideologis islami ama pancasila…Biar fokus…beres..

  • mendez

    munafik byk cocot semua

  • Johan Wahyudi Nasution

    Perilaku politik atau (Inggris:Politic Behaviour)adalah perilaku yang
    dilakukan oleh insan/individu atau kelompok guna memenuhi hak dan
    kewajibannya sebagai insan politik.Seorang individu/kelompok diwajibkan
    oleh negara untuk melakukan hak dan kewajibannya guna melakukan perilaku
    politik adapun yang dimaksud dengan perilaku politik contohnya adalah:

    *Melakukan pemilihan untuk memilih wakil rakyat / pemimpin
    *Mengikuti dan berhak menjadi insan politik yang mengikuti suatu partai politik atau parpol , mengikuti ormas atau organisasi masyarakat atau lsm lembaga swadaya masyarakat
    * Ikut serta dalam pesta politik
    *Ikut mengkritik atau menurunkan para pelaku politik yang berotoritas
    *Berhak untuk menjadi pimpinan politik

    *Berkewajiban untuk melakukan hak dan kewajibannya sebagai insan
    politik guna melakukan perilaku politik yang telah disusun secara baik
    oleh undang-undang dasar dan perundangan hukum yang berlaku

    Jelas bahwa politik mengesampingkan hal agamis dalam artian bahwa
    menetapkan kaidah-kaidahnya bagaimana agar dapat mencapai tujuan dengan
    segala konsekuensinya dan untuk itu diperlukan partisipasi dari insan
    individu/kelompok untuk melakukan perilaku politik. Tentunya kaidah
    benar dan salah itu dari sudut pandang kepentingan politik saja. Dan
    sebuah negara terlahir dari sebuah politik yang menjadi akar
    berkehidupan dan berkebangsaan. dan itu harus disadari dari semua insan
    yang melakukan perilaku politik

    Negara terlahir dari kepentingan-kepentingan politik dan chaos dari
    kepentingan perilaku politik yang ditimbulkan ini dituangkan dalam
    bentuk bernama KEKUASAAN bahwa : Kekuasaan adalah kewenangan yang
    didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan
    tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh
    dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh[1] [2] atau kemampuan
    seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau
    kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku atau Kekuasaan
    merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan
    berperilaku sesuai dengan KEHENDAK YANG MEMENGARUHI

    Terdapat banyak sekali SISTEM POLITIK yang dikembangkan oleh negara
    negara di dunia antara lain: anarkisme,autoritarian, demokrasi,
    diktatorisme, fasisme, federalisme, feminisme, fundamentalisme
    keagamaan, globalisme, imperialisme, kapitalisme, komunisme,
    liberalisme, libertarianisme, marxisme, meritokrasi, monarki,
    nasionalisme, rasisme, sosialisme, theokrasi, totaliterisme, oligarki
    dsb.

    Politik itu adalah Make-Up. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih
    kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Teori politik
    merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan politik, bagaimana
    mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya

  • Tay Loverz

    Tidak semudah itu pak,
    Kaum munafk itu tidak hanya datang dari kalangan pejabat, banyak masyarakat kita yg kurang peka terhadap niat dari kejujuran bapak, kebanyakan mereka telah dibodohi dan sepertinya dibiarkan bodoh yang tentu saja adalah alasan “agama” sebagai tamengnya. Melihat dari karakter masyarakat kita yg dimana secara umum di asia tenggara butuh seorang pemimpin yg bertangan besi.

  • blank

    oh ya? meanwhile negara2 mayoritas atheis puluhan lebih maju daripada indonesia.

  • Avi Cruss

    Agama sudah memberikan kontribusinya pada negara ini, dari jaman perjuangan melawan penjajah, sampai hingga pembentukan negara ini (lahirnya Pancasila). Agama memberikan pondasi dan titik tolak akan karakter dan tujuan bernegara.
    Akan tetapi dalam perjalanannya, semua tergantung manusianya. Bukan agama yang salah, dan bukan pula agama harus dipisahkan dari negara, karena agama adalah juga tata perilaku, norma yang mengatur kehidupan masyarakat/umat.
    Masalah agama yang disinggung Ahok, adalah masalah formalitas agama dalam negara. Ahok melihat tidak nyambung antara simbol2 agama yg dibawa dengan kenyataan akhlak mereka (tidak sama antara kata dan perbuatan). Jadi dia tidak ingin membawa2 agama dalam formal kenegaraan, karena “agama”(sbg simbol) bukanlah jaminan perilaku.
    Dalam hemat saya disini ada dua hal, 1. Saya setuju agama (dalam arti formal) bukanlah jaminan perilaku, tetapi nilai2 dan aturan agama harus menjadi tata aturan bermasyarakat (dlm hal ini bernegara) 2. Perlunya agama, dalam hal ini pemeluknya, untuk memperbaiki diri, meningkatkan kualitas, dan bisa berjuang memperbaiki keadaan yang ada.

    Dalam konteks agama Islam sendiri, ini menunjukkan lemahnya iman. Karena kemenangan orang munafik, berarti kelemahan orang baik, utamanya dalam ber’amar ma’ruf dan nahi munkar’.
    Mari kita lihat positifnya saja, dan introspeksi. Ambil sebagai cambuk buat kita.

  • Teguh Darmawan

    Yg jelas negara ini ga bakal dipimpin sama orang kayak kamu hok…yg jelas peristiwa agama dan pembuat keonaran..gara 2 lo ni negara udah ngabisin duit rakyat..gara2 lo ni polisi banyak yg dosa krn ngikutin alasannya, udah tau ditolak dmn mana masih aja lo kampanye.. Udah hilang apa urat kemaluan lo….pikiiir

  • Surromenggala

    Jika seseorang telah mengikatkan dirinya secara “FANATIK”
    kepada suatu kelompok apakah itu yang namanya partai politik, perhimpunan,
    Front, gang, asosiasi bahkan Agama sekalipun maka pada hakekatnya dia telah
    memisahkan dirinya dari kebersamaan. Otaknya akan dipenuhi dengan kebencian,
    irrasionalitas dan slogan “POKOKNYA” aku harus menang. Dia akan merampas hak2
    orang lain demi kelompoknya. Dia lupa bahwa ada hak orang2 lain demi suatu
    kepentingan yang lebih besar yaitu
    saling menghargai demi kebinekaan dan kedamaian untuk kesejahteraan bangsa pada
    umumnya yaitu seluruh bangsa Indonesia terlepas dari perbedaan agama, etnis,
    budaya dan status. Fanatisme akan pasti menghancurkan bangsa ini.

  • Anna Isabelle

    tidak setuju. indonesia tidak pernah menjadi negara ISLAM. jika kalian berkata sebagaimana kalian katakan, kalian sudah mencela perjanjian utk membangun Indonesia bersama org Kristen yg mayoritas org batak dan org hitam indonesia. jika kalian menyebut ini brarti kalian menginginkan pemisahan negara. sila 1 pertama telah diganti. sbg warga negara yg tinggal di negara demokrasi, anda tindak menunjukkan demokrasi. jika anda ttp berkeras brarti selama ini, indonesia didirikan dgn penipuan. Indonesia NEVER BEEN MUSLIM COUNTRY. fanatik anda karena Ahok adalah seorang kristen sangatlah egois

    • Safri Zal

      dalam islam lakum dinukum waliyadin. (untukmu keyakinanmu untukku keyakinanku)
      setahu saya di Kristen dogma gereja point utama dalam imannya kristen
      sebenarnya sefaham dgn surat al kaafirun

      nah jika sama2 sepemahaman akan tetapi berbeda dogma
      maka umat seharusnya tdk boleh mempengaruhi satu sama lain.
      islam punya keyakinan kristen jg sama

      ini si ahok sudah jelas mencampuri urusan islam masih jg dibela
      WTF..

      kq malah menyebar ke masalah rasis segala
      otak pake tidak ?

  • Taufiq Hidayat

    Orang Di Jakarta tak ada calon lainkah selain Ahok ? Mungkin semuanya terpukau. Sebagai majority Muslim bangkitlah Dari tidur sebagai tuan . Drpd 10 juta semuanya sirna selain B.Bulan Purnama . Betapa bijaknya Belanda mendidik rakyat Indonesia. Hingga semuanya dibius terbuai-buai diulit pelbagai fahaman. Padahal cukup utk pilih gandingannya selain Ahok. Kali ini cuba lihat pula penangan dpd saingan Ahok . Mana tahu mereka jauh lebih baik dpd ahuk yg non Muslim tu. Banggalah milik kita walau pun ada tuduhan mungkin tak sebaiknya. Itu hanya propaganda pasukan si lembut ( r ). Sebagai Muslim terhadap Quran kena kata samikna watakna.

Lihat Juga

Ustadz M Arifin Ilham dan Habib Rizieq Shihab. (Facebook)

Ahok Jadi Tersangka, Ustadz Arifin Ilham: Ini Awal Musibah Bagi Penista Alquran