Topic
Home / Berita / Nasional / Inilah Alasan Pimpinan PKNU untuk Merapat ke Gerindra

Inilah Alasan Pimpinan PKNU untuk Merapat ke Gerindra

PKNU resmi bergaung ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk menghadapi Pemilu 2014, Ahad, 17 Februari 2013. (yahoo.com)
PKNU resmi bergaung ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk menghadapi Pemilu 2014, Ahad, 17 Februari 2013. (yahoo.com)

dakwatuna.com – Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) resmi melakukan kerja sama dengan Partai Gerindra dalam menyongsong Pemilu 2014 mendatang. Ketua Umum PKNU Choirul Anam menyebut ada beberapa hal yang mendorong PKNU memutuskan untuk merapat ke Gerindra.

Alasan pertama, pria yang akrab disapa Cak Anam itu menyebut suara di akar rumput PKNU menginginkan Prabowo untuk menjadi presiden 2014 mendatang. Hal tersebut ia dengar langsung saat mengunjungi kader- kader PKNU di daerah.

“Kawan-kawan PKNU sendiri sering saya tanyakan, siapa presiden 2014? Semua jawab Prabowo. Waktu saya ke daerah-daerah semua jawab Prabowo. Ini alasan pertama mengapa kami gabung Gerindra,” ujar Anam dalam sambutannya usai penandatanganan nota kesepahaman kedua partai di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta (17/2/2013).

Anam melanjutkan, alasan lainnya adalah karena selama ini Gerindra dikenal sebagai partai yang memperjuangkan masyarakat kecil, sementara PKNU merupakan partai yang memiliki basis massa dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dimana banyak diantaranya merupakan masyarakat

“Alasan kedua, PKNU punya konstituen yang banyak dari kalangan NU. NU itu kan banyaknya rakyat kecil, miskin, buruh tani,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Anam menyebut alasan berikutnya PKNU bergabung dengan   Gerindra adalah untuk memberikan kendaraan politik bagi kader-kader PKNU yang ingin berkiprah dalam dunia politik praktis. Gerindra yang sudah dipastikan lolos menjadi peserta pemilu dapat menjadi saluran bagi kader-kader PKNU tersebut.

Dengan alasan-alasan itulah kemudian PKNU memilih merapat ke Partai Gerindra, dan Anam mengklaim keputusan tersebut merupakan hasil keputusan bersama dan hasil aspirasi-aspirasi yang muncul dari pendukung PKNU.

“Intinya semua sepakat, yang penting pesannya nanti kalo sudah gabung Gerindra jangan lupa meningkatkan taraf hidup kaum miskin, para petani, nelayan, kaum buruh. Nasib mereka harus bisa diperjuangkan,” ujarnya.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Cagub-cawagub Koalisi PKS, Gerindra dan PAN

Figure
Organization