18:40 - Minggu, 01 Februari 2015

Rahasia di Balik Pengunduran Diri Paus Benediktus XVI

Rubrik: Eropa | Kontributor: dakwatuna.com - 16/02/13 | 10:08 | 04 Rabbi al-Thanni 1434 H

Pausdakwatuna.com - Seorang peneliti Arab Saudi, Direktur Essam mengungkapkan alasan pengunduran diri Paus Vatikan yang mengguncang masyarakat Katolik di seluruh dunia. Paus Benediktus XVI merupakan Paus pertama yang mengundurkan diri sejak 6 abad yang lalu.

Melalui akun twitter tersingkap faktor pengunduran diri Paus Benediktus ke 16. Dia mengatakan bahwa penyebab utama penguduran diri Paus adalah karena keguncangan di gereja Vatikan, perihal Injil lama yang memuat nama Nabi Muhammad saw.

Ada 3 orang di internal Vatikan yang menyembunyikan keislamannya. Paus selalu berusaha mencari tahu mereka. Salah satu di antara mereka adalah penanggung jawab pembuatan surat pernyataan pengampunan dosa (dalam agama Katolik) dan ada salah satu yang mengumumkan keislamannya. Akibat diumumkan keislamannya, maka ia pindah ke Afrika Selatan.

Beliau menegaskan dalam akun twitternya bahwa pengunduran diri Paus Benediktus XVI bukan karena sakit, karena sebelumnya Paus Yohanes II usianya lebih tua dan penyakitnya lebih parah, namun ia tidak mengundurkan diri dari keuskupan gereja Vatikan. Alasan sakit hanyalah argumentasi untuk media.

Dia juga telah menentang Vatikan yang telah mendustai kabar keislaman 35 uskup dan pendeta dari pembesar-pembesar Vatikan. Kebanyakan mereka menyembunyikan keislamannya karena khawatir akan keselamatan dirinya dan ada sebagian kecil yang mengundurkan diri. Paus memilih diam selama 6 tahun. Sampai saat ini Vatikan belum memiliki kekuatan untuk membantah kabar keislaman 35 uskup tersebut dan akhirnya Paus Benediktus XVI mengundurkan diri.

Dia juga menambahkan bahwa Paus berusaha untuk menutupi keislaman mereka dengan melakukan hujatan terhadap Islam dan hinaan terhadap Nabi Muhammad secara terang terangan pada tahun 2006. Namun usahanya tersebut malah menyudutkan dirinya yang berujung pada pengunduran dirinya.

Dia mengisyaratkan bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui dokumen-dokumen Vatikan yang menyelidiki surat pernyataan itu sampai saat ini, di tangan siapa surat itu berada. Akan tetapi seorang pengamat mengatakan bahwa Pauslah yang menghilangkannya.

Dia juga menegaskan terdapat arsip-arsip pemberhentian Paus dan penangkapannya di beberapa negara yang dikunjungi karena keterlibatannya dalam menutup-nutupi kekerasan dan skandal seksual.

Peneliti ini menutup dengan memotivasi para aktivis Islam dan ulama untuk melakukan kegiatan dakwah dengan istiqamah dengan mengajak orang-orang Katolik untuk tidak mengkultuskan Paus dan uskup di bawahnya dan mengajak mereka untuk menyembah Allah Taala. (sumber: مكافحة العلمانيه)

Redaktur: Samin

Topik:

Keyword: , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (874 orang menilai, rata-rata: 9,19 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • 545196 views
  • Email 1 email
  • http://www.facebook.com/febriansyah.benny Febriansyah Benny

    Subhananallah

    • ita

      mari kita doakan smga orang2 yg blm msuk islam ,,smga cpt mndpatkan hidayah ,,
      amienn,,,,

      kita bsa ambil contoh yang bisa kita lihat n pikirkan,,tentang musibah yang melanda di aceh tahun 2004 silam ,,tsunami yang menenggelam kan orang2 di sekitar aceh,,,rumah2 dan gedung2 tinggi pada rubuh semua nya,,,tp ternyata apa masjid2 msih ber diri dg kokoh nya,,,,,
      thu lah tanda2 keagunggan Allah SWT,,, spya kita bisa ambil hikmah nya,,,,

  • akbari

    sumbernya valid ndak ini..?

  • http://www.facebook.com/iyusleewa Yulius Besemah

    Ruar Biasa semoga Allah Swt Menerangkan apa yg Gelap gelap

  • Abdullah

    Kalau kabar terputus penyampainya, tidak jelas sumbernya alias anonim, maka nilai kebenarannya perlu diragukan. Sangat disayangkan media Islam menyajikan berita tidak jelas sumber perawinya. Lihat juga metodologi hadits.

  • http://www.facebook.com/teuku.asnawi.1 Teuku Asnawi

    subhanallah, jika kebenaran telah datang, maka kebathilan akan hancur, cahaya datang gelap pun sirna

  • http://www.facebook.com/siti.hajar.50951 Siti Hajar

    Menarik sekali, tapi mohon penjelasan di artikel di atas disebutkan ada Paus Benediktus IX & Paus Benediktus ke 16, berarti dua-duanya mngundurkan diri? Sumbernya dari mana & apakah itu terpercaya? Adakah laporan penelitiannya yg dlm bhs Inggris? Tanggal berapa laporan itu diterbitkan? Kenapa dilaporkan lewat Akun Twitter bukan lewat Jurnal Akademik, Universitas atau Badan Penelitian syah? Siapa nama penelitinya n latar belakang penelitinya? Terima kasih.

    • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000618195297 Tria Warman

      ini nih suka. masa tiba2 dakwatuna jadi media penebar info seliweran

      • http://www.facebook.com/defrianta.kemit Defrianta Kemit

        WEB CACAD SE INDONESIAA..
        LUAR BIASAAA

    • http://www.facebook.com/rindra.psh Rindra Parama Satya Hermanto

      yup yup
      mohon kasih link ataupun tautan sumbernya…

    • http://twitter.com/desaindigital Mohammad Jeprie

      Ya, perlu diungkapkan dengan jelas sumbernya.

      “ada salah satu yang mengumumkan keislamannya”

      Siapa yang dimaksud di sini?

    • http://www.facebook.com/zulkifli.zsyukri Zulkifli Syukri

      kalo aku sih gak masalah beneran masuk Islam atau tidak, karena dalam Injil asli (perjanjian lama) di dalamnya kan memang disebutkan akan datang Nabi Muhammad setelah nabi Isa.

      jadi bagus nih untuk di sebar ke Non biar mereka lebih ragu dengan ajarannya. yah, lumayan kalo ada yg masuk Islam, kan dapat pahala yg gede’…!

      • http://www.facebook.com/andhika.jackal Andhika de Jackal

        kurang hebat apa kristen..
        orang berdosa apapun bisa dimaafkan manusia ..
        super sekali,,pantesan pelaku kriminal banyakan beragama kristen..

        • http://www.facebook.com/gerrard.lopez.50 Gerrard Lopez Kopites Reds

          goblok…g sadar tu ngmgny???

          • http://www.facebook.com/syarqhidha Ibnu Sina

            klu gak sdar pasti pertanyaan nya ngacau…boy mhyn maaf sy bertanya siapa manusia yg bs menyamakan tugas2 tuhan sombng x bach mnusia bs memberi pengampuann dosa…klu gt mulai bsok smua bangsa indonesia stiap hari buat dosa aja..bunuh,mrampok,memperkosa,korupsi hahahha kan ada media penebusan dcosa enauaka ya…

          • aulia yusuf

            Ngomong pada ngawur,.
            gk sejalur ama posting nya
            huft

        • http://www.facebook.com/defrianta.kemit Defrianta Kemit

          jangan mancing keributan ya andhika de jackal pukimakkk

        • http://www.facebook.com/wajabae Dokter Printer Banyuwangi

          saya muslim … al quran jelas mengatakan lakum dinukum wal yadin jangan pernah mendiskriminasikan agama lain… islam tidak mengajarkan hal demikian

          • http://www.facebook.com/syarqhidha Ibnu Sina

            lakum dinukum waliyadin itu konsep mulia dr allah swt, namun ingt jg dlam al-qur’an jg dijelskn bahwa mereka kaum jahudi dan nasrani tdak akan pernah senang dan berhenti memusuhi samp[ai kau masuk kdalam agama mreka ok bos….dan yg dikatkan mas andika kan bnar tdak manusia yg bs menyamakn tugas2 tuhan..emngnye siape lu bs mmbri pengampunan dosa..yg bnar aja bung….

          • http://www.facebook.com/alex.chandra.98 Alex Chandra

            ga salah nih pembahasan, bukannya ISLAM yang maksa2 orang supaya ikut ajaran muhammad, yang ngangkat muhammad jadi nabi juga dia sendiri… wah ga ngaca nih…

          • Manis Rita

            Zulkifli Syukri, mana ada Injil di Perjanjian Lama, Alkitab terdiri dari 2 bagian, Perjanjian Lama era sebelum Yesus Kristus dan Perjanjian Baru era Yesus Kristus dan setelah Yesus Kristus… Kalau kau memang tahu tentang Kristen tidak akan pernah mengatakan Injil yang terdiri dari 4 Kitab, Kitab Matius, Kitab Markus, Kitab Lukas dan Kitab Yohannes, itu terdapat di Perjanjian Lama… Dan tidak pernah ada Nabi Mohammad tertulis di dalam Alkitab, coba deh kalian baca kalau belum punya bisa beli di toko buku Gunung Agung… Yesus Kristus kalian sebut Isa Almasih yang juga IMAM MAHDI yang akan datang menghakimi saat kiamat……. KALAU DIHAPUS LAGI BERARTI ADMINNYA takut akan Yesus Kristus………. Semoga Tuhan Yesus menjadikan kau UmatNYA

          • Rizqi fazrul rahman

            tunggu akhir jaman dan nabi isa akan mengumumkan bahwa pengikutnya yg menganut kristen karena sudah slah panutan
            bayangkan masa tuhan berwujud patung disalib itu sebuah pelecehan
            tuhan tak terlihat dan tuhan jg lbh maha tau jd dr mana yesus itu tuhan
            mohon maaf bukanya saya menghina
            tp pakai logika

          • Rai Dilapanga

            tolong carikan bahasa ibrani dari kidung agung 5:16 nama siapa yg ditulis di situ????

        • http://twitter.com/mawibowo Mohamad Agung Wibowo

          Geblek ni Bocah Andhika de Jackal, Tidak layak komentar Anda seperti tidak berpendidikan seperti itu

          • http://www.facebook.com/syarqhidha Ibnu Sina

            Wak Agung B Knapa anda menghina dan menyalahkan orang lain, salahkn aja dri anda yg tdak bs mnrima perbedaan pendapt, anda bolh mnghina dan memaki orang lain…kan memng benar manusia tugas nya bukan menyaingi tuhan bs memberi pengampunan dosa emang elu siape boy…..

        • http://www.facebook.com/alex.chandra.98 Alex Chandra

          ga salah lo??? ga usah liat negara lain, coba lo liat di Indo, sapa yang mayoritas pelaku pembunuhan, pemerkosaan, korupsi, pembakaran dll… liat negara2 islam yang terlalu ikut campur, mang ada yang damai tentram??? Mesir aman damai karena ga sotoy kaya lo…

          • Rizqi fazrul rahman

            heh kirik krn dsni mayoritas islam
            org cina blik sana ke cina
            pasti di cina mayoritas kriminalnya jg komunis sama konghucu
            ngapain lu dsini enak bgt makan minum eek di negara w balik sana
            asu

      • http://www.facebook.com/defrianta.kemit Defrianta Kemit

        eeehh munak kau

      • http://www.facebook.com/mister.rius Octafred Yosi

        belajar lagi deh, tidak ada Injil dalam Perjanjian Lama. Dalam kekristenan, yg disebut kitab Injil hanya ada di Perjanjian Baru

        • http://www.facebook.com/ahyar.pandolo Ahyar Pandolo

          yang perjanjian lama itu apa yah???? cuma mau tahu saja mas bro…. soalnya ada yang perjanjian baru, kemudian kenapa harus ada yang baru???

          • meslex

            yang baru ituperjanjian lama dipilih yang enak2 aja…yang gak enak dimusnahkan…

        • http://www.facebook.com/people/Eko-Blaugrana/100001903621559 Eko Blaugrana

          klo ad yg baru berarti sebelumnya ad yg lama..,
          ngpa yg lama katanya gk ada..

        • Herdie Hedot

          Lah kalo di namain Perjanjian baru Berarti ada yg Lama donk coy… Ente kayaknya yg harus belajar lagi

        • meslex

          klo merugikan dianggap gak ada ya?? enak kali..milih yang enak2 aja maunya..

        • http://www.facebook.com/aswibuns Aswibuns Daffa’ Wibowo

          aa

        • Erwin Daihatsu

          tolol jg lo bro,ky ga sekolah aj

        • Ahmad Bisri

          Kitab Suci Apa Kontrak Kerja ? Ada Perjanjian Baru Segala !! Kalo Kitab Suci Selalu Ada Pembaruan, Itu Namanya Uda Ngga Suci Lagi, Karna Uda Banyak Campur Tangan Manusia… !!!

    • rizki ripaldi

      jikalau ini palsu atau tidak fakta, mereka tidak akan berani membeberkannya.

    • irwan

      Berita sampah.

      silahkan cek disini:

      http://www.youtube.com/watch?v=m58ILXAJuw8

    • anonymous

      saya merasa aneh dengan komentar anda

    • NizzmBrow

      hajar siti buta yah, gak liat yg kecil2 itu, kalo baca yg lengkap donk jangan yg besar tulisannya aja di baca….

  • http://www.facebook.com/dea.ananda.54 Dea Ananda

    aku suka akan pendiriannya yg tidak dipaksa oleh siapapun…semoga beliau mendapat sapaat yg lebih dr pd itu semua….amien

  • ikan paus

    mungkin juga Paus Benediktus IX mulai ragu dgn agamanya dan sdh masuk islam

  • Amalzluvbio

    Subhanallaah,, better supaya mudah dishare ulang oleh khalayak,, silahkan dilampirkan sumber langsungnya yg berbahasa aslinya (mungkin),, tp yaaa pastinya engga mungkin dipublish selugas itu,, karena menyangkut prinsip keberagamaan umat tertentu,, oiya,, tapi yang saya lihat di TEMPO.com, itu PAus Benedictus yang ke XVI,, bukan yang ke IX,, yang bener yang mana ya? cz beliau akan mundur dari jabatannya akhir februari 2013 ini

  • http://twitter.com/kifsteen arkif.m

    yah semga aja ikan paus ini ga jdi HIU,hihihih

    • Ne Sarang

      Piranha Kalee.. ^_^

    • http://www.facebook.com/Phuyu Ratno Gani

      komentamu yg paling gokil om :D :D

  • Oranye

    Terjadinya kekacauan di Vatikan n hubunganya dengan Injil lama yang trdapat Nabi Muhammad SAW.
    Memang apa sih isi dari injil lama??

    • http://www.facebook.com/harismawan Almarhum Haris Aerith

      di temuin di turki.. lembaran injil barnabas juh sebelum muhammad dan tertulis tinta emas bahwa akan datang nabi muhammad

    • http://www.facebook.com/alex.chandra.98 Alex Chandra

      Injil barnabas? Apakah anda tau siapa itu barnabas?

      • ino

        Barnabas Itu adalah Murid Pertama (Yesus) Isa Almasih… Yang di Bakar Hidup2 bersama dengan Kitab Injilnya Kerena Tidak Mau Mengakui Bahwa Yesus (Isa Almasih) adalah Tuhannya Orang Kristen… Tapi Subhanallah pada saat Barnabas di Bakar Kitabnya dilindungi dengan Badannya sehingga Tidak Terbakar… Dan Alhamdulillah Kitabnya ditemukan di Turki….

        • Silver_surfer

          Lucu, padahal dlm sejarah Gereja Barnabas tidak tercatat masuk ke dalam 12 Rasul yg dipilih oleh Yesus sendiri…. Bahkan nama Barnabas tidak pernah disebut-sebut sebelum kematian dan kebangkitan Yesus

          • amelia

            klo nyarinya di gereja ga bakalan ktmu injil barnabasnya……
            baHKAN klo bs dihilangkan dr sejarah,,,biar ga terdeteksi klo ada utusan Allh stlh nabi Isa,,yaitu Muhammad saw…

  • http://www.facebook.com/oomsoni Soni Ariyanto

    ini artikel ko saya susah paham ya… kata “Dia” itu siapa ya? bingung bacanya, tlg editorialnya biar lebih mudah ddipahami

  • Rianti Latifah

    Saya Pernah mendengar dari segelintir orang bahwa isi dari kitab Injil Lama itu pada akhirnya memerintahkan semua pengikut katolik untuk mengikuti ajaran Rasul yaitu Nabi Muhammad SAW.

    apakah yang dimaksudkan dari artikel ini bahwasannya “penyebab utama penguduran diri Paus adalah setelah terjadinya kekacauan
    dari kalangan gereja Vatikan, terhadap Injil Lama yang di dalamnya
    terdapat Nama Rasul Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassallam, yang sampai
    saat ini masih berada di Vatikan” adalah pernyataan tentang pengikut katolik untuk mengikuti ajaran Rasulullah????

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000704048777 Widyawati Lir Pambudi

    saya kok lebih cenderung tidak percaya sama orang Saudi ya. kalau lihat kesimpulannya, kayaknya dia autis. Hidup didunia sendiri. hihi

  • http://profile.yahoo.com/XEX25OLTUO3CTHF7EFYXZ6KVMQ Urip

    HOAX untuk sementara sampai intelejen para pendeta menyingkap kebenaran laporan ini.

  • http://www.facebook.com/uin.bungsu Uinnazriel Bungsu

    sebab -sebab pengunduran nya terlalu ironis ke agama khatolik itu sendiri,namun di saat paus mengundurkan diri ada unsur politik juga yang belum diketahui oleh kalangan umat khatolik,inilah penyebab kehancuran ummat non muslim dari hasil dakwahnya ikhwanul muslimin,,,,semoga beliau selalu optimis yakin dengan islam lh yg sebenarnya agama yg suci

  • http://profile.yahoo.com/Q6PDM4OKUGRHVOB2JW3YGJUI6I Yang Setia

    Injil Perjanjian Lama adalah Perjanjian antara Allah ” Pencipta,
    Pemilik,Pemelihar,Penguasa Alam semesta dan segala isinya” dengan
    Manusia ciptaanNYA yang telah ingkar dan memberontak kepadaNYA agar
    bertobat dari perbuatan2 dosa serta patuh dan setia “Tidak menduakanNYA”
    dan beriman”percaya” kepada Allah dan para Utusan2NYA dan Inilah Injil
    Perjanjian Lama: Markus 12:31 Jawab Yesus: Hukum yang Pertama dan
    Terutama ialah: Dengarlah Hai Orang Israel, Allah “kita” itu
    Satu/Tunggal”! Dan Yang sama dengan itu ialah: “Cintailah Allah
    “Penciptamu”, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan
    segenap akal budimu.! Lalu Inilah Injil Perjanjian Baru adalah
    Perjanjian antara iblis yang telah dikutuk itu dengan para pengikutnya
    yaitu anak-anak iblis dan anak cucu Adam agar mengingkari ajaran dan
    Hukum dari Para Nabi juga yang telah disampaikan oleh Yesus, agar tidak
    perlu bertobat kepada Allah dan Jangan percaya kepada Allah juga para
    utusan2NYA termasuk perkataan2 Yesus sendiri! inilah Injil Perjanjian
    Baru: IBRANI 6:1: Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas “Pertama”
    dari ajaran Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh.
    Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan
    yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

    REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN — Paus Benediktus XVI menyampaikan pesan
    terakhirnya di hadapan puluhan ribu pengikutnya di Vatikan, Ahad (17/2). Pesan
    terakhir yang kental bernuansa religius itu disampaikan Paus dengan penuh
    penghayatan.

    “Hari ini kita merenungkan Kristus di gurun pasir, berpuasa, berdoa dan
    dicoba,” kata Paus seperti dilansir CNN.

    9:20-21” Yesus bertanya kepada mereka: “Menurut kamu,
    siapakah Aku ini?” Jawab Petrus: “Mesias dari Allah.” Lalu Yesus
    melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu
    kepada siapapun.

    Matius 4:2
    “Dan setelah berpuasa empat puluh
    hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

    Lukas 6:12Pada
    waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa
    dan semalam-malaman Ia berdoa kepada
    Allah.

    (7) Yesus berkata kepada iblis:
    “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Allah!”

    (10) Maka berkatalah Yesus kepada iblis :
    “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Allah, dan
    hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

    • amelia

      jarak antara wafatnya Isa dan Lahirnya Muhammad itu jauh,,hampir 600 taun,,jdi pasti banyak penyimpangan2 ajaran Isa,,

  • http://profile.yahoo.com/Q6PDM4OKUGRHVOB2JW3YGJUI6I Yang Setia

    Yohanes 6:29 Jawab Yesus kpd mreka: “Inilah pekerjaan yg dikehendaki
    Allah, yaitu hendaklah kamu Percaya Kepada “dia” yg telah Diutus Allah.”
    (jika
    kata “dia” yg dimaksud pd penafsiran diatas adalah “Yesus sendiri”
    berarti Yesus adalah “utusan Allah atau Nabi” bukan tuhan,god, anak
    Allah, atau Allah! & sebenarnya Pernyataan Yesus diatas bermaksud
    mengabarkan”menginjilkan” tentang kedatangan “seseorang” yg diberi kuasa
    oleh Allah utk membuka rahasia2 yg selama ini disembunyikan atau
    termateraikan!
    Qs: Al Maidah 15-16: Hai ahli Kitab, Sesungguhnya
    Telah datang kepadamu Rasu l”Utusan” Kami, menjelaskn kepadamu banyak
    dari isi Alkitab yg kamu sembunyikan &Bnyak pula yg dibiarkannya,
    Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah & Kitab yg
    menerangkan “Al Qur’an” Dgn Kitab itulah Allah menunjuki org2 yg
    mngikuti keridhaanNYA ke Jalan Kselamatan &mngeluarkan org2 itu dari
    gelap gulita kpd cahaya yang terang benderang dgn seijinNYA
    &Menunjuki mereka ke Jalan Yg Lurus!

    • meslex

      Bagi Allah tak ada yang sulit…menciptakan anak manusia melalui Siti Maryam bukan hal yang besar bagi Allah…lah ko malah diartikan lain oleh para manusia yang pikirannya cekak…diberi gelar anak allah lagi….trus Nabi Adam diberi gelar apa??? pakae logika dong!!!!

  • Abu Huzaefa

    klo mau lihat versi arabnya nih dia

    قام “عصام مدير” الباحث المتخصّص في التنصير، بكشف “جانباً خفيّاً مليء
    بالتفاصيل المثيرة” في إعلان بابا الفاتيكان بنديكت السادس عشر، التنحي عن
    سدة البابوية يوم 28 فبرايرالجاري في خطوة غير المسبوقة في تاريخ الكنيسة
    الكاثوليكية منذ 600 عام.

    وقال الباحث مدير، إنّ استقالة البابا سببها إسلام 30 شخصا من كبار
    الأساقفة والقساوسة بالفاتيكان، حيث تجرى حالياً محاكمات واسعة لمعاقبتهم
    وطردهم من الكنيسة، على ما أفادت الهيئة الإسلامية العالمية للإعلام.

    وأشار الباحث وهو أحد التلاميذ المقرّبين للداعية الشيخ أحمد ديدات،
    ورئيس مركز متخصص في إدارة الحوار مع الغرب، إلى أن المعلومات التي يؤكّدها
    تعود إلى العام 2006، حيث حاول البابا التغطية على إسلام أولئك بافتعال
    ضجة بتصريحاته المسيئة للرسول عليه الصلاة والسلام، لكنّه مع ذلك لم يستطع
    نفي ذلك الخبر.

    السرّ الأخطر في الموضوع والذي كشفه مدير، هو أنّ هناك ثلاثة ممّن
    يكتمون إسلامهم داخل الفاتيكان، ظل بابا روما يحاول معرفتهم دون جدوى، أحد
    أولئك الثلاثة هو المسئول عن تسريب وثائق تدين الفاتيكان والبابا، وهي
    الفضائح التي كانت تخرج تترى حول الاعتداءات على الأطفال داخل الكنائس.

    وأوضح الباحث أنه بسبب نشر تلك الفضائح، “هناك قضايا مرفوعة اليوم ضد
    البابا في بريطانيا، بسبب ما فعلته الكنيسة الكاثوليكية من تستر على
    اعتداءات كثيرة ومتكررة قام بها باباواتها تجاه الأطفال خلال عقود من
    الزمان”.

    وأكد الباحث أن “الوثيقة الأخطر التي تم تسريبها ولم تنشر بعد، هي وثيقة
    فاتيكانية عن الرسول عليه السلام، تحتوي على نسخة قديمة من الأناجيل فيها
    اسم نبينا الأعظم، وهو ما سيقلب الطاولة على الفاتيكان وأهله”.

    وختم قوله علينا الانتظار، فمزيد من الفضائح والأسرار ستنكشف خلال الأيام القادمة”.

    http://www.elmogaz.com/node/65074

  • Luluh Buono

    Paragraf terakhir kok seperti memaksa kehendak sama penganut Katolik utk masuk Islam, bukankah lbh baik org masuk Islam dgn keikhlasan hati yg sudah disebutkan di Qur’an “Lakumdinukumwaliadyn”

  • okta

    mohon maaf para admin, kalau berita seperti ini kesannya seperti ada provokatornya.. jika memang artikel ini betul tolong cantumkan sumbernya dengan jelas agar semua jelas dan tidak ada kesalahfahaman. terima kasih.

  • http://www.facebook.com/ricosupriyanto Rico Nax

    setelah ditemukan injil usia ribuan tahun di turki yg menjelaskan kenabian muhammad..mungkin..

  • Abdoel

    Kalo bikin berita itu yg cerdas dan mencerdaskan dong…

    Yang ringan saja. Apa nama akun Twitter-nya Paus Benediktus…??

  • http://www.facebook.com/adee.lovebooks Ade Lovebooks

    Saya juga sempat berpikir seperti itu :D

  • http://www.facebook.com/adee.lovebooks Ade Lovebooks

    Waktu pertama kali dengar Paus mengundurkan diri, sempat terpikir apa mungkin ya beliau telah mendapat “hidayah” dari Allah SWT, atau mungkin sebenarnya beliau saat ini sudah menganut agama yg berbeda dgn yg dia anut sebelumnya…? hehee… tapi entahlah…
    Soalnya kalau pengunduran dirinya itu krn usia dan masalah kesehatan, sepertinya Paus masih terlihat sehat segar, dan apakah Rahasia yg tertulis pada artikel diatas benar…? kok tidak ada sumber atau referensinya yaa… cerita tentang :tokoh” yg disebut “dia” juga gak jelas…

  • bicara jujur

    kalau udah islam umumkan saja ke seluruh dunia seperti dia berpidato di vatikan… jangan takut low ada yang nembak mati tar juga masuk surga…

  • fadli

    udah tahu klo Nabi muhammad Saw nabi/rasul terakhir masih saja tdk di akui,..

  • ichwan efendy

    Dia revert to Ahmad Deedat???

  • fedriansah

    Bukan urusan gw Paus ngundurin diri atau masuk Islam apa ga, “lakum dinukum waliyadiin” Rosulullah Muhammad SAW ditugaskan Allah SWT untuk memberikan kabar dari Allah SWT kepada umat manusia… Alhamdulillah gw percaya sepenuhnya lahir dan bathin ttg apa yang dikabarkan Rosulullah Muhammad SAW. dengan itu gw ” bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”, kalo ada orang ga percaya/ belum percaya, itu urusan die….. wassalam.

  • dafiano

    hal ini sudah menjadi isu yang sangat tren di vatikan, dikarnakan mereka mulai meyakini injil Barnabas yang memiliki ke otentikan yang lebih dipercaya di banding injil lain yang banyak sekali telah diubah dengan nafsu mereka sendiri, dalam injil barnabas nabi isa telah mengabarkan kepada muridnya bahwa akan datang rasul setelahku dan menjadi penutup yaitu Ahmad (Muhammad SAW) lih. Quran Surat As Saff ayat 6…namun kebanyakan mereka menutupi dan melarang kaumnya untuk membaca injil barnabas dengan segala cara, mulai dari penutupan dan pemberitaan bahwa injil barnabas itu sesat….semoga hidayah-Nya dapat sampai kemereka ……

  • pratama

    HOAX kalo memang Paus ngeluarin statement gitu ga mungkin cuma di twitter doank lah. kalo share artikel tuh yang jelas sumber dan keaslian beritanya. apa bedanya ma artikel gossip.

  • http://www.facebook.com/faisal.a.nasution.5 Faisal Ansara Nasution

    benar tu,biar gak jadi fitnah…..

    • http://www.facebook.com/anangps Anang Panca Setiawan

      Sumber tidak jelas = hoax. Sangat disayangkan kalau justru jadi bahan tertawaan.

  • Sendi Ramdhani

    luar biasa

  • Syamsu

    Ini rada susah memahami artikelnya…

  • Arnots Java

    sesungguhnya hanya yg HAQ lah yang menang yaitu agama ALLAH S.W.T
    semoga kita semua senantiasa mendapat hidayah-NYA aamiiin..

  • http://www.facebook.com/alex.chandra.98 Alex Chandra

    Cm perlu meneliti lbh dalam. Injil ada nama nabi Muhammad? Bukankah muhammad ada 600 thn stelah jaman nabi Isa? Seribu org lbh menelan mentah2 info ini seolah ini adalah keajaiban… Menggelikan…

  • ThaifahManshurah

    yoi
    soalnya sebelum dia juga pernah menulis buku yg berjudul
    “Jesus of Nazareth: The Infancy Narratives”

    yg intinya meragukan kelahiran Yesus tgl 25 desember
    semoga saja dia menerima hidayah dan masuk ISLAM
    pasti akan jadi berita yg spektakuler

    • amelia

      logikanya seh begitu,,orang dia lahirnya ga pas musim salju ko,,

  • disqus_iqYeKQOvpW

    hahahahaha….cuma bisa ngakak mbacanya. big joke di awal tahun xixixi…xoxoxox

  • http://www.facebook.com/zulkifli.zsyukri Zulkifli Syukri

    Bener tidaknya informasi mah gak masalah, yang penting kita harus yakin bahwa kebenaran hanya ada di agama kita (Islam) dan mari menyebarkannya ke seluruh pelosok negeri dan kepada seluruh manusia…

    • http://twitter.com/SATR14 ۩۞۩~ Satria ~۩۞۩

      QS49:6 “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”

    • http://twitter.com/setiaone_47 * – *Endang Setiawan

      iya betul ….orang yg menganggap semua agama itu benar perlu di koreksi sumber keilmuannya…

  • http://www.facebook.com/abusyahwa.alhafizz Abu Syahwa Al-hafizz

    semu,,, sulit dimengerti

  • detektif swasta

    silahkan buka wwwdotzilzaaldotblogspotdotcom.. postingan tgl 18 Feb 2013 mg2 ybs jd muallaf beneran (sengaja ditulis ky gini soalnya dibann oleh mbah google

  • wonk sabar

    sebaiknya mari kita koreksi dulu diri kita sendiri, apakah sudah menjalankan perintah ALLAH SWTdan mengikuti tuntunan dari rasullullah dengan benar atau belum.

  • http://www.facebook.com/mzhianto Mujianto Al Mustanir

    mungkin sedang muncul keraguan dlam dri paus sehingga menngundrkan dri

  • galih

    buat apa terlalu mengurusi hal yang yang tdk pnting dn mndesak ? memangnya Tuhan sndiri sdh blng kalau kita masing – masing itu benar ? knpa nggk lebih memprdlam iman sndiri, spya nnti klo mati, bisa sprti pda wktu Tuhan minta kita untuk lahir.

  • galih

    hahaha

  • nazdan

    masa wakil tuhan dibumi boleh mengundurkan diri? sembarangan..

  • http://twitter.com/SATR14 ۩۞۩~ Satria ~۩۞۩

    SETUJU !

    QS49:6 “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”

  • Guest

    Setiap kebohongan dan kepalsuan pasti akan terbongkar juga walaupun ditutup2i,,

    Barnabas ada 1 dari 12 orang murid yesus ( Isa almasih), dia adalah murid yang paling dekat dengan Yesus,

    sedangkan Paulus adalah orang yang dikenal sering menganiaya dan membunuh murid2 Isa Almasih, kemudian di akhirnya menjadi murid yesus (isa almasih) dan dari pauluslah pertama kalinya Yesus diangkat/ dianggap Sebagai Tuhan, padahal sebenarnya yesus atau nabi musa hanya mengaku bahwa dirinya hanya seorang utusan Allah SWT,,

    Semoga kebenaran akan segera datang,, dan kebohongan akan terungkap,,,

    • Soegeng Ku

      ya inilah sebuah awal dari kebenaran mas brow?? anda nggak membaca berita ini secara lengkap yah…anda siap jadi mualaf???enak loh dosa2mu yg dulu bakal di hapus…

  • http://www.facebook.com/p.andhywijaya Andhy Wijaya

    lebih baik kita bersikap damai dan berpikir positip dalam memecahkan maslah. semua agama itu baik adanya, praktekkan iman dalam kehidupan sehari-hari tidak usah mencela agama lain,

    • http://twitter.com/setiaone_47 * – *Endang Setiawan

      orang yg benar benar meyakini agamanya tidak akan bilang semua agama itu baik.

  • http://www.facebook.com/rakareyhandika Raka Rehandika

    Yow semoga cepet cepet jadi mualaf , suapaya pendeta pendeta dan penghutjat Islam di indonesia Cengar cengir ciahahahhaha

  • ikhwan

    mhhh…apapun yg terjadi,,, sudah dijelaskan 14 abad yang lalu, oleh nabi yang mulia…

    semoga, jangan membuat orang2 berbondong2 masuk islam ( klo islamnya ktp doang. ingat kan,,, bahwa pada suatu saat ummatku bagaikan buih dilautan. banyak,,,, namun tidak secara kualitas). krn klo kesampaian. ya tinggal tunggulah nubuwah nabi kita tercinta terjadi…

  • dudung bajry

    Tidak lah heran sebagai pimpinan negara juga pemimpim suatu ummat khatolik kebenaran hanya milik Allah,.. di mana kitab suci yang ada di dunia ini adalah alquranulkarim yang Allah swt turunkan melalui jibril kepada Muhamada SAW, pertama di akui bahwasanya ciri-ciri kenabian sudah diakui dan tercatat dalam kitab kitab sebelum nya..

  • http://www.facebook.com/mbew.jeevee Ophew WSetiawan

    Vatikan, beberapa tahun belakangan ini terkesan menjadi sebuah Istana yg penuh Misteri.. atas nama pribadi gw yg beragama Muslim, smoga saja Di Istana Vatikan yg megah ga ada lagi kontroversi di dalam’y dalam mengungkap sejarah Kristen itu sendiri,. berikanlah kebenaran yg sebenar-benarnya agar umat Kristen di seluruh Dunia mendapatkan jalan yg terang dan di Ridhoi Allah SWT,. Amin Yarobbal Alamin

    • meslex

      Aamiin Yaa Robbal Alamin

  • http://www.facebook.com/zam.sulaiman Zam Katik Sulaiman

    kenapha barusan 25/02/2013 sekitar jam 12.40 an ada berita di Metro TV kalo si Paus dikabarkan sedang memimpin Misa terakhir untuk jemaat nya, (kalo ia memang sudah Islam kok masih menjalankan Ritual?) hati-hati dengan kabar Hoax yang bisa memicu konflik sara, lebih baik mengurusin Ummat dan ketaqwaan kita masing-masing, bukankah Allah sudah mengingkatkan kita dalam QS: Al-Kafirun

  • ren

    hahhahahhahah…jelas HOAX ga ada sumber berita terpercaya nya…
    klo di alquran jelas siapa nanti yang muncul dihari penghakiman….

  • http://www.facebook.com/defrianta.kemit Defrianta Kemit

    INO IDIOOTTTT

  • http://www.facebook.com/defrianta.kemit Defrianta Kemit

    GAK BISA DIBAKAR AJA WEB SIALAN INI…
    PLISSS

  • http://www.facebook.com/aafadloli Agus Ahmad Fadloli

    berita mengada-ada.

    • Adi Rahadi

      coba loe kross-cek dgn artikel lain di google

  • http://www.facebook.com/asepajatsudrajat Asep Ajat Sudrajat

    “Bila suatu kaum tidak lagi beriman (murtad) kepada Allah, maka Allah akan menggantikannya dengan sekelompok kaum mukmin yang lebih baik & berkualitas” Insha Alloh. Alloh tidak pernah ingkar janji… Barokalloh….

  • amelia

    kita lihat saja perkembangannya

  • Abi Shawqy

    Tidak ada masalah apakah Paus masuk Islam atau tidak.. yg jadi masalah apakah diri kita sudah “Islam” ??? Lisan kita Islam, Aktivitas kita Islam? brp kali sehari baca alqur’an atau mentadabburinya, brp kali sholat berjamaah, sudahkah berzakat, sudahkah perduli thd orang lain.. so buat apa berdebat ttg orang lain.. berkacalah pada dirimu…

    • Soegeng Ku

      bukan begitu maksudnya mas brow, kalau memang ini sebuah kebenaran dan fakta kenapa tidak di siarkan, ini sebuah kabar baik buat umat muslim, jangan jadi umat muslim seperti katak dalam tempurung bisa dijajah terus kitalah!!

    • ajie

      betul sekali itu mas bro mari kita kuatkan iman kita karna kita tidak punya bapak disorga

  • http://www.facebook.com/rheza.ozzielpodolsky Rheza Ozzielpodolsky

    alesan aja tu…bilang aja kalau gak kuat liat liatin biara wati di patikan…….

  • disqus_Ay3lVpO0sT

    Haahaha….berita yg akan menyesatkan banyak orang…. silahkan ikuti terus kehidupan Paus di Vatikan … jangan sepotong2….perhatikan betul ucapan2 Beliau dng cermat…. supaya tidak menyesal sudah berharap…ternyata…?… akun resminya Gereja Katholik akan membantu menjawab kesulitan 2 pembaca….

  • http://www.facebook.com/vina.adzania Vina Adzania

    subhanallah…

  • http://twitter.com/priyo73 eko priyono

    jangan menjadikan islam ngak percaya diri menghadapi perkembangan jaman…dengan berita ini ak malu melihat agamaku jadi kerdil…..

    • Soegeng Ku

      bukan begitu maksudnya mas brow, kalau memang ini sebuah kebenaran dan fakta kenapa tidak di siarkan, ini sebuah kabar baik buat umat muslim, jangan jadi umat muslim seperti katak dalam tempurung bisa dijajah terus kitalah!

    • Eowyn

      Mas, Agama yang mengikuti zaman atau zaman yang tetap ikut aturan agama? kalo merasa kerdil karena zaman mengikuti aturan agama lalu apakah anda merasa hebat jika agama mengikuti zaman>

  • http://www.facebook.com/bima.sena.7169 Bima Sena

    ni berita HOAX

    • Soegeng Ku

      lagi mabok yaaa, minum tolak angin dulu sanah!

  • http://www.facebook.com/edho.fernando.90 Edho Fernando

    aishh lagi2 propaganda, gmn indonesia msh pintar ?

  • http://www.facebook.com/octavianus.indra Octavianus Del Vian Indra

    kalo seumpama aq bilang d forum kalo ternyata klo nabi Isa dan nabi Muhammad adalah orang yang sama, trus saya sebarkan dan saya ceritakan ke taman teman twetter saya, karena saya habis berkunjung ke Vatikan… qra kira bisa langsung kalian percaya g kata kata saya????
    saya g nyebutin sumbernya dari sapa, dan memang sengaja g saya jelasin, tapi saya hanya bilang kalo saya sudah meneliti mencari informasi dari seseorang pentolan Vatikan yang bisa di suap untuk bongkar rahasia.. trus saya buat blog sendiri nulis artikel kayak gitu, apa kalian juga langsung percaya????
    hanya pikiran yang waras n g fanatik ma agamanya aza yang mungkin bisa jernih memahaminya…
    salam perdamaian untuk seluruh umat manusia…

    • http://www.facebook.com/Zhadhi Zhadie F. Imran

      Nabi Muhammad SAW dan Nabi Isa AS (Yesus bagi umat Kristiani) adalah orang yang sama? Ngaco aja..

      Nabi Isa AS adalah Rasul sebelum Nabi Muhammad SAW. Dan Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Terakhir.

      Semoga mendapat Hidayah.

      • SiHura

        Zhadie F. Imran kurang menyimak maksud komentnya Octavianus Del Vian Indra jadinya komentMu tidak nyambung,,,boleh di baca lagi dan di simak.

    • habib

      Biarkan aja orang berkata apapun
      kita hanya bisa beramal dan saling damai
      kita lihat aja kiamat nanti sapa yang benar2 agama yang terpercaya
      jangan menyesal telah memilih yang salah

  • http://www.facebook.com/octavianus.indra Octavianus Del Vian Indra

    setau saya sewaktu zaman Yesus (Isa Almasih) belum ada istilah Kristen bahkan sampi beberapa tahun setelah Yesus wafat, belum ada yang namanya Kristen.. apalagi sampai ada kata kata Yesus adalah Tuhannya orang Kristen…

  • http://twitter.com/Rudimenulis Rudimenulis

    jika hal ini benar, bs saja Islam dimasa mendatang jd berjaya di Eropa namun sebaliknya di Asia termasuk Indonesia semakin menurun (lihat saja korupsi yg terus merajarela). Wallahu alam ….

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100001587000408 Mochammad E Bayu Samodera

    media ini banyak mengangkat artikel HOAX

  • http://www.facebook.com/al.azhar55 Dzul Faqqar

    ان الــــــدين عنــــــــد اللـــــه الاســـــــلام…….

  • none

    menurut saya, lebih baik jangan mengurusin urusan orang lain :)

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      kalau aqidahnya melenceng sangat perlu untuk di urusin……………!!!

  • http://www.facebook.com/mister.rius Octafred Yosi

    Injil Barnabas itu adalah kitab paling bodoh yg pernah ada. Bagaimana bisa dalam Injil Barnabas dikatakan Yesus berangkat ke Kapernaum menggunakan kapal? Kapernaum itu adalah kota yg terletak di dataran tinggi, sampai skrg pun tidak ada kapal yg menuju ke sana!

  • arul

    Alhamdulilah… di hari pengunduran diri Paus IX … 1 org tmn saya non muslim mengucapkan dua kalimat sahadat. dgn alasan yg cukup jls… Yesus itu utusan Allah dan Yesus tidak pernah menyebutkan dirinya Tuhan.

  • http://www.facebook.com/rifki.hamid Rifki Hamid

    Jangan nodai kesucian agama islam dengan post ini …
    POST an ASLINYA KELUARIN MIN

  • http://www.facebook.com/jihan.kamila.14 Jihan Kamila

    masih belum terlalu yakin…org luar sangat pintar untuk memutarbalikan fakta…yang pasti klu menjadi muslim itu rahmatan lilalamin dari ALLAH SWT…..sdh mendpt hidayah …..

    • dadoet

      katanya….

  • Manis Rita

    Zulkifli Syukri, mana ada Injil Lama………. Kristen tidak kenal Injil Lama, yang ada Perjanjian Lama yaitu saat sebelum Yesus Kristus atau Nabi Isa dan Perjanjian Baru zaman dan setelah Yesus Kristus……….. Di Alkitab tidak ada tertulis akan datang ”
    Nabi Muhammad setelah nabi Isa”, kalau kau punya Alkitab coba deh baca, jangan NGACO bicara….

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      kalau ente baca injil yang asli pasti ada bahwa nabi terakhir yaitu Muhamad saw itu benar ada nya !

    • fery junaidi wijaya

      didalam injil tidak pernah ada suatu pernyataan bahwa yesus itu Tuhan.Yesus diangkat menjadi Tuhan oleh Kaisar Romawi Konstantine sejak abad 325M.berrti sebelum 325M yesus adalah manusia.MANUSIA DIANGKAT SEBAGAI TUHAN OLEH MANUSIA..

    • Iqbal wungkul

      ya karena injil mu injil palsuuuu

  • Manis Rita

    Injil itu bagian dari Perjanjian Baru, Injil itu terdiri dari 4 Kitab yaitu Kitab Matius, Kitab Markus, Kitab Lukas dan Kitab Yohannes……. Mending baca sendiri deh Alkitab, bisa beli di toko buku Kristen, kalau tidak mau beli disana bisa juga beli di toko buku Gunung Agung, setelah baca baru deh bisa bicara menggenai Kristen Eko Blaugrana,
    Aswibuns Daffa’ Wibowo…..

    • fery junaidi wijaya

      didalam injil tidak pernah ada suatu pernyataan bahwa yesus itu
      Tuhan.Yesus diangkat menjadi Tuhan oleh Kaisar Romawi Konstantine sejak
      abad 325M.berrti sebelum 325M yesus adalah manusia.MANUSIA DIANGKAT
      SEBAGAI TUHAN OLEH MANUSIA..dia hanyalah utusan bukan Tuhan

      • Iqbal wungkul

        iya ya kok aneh tuhan diangkat menjadi tuhan oleh manusia,trus disembah

  • http://www.facebook.com/asep.ilman Asep Ilman

    hahaha, bener, baru kepikiran ane, :)

  • bintoro

    ini kenapa pada panas begini yaa..?? coba deh di pikir jenih.. emng ada agama yg salah,yg mengajarkan kita untuk berbuat dosa ?? perasaan semua agama mengajarkan kita bagaimana cara kita agar kita bisa masuk surga… jd siapa yg salah ?? pastinya kita sebagai manusia yg tidak pernah bisa benar.. membelokkan apa yg di ajarkan,..meninggalkan kewajiban yg sudah di perintahkan,,. jd please dehh jgn pada sok pinter dan suci !! manusia itu tempatnya bodoh dan salah…

  • Avarice

    apapun keyataanya yg penting kita selalu menjadi orang yg baik.
    sesungguhnya orang yg paling busuk bukanlah orang yg beragama A, B atau C, atau bahkan tidak beragama. sesungguhnya orang yg busuk adalah orang yg berhati busuk dan menebar kebencian.

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      Hakekatnya orang yang tidak memeluk dan mendalami islam kan menjadi busuk…!!!

      • http://www.facebook.com/last.iko.wibowo Jamaludin Lastiko Wibowo

        benar kawan, tapi mohon banget,
        boleh gak tidak menggunakan kata-kata yg sangat tidak enak dibaca?
        muslim itu baiknya menyeru dengan lantang namun tetap sangat sopan.
        gak enakan kalo mereka beripikir Islam itu kasar, kan Islam itu lembut, sopan, dan sangat menghargai perbedaan.

        ^_^ maaf ya kalau ada perkataan yg menyinggung atau menggurui
        hanya memberi saran

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      hati2……JIL.!

    • http://www.facebook.com/last.iko.wibowo Jamaludin Lastiko Wibowo

      tapi, sayangnya nanti tidak akan seperti itu.
      mungkin banyak yg berharap dan berpikiran sama seperti anda, hidup di dunia menjadi orang baik, selalu baik, tapi kita harus menyadari bahwa pilihan itu cuma ada 2, YA atau TIDAK, BAIK atau BURUK, MAU atau TIDAK MAU, tidak ada pilihan “posisi tengah” atau “abu-abu”, *ketidakjelasan*, yg penting hidup baik, dan membiarkan sugesti bahwa agama itu cenderung kurang mendapat perhatian, tapi pada akhirnya agama itu sendiri yang akan menjadi penentu akhir dari jalan kehidupan seseorang. SURGA atau NERAKA. tidak ada tempat diantara kedua tempat itu akhirnya nanti.

      tentang informasi ini. biarkan kebenaran yg akan terungkap dengan sebenar-benarnya. dan adapun diantara pendapat yg salah, harus mampu “legowo”, karena itu adalah perintah Tuhan.

      ^_^ maaf apabila perkataan saya ada yg menyinggung

      • Avarice

        Saya pernah dengar orang yg sejak lahir dan mati tidak pernah mendengar ttg islam tapi selama hidupnya sangat baik hati. maka di akhirat kelak ada ujian lagi baginya untuk masuk surga.

        Jaman dahulu banyak sekali manusia yg tidak pernah mendengar ttg islam sejak lahir hingga mati. jadi ga fair jika dia akan masuk neraka hanya karena tidak memeluk Islam. Allah itu maha adil dan bijaksana

        • Ar Rahman

          itu namanya agama akal bro namanya.saya beri contoh ya ibaratnya saya kasihan sama orang miskin yg anaknya lagi sakit dan membutuhkan bantuan dan saya tidak punya dana utk bantu lalu saya mencuri agar dapat uang utk membantunya,setelah itu hasil curian saya saya berikan semua pada si miskin.pertanyaanya menurut simiskin saya ini orng baik atau bukan dan utk orang yg saya curi saya orang baik atau bukan.

        • gondes

          arang yang berbuat kebaikan dan menjalankan ajaran agamanya sebelum adanya agama islam semuanya insya allah masuk surga, yg jadi masalah orang2 yang tidak memeluk agama islam stelah turunnya agam islam maka neraka itu ganjarannya.

      • Ar Rahman

        maaf nimbrung.sekarang sebaiknya jalani kebenaran menurut agama masing2 dan di buktikan nya siapa yg paling benar nanti saja setelah mati sepakat………….

    • Soegeng Ku

      Baik saja tentu tidak cukup, baik harus di landasi dengan iman, takqwa,dan syariat agama, karena semua adalah nikmat yg di berikan Allah SWT..

    • Ar Rahman

      kebaikan itu subyektif baik menurut saya belum tentu baik menurut kamu

  • http://www.facebook.com/last.iko.wibowo Jamaludin Lastiko Wibowo

    saya tidak tahu yg sebenarnya, hanya yg saya tahu waktu saya masih SD (15 s/d 17 tahun lalu), berita ini sempat muncul tentang INJIL ASLI, *bukan INJIL LAMA, karena “LAMA” cuma mengartikan waktu ,bukan sifat INJIL itu sendiri*. INJIL ASLI itu sendiri berada di vatikan (tentang alur mengapa sampai ada di vatikan saya kurang jelas sebabnya), dan ditempatkan di suatu tempat yg sangat rahasia dan hanya hitungan jari saja org-org di vatikan yg mengetahui hal ini, dan sangat dikhawatirkan bila hal itu terbongkar, akan terjadi kerusuhan yg berdampak global. akan terjadi ketidakpercayaan terhadap para penganut agama kristen, oleh sebab itu INJIL ASLI tersebut dijaga kerahasiaannya sampai saat ini, saya tdk tahu betul apakah INJIL ASLI tsb sudah terbongkar atau belum sampai saat ini. yg jelas, informasi tentang INJIL ASLI yg akan muncul ini sudah saya terima jauh sebelum berita ini dimuat. tentang sumber informasi, saya terima dari beberapa guru mengaji saya dahulu di majelis ta’lim daerah rumah saya di daerah kelapa dua cimanggis, depok. dan kalau boleh jujur, yg pernah mengaji dan di informasikan tentang ini, seharusnya tidak perlu “kaget”, kecuali saat dijelaskan tentang INJIL ASLI ini mereka tidak meresapi/tidak memperhatikan.

    inti permasalahan ini,
    dari 1 garis keturunan, ada pihak yg sering
    mendapat perhatian Tuhan, dan ada yg tidak sering. saat yg tidak sering
    mendapat perhatian Tuhan itu justru dinobatkan menjadi pemimpin utama
    dari kesemuanya, pihak yg sering mendapat perhatian Tuhan tidak terima dan melakukan segala upaya agar hal itu tidak terjadi.
    #sifat iri, dengki

    ^_^ sekedar berbagi pengalaman
    mohon maaf bila ada perkataan yg menyinggung

  • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

    Islamlah yang sa at ini yang di redhoi Allahuta ala!

    • dadoet

      KATA SIAPA TUH BROOO…KALAU TUHAN PUNYA AGAMA GA YA

      • Iqbal wungkul

        dadoet pertanyaan mu, tidak bermutu

        • Hendy Morrison

          kan agama dari Dia masa msh di tanya lg?,,,,,,,,berfikir nya yg relevan Bosss

  • http://www.facebook.com/adam.bydjuri Adam ByDjuri

    wow.. saya kaget melihat bgitu banyak komentar yang saling menjatuhkan satu sama lain..
    sebagai seorang muslim pastinya mereka mengakui dialah yang paling benar begitu pula dari kristen, ya itulah pandangan subjektif kita, sebgai seorang muslim mestinya sadar, adanya ISLAM itu sebgai Rahmatan lil a’alamin, dalam Al-Qur’an telah di tegaskan “walaqod karromna bani aadama, wa’atshimu bihablilaahi wa la tafarroqu..” salah satu ayat telah menekankan bahwasannya telah di muliakannnya keturunan anak adam, janganlah terlalu men”judge” seseorang dia akan mask surga apa neraka, dalam Al-Qur’an memang telah di katakan bahwa agama islam adalah agama yang di ridhoi oleh Allah.
    lebih baik kita introspeksi dulu diri kita masing-masing guna saling memahami satu sama lain, toh apa salahnya kita hidup berdampingan dengan non muslim, setau saya tujuan dari setiap agama itu pasti menuju pada kebaikan, toh siapa yang ga mau hidup dalam ketentraman serta kedamaian, disamping itu pula “Freedom Is Not Free” perlu dipahami agar adanya rasa tenggang rasa antarsesama, yang saya harapakan berita ini benar apa salah Wallahu a’lamu bi showab, saling mengerti satu sama lain, perbedaan itu merupakan suatu hal yang wajar, perlu kita pahami serta maknai akan hal itu.

    mohon maaf bila ada kata-kata yang salah…

    • http://www.facebook.com/last.iko.wibowo Jamaludin Lastiko Wibowo

      tidak menjatuhkan kawan, hanya ukuran pengetahuan dan kenginan mengungkapkan yang begitu tinggi, sehingga menimbulkan kekurang pahaman..

      ^_^ mohon maaf kalau ada perkataan yg menyinggung

    • http://www.facebook.com/sriadi Soegeng Ku

      introspeksi diri itu bagus, tapi sudah sejauh mana ke dalaman dan kualitas agama anda? apa anda yakin bisa mengintrospeksi diri tanpa bimbingan orang yg lebih paham agama? salah2 anda malah jadi musrik, maka untuk itulah Nabi Muhammad SAW diutus oleh ALLAH SWT untuk mengajarkan ummatnya ke jalan yg lurus….

      Untuk kasus seperti ini bila memang benar adanya berarti Paus telah menutupi kebenaran dan telah berbohong kepada agamanya..

      Jadi agama sebenarnya bukan untuk dibanding2kan, ISLAM adalah AGAMA penyempurna dan SEMPURNA..kurang apalgi..???

      • 茶赫姆

        stuju broo adambyduri itu islam songong

      • jhont

        di hindu juga bilang bos..
        bahwa merekalah yg disempurnakan…..
        yg lainnya ajaran sesat/ nabi-nabi palsu

    • jhont

      iya gan…
      seharusnya ya saling menghargai….
      setiap agama masing” bilang bahwa agama merekalah yg di ridhoi tuhannya gan…

  • http://www.facebook.com/miftahra Miftah Ridho Anshari

    Mohon ijin bertanya. Padahal Paus adalah seorang pemimpin, dan dia punya kuasa untuk mengajak umatnya ke jalan yang benar. Kenapa tidak dilakukan, mereka takut dengan siapa? Pemerintah kh?

    • http://www.facebook.com/DadangASantoso Dadang Ardianto Santoso

      saya juga berpikir seperti itu. kenapa dia tidak menyampaikan juga ke umatnya. :(

    • Supr Yady

      sama aja seperti di indonesia ….

      banyak kuburan yang di keramatkan.
      kalau jadi pemimpin yang tau kesyirikan banyak.
      tapi yang mampu mencegah nya (padahal punya kekuasaan) belum ada….

      jadi pertimbanganya hanya dia yang tau kayaknya..

    • desirahmawatirahmawati

      Aneh juga ya… pemimpin umat katholik koq takut mengumumkan ke Islamannya… mungkin dia takut dibunuh oleh penganut2 katholik sesat yang lain…makanya lebih baik diam atw mengundurkan diri jd Paus…menurutku bagus juga daripada mengingkari kebenaran dan nurani…

  • Rahmi Leigh

    hahahahahaha… Ahmad Deedat….hwhwhwhwhwhwhw….tokoh yang matinya MENGANGA….hahahahahah

    • Iqbal wungkul

      berkat jasa ahmad deedat ribuan orang kristen masuk islam.ahmad deedat berdebat di 40 negara dg para pendeta,dan selalu menang,

      • Rahmi Leigh

        Kalo matinya saja mengenaskan demikian….hanya bisa “plonga-plongo” (jw) apa bisa dikatakan dia diberi BERKAT…..kasihan si Deedat…..

  • smile

    Allohu akbar

  • al’fath

    Tuhan itu satu, kita yang berbeda2

  • jack

    ini seh tulisan tipu alias ngarang,,,

    • Novra

      gak sembarangan posting seenaknya bisa dhukum juga posting smbrngan tanpa sumber yang jelas . . bodoh lhoo

  • jack

    biasa la orang islam sendiri gk bisa membuktikan asal usul muhamad,,,,buktinya nabi yg akan datang kedua kali kedua dunia ini adalah Isa almasih kenapa bukan nabi muhammad….itu pertanyaan besar terhadap org islam,,,,maka banyak org islam yg mau memeluk kristen,,,, kejanggalan2 ajaran islam,,,yaitu poligami,, Naik Haji, menghalalkan kekerasan,,, so lebih oke pelajari islam secara betul betul ada sesuatu jalan yg salah didalam islam….

    • Faiz

      Nabi Isa akan datang kedua kali karena akan membuktikan orang2 Kristen kalau dia adalah Hamba Allah dan tidak patut untuk disembah

      • Faiz

        Pertanyaan yg tidak rumit…

    • desirahmawatirahmawati

      Nabi Isa di sebut dalam Al Qur’an untuk menunjukkan ke Esa-an Allah, tidak ada tuhan anak dan tuhan bapak. Kristen sudah jauh menyimpang dan sesat… Nabi Isa disebutkan di Al Qur’an bhw Allah mengangkatnya untuk di turunkan kembali saat mendekati kiamat menunjukkan agama tauhid yaitu meng Esa kan Allah… cuma Allah yg patut disembah, Isa Alaihi salam hanya seorang nabi bukan Allah, Tuhan Yang ESA.

      • jhont

        tak ada tuhan yg mengizinkan manusianya doyan ngewek…
        menghalal mencabut nyawa manusia / membunuh dengan alasan jihad…
        coba pikir” lagi….
        yg sesat itu mana……..
        mana yg lebih duluan kristen atau islam…???

        • roy

          Tuhan koq Dipantek kgk pake baju pula ,yg ky gitu lo sembahh Jhont ,otak lo kagak ada ..

        • Yuni Fitriani

          jhont : coba dulu pelajari, ada ilmunya, jangan hanya menjudge dan berargumen dengan bahasa yang bodoh

        • sam

          Dalam Islam poligami (istri lebih dari satu) suatu kebolehan untuk memperbanyak keturunan agar bisa ngalahkan kristen yg musyrik dan banyak tuhannya itu, yang paling tolol benda mati disembah-sembah padahal coba kampaqk gak akaqn ada apa-apa, tolong pelajari sejarah tuhan kamu jon budeg.

        • ALi NoaRe Kodto

          oi memang kristen duluan coba aja kw ingat kejadian d jkt dulu katanya pendeta tak kawin2 ternyata biarawati pada hamil semua yg bodoh nya lg masa iya orok bayi nya di kubur di sekeliling gereja memang sesat yg menemukan anjing lh cari malu aj tu panutan kalian.ciiis

    • daffah

      Lakumdiinukum Waliyaddiiin .. Untukmu Agamamu Untuk Ku agamaku.

    • zubenk rudy

      saya rasa yang perlu dikoreksi kembali adlah agama kristen/katolik, kenapa bisa ada tuhan bapak, ibu, dan anak atau keluarga tuhan. kalau tuhan itu punya keluarga berarti tuhan itu sama dengan mahluk yang lain juga, punya bini dan punya anak juga. jangan2 ada tuhan botak dan tuhan gondrong juga. hehehehhe

      • sugeng

        yg pake cawat juga ada koq.

      • ruchiyat

        kalo di Cina matanya sipit, di Afrika kulitnya hitam, di Jawa pake bendo ha ha ha

    • jho

      jack bapak lho paus sj mundur dari kristen/katolik…. karena kebodohan yg terlalu lama & itu jg disebbkan raja ngeyelnya orang2 kristen/katolik sebelumnya…. termasuk lho….. jack lihatlah badan lho sdh bauk babi/atau anjing, binatang yg palingjorok diembat jg….. ha…..ahaaaa……!!!

    • Ar Rahman

      jack coba donk baca injil mu kamu akan tau kebenaran sejati

      • Iqbal wungkul

        jack, biar lebih jelas coba kamu diskusi atau tanya kepada ustadz yahya waloni yg mantan pendeta,dan bisa bahasa ibrani,yg bergelar doktor teologi,dan sudah memeluk islam.

        • jhont

          bos..
          mantan pendeta pindah ke islam itu karna dia doyan ngewek bos…
          coba tanya lagi sama beliau…

          • Yuni Fitriani

            Jhont : bahasamu itu lho, malu2in umat kristen aja

          • rifky

            jhont: orang yang tidak beretika mungkin anda sudah frustasi dengan pembenaran agama anda sendiri memalukan

          • Adi Rahadi

            lo nuduh beliau pindah ke islam karena doyan ngewe? ckckck.
            bos, klo argumen dipikir dulu. tau ngga kalo pendeta gak boleh ngewe?

            kalo emang bener doyan ngewe seperti yg lo tuduhkan, kenapa ga dari dulu saat dia masih muda, kenapa beliau mau jadi pendeta kalo beliau doyan ngewe?

            Share dikit, jadi pendeta itu ga maen2 loh, sekolah pastor sekitar 10 tahun terlebih dahulu. Dari sini saja argumen lo udah “no-sense”. Kalo emang bener seperti yg lo tuduhkan, gimana mungkin bisa nahan?
            Bisa jawab?

            Belum lagi beliau lanjut study hingga doktor yg memakan waktu lama,
            jadi bagamana mungkin berliau bisa tahan klo beliau itu seperti yg lo
            tuduhkan. Argumen loe makin “no-sense”.

            Ur argumen are invalid. Klo loe punya agama seharusnya loe tau. Ditambah lagi, komen lo bermuatan profokatif dan menebar fitnah.

            Jhont, biar lebih jelas coba kamu diskusi atau tanya kepada beliau, dan siapa tau lo mendapat hidayah dan terangkat dr ke’Atheis’an lo.
            Wa’alaikum.

          • http://www.gforcegt.blogspot.com/ Helmi Arifian

            jhont dasar provokator tdk berani berargumentasi dgn jelas bisanya nyeletuk dgn kalimat yg tak jelas tnpa arah dn tujuan.

    • sugeng

      ini orang, pasti umat kristen yg prustrasi akan kebenaran agamanya.

    • tina

      Nabi Muhammad SAW kan udah wafat.. sedangkan Nabi Isa A.S kn belum.. cobadeh baca buku Ahmad Deedat.. n kumpulkan semua injil dari berbagai versi.. pasti akan ada banyak perbedaan

    • Yuni Fitriani

      wah anda ini, berbicara tidak pake ilmu, ane aja sampai malu bacanya.

    • Syarief Hidayatullah

      Hay Jack,, ALLAH sengaja mengirim nabi isya ke langit dan menurunkan nya nanti ke bumi pas hari kiamat untuk MEMBUKTIKAN bahwa yg kalian sembah itu adalah NABI ALLAH,, kalian kan mengira dia itu TUHAN.. coba searching deh di google kisah nabi isya kali aja bisa ngasih kamu hidayah. dan 1 lg orang islam yg masuk kristen itu kebanyakan karna faktor EKONOMI jd mereka menjual agama nya demi dunia yg FANA ini.
      islam membolehkan poligami, tp kan ada beberapa syarat nya dan utk menjauhkan dari zina. sedangkan kamu gak boleh poligami yaa memang nikah cuma sekali tp yg ada malah JAJAN diluar kan.
      islam itu cinta damai tetapi tetap memerangi terhadap kemunkaran.

    • ALi NoaRe Kodto

      lebih tolol orang kristen manusia yg beol,kentut,butuh mkn dll masa’ di anggap tuhan….pikir2….tak ada nabi isa ngaku2 dirinya tuhan krna tolol nya orang kristen di anggap tuhan atau anak tuhan memang nya tuhan sama seperti kalian,dia turun di akhir zaman krn nabi isa sndri kalian anggap tuhan maka nya dia di utus tuhan untuk turun lg n memperjelas kpd orang kristen trus di basmi kalian semua.sejak kpn orang islam bnyk memeluk kristen mimpi lo mlh sebaliknya di belahan dunia ne yg pling bnyk orang kristen memeluk islam.orang kristen masuk islam gara2 mngetahui kebenaran yg sesungguhnya,klo islam masuk kristen gara2 krn ngk tahan miskin.pgen nya dunia fana ne aj…ayooo malu kw kn……

    • hannah

      Bismilaah…
      Dengan nama Allah, Islam agamaku, Al-Qur’an kitabku, Rasulullah Muhammad nabiku. Asal usul Nabi Muhammad jelas dalam sirahnya, silahkan dibaca.
      Dengan kejanggalan2 ajaran nasrani, byk pula orang2 memeluk Islam.

  • ali

    hahahah, web ini udah lama menebarkan provokasi

    Jangan jangan terlalu percaya, cari info lain yang lebih akurat

  • jack

    ini mukin website nya FPI ya,,,

  • Heru Oktafian, ST

    Semoga Tuhan segera menyingkap segala tabir yang menutupi kebenaran dengan cahaya kedamaian.
    Kalau mungkin berita ini dusta, semoga segera terbukti kedustaannya,
    tapi jika memang benar semoga tidak ada perpecahan antar umat beragama.
    Kita semua penghuni bisa kok hidup berdampingan dengan damai dan indah.

    • Andreami Djabu

      Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa memberikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen?

      Pertanyaan seperti itu tampak sepele atau main-main, padahal kami benar-benar serius bila ada diantara umat Kristiani atau dari agama manapun yang bisa memberikan bukti berupa ayat-ayatnya yang tertulis dalam Alkitab tentang pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen.

      Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Apakah ada tertulis pada alkitab yang bisa menunjukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat mengenai pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen.

      Banyak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia.
      Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini :

      “Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.’
      (Kis 11:23-26)

      Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu “Kristen’ bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus.

      Seumur hidupnya Yesus tidak pernah tahu kalau agama yang dibawanya dinamai Kristen, sebab nama “Kristen’ itu baru muncul jauh setelah Yesus mati. Timbul pertanyaan; kalau begitu kapan Yesus mati dan kapan agama yang dibawanva dinama Kfisten? Menurut data yang kami baca dalam beberapa buku yang ditulis oleh kalangan Kristen sendiri, diantara-nya dalam buku “Religions on File” Yesus lahir sekitar tahun 4 SM (Sebelum Masehi) dan wafat sekitar tahun 29 M (Masehi). Sementara Paulus dan Barnabas memberi nama “Kristen” terhadap agama yang mereka bentuk, yaitu sekitar tahun 42 M. Ini berarti sekitar 13 tahun (42-29=13) setelah Yesus mati, baru muncul agama Kristen bentukan Barnabas dan Paulus.

      Didalam kitab suci agama Islam yaitu Al Quran, tidak dijumpai satu pun kata “Kristen”, yang ada kata “Nashara” karena Yesus berasal dari kota Nazareth. Dan pengikut ajaran Yesus disebut “Nashrani” bukan Kristen. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, kata “Kristen’ hanya disebutkan paling banyak 6 (enam) kali, yaitu pada Kis 11:26, Kis 26:28, Rm 16:7, 1 Kor 9:5, 2 Kor 12:2 dan 1 Ptr 4:16)

  • Guest

    yaa emang perlu d pertanyakan itu agama kristen/khatolik .. kitab suci nya aja gak
    tau dah revisi berapa !! yang bikin aturan dalam agama itu Tuhan atau
    manusia sih ??

  • Guest

    yang perlu d pertanyakan itu agama kristen .. kitab suci nya aja gak
    tau dah revisi berapa !! yang bikin aturan dalam agama itu Tuhan atau
    manusia sih ??

  • Saya

    yaa , emang perlu tuh d pertanyakan agama kristen / khatolik sebagai sbuah agama .. kitab suci nya aja gak tau dah revisi berapa !! yang bikin aturan dalam agama itu Tuhan atau
    manusia sih ??

    • jhont

      lo tau gak Klo alquran direvisi berapa kali…
      siapa penulisnya pertama kali…

      • rifky

        jonh : provokator !

      • Dari Hati

        Bukan revisi broo..tw gag beda revisi dgn memperbanyak?

        Cobalah Anda renungkan perbedaannya. Semoga Anda faham.

    • xander

      kamu sok tau .. tau drmn lo kitab suci kristen/katolik direvisi ? jlani aj agama masing2, trgantung individu msing2, agama tidak pernah mengajarkan hal yang buruk .. CAMKAN. klo g tau mending diem aja … pendek bgt pikran nya.. ckckk.

      • ntah

        kok tuhan(yesus) bisa meninggal ya

      • Andreami Djabu

        SIAPAKAH PAULUS ?

        1. Paulus adalah musuh Yesus yang telah menyiksa para murid Yesus :
        (Kisah para Rasul 8:1-29, 26:8-11, Matius 13:24:30, Matius 24:28, Matius 13:36-43)

        2. Paulus mengaku telah bertaubat :
        (Kisah Para rasul 9:12-29, 22:6-20, 26:12 dan Roma 11:13).

        3. Berbohong atas nama Allah :
        (I Kortinus 2:1-2)

        4. Sumber ajaran Paulus adalah kesombongan diri :
        (II Kortinus 11:16-17 & I Kortinus 9:15)

        5. Peringatan Yesus tentang Agama Lain bikinan Paulus :
        (Matius 15:8-9 dan Lukas 13:24-30)

  • zubenk rudy

    didalam ajaran islam, yg berhak memutuskan orang berdosa atau tidak itu hanya Allah tuhan semesta alam, bukan manusia, nabi, pemimpin agam, atau malaikat sekalipun.itulah ajaran yg sesugguhnya. kalau dalam ajaran agama yang lain sekelas pemimpin agama itu seperti apa dasarnya kok bisa memberi pengampunan dosa kepada orang lain?

  • zubenk rudy

    kitab ajaran agama yang sesungguhnya itu adalah kitab yang selalu konsisten isinya dan tidak pernah dirubah seperti kitab suci agama islam. kalau kitab agama selalu direvisi kayaknya tuhan itu tidak mampu membuat kitab yang sempurna, dan buatan kitabnya yang sebelumnya itu salah. nah, pertanyaannya sekarang apakah tuhan yang yang pernah salah itu akn diimani dan disembah? tuhan kok punya salah kayak manusia saja punya salah, apa bedanya tuhan sama manusia kalau pernah melakukan salah. jangan2 tuhan buatan yaa.

  • kasih

    Memang sudah pernah lihat injil asli dan palsu???? inilah kalau pernyataan muncul dari asumsi bukan dari fakta….adakah kristen/katolik bertahan sampai ribuan tahun bila “kebenaran” itu memang ada? tidak mungkin para uskup/pastor/pendeta akan tinggal diam bila ada injil palsu dan asli karena taruhannya adalah surga yang kekal…jangan percaya sesuatu yang ingin kita percaya, tapi percayalah sesuatu yang memang fakta. Carilah maka kau akan menemukan, mintalah maka akan diberikan, ketuklah maka pintu akan dibukakan

    • Elan

      oke kalau mau bukti,,buktikan sndiri dgn tindakan jgn cuma argumen. kalu perlu anda temui itu paus,,dan selidiki injil asli,, yg ada divatikan ataupun yg ada di museum turki. isa aja gk ngaku anak tuhan koq malah disembah,trigonal lagi,,apakh pantas tuhan punya sekutu.injil yg anda pake itu udh diubah,,anda sndiri udh tau juga kn krn dlm kitab anda ada prjanjian lama dan baru,,jd bgymna mgkn anda yakin. beda dgn al-quran,gk ada istilah bgtu,dlm sejarah hingga skrg stupun huruf tak ada yg diubah.

      • candra

        setuju deh , selama lahir dan beralih menjadi muslim/mualaf

        saya terus berfikir, injil ko bisa diubah2 ,ada perjanjian ini itu atau baru atau lama gt kalimatnya,,,sedangkan alquran dari jamanan turunnya alquran gada tuh perubahan, hanya tafsir yang berkembang,

        hehhehee Lakumdiinukum Waliyaddiiin aja deh jadi pribadi yang bermanfaat dan berbuat benar aja selama hidup :)

      • ALi NoaRe Kodto

        sesuai……

      • xander

        sok tau … cuma bisa denger omgn orang ya gitu jdiny.. jalani aj agamaa masing2 boz… udah beres,, keyakinan org itu beda2. percuma klo omgan g sesuai dgn perbuatan..

    • Andreami Djabu

      PERHATIKAN AYAT AYAT BOBO (Bohong-bohongan) ALKITAB
      BERIKUT !

      (Yohannes 14:16-17)
      14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu “SEORANG” Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
      14:17 yaitu “ROH” Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

      (Yohannes 15:26)
      15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa
      datang, yaitu “ROH” Kebenaran yang keluar dari
      Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

      PERHATIKAN ! SILAHKAN BACA LAGI AYAT DIATAS.
      YOHANNES 14:16 = “SEORANG”, “ROH”
      YOHANNES 15:26 = “ROH”

      Satu ayat dengan ayat lain nya saja sudah saling
      BERTENTANGAN, baca lagi Yohannes 14:16-17 !

      TIDAK LOGIS !!!

      Jelas jelas ROH itu tidak bisa disebut SEORANG karena ROH itu tidak mempunyai FISIK/WUJUD sebagai SEORANG MANUSIA.

  • NANUH SADILI

    islam pasti jaya, jangan takut dengan yahudi,………..

    • ALi NoaRe Kodto

      so pasti…..

  • http://www.bocahit.com/ Wammy San

    Kita tunggu berita yang lebih keren dari ini…

  • Heri Munasri

    SAMPAI KAPANPUN MANUSAI TIDAK AKAN BISA MENUTUPI KEBENARAN ISLAM / APALAGI NABI MUHAMMAD SAW ……….. UTUSAN ALLAH UTK MEMPERBAIKII AKHLAK MANUSIA DI BUMI INI ,,,,,,,,,,,,,,

  • Muh Angga

    Agama yang membuat siapa ???
    kalo saya jawab Alloh SWT.
    trus kalian disini mau menunjukkan bahwa agamamu yang paling benar ??kalo begitu kalian menyakiti hati Alloh dong . . .!!
    benar komen dari daffa : “Lakumdiinukum Waliyaddiiin .. Untukmu Agamamu Untukku agamaku”.
    kita itu tinggal memilih saja, habis itu menjalankan aturan-aturannya, dan menjauhi larangan2nya. Sudah !! Jadi orang itu biasa2 aja, ojo pekok-pekok banget ngunu lho. . .(Sumber : Cak Nun “Kyai Kanjeng”)

    trus mengapa Alloh tidak membuat agama satu aja ??
    Lha trus apa hak kamu bertanya seperti itu?? Lha siapa kamu menyarankan hal seperti itu ??
    ya terserah Alloh dong. . .(Sumber : Cak Nun “kyai Kanjeng)

    • Muhammad Salahuddin Al Fatih

      Mas.. dari nabi adam sampe nabi Muhammad itu yang didakwahkan adalah “Lailahaillalah”. Adama, Ibrahim, Musa, Yaqub, Isa, Muhammada semuanya membawa ajaran Islam.. Kesimpulannya hanya ada satu agama yaitu Islam
      “Trus agama lain gimana ? kan Allah yang bikin agama lain kan ?” Gak.. yang mas maksudkan dengan agama lain itu dasarnya adalah Islam namun telah diutak-atik oleh manusia.. Jadi Yahudi dan Nasrani itu adalah bagian dari Islam yang telah ditambahkan campur tangan manusia (sesat), dari nabi2 sebelumnya semuanya membawa Islam namun syariatnya disempurnakan di zaman Muhammad bin Abdullah SAW.

      Wallahualam

      • Rr-Irvan Revaldi

        assalamualaikum wrb,,
        saya sangat setuju dengan pemikiran anda,, jawaban yg sangat tepat, cepat dan akurat… “Lailahaillalah” I Lov Islam

  • cak adam

    dalam pengajian kyai kanjeng yang disiarkan ADITV, Cak nun mengatakan…mengapa ALLOH membuat banyak agama sementara yang diridhoi hanya ISLAM….maka cak nun menafsirkan “lakum dinukum waliyadin” menurut beliau jika kamu menganggap itu sebagai agama silahkan diyakini dan dijalankan, tapi saya hanya mengakui islam sebagai agama maka saya mengimaninya dan melaksanakan ajarannya…saksikan pengajian kyai kanjeng di ADITV setiap malam jumat.

    • jhont

      semua agama bilang bgitu…
      termasuk hindu budha…
      diluar agama mereka dianggap agama setan..
      atau agama ajaran nabi-nabi palsu…

      • Ummah

        salam sejahtera jhont…,dari comment yg anda tulis dapat saya simpulkan bahwa jhont tidak mengakui adanya keyakina terhadap sesuatu agama yg ada sekarang,kalao saya boleh tanya..,bagaiman jhont menjalani kehidupan setiap hari dengan tanpa adanya satu keyakinan agama…,????,itupun kalau jhon sudi berkongsi..,TQ..

  • Nedya Amrih Prakasa

    wallahualam …. 100% saya Islam sampai mati insya Allah…. Tapi jika melihat dari kabar berita ini yang masih setengah2 sepertinya perlu dikumpulkan bukti yg benar2 kuat sebelum disebar luaskan….. sesungguhnya ::::

    Surah al-Hujurat, ayat 6 :

    “Hai orang
    yang beriman, sekiranya datang kepadamu orang fasiq yang membawa suatu
    berita,periksalah dengan teliti supaya kamu tidak menimpakan suatu
    musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan
    kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

    Demi Allah kebenaran itu datangnya hanya dari Allah….

    salam kenal saudara muslim ku :)

  • Scarlet Elven

    astaga…hari gini, masih ada yg posting berita seperti ini tanpa bukti otentik… Berita itu jgn terlalu gampang diserap kayak nonton sinetron, dan agama itu, bukan berarti harus ada yang menang antara agama A,B, C atau D… toh, semua agama gak ada yang ngajarin hal2 buruk,kan?

    • Pur Wanto

      berkata Allah subhanahu wa Ta’ala: dan ingatlah ketika isa putra maryam berkata: “hai bani israil sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan (kitab yang turun) sebelumku, yaitu taurat dan memberi kabar gembira dengan datangnya seorang Rasul sesudahku, yang namanya AHMAD (MUHAMMAD). Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “ini adalah sihir yang nyata”
      (Al-Qur’an surat ash-shaf: ayat 6)

      injil yang sekarang beredar itu sudah tidak otentik lagi, semua fake alias palsu hasil dari hawa nafsu mereka yang hendak menutupi al-haq atau kebenaran dari kabar yang disampaikan nabi ‘isa dengan akan datangnya seorang Rasul sesudahnya.

      sedangkan nabi isa ‘alaihi salam mengabarkan dengan datangnya seorang Rasul akhir zaman, dan didalam injil pun juga demikian terdapat kabar gembira bahwasanya akan datang seorang rasul setelah nabi ‘isa ‘alaihi salam.

      • jhont

        bos….
        agamanya kalian itu siapa duluan sih…???
        Islam Atau kristen……..????

        • Akhmad Khumaidi

          duluan Islam bos…

        • Michael Chandra

          Agama Islam emang baru ada pada zaman nabi Muhammad atau setelah Nabi Isa (Yesus kata kaum nasrani)…tapi dari zaman nabi Adam (manusia pertama) sampe nabi Isa telah meng Esa kan Allah SWTsebagai tuhan dan Muhammad sebagai Nabi terakhir yg membawa agama bagi keselamatan bagi seluruh umat manusia … nabi Isa ‘alaihi salam (Yesus) telah mengabarkan dengan datangnya seorang Rasul akhir zaman, dan didalam injil pun juga demikian terdapat kabar gembira bahwasanya akan datang seorang rasul setelah nabi ‘isa ‘alaihi salam.

        • Al qodly

          Jhont kl ente punya agama, ente udah tau jawabannya……??? provokator….

        • ALi NoaRe Kodto

          memang kristen duluan bro…kristen tu tak betul alias tak sempurna masa iya manusia di pertuhan kn maka nya islam n nabi muhammat di utus ALLAH,yg sngt bodoh dr kristen itu sndri dr al kitab nya,contoh nya kitab nya isi nya ngak ada yg sama di mana pun..coba aj ALQUR’AN di belahan dunia ngk ad yg beda isi nya, satu lg nabi isa tu sendri bersunat knp dgn orang kristen tidak bersunat mau pendeta pastur gembala2nya…truuuuus dilarang mkn babi ttp juga ngotot,n yg terakir nabi isa berpesan ada nabi(ahmad=muhammad) setelah ku knp ditutup2pi….

        • paulus sesat

          drpd lu..ga punya agama..emang yesus kristen?

  • Jasmir

    Saudara ku umat muslim dan umat kristen g usah di perdebat kan msalah ini,paus mau mengundur kan diri atau tdk itu masalah mereka,jalani ajalah agama kita masing,karna klau kalian bertengkar masalah ini,g ada habis2 nya,apa yg kita percaya itu lah yg kita anut,hidup lah dgn damai,tenang itu lebih baik…satu lagi saling menghormati…

    • jesus

      gmn hidup damai…?kristenisasi aja sudah merajalela…

  • mamase

    bawahku panas hatinya… vvvv :v

    • ALIK

      BAWAH YANG MANA////

  • Anak langit

    al BAQOROH > 62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan
    orang-orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang
    benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan
    beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan
    mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih
    hati.

  • jhont

    kalian kok pada berantem semua sih…
    menjagokan tuhan masing”…. hebatttttt battttttttt…….
    padahal gak tau tuhan itu dimana, ngapain…
    pada sok tau semua….
    padahal semuanya mengandalkan “KATANYA”
    katanya Alkitab, Katanya Alqu’ran…
    jd bahan pertengkaran..

    lanjutkanlahhhhhhhhhhhhhhh………..

    • Abhy Gandy

      menurut Jhont Tuhan itu diamana dan ngapain???

      • ALIK

        TUHAN ITU LG LIATIN KAMU

    • rifky

      anda ateis ya ?

    • Ardian

      Anda tidak beragama, kenapa baca artikel ini, ksh koment lagi…..unyu2..

    • paulus sesat

      ya jelas donk..Allah ga mau ngomong lngsung ama org2 yg tertutup hatix spt lu..

    • ALIK

      BUKAN BRANTEM….KT MEMPERBAIKI YANG BENAR SAUDARA….

  • Nefri Yandi

    Dan orang-orang Yahudi berkata: “Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai
    suatu pegangan”, dan orang-orang Nasrani berkata: “Orang-orang Yahudi
    tidak mempunyai sesuatu pegangan,” padahal mereka (sama-sama) membaca Al
    Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui, mengatakan
    seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili diantara mereka
    pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya. (Albaqarah: 113)

    • ‘Alwi Mukadar

      Yang kayak beginian jelas banget di bahas di Alquran, dan mereka umat nasrani dan yahudi tidak berani koment

    • Hamba Allah

      @Nefri Yandi, Sip bgt Akhi..
      Subhanallah Cukup dengan satu surah dalam Alqur’an yang mampu menjelaskan, Alqur’an yang kami “Umat Islam” selalu Junjung tinggi, pedoman yang kebenarannya dijamin oleh Allah sampai Akhir zaman..
      Akhi fillah, Biarlah Cahaya kehangatan Islam memeluk hati para hamba-Nya, dan toleransi antar beragama yang diajarkan oleh Rasulullah marilah kita juga junjung tinggi yang juga merupakan bentuk rasa cinta kita kepada Rasulullah Muhammad SAW..

  • Ley

    SUMPAH lucu banget baca coment coment kalian ini

    pakai nalar la kawan, di dalam organisasi aja hanya ada satu ketua/kepala.

    masak di agama(tuhan) ada yang namanya trilogi ?

    kayak PBB aja entar, punya hak veto, lucu kan ?

    Agama bukanlah sebuah negara, yang undang undangnya mudah di rubah,

    eh malah ada Versi LAMA ada versi BARU, emang agama baru ? lucu banget dech

    jadi tak punya pendirian donk ?

    TUKANG MEJA tetap menjadi TUKANG MEJA, dan MEJA tak akan pernah bisa jadi TUKANG MEJA.

    Nabi Isa(yesus) aja punya Tuhan(Alloh), masak nabi Isa(yesus) di Tuhankan ?

    lebih LUCU lagi, katanya TUHAN kok malah di salib ? nggak karuan dech

    KATANYA, sebagai penghapus/penebus dosa umat. Kalau Isa(yesus) Tuhan, wah malah bahaya tuch, nggak di ampuni dech, masak Tuhan di salib ? lucu lucu lucu lucu

    Astaqfirullohaladziim . . . . . . . . . . . . . . . . .

    • Muh Ajy Mujy Clorofil

      mantab brow kritikan lo

    • xander

      itu kah yang diajarkan agama kepada kamu, dengan mengeejek agama lain?? kamu yang tidak bisa berpikir ..
      sekarang tu trgantung individu bos, percuma lo punya agama tapi perbuatan lo gak ssuai dengan yang diajrkan oleh agama mu.. semoga Tuhan memberkatimu ..

      • eagle fly free

        anda seorang kristiani.? anda berani melakukan apa yg kitab2 anda perintahkan.?|

        tinggalkan makan babi, karna itu haram menurut kitab anda
        sucikan hari sabat, bukan hari minggu
        anggap yesus sebagai nabi, bukan tuhan
        Allah itu esa, bukan trinitas
        dll..

        berani.?

        • Adx

          satu lagi om eagle, Nabi Isa a.s kan di sunnat? apa mereka juga ada yg di sunat?

  • [email protected]

    gini bos . . . setau ane ya. saatnya tiba hari kiamat kita akan merasakan masa masa nya jaya . . . dan setelah itu kita akan hancur sama agama kita sendiri.
    kesimpulannya: ANDA MAU CEPAT HARI KIAMAT ATAU TIDAK . . . :D
    jadi saling menghargai lah hidup dengan damai itu indah . . . .

  • tati

    lakum dinnukum walyadin..untukmu agamamu untukku agamaku..jangan saling menghujat….

  • Stefen

    Tulisan di atas kurang didukung oleh sumber-sumber yang jelas dan terperinci sebagai suatu karya ilmiah, yang pada akhirnya menimbulkan debat kusir. Apalagi isi tulisan ini sangat sensitif.Perluaslah wawasan keilmuan Anda,

  • disqus_zsfpM2x8Gl

    Tidak hanya disini, diberbagai macam komentar manapun saya sering menemukan umat muslim yang mencerca dengan brutal. Penggunaan kata “tolol, bodoh, idiot” sering digunakan sebagai kata pamungkas, bukan argumen2 berkualitas. Kenapa bisa gitu ya? Sebagai muslim penggunaan tutur kata yang baik sudah diajarkan oleh Rasulullah dan wajib untuk diteladani. Jangan beralaskan “yang penting niatku membela Islam” tp malah dengan cara yang tidak islami. Seharusnya antara niat dan perbuatan itu musti selaras, benar2 karna Allah dengan cara2 dakwah ala Rasulullah..

    • blackcat

      klo mau liat realita lihat debat terbuka secara langsung.. bukan lewat media.. anda tidak tau klo yg koment itu cewe/cowo.. agama nya apa,, dll… bisa jadi itu akun bohongan… atau malah orng atheis yg pura2 islam…

      saya anjurkan menonton debat terbuka,, biasanya disana ada ustadz/kyai dan pendeta2.. kita lihat siapa yg sering bicara “tolol,bodoh,idiot”

    • Budi DarW

      @disqus: saya setuju dengan anda, Nabi Muhammad sesungguh-sungguhnya ahlak yang paling mulia “uswatun hasanah” dengan cara2 yang santun dia berdakwah, berdagang, berkeluarga,bersosialisasi,pemimipin…dst dst.
      Sudah seyogyanya kalau kita membicarakan agama maka kita mereferensikan hal-hal selagi Nabi dan sahabat2nya masih hidup….tetapi setelah nabi dan sahabat2nya wafat tidak bisa menjadi referensi lagi…karena banyak asumsi, pemikiran atau pendekatan dengan yang berlaku pada jamannya utk kepentingan kaumnya semata…atau yg disebut fiqih/firqoh2.
      Waallahua’alam bisowab…

  • padira

    haha,kiamat nanti ingat la siapa yg turun

    • jeyos

      Yaaa Nabi Isa lah, Tp bukan Yesus

      • Heru Oktafian, ST

        owalah . . . ,
        Jadi menurut abang Jeyos,
        Isa Almasih itu bukan Yesus kristus tow ?
        emh . . . . ,
        Mohon maaf sebelumnya abang Jeyos,
        mungkin saya yang awam,
        Jadi mohon pencerahan dan penjelasannya,
        Siapa sih Isa itu ?
        Dan siapa pula sih Yesus itu ?
        Atau sil-silahnya juga ndak papa kalau ada.

  • mini

    tapi kalau baca baik2 Al-quran.. 70% isinya tentang Isa Almasih yaitu (Yesus) sedangkan nama muhamad lebih sedikit. Contoh: Di kitab Maryam aja menuliskan tentang kelahiran Isa Almasih dengan jelas, dan masih banyak lagi. Baca terjemahan Al-quran juga, jangan baca tulisan arabnya aja tapi ga tau artinya.

    • jeyos

      Yesus itu bukan Nabi Isa as

      • aleks

        jeyos,, anda ngelantur

        • jesus

          Nabi Isya bukan Yesus…!!!@MINI : islam mempercayai Isa, dan dalam Al-qur’an tidak pernah menyatakan isa itu yesus..jgn sok tau lho…!!!!

          • ‘Alwi Mukadar

            Semua yang kalian sembah selain Allah Hanya BERHALA yang tidak dapat memberi pertolongan kepada kalian, bahkan memberi bencana pun tidak sanggup.

            Setiap Muslim yang Beriman, Mereka sangat Merindukan Kematian karena
            mereka ingin segera menemui apa yang mereka cintai Melebihi cinta mereka
            kepada kedua orang tuanya, anak istrinya dan harta dunia nya. Yaitu
            Allah sang Maha Pencipta dan Rasulullah Muhammad SAW

            Beranikah kau Berdoa Minta Mati agar dirimu tau siapa sesungguhnya yang berada dalam kesesatan yang nyata ??

          • Guest

            surat alkafirun ayat terakhir.

          • Bram Sentosa

            wah ini calon jihad pengebom bali !

          • eagle fly free

            isa alaihissalam sama dengan yesus kristus, hanya persoalan bahasa. dalam bahasa aramic yesus dikenal dengan nama eesa (baca iisa)

          • Abu Fawwaz

            sungguh tidak sama, Isa almasih adalah Nabi Isa alaihi salam sedangkan YEsus adalah manusia biasa yang mati disalib begitulah menurut Agamaku,,,,

          • ardy

            kamu yg sok tw n goblok,,,,saran sy mending kw cari tau sj di youtube atau di google,atau referensi lainnya tentang sejarah agama & tuhanmu maka kw akan tau yg sebenarnya.

        • Abu Fawwaz

          Yesus bukan Nabi Isa karena Nabi Isa diangkat kelangit oleh Allah swt pada waktui itu dan diganti dengan manusia biasa yang diserupakan wajahnya dengan Nabi Isa oleh Allah, begitu kurang lebihnya kalau menurut sejarah Islam,jadi yang disalib itu manusia biasa seperti kita-kita ini bukanlah nabi Isa dan kenapa dianggap Tuhan lagi??????

    • mrXGuy

      baca surat alkafirun ayat terakhir. dan pahami artinya.

    • agung suko

      adakah surat dalam Al Quran yang menyatakan yesus/isa itu TUHAN…?????…..dan tanyakan pada pendetamu..dalam injil lama …tak adakah surat yang mengatakan Muhammad itu penerus Isa…yang akan meluruskan agama yang telah kalian rusak sendiri ajarannya…???…jika pendetamu mendustai…tolong suruh belajar lagi ya…????

      • Bram Sentosa

        maksudnya meluruskan agama : dengan mengawini banyak wanita ?? dan menyebarkan kuota surga sudah mulai habis ??

        • zulkifli

          mengawini bnyak wanita???
          klu emank istri pertama nya bilang gpp….
          truz hubungan nya sama elo tu apa…???

        • YESUS

          jiahahaha gak ada yg lain apa..itu2 aja melulu yg loe komentar,. loe sirik ya??

    • agung suko

      adakah surat dalam Al Quran yang menyatakan yesus/isa itu TUHAN…?????…..dan tanyakan pada pendetamu..dalam injil lama …tak adakah surat yang mengatakan Muhammad itu penerus Isa…yang akan meluruskan agama yang telah kalian rusak sendiri ajarannya…???…jika pendetamu mendustai…tolong suruh belajar lagi ya…????

    • ALIK

      YAAAAA…..SYUKUR BS BACA DOANG,,,,DR PADA TDK PADA TDK BS SMA SKALI……

  • aleks

    agama islam adalah agama logika, jadi wajar aja kalau menganggap agama lain salah..

    atau gimana..??

    • Abu Fawwaz

      yang beragama kristen adalah manusia bodoh berfikirlah sedikiiiiiit aja; masa tuhan mati disalib dan gondrong lagi apakah tuhan kamu ga pernah dicukur atau ga punya uang buat dicukur?????

      • Bram Sentosa

        emang muhamad rambutnya gaya spike ya ?? atau belah tengah cepak rantang ????

        • zulkifli

          akakakaka….tuhan mana yg mw mati nya di gantung…
          gondrong pula lagi tuh…,.hadehhh

        • YESUS

          yahahaha kasihan loe Bram hebatx cmn ngehina

    • ardy

      coba critakan tentang??? cari di youtube perdebatan antara muslim & nasrani maka anda akan tau yg mana benar & salah.

  • aleks

    pokoknya saya nggk menemukan jaminan keselamatan di Islam..
    diluar Isa Asmasih nggk ada keselamatan..

    • hamba ALLAH

      tak kenal, maka tak sayang, jd pepatah itu sangat pantas buat anda’…
      karena jika anda hanya mengenal islam dari sudut pandangan yg negatif jelas anda mendapatkan yg negatif, akan tetapi jika anda mengenal islam dari sudut pandang yg positif, maka anda akan mendapat nilai positifnya’…
      sebenarnya musuh utama kita di dunia ini adalah DAJJAL, jd anda jgn lgsg mengira orang islam yg melakukan tindakan terorisme itu, siapa tau itu adalah penyembah Syaitan (pengikut dajjal) yg mengaku dan berpakaian seperti orang muslim yang bertujuan untuk menfitnah dan memecah belah pandangan umat manusia di muka bumi ini tentang agama ISLAM’…
      saya berpesan kepada anda-anda semua, kalau memang merasa agama anda paling mulia, apakah agama anda menyuruh atau mengajarkan anda-anda semua untuk saling menghina agama lain’???
      buktikan kalau memang anda merasa bahwa agama anda yang paling mulia itu dengan perbuatan yang baik dan saling menghargai agama lain dengan tidak menjelek-jelekkannya’…
      ingat, hanya Syaitanlah yg menghasut manusia untuk saling memecah belah kehidupan antar umat yang beragama’…

    • ‘Alwi Mukadar

      Setiap Muslim yang Beriman, Mereka sangat Merindukan Kematian karena mereka ingin segera menemui apa yang mereka cintai Melebihi cinta mereka kepada kedua orang tuanya, anak istrinya dan harta dunia nya. Yaitu Allah sang Maha Pencipta dan Rasulullah Muhammad SAW

      Beranikah kau Berdoa Minta Mati agar dirimu tau siapa sesungguhnya yang berada dalam kesesatan yang nyata ??

  • bagus mm

    ” mbok jangan berselisih terhadap keyakinan, semuanya mengajarkan ttg hidup damai, hormati mereka2 yg menyatukan negeri ini, mengapa ada kata ” BHINEKA TUNGGAL IKA” tidak ada untungnya klo bersitegang terus,”

    Islam agamaku, umat kristiani,budha,hindu dll adalah saudaraku.
    karena yg saya tau agamaku( islam ) mengajarkan ttg kedamaian.

    • ita

      agama yang paling benar hanya islam,,,,,,
      dan hanya allah tuhan yang satu,,,,,,

    • agung suko

      artinya…berbeda beda tetap satu Tuhanya….ALLAH SWT

    • agung suko

      artinya…berbeda beda tetap satu Tuhanya….ALLAH SWT

    • zulkifli

      tuhan itu 1 dan abadi selama lama nya yaitu ALLAH SWT thank

  • bongkar

    YESUS ITU APA YA..???

  • hani

    sejujurnya aku bingung, aku yang kelewat begok bener apa memang kalian semua yang kepintarannya sudah melampaui ambang batas. keluargaku itu punya latar belakang agama yang berbeda2 tapi kami bisa akur dan gag pernah berdebat masalah agama, kenapa kalian yang gag ngerti satu sama lain malah dengan gampang saling menghina antar agama?

    wah wah wah kayaknyaa aku perlu lebih banyak belajar dari kalian semua ya biar bisa sehebat kalian semua

    • ALIK

      SBNARNYA TDK ADA YG ORG BEGOK ATAU BODOH……TP LODINGNYA LAMA….MF BRCANDA……MF PMAIN BARU…..

    • Andreami Djabu

      bukan berdebat tp meluruskan satu konseptual yg ada..

    • YESUS

      itukan keluarga nte yg ibu sma bapak loe yg mngkn agamax beda. jgn samakan dgn kita2 di sini bos

  • Incek Budi

    saya seorang muslim dan saya meragukan kebenaran artikel ini. Sifatnya provokatif dan menjelekkan agama lain. Tidak ada sumber yang kuat, baik itu sang peneliti atau akun twitter-nya.

    • Nice

      karena artikel menjelekkan agama lain justru itu yg menjatuhkan image islam

    • Nice

      karena artikel menjelekkan agama lain justru itu yg menjatuhkan image islam

  • pencerah

    gak ada gunanya jg ngebahas masalah ini,,, toh gak bakalan ngaruh jg buat mereka.
    malah membuat citra buruk pada agama islam.
    pokoke surat alkafirun aja udah deh titik.

  • Siti Nuraini

    dari kegelapan menuju terang benderang……. alhamdulillah…

    setuju : bagimu agamamu dan bagiku agamaku.

    tak ada larangan dan kebencian bagi semua manusia untuk memilih agama yang menurutnya adalah benar. karena memilih keyakinan adalah bagian dari hak asasi yang dilindungi dan harus dilindungi.

  • 21sinema.com

    ini kok gak ada bukti yang nyata ya?
    kaya cuma sekedar opini doang

  • Mr.F

    silahkan disimak pidato pengunduran diri si paus..maka akan ada keterkaitan dgn aritkel ini

  • Pramitha Shary

    alhamdulillah kalau itu memang benar…

  • Ena Rusyana

    memang, kabar itu telah berhembus sejak lama, tapi sulit dibuktikan. tapi, orang-orang Vatikan banyak yang misterius. Mungkin benar juga ada Paus yang masuk Islam secara sembunyi-sembunyi.

  • komeng

    jangan menyesatkan bro..ngapain kalian sibuk dg keyakinan dan agama orang lain..urus aja agama mu..one world one peace..

  • Ragil Sudjono

    terima kasih atas berita ini walau ada sebagian berkoment berita basi tapi buat sy sangat berguna dan sy yakin masih banyak teman2 yg baru tahu secara jelas ttg hal ini minimal menambah keimanan sy dalam menjalankan kewajiban sebagai orang muslim.

  • http://www.indraemc.blogspot.com/ Indra Emc

    Bukannya gue ngak seneng sih, tetapi sepertinya berita ini Hoax, karena dari sumber lain seperti reuters dan associated press, Paus Benediktus XVI mengundurkan diri karena beliau MENGETAHUI ada skandal pelecehan seksual, pesta miras dan narkoba, hingga korupsi di tubuh vatikan (khususnya di bagian “Bank of Vatican”) salah satunya adalah tertangkapnya seorang kardinal yang memiliki rumah yang sangat mewah di Jerman.

    melihat kondisi “tahta suci” yang carut-marut dan Benediktus XVI dinilai tidak mampu memperbaikinya, beliau memutuskan untuk mengundurkan diri dari Kepausan (daripada nanti kalau skandal tersebut terbongkar semua terus beliau yang dicaci maki seluruh ummat katholik mendingan beliau “kabur” dan menyatakan “pensiun”)

  • blackcat

    klo menurut para pengamat teori konspirasi… berita di atas kemungkinan besar ada benarnya…

    kebenaran belum tentu bisa dibuktikan dengan sebenarnya padahal itu adalah benar…
    hanya Allah yg Maha tau..

  • bj jafar

    Oke bro, klau Tuhan berkehendak, “Kunfayakun”. kalu dia menghendaki seuatu itu jadi, maka jadilah dia.

  • wahyu pratama el-faqir

    kita gx usah buru2 percaya dulu deh…kita tunggu informasi selanjutnya modah2an berita itu benar oke…….!

  • Novi Laraswati

    hoax ga nih?

  • Pangeztu Wongedan

    Semua Sudah Di Atur Sama yang di ATAS…..

    • YESUS

      yang di atas itu apa bos!!! loteng,? langit,? awan,? plafon,? sory huuufs terpaksa deh ketahuan begonya gw silahkan nambahin deh kalau mau

      • Benteng SP

        ASSALAMU’ALAYKU WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH. Wahai saudara se-Muslimku (diatas anda sudah menyebut dua kalimat syahadat).Nabi Muhammad SAW, tak pernah mencaci atau memaki umat lain yang selain kita, ada hadist qudsi yang intinya, kita dilarang menyakiti hati umat yang tak menyembah ALLAH SWT denga perkataan yang menyakitkan, karena jika kita lakukan itu, mereka malah menjauh dan malah balik menjelek-jelekkan ALLAH Tuhan kita (dan mereka) karena itulah hukum sebab akibat, kita harus menggunakan bahasa yang halus dan tak menyakiti hati jika didepan mereka, niat kita adalah mengajak mereka kejalan yang benar, bukan beradu benar atau salah, maaf jika ada salah-salah kata WASSALAMU’ALAYKUM WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH

        • intan

          sepakat. klw emg mw jawab, jwblh sesuai pengetahuan kita, lw ngak tw y bljr lg, n ngak usah jawab. maaf klw ada slh,,

      • Benteng SP

        ASSALAMU’ALAYKU WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH. Wahai saudara se-Muslimku (diatas anda sudah menyebut dua kalimat syahadat).Nabi Muhammad SAW, tak pernah mencaci atau memaki umat lain yang selain kita, ada hadist qudsi yang intinya, kita dilarang menyakiti hati umat yang tak menyembah ALLAH SWT denga perkataan yang menyakitkan, karena jika kita lakukan itu, mereka malah menjauh dan malah balik menjelek-jelekkan ALLAH Tuhan kita (dan mereka) karena itulah hukum sebab akibat, kita harus menggunakan bahasa yang halus dan tak menyakiti hati jika didepan mereka, niat kita adalah mengajak mereka kejalan yang benar, bukan beradu benar atau salah, maaf jika ada salah-salah kata WASSALAMU’ALAYKUM WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH

      • Benteng SP

        ASSALAMU’ALAYKU WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH. Wahai saudara se-Muslimku (diatas anda sudah menyebut dua kalimat syahadat).Nabi Muhammad SAW, tak pernah mencaci atau memaki umat lain yang selain kita, ada hadist qudsi yang intinya, kita dilarang menyakiti hati umat yang tak menyembah ALLAH SWT denga perkataan yang menyakitkan, karena jika kita lakukan itu, mereka malah menjauh dan malah balik menjelek-jelekkan ALLAH Tuhan kita (dan mereka) karena itulah hukum sebab akibat, kita harus menggunakan bahasa yang halus dan tak menyakiti hati jika didepan mereka, niat kita adalah mengajak mereka kejalan yang benar, bukan beradu benar atau salah, maaf jika ada salah-salah kata WASSALAMU’ALAYKUM WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH

    • YESUS

      yang di atas itu apa bos!!! loteng,? langit,? awan,? plafon,? sory huuufs terpaksa deh ketahuan begonya gw silahkan nambahin deh kalau mau

    • YESUS

      yang di atas itu apa bos!!! loteng,? langit,? awan,? plafon,? sory huuufs terpaksa deh ketahuan begonya gw silahkan nambahin deh kalau mau

  • Pangeztu Wongedan

    Semua Sudah Di Atur Sama yang di ATAS…..

  • Binsur

    Artikel untuk kita pelajari kalo baik kita pake klo gk bener cuek in aja,,
    Siapa yang menggunakan kata BEGOK, BODOh, GOBLOK, dan CACIAN lainnya, sebenarnya tanpa di sadari dia mencaci dirinya sendiri,, (tanpa di sadari hehehe)

    • teguh

      Seru banget….. dalam Al-Qur’an semua diatur dan masuk akal… begitu sempurna Al-Qur’an… dan ajaran Islam…. semua ada maksudnya, mulai dari gerakan sholat dan banyak lagi…Allah Maha Besar….

  • rita

    :))

  • As Wandi Bin AhmadDarilli

    suay!

  • Andreami Djabu

    PERBEDAAN MENDASAR ANTARA AJARAN YESUS DAN AJARAN PAULUS (PAUS)

    1. POKOK KEIMANAN
    Ajaran Yesus : Tauhid / Keesaan Allah
    (Matius 12:29)

    Ajaran Paulus : Trinitas / Tritunggal
    (Matius 28:19)

    2. SIAPA YESUS
    Ajaran Yesus : Yesus adalah Rasul Allah
    (Yohanes 8:26, 40-42, 17:25, Kisah Para Rasul 4:27-30)

    Ajaran Paulus : Yesus dijadikan Allah sebagai Tuhan
    (Kisah Para Rasul 2:86 dan Titus 2:13-14)

    3. MISI YESUS
    Ajaran Yesus : Misi Yesus khusus untuk Bani Israel
    (Matius 10:5-6 dan 15-24)

    Ajaran Paulus : Misi Yesus umum untuk juru selamat dunia
    (Matius 28:19 dan Titus 2:13-14

    4. TANGGAPAN YESUS TENTANG PREDIKAT TUHAN PADA DIRINYA
    Ajaran Yesus : Yesus menolak disebut Tuhan
    (Matius 7:21-23 dan Yohanes 14:28)

    Ajaran Paulus : Paulus mengatakan bahwa Yesus mengaku sebagai Tuhan
    (Yohanes 13:13)

    5. PERKARA PENGGUNAAN HUKUM TAURAT
    Ajaran Yesus : Tidak menghapus Hukum Taurat, berlaku dan menggenapinya
    (Matius 5:17-21, Lukas 16:17 dan Markus 13:31)

    Ajaran Paulus : Hukum Taurat sudah tidak ada lagi
    (Roma 2:17, 7:6, 4:5-16, 8:1-8 I Kortinus 6:12, Galatia 2:21 dan Roma 3:20)

    Sudah amat jelas, agama macam apa yang satu dan lainnya bisa bertentangan (Yesus dan Paulus) ?
    Semoga ALLAH SWT memberikan Hidayah kepada kita semua !
    Amiiin.

    • Fitriana Yunita Sari

      aamiin ya Allah aamiin
      komentar yang sangat bagus :)

    • zulkifli

      yesus mangaku sebagai tuhan kata paulus dan yesus pun tidak mw di anggap sebagai tuhan….
      jd spa tuhan mereka yg selama ini di sembah…
      diz pening dah mikir nya tear

    • intan

      skdar saran, cb dh bc injil asli yg ada berita tntg ke rasul-an nabi muhammda n bc tntg pendeta2 zaman dahulu bgd.

  • Andreami Djabu

    KRISTEN SILAHKAN JAWAB !

    Dalam Alkitab, diceritakan bahwa Yesus berseru memanggil Tuhannya :
    “Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Matius 27:46)

    PERTANYAAN SAYA :
    1. Jika Yesus itu Tuhan, Tuhan mana lagi yang dia panggil ?

    2. Jika Yesus Tuhan, siapa yg berani mencabut nyawa Tuhan ?

    3. Jika di dalam diri Yesus ada Tuhan, mengapa dia masih memanggil-manggil Tuhan lagi ? Ini membuktikan Yesus dan Tuhan tidaklah menyatu.

    4. Jika Yesus Tuhan, ketika dia mati selama 3 hari 3 malam, siapa yang mengendalikan alam semesta ini ?

    • Bram Sentosa

      saya coba jawab :

      1. Yesus hadir ke dunia sebagai utusan, manusia mengakui Dia sebagai Putra Allah, Roh Tuhan ada padaNYA.
      2. Tuhan punya Nyawa ?? (saya juga belum tau tuh) tapi.. coba deh tanya ama setan, mungkin dia tau,, soalnya dia kan yang paling benci ama Tuhan ??

      3. jawaban sama seperti nomer 1
      4. jawaban sama seperti nomer 1

      inti dari jawaban saya :

      Terserah Tuhan Donk mau jadi apapun, atau bagaimanapun, tujuan Yesus hadir di dunia untuk menebarkan kabar baik, bahwa ada cara baik utk bisa ‘dekat’ dengan Tuhan, karena pada zaman itu Israel adalah bangsa yang Bebal, susah di nasehati ataupun di tegur utk bertobat.. sampai akhirnya Yesus mati karena tetap di tolak oleh manusia itu sendiri

      bla.. bla.. bla…. dan akhirnya munculah Muhamad dengan ajaran yang dia dapat entah dari mana… enk ink enk……

      inget, manusia aja terdiri dari Tubuh, Jiwa dan Roh

      pertanyaannya, apakah anda pernah bertemu Tuhan ? bagaimana wujudnya ??

      jika manusia langsung bertemu dengan Wujud Tuhan yang sebenarnya, apakah sanggup ??

      apakah dengan cara Tuhan merubah diri menjadi manusia, atau…
      Tuhan mengirim Utusan,,, atau……
      Tuhan Memcah dirinya dan berubah diri menjadi manusia dan menjadi utusan,,

      apakah anda harus campur tangan terhadap urusan Tuhan ???

      ### coba baca komentar bj jafar

      terserah dia donk mau jadi apapun dan bagaimanapun..
      otak kita belum sanggup berfikir sampe kesana..

      tapi coba pikirin hal ini, mungkin masih bisa di talar oleh otak kita :

      1. kenapa muhamad yang kawin dengan banyak wanita, tapi ditentang ajaran tersebut di Indonesia (1 contoh negara aja dulu)
      2. kenapa naik haji harus keliling kabah, apa Tuhan ada disitu sambil mengontrol seluruh jagat raya ?? sama halnya dengan Budha, Hindu, Katholik yang menyembah Tuhan pada benda mati. lalu kenapa Yesus dipermasalahkan wujudnya ?
      3. kenapa di setiap shalat, umat islam selalu membacakan doa untuk muhamad supaya diterima disisiNYA ?? emang muhamad belum juga masuk surga ya ??

      please, kalo cuma tau sepelintir jangan sampe memperkeruh antar umat beragama..
      BBM udah naik jangan sampe emosi juga pada naik.

      • zulkifli

        tuhan manggil tuhan….
        jadi apa itu?
        mungkin salah kitab kalian…resensi lagi please…

        • orang keren

          mungkin tuhannya banyak gan, dan tuhannya dipanggil karena pagi pergi nyangkul sdg bobo

      • Iyonk Olivia Wijaya

        kalau Allah punya putra, siapa istri Allah??? nah loo….

        • Anoeng suroboyo

          jarene di peranak kan domba bani isroel hahaa
          pokok e critone seputar wedhus2e wong isroel lah

          Allah maha tunggal dan maha perkasa POKOK e
          Tidak ada Tuhan selain Allah POKOK e
          Nabi Muhammad utusan Allah POKOK e

          bapak2 dan ibu2 insyaAllah akan memegang tiket masuk surga dan bertemu Allah..

          ayoooo buruan.. cepetan..

      • YESUS

        WAHAI DOMBAKU Bram Sentosa SESUNGGUHNYA ENGKAU ADALAH MANUSIA YANG HINA DAN GOBLOK. ENGKAU BERARGUMEN TETAPI PIKIRANMU SEMPIT DAN DANGKAL.ENGKAU SEHARUSNYA LEBIH BANYAK BELAJAR LAGI AGAR SUPAYA SEMUA ARGUMENMU LEBIH BERBOBOT, BERLOGIKA DAN MASUK DI AKAL..

        • ina

          banyak blajar………. loch tuh yg harus banyak blajar. loch tuh ngk ada pendidikan dan fikiran. msak tuhan mnebus dosa umat.a. disalip lagi. gila looooooooooooooooooochh

      • YESUS

        WAHAI DOMBAKU Bram Sentosa SESUNGGUHNYA ENGKAU ADALAH MANUSIA YANG HINA DAN GOBLOK. ENGKAU BERARGUMEN TETAPI PIKIRANMU SEMPIT DAN DANGKAL.ENGKAU SEHARUSNYA LEBIH BANYAK BELAJAR LAGI AGAR SUPAYA SEMUA ARGUMENMU LEBIH BERBOBOT, BERLOGIKA DAN MASUK DI AKAL..

      • YESUS

        WAHAI DOMBAKU Bram Sentosa SESUNGGUHNYA ENGKAU ADALAH MANUSIA YANG HINA DAN GOBLOK. ENGKAU BERARGUMEN TETAPI PIKIRANMU SEMPIT DAN DANGKAL.ENGKAU SEHARUSNYA LEBIH BANYAK BELAJAR LAGI AGAR SUPAYA SEMUA ARGUMENMU LEBIH BERBOBOT, BERLOGIKA DAN MASUK DI AKAL..

      • Tri Handono

        Kenapa sih pada emosi, ga usah bingung2. Memang antara Islam dg Kristen itu sdh nyaplir, banyak kisah yg objeknya sama tapi jalan ceritanya beda. contoh: baik kristen maupun Islam sama2 ada sejarah Qurban, namun di ajaran kristen yg dikorbankan Nabi Ishak sedangkan di Islam Nabi Ismail, yg jd tanda tanya adalah apa yg tersirat dan tersurat dari peristiwa qurban itu ? Dan bagaimana mengabadikan peristiwa besar tsb ? kalo di Islam jelas semenjak peristiwa qurban (nabi Ismail) sampai skrg msh diperingati sbg hari Qurban ( Idul Adha). contoh lagi : Tentang peristiwa PENYALIBAN. Di Islam bhw org yg disalib bukanlah Nabi Isa (Yesus) melainkan Yudas Iskariot. Dia adalah sahabat Yesus yg berkhianat, dia menunjukkan persembunyian Yesus ketika dikejar oleh tentara Herodes. Akhirnya Tuhan mengangkat Yesus ke Surga dan menggantikannya dg Yudas yg wajahnya telah diserupakan dg Yesus, shg Yudaslah yg disalib. Makanya ketika disalib dia berteriak2 Eli Eli Lamasabakhtani (mat 27:46) yg artinya Tuhanku, Tuhanku mengapa Engkau meninggalkan aku ? Mengapa Yudas ditinggalkan oleh Tuhan ? Jwbnya jelas, karena dia berkhianat kpd Yesus (utusan Tuhan). Dg adanya sejarah ini kita justru kasihan dg saudara2 Kristen. Mengapa ? Umat Kristen SANGAT BERHARAP bhw penyaliban itu utk menebus dosa mereka, tapi apa yg terjadi ? Ternyata org yg disalib justru ditinggalkan oleh Tuhan (mat 27:46). Namun bgt kebanyakan umat Kristen (yg awam) tetap ngotot bhw yg disalib adalah Yesus, mereka tdk berfikir klo seandainya yg disalib itu Yesus, mengapa Herodes dan tentaranya yg menyalibkan “Yesus” justru dikutuk ? Seharusnya merekalah yg mjd pahlawan krn berhasil menyalibkan “yesus”. Karena tanpa mereka, tdk akan ada peristiwa penyaliban. Dan sebenarnya msh banyak lagi perbedaan2 yg perlu dikaji kebenarannya. Sekarang tinggal pilih Islam ataukah Kristen ?

      • Tri Handono

        Kenapa sih pada emosi, ga usah bingung2. Memang antara Islam dg Kristen itu sdh nyaplir, banyak kisah yg objeknya sama tapi jalan ceritanya beda. contoh: baik kristen maupun Islam sama2 ada sejarah Qurban, namun di ajaran kristen yg dikorbankan Nabi Ishak sedangkan di Islam Nabi Ismail, yg jd tanda tanya adalah apa yg tersirat dan tersurat dari peristiwa qurban itu ? Dan bagaimana mengabadikan peristiwa besar tsb ? kalo di Islam jelas semenjak peristiwa qurban (nabi Ismail) sampai skrg msh diperingati sbg hari Qurban ( Idul Adha). contoh lagi : Tentang peristiwa PENYALIBAN. Di Islam bhw org yg disalib bukanlah Nabi Isa (Yesus) melainkan Yudas Iskariot. Dia adalah sahabat Yesus yg berkhianat, dia menunjukkan persembunyian Yesus ketika dikejar oleh tentara Herodes. Akhirnya Tuhan mengangkat Yesus ke Surga dan menggantikannya dg Yudas yg wajahnya telah diserupakan dg Yesus, shg Yudaslah yg disalib. Makanya ketika disalib dia berteriak2 Eli Eli Lamasabakhtani (mat 27:46) yg artinya Tuhanku, Tuhanku mengapa Engkau meninggalkan aku ? Mengapa Yudas ditinggalkan oleh Tuhan ? Jwbnya jelas, karena dia berkhianat kpd Yesus (utusan Tuhan). Dg adanya sejarah ini kita justru kasihan dg saudara2 Kristen. Mengapa ? Umat Kristen SANGAT BERHARAP bhw penyaliban itu utk menebus dosa mereka, tapi apa yg terjadi ? Ternyata org yg disalib justru ditinggalkan oleh Tuhan (mat 27:46). Namun bgt kebanyakan umat Kristen (yg awam) tetap ngotot bhw yg disalib adalah Yesus, mereka tdk berfikir klo seandainya yg disalib itu Yesus, mengapa Herodes dan tentaranya yg menyalibkan “Yesus” justru dikutuk ? Seharusnya merekalah yg mjd pahlawan krn berhasil menyalibkan “yesus”. Karena tanpa mereka, tdk akan ada peristiwa penyaliban. Dan sebenarnya msh banyak lagi perbedaan2 yg perlu dikaji kebenarannya. Sekarang tinggal pilih Islam ataukah Kristen ?

        • deans

          bagus seksli

        • erens

          koreksi dikit ya, eli…eli…artinya tuan bukan tuhan,

          • NizzmBrow

            erens coba ada teliti lagi kitab anda, pelajarilah etimologi, kalo tidak maka anda itu panatik yg membodohi diri anda sendiri tanpa ilmu pengetahuan yg mendalam…..

          • Tri Handono

            TO ERENS: mBOK DIBACA YG BENER ALKITABNYA. Lagi pula sejak kapan “Yesus” memiliki Tuan. Elli / Ellohim dlm bhs Ibrani Aramic berarti Tuhan, bukan tuan. Maaf lho ya…

            Pada 20 Januari 2014 18.18, Disqus menulis:

          • Adx

            coba lu browsing bro…
            “ELI” itu artinya apa?

          • Anoeng suroboyo

            tuan yg di tuhan kan.. hayoh kon…

            banyak di injil

            Lord.. lord..

            artine kan

            Tuan .. tuan..
            tp sama bapak’e diganti

            tuhan.. tuhan..
            yahhh

      • Tri Handono

        Kenapa sih pada emosi, ga usah bingung2. Memang antara Islam dg Kristen itu sdh nyaplir, banyak kisah yg objeknya sama tapi jalan ceritanya beda. contoh: baik kristen maupun Islam sama2 ada sejarah Qurban, namun di ajaran kristen yg dikorbankan Nabi Ishak sedangkan di Islam Nabi Ismail, yg jd tanda tanya adalah apa yg tersirat dan tersurat dari peristiwa qurban itu ? Dan bagaimana mengabadikan peristiwa besar tsb ? kalo di Islam jelas semenjak peristiwa qurban (nabi Ismail) sampai skrg msh diperingati sbg hari Qurban ( Idul Adha). contoh lagi : Tentang peristiwa PENYALIBAN. Di Islam bhw org yg disalib bukanlah Nabi Isa (Yesus) melainkan Yudas Iskariot. Dia adalah sahabat Yesus yg berkhianat, dia menunjukkan persembunyian Yesus ketika dikejar oleh tentara Herodes. Akhirnya Tuhan mengangkat Yesus ke Surga dan menggantikannya dg Yudas yg wajahnya telah diserupakan dg Yesus, shg Yudaslah yg disalib. Makanya ketika disalib dia berteriak2 Eli Eli Lamasabakhtani (mat 27:46) yg artinya Tuhanku, Tuhanku mengapa Engkau meninggalkan aku ? Mengapa Yudas ditinggalkan oleh Tuhan ? Jwbnya jelas, karena dia berkhianat kpd Yesus (utusan Tuhan). Dg adanya sejarah ini kita justru kasihan dg saudara2 Kristen. Mengapa ? Umat Kristen SANGAT BERHARAP bhw penyaliban itu utk menebus dosa mereka, tapi apa yg terjadi ? Ternyata org yg disalib justru ditinggalkan oleh Tuhan (mat 27:46). Namun bgt kebanyakan umat Kristen (yg awam) tetap ngotot bhw yg disalib adalah Yesus, mereka tdk berfikir klo seandainya yg disalib itu Yesus, mengapa Herodes dan tentaranya yg menyalibkan “Yesus” justru dikutuk ? Seharusnya merekalah yg mjd pahlawan krn berhasil menyalibkan “yesus”. Karena tanpa mereka, tdk akan ada peristiwa penyaliban. Dan sebenarnya msh banyak lagi perbedaan2 yg perlu dikaji kebenarannya. Sekarang tinggal pilih Islam ataukah Kristen ?

      • Janear Andi

        kw (bram sentosa) akan mengetahui nya saat ajal menjemputmu (kematian) dan kw berada dalam kubur….saat itulah kebenaran akan kw ketahui bahwa tuhan itu satu ALLAH Swt

      • intan

        jwbn no 3. ibarat sebuah gelas , dan air yg akn mengisinya adalh doa dr umat nabi muhammad. ketika gelas itu terus diisi maka akn tumpah, dan yang tumpah itu adlh untuk qt yg berdoa. jd sbnrnya shalawat itu bkn untuk nabi muhammad, krna nabi muhammad adalah kekash allah(bukan kekasih dalam arti zaman skrng ya), knp umat islam bershalawat, agar, saat dosanya tlh bnyq, namun iya rajin bershalawat, insya allah, nabi muhammad, akn meminta keringann kpd allah untuk umat islam yg dosanya tlh bnyq itu. lbh kurng begitulh dr yg sy pelajari.
        jawabn nomor 2, krna itu rukun haji yg dtngnya langsung diprinth dr allah, melalui nabi muhammad. ka’bah adlh kiblat umat islam yang ditunjukkn oleh allah. knp mengelilingi ka’bah n bkn mengelilingi t4 lain, hanya allah yg tau, krna allah berkata, yg maha tau itu hanya AKU(allah), ini menunjukkan trbatasnya akal manusia. dan islam tdk mnyembah ka’bah. ka’bah hnya lh t4 (arah) saat umat islam shalat. dan jk tdk mengetahui arah, islam jg tdk memberatkn, yg tpnting niatnya krna allah, n menghadap kiblat.

        jawbn nomor 1. nabi muhammad menikahi bnyq wanita, bknlh untuk hal – hal negatif, spt yg trjd pd zaman skrng, wanita yg dinikahi nabi muhammad, adalh mereka yg kurang mampu n sudh lanjut usia, yg perlu dikasihani. jd bkn untuk hal – hal yg tidak2 hanya untuk membantu para wanita tersebut, krna pada masa it, wanita masih dipandang remeh oleh lelaki. . rasulullah menikahi wanita lain, dengan persetujuan istri2nya, jk tdk ada prsetujuan mk rasulullah tidak akan menikah. di negara qt, bkn ditentang, boleh2 aja kok. knp bnyq yg heboh krna mereka ingin mencri sensasi, atw prnikhnnya tdk diketahui oleh istri sblumnya..
        ini sepengetahuan saya, lw ada slh saya mohon maaf n mohon ampun kepada allah swt.
        wassalam.

        • Guest

          klau brtanya bgtu, brarti konsekuensinya hrus membaca jwban yg panjang dong.
          klau sepengetahuan sy bgni, dan ini fakta adanya :)

          jwaban 1:
          Rasulullah Muhammad SAW. menikahi bnyak wanita karna 2 alasan.
          Alasan pertama, karna Rasulullah sring berhijrah (pindah tmpat) untuk menyampaikan ajaran yg benar sesuai yg diwahyukan Allah SWT. Kita mngetahui bhwa laki-laki biasa butuh wanita untuk merawat dan memperhatikannya, aplagi seorang Rasul. dan Rasulullah butuh lbih banyak wanita utk mendampinginya namun dri brbagai tempat, karna seorang wanita sja psti akan kewalahan mengikuti stiap jejak Rasul, disamping itu jg agar istri-istri Rasulullah tetap trjaga karna slama prjalanan Rasulullah itu sngat bnyak cobaan2 yg dihadapi.

          Alasan kedua, Rasulullah SAW menikahi bnyak wanita karna rasa kasih yg tinggi sewaktu mlihat istri-istri para sahabat yg meninggal diwaktu perang itu tdk terurus. jadi Rasul menikahi istri-istri shabatnya yg wafat dgn alasan ingin menafkahi mreka, skaligus karna mrasa berbalas budi kpda para shabat yg berani mengorbankan nyawanya dijalan Allah dan Rasul-Nya.

          Kedua alasan diatas itu jg punya alasan yg mendasar, yaitu Rasulullah SAW poligami karna memang sifat dan budi pekerti beliau mampu menjalaninya. sifat dan budi pkerti beliau itu diantaranya adil, bijaksana, dapat dipercaya, dan pintar. jadi seorang laki-laki boleh poligami JIKA mampu memiliki/mengikuti sifat sperti Rasulullah SAW.

          klau bcra soal knp bnyak yg menentang ajaran ini, yaa sy kira wajar karna jaman skarang ini tdk sama dijaman Rasul. “wajar” juga bkan brarti sdh tdk bs lagi diusahakan atau didakwahi. sy kira klau alasan poligami yg sy sebut diatas diprhtikan, pasti akan tau sendiri jwabannya jika disesuaikan dgn kondisi jaman skarang di Indonesia dan dinegara lain yg tdk spendapat.

          jwaban 2:
          Sesuai dgn jwaban intan, karna itu rukun haji. Kegiatan orang2 yg mengelilingi ka’bah itu disebut tawaf, dan tawaf itu pengganti shalat, artinya ibadah shalat dan tawaf itu sama. jdi mengelilingi ka’bah itu namanya beribadah, bukan meyakini bahwa ada Tuhan didalamnya :)

          jwaban 3:
          Sbelum menjawab, kayaknya perlu dikoreksi dlu prtanyaannya. Mgkin prtanyannya jg didapat dri org yg non-Islam? atau pling tdk org Islam yg hanya KTP nya sja. Kita ungkap dlu definisi doa. Doa itu meminta dan berharap permintaanya dikabulkan. Dalam shalat itu tdk ada doa sperti mas Bram Sentosa prtanyakan. yang ada itu shalawat. shalawat itu jg doa. shalawat artinya menyampaikan salam kpada Rasulullah SAW, jadi mengucap shalawat itu artinya memohon kpada Allah agar menyampaikan salam kita kpada Rasulullah yg tlah brjuang membawa kebenaran. sama halnya seseorang yg menitip salam kpada org yg jauh melalui org yg ada didekatnya yg hendak menuju tmpat org yg disalami trsebut.

          jika mas Bram bertanya sperti itu dgn niat menjatuhkan dan ada seorang muslim yg trpengaruh, mudah2an jwaban ini dpat
          menjadi penengah dan dpat kembali menyemangati kaum muslim utk senantiasa berdakwah.
          dan jika mas Bram bertanya sperti itu dgn niat ingin mencari kebenaran, mudah2an jwaban ini dpat membantu.
          Salam perubahan !!!

          • Adx

            udah di jelaskan bro di atas sama mas lazzuardi..

      • Guest

        klau brtanya bgtu, brarti konsekuensinya hrus membaca jwban yg
        panjang dong hehehe.

        klau sepengetahuan sy bgni, dan ini fakta adanya :)

        jwaban 1:

        Rasulullah Muhammad SAW menikahi bnyak wanita karna 2 alasan.

        Alasan pertama, karna Rasulullah sring berhijrah (pindah tmpat) untuk
        menyampaikan ajaran yg benar sesuai yg diwahyukan Allah SWT. Kita mngetahui
        bhwa laki-laki biasa butuh wanita untuk merawat dan memperhatikannya, aplagi
        seorang Rasul. dan Rasulullah butuh lbih banyak wanita utk mendampinginya namun
        dri brbagai tempat, karna seorang wanita sja psti akan kewalahan mengikuti
        stiap jejak Rasul, disamping itu jg agar istri-istri Rasulullah tetap trjaga
        karna slama prjalanan Rasulullah itu sngat bnyak cobaan2 yg dihadapi.

        Alasan kedua, Rasulullah SAW
        menikahi bnyak wanita karna rasa kasih yg tinggi sewaktu mlihat istri-istri
        para sahabat yg meninggal diwaktu perang itu tdk terurus. jadi Rasul menikahi
        istri-istri shabatnya yg wafat dgn alasan ingin menafkahi mreka, skaligus karna
        mrasa berbalas budi kpda para shabat yg berani mengorbankan nyawanya dijalan
        Allah dan Rasul-Nya.

        Kedua alasan diatas itu jg
        punya alasan yg mendasar, yaitu Rasulullah SAW poligami karna memang sifat dan
        budi pekerti beliau mampu menjalaninya. Sifat dan budi pkerti beliau itu
        diantaranya adil, bijaksana, dapat dipercaya, dan pintar. jadi seorang
        laki-laki boleh poligami JIKA mampu memiliki/mengikuti sifat sperti Rasulullah
        SAW.

        klau bcra soal knp bnyak yg
        menentang ajaran ini, yaa sy kira wajar karna jaman skarang ini tdk sama
        dijaman Rasul. “wajar” juga bkan brarti sdh tdk bs lagi diusahakan
        atau didakwahi. sy kira klau alasan poligami yg sy sebut diatas diprhtikan,
        pasti akan tau sendiri jwabannya jika disesuaikan dgn kondisi jaman skarang di
        Indonesia dan dinegara lain yg tdk spendapat.

        jwaban 2:

        Sesuai dgn jwaban intan, karna itu rukun haji. Kegiatan orang2 yg mengelilingi
        ka’bah itu disebut tawaf, dan tawaf itu pengganti shalat, artinya ibadah shalat
        dan tawaf itu sama. jdi mengelilingi ka’bah itu namanya beribadah, bukan
        meyakini bahwa ada Tuhan didalamnya :)

        jwaban 3:

        Sbelum menjawab, kayaknya perlu dikoreksi dlu prtanyaannya. Mgkin prtanyannya
        jg didapat dri org yg non-Islam? atau pling tdk org Islam yg hanya KTP nya sja.
        Kita ungkap dlu definisi doa. Doa itu meminta dan berharap permintaanya
        dikabulkan. Dalam shalat itu tdk ada doa sperti mas Bram Sentosa prtanyakan.
        yang ada itu shalawat. shalawat itu jg doa. shalawat artinya menyampaikan salam
        kpada Rasulullah SAW, jadi mengucap shalawat itu artinya memohon kpada Allah
        agar menyampaikan salam kita kpada Rasulullah yg tlah brjuang membawa
        kebenaran. sama halnya seseorang yg menitip salam kpada org yg jauh melalui org
        yg ada didekatnya yg hendak menuju tmpat org yg disalami trsebut.

        jika
        mas Bram bertanya sperti itu dgn niat menjatuhkan dan ada seorang muslim yg
        trpengaruh, mudah2an jwaban ini dpat

        menjadi penengah dan dpat kembali menyemangati kaum muslim utk senantiasa
        berdakwah.

        dan jika mas Bram bertanya sperti itu dgn niat ingin mencari kebenaran,
        mudah2an jwaban ini dpat membantu.

        Salam perubahan !!!

        • Adx

          copas ya mas bro??

      • Agung Lazuardi

        klau brtanya bgtu, brarti konsekuensinya hrus membaca jwban yg
        panjang dong hehehe.

        klau sepengetahuan sy bgni, dan ini fakta adanya :)

        jwaban 1:

        Rasulullah Muhammad SAW menikahi bnyak wanita karna 2 alasan.
        Alasan pertama, karna Rasulullah sring berhijrah (pindah tmpat) untuk
        menyampaikan ajaran yg benar sesuai yg diwahyukan Allah SWT. Kita mngetahui bhwa laki-laki biasa butuh wanita untuk merawat dan memperhatikannya, aplagi seorang Rasul. dan Rasulullah butuh lbih banyak wanita utk mendampinginya namun dri brbagai tempat, karna seorang wanita sja psti akan kewalahan mengikuti stiap jejak Rasul, disamping itu jg agar istri-istri Rasulullah tetap trjaga karna slama prjalanan Rasulullah itu sngat bnyak cobaan2 yg dihadapi.

        Alasan kedua, Rasulullah SAW menikahi bnyak wanita karna rasa kasih yg tinggi sewaktu mlihat istri-istri para sahabat yg meninggal diwaktu perang itu tdk terurus. jadi Rasul menikahi istri-istri shabatnya yg wafat dgn alasan ingin menafkahi mreka, skaligus karna mrasa berbalas budi kpda para shabat yg berani mengorbankan nyawanya dijalan Allah dan Rasul-Nya.

        Kedua alasan diatas itu jg punya alasan yg mendasar, yaitu Rasulullah SAW poligami karna memang sifat dan budi pekerti beliau mampu menjalaninya. Sifat dan budi pkerti beliau itu diantaranya adil, bijaksana, dapat dipercaya, dan pintar. jadi seorang laki-laki boleh poligami JIKA mampu memiliki/mengikuti sifat sperti Rasulullah SAW.

        klau bcra soal knp bnyak yg menentang ajaran ini, yaa sy kira wajar karna jaman skarang ini tdk sama dijaman Rasul. “wajar” juga bkan brarti sdh tdk bs lagi diusahakan atau didakwahi. sy kira klau alasan poligami yg sy sebut diatas diprhtikan, pasti akan tau sendiri jwabannya jika disesuaikan dgn kondisi jaman skarang di Indonesia dan dinegara lain yg tdk spendapat.

        jwaban 2:

        Sesuai dgn jwaban intan, karna itu rukun haji. Kegiatan orang2 yg mengelilingi ka’bah itu disebut tawaf, dan tawaf itu pengganti shalat, artinya ibadah shalat dan tawaf itu sama. jdi mengelilingi ka’bah itu namanya beribadah, bukan meyakini bahwa ada Tuhan didalamnya :)

        jwaban 3:

        Sbelum menjawab, kayaknya perlu dikoreksi dlu prtanyaannya. Dari dlu sewaktu Rasulullah itu msih hidup, beliau sdh dijamin msuk surga, jdi tdk ada doa sperti itu.
        Kita ungkap dlu definisi doa. Doa itu meminta dan berharap permintaanya
        dikabulkan. Dalam shalat itu tdk ada doa sperti mas Bram Sentosa prtanyakan. yang ada itu shalawat. Shalawat itu jg doa. Shalawat artinya menyampaikan salam kpada Rasulullah SAW, jadi mengucap shalawat itu artinya memohon kpada Allah agar menyampaikan salam kita kpada Rasulullah yg tlah brjuang membawa kebenaran. sama halnya seseorang yg menitip salam kpada org yg jauh melalui org yg ada didekatnya yg hendak menuju tmpat org yg disalami trsebut.

        jika mas Bram bertanya sperti itu dgn niat menjatuhkan dan ada seorang muslim yg trpengaruh, mudah2an jwaban ini dpat menjadi penengah dan dpat kembali menyemangati kaum muslim utk senantiasa
        berdakwah.
        dan jika mas Bram bertanya sperti itu dgn niat ingin mencari kebenaran,
        mudah2an jwaban ini dpat membantu.

        Salam perubahan !!!

        • begu attuk

          muhammad mau istri dua belas, tiga belas, lima gelas, bukan ursan saya…dan saya tidak keberatan karna dia bayar maharnya sama saya

          • NizzmBrow

            begu dasar bodoh loo, udah bodoh begok lagi….

        • Rai Dilapanga

          utk meringkas jawab soal kenapa naik haji harus keliling kabah
          itu sama saja dng menanyakan tentang kenapa bumi dan planet” lainnya mengelilingi matahari coba pikirkan jawabannya dan buat itu sebagai perumpamaan

      • Robokop

        Duh pertanyaan goblok.
        ga usah lewatin pendidikan SMP ini juga bisa jawab koawka..
        Gua jawab yeh :
        1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW menikah dengan banyak wanita : Wanita yang di nikahi pada masa itu bukanlah wanita – wanita muda dengan paras cantik melainkan wanita – wanita tua yang menjanda lantaran suami bahkan keluarga mereka menjadi korban dalam peperangan. Rasulullah SAW menjadikan mereka (yang menjadi istri Rasul) sebagai istri untuk menghindari wanita – wanita tersebut menjadi kejahatan perbudakan pada masa tersebut.

        Sempet sekolah ga BRAM? masih ditanya kenapa di Indonesia di larang. Di Liat pake mata sendiri aja BRAM. Pelaku poligami di disini “Latar Blakangnya” apa? Siapa pelakunya? Manusia – manusia yang udah buta sama HARTA, UANG BANYAK WANITA JUGA BANYAK. Pejabat – pejabat gila !

        2. KABAH itu simbol yang mengingatkan dan menegaskan bahwa kami kaum MUSLIM mengarah pada satu tujuan, kami berada di jalan yang sama, jalan yang di ridhai ALLAH SWT. Sama Halnya dengan Al-Quran yang hanya ada dalam satu bahasa. Dimana sesungguhnya manusia tidaklah ada beda di mata ALLAH SWT terkecuali iman dan taqwa nya.

        Jelas tidak sama dengan agama yang tersebut di atas. ISLAM TIDAK MENYEMBAH KAYU YANG DI PAHAT DAN DI ANDAIKAN SEBAGAI TUHANNYA. TIADA TUHAN SELAIN ALLAH SWT.

        3. Kenapa umat Islam selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW? 1000 tahun umat muslim bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW pun rasanya belum cukup. Saat ALLAH SWT memerintahkan Jibril untuk menjemput Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW bertanya dan meminta kepada ALLAH SWT “umat ku.. umat ku.. umat ku” (Kenapa tidak bukan keluarga yang di pertanyakan oleh BELIAU PADA saat itu, karna keluarga dan kerabat BELIAU merupakan umat BELIAU pada masanya). ALLAH SWT pun menjanjikan pintu Surga Bagi mereka yang melakukan apa yang NABI MUHAMMAD SAW kerjakan sebagaimana yang ALLAH SWT perintahkan kepadanya.

        DUH jangan gila dong. Jauh sebelum NABI ADAM ATAUPUN TUHAN LO BRAM YANG KAUM LO KASIH NAMA YESUS ITU DI CIPTAKAN SAMA ALLAH SWT. NUR (UNSUR CAHAYA) NABI MUHAMMAD SAW SUDAH LEBIH DULU DI CIPTAKAN. PIKIRKAN, KENAPA BELIAU DI TURUNKAN? KARNA BELIAU MENJADI PENUTUP DAN PENYEMPURNA AGAMA ISLAM PENYEMPURNA AJARAN – AJARAN ALLAH.

        DAN GUA CUKUP WARAS UNTUK JADI SEPERTI KALIAN YANG IBADAH CUMA NYANYI – NYANYI MAEN PIANO NYALAIN LILIN DI GEREJA, MASING – MASING PENDETA BERLOMBA MENCARI JAMAAH. MENCARI SUNTIKAN DANA DARI JAMAAH. Sory Mas BRO. Opung Ku ada 1 Kristen dan dia PENDETA, KAU TAU APA JAWABNYA WAKTU AKU TANYA APA ENAKNYA JADI PENDETA?
        NIH JAWABAN Opung GUA !
        “UANG SEMUA DISANA”
        hahahah lucu …

      • Ardy Ansyah

        saya cuma mau menjawab yang ke3,, salawat itu bukan do’a,,, salawat adalah salam kepada nabi muhammad saw,, sama dengan do,a ,, “BAPAK KAMI YANG ADA DI SURGA,, DIKUDUSKANLAH NAMAMU”,, berarti dari dulu sampai sekarang “BAPAK YANG ADA DI SURGA ITU BELUM KUDUS DONK”,,,

      • isma

        dasar oon lloh..PEA,,

      • hijabera

        klo misalnya yesus itu utusan tuhan, berarti dia bukan tuhan agama anda dong?trus ngapain di gereja ada salip gede2 sama gambar yesus yg dari kaca2 gitu??udah,akui saja kalo agama Kami (Islam) adalah agama yang paling benar.. ALLAHUAKBAR

      • ina

        hm…. masak tuhan di cabut nyawa.a gila loooooooooooooooooooooochhh loocchhhh lo tuh abis obat kali ye.
        caba lo bayangin apa loh ngak malu di greja nyembah tuhan seksi fulgar gitu. sdangkan loh datang dengan pakaian bagus. mana fikiran locch

      • Rai Dilapanga

        menurut alkitab salomo mempunyai 700 org istri dan 300 org gundik sedangkan ibrahim memiliki 2 istri petanyaannya apakah alkitab pernah melarang seorang laki” memiliki lebih dari 1 org istri?????

      • Djuniddin

        Sbg saintis,saya percaya tuhan itu tdk terbatas dan tdk bleh dibataasi.tuhan itu harusnya maha kuasa atas segala2nya

      • moch. david

        wui bram mau tanya nih… kenapa waktu Yesus naik kesurga beliau berbicara anak manusia akan turun kembali ke dunia…..berarti dia bukan tuhan donk….Yesus sendiri ngaku anak manusia….kenapa lu bilang anak tuhan….

        ini apa kamu yg bego atau aku yg terlalu pintar ya?

      • Andriano Alvinos

        bram sentosa.perkataan andanyang no 1 sudah menjelaskan bahwa tuhan yesus anda di angkat oleh manusia yang. berada di sekelilingnya.dan saya tegaskan dan saya tanyakan MENGAPA SAAT DI SALIP DAN AJAL AKAN MENJEPUT DIA MASIH MINTA PERTOLONGAN SAMA TUHAN.DAN INI TERBUKTI DI SETIAP PASKA PASTI ADA FILM TENTANG YESUS DAN ANDA SIMAK KETIKA YESUS DI SALIP APAKAH BELIAU BERKATA DEMIKIAN.BELIAU MEMANGGIL NAMA ALLAH.inilah kenyataan yesus itu bukan tuhan melainkan dia utusan allah untuk meluruskan jalan kalian tapi ajaran beliau ditentang sehingga oleh kerajaan di salipkan.dan karena orang2 sekitarnya merasa takut dan kagum dengan sosok beliau saat di salip maka orang2 di sekitar menyebut yesus itu adalah tuha,itulah faktanya

      • Anissa Mualaf

        Waduh…mas Bram sentosa Allah memberikan manusia akal agar dapat berfikir… pikirlah secara logis mas.. Alhamdulilllah saya adalah wanita yang sudah diberikan hidayah dan mau berfikir..sudah 1 tahun alhamdulillah menjadi mualaf.. sangat jelas mas tidak ada satupun ayat dalam Alkitab dimana Yesus menyatakan Aku adalah Tuhanmu maka sembahlah aku? Tetapi berulang-ulang Yesus berdoa pada Allah (maaf saya tidak sebutkan ayat2nya karna saking banyaknya, silahkan mas cari sendiri) Yesus sendiri menyuruh agar kita menyembah hanya kepada Allah saja,,Yesus melakukan mukjizat2pun dengan ijin kuasa Allah bukan dengan namanya sendiri (pendeta2 / kristen sering berdoa : “dalam nama yesus”) padahal Yesus aja ga bilang “dalam namaku” tapi “dengan roh/kuasa Allah” coba pelajari lagi Alkitab anda..semoga Allah memberikanmu hidayah saudaraku..aamiin..

    • Laurensius Hamonangan Hasibuan

      Perkara manusia aja kita masih belum mampu meyelesaikan nya. Apa hak kita mencampuri perkara-Dia. Bukankah tidak ada yang mustahil bagi-Nya.

      • YESUS

        wahai hambaku Laurensius Hamonangan Hasibuan, ADA!!! yang mustahil bagiku karena aku tidak bisa mencegah mereka untuk tidak meng – salibku

        • Yudas Eskariot

          Sip Boss….

        • Yotha Polewa

          apa sebabnya dia (yesus) tidak bisa menceganhnya…
          karena setahu saya tuhan itu maha sempurna, dan bisa melakukan semuanya…

        • ina

          masak tuhan di salip. untuk menebus dosa umat.a. berkorban untuk umat.a dodol loh. kata loh logika. mana logika loh. ??????????????????????

        • ina

          gila looooooooooooooooooooooch kata.a loch tuhan. masak itu aja tidak bisa nyegaaah. tuhan apa tuh….

        • Rai Dilapanga

          jika yesus memang tuhan coba anda jelaskan kenapa yesus tdk mengetahui tentang hari kiamat baca markus 13:32 tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malikat” di sorga tdk, dan anakpun tidak, hanya bapak saja.
          dan tentang hukum yang terutama tolong baca markus 12:29 JAWAB YESUS: “hukum yang terutama ialah: dengarlah hai org israel, TUHAN ALLAH KITA, TUHAN ITU ESA. (coba jelaskan kepada saya apa arti kata ESA jika ada artian yg lain tolong di jelaskan)

      • YESUS

        wahai hambaku Laurensius Hamonangan Hasibuan, ADA!!! yang mustahil bagiku karena aku tidak bisa mencegah mereka untuk tidak meng – salibku

      • YESUS

        wahai hambaku Laurensius Hamonangan Hasibuan, ADA!!! yang mustahil bagiku karena aku tidak bisa mencegah mereka untuk tidak meng – salibku

      • Agung Lazuardi

        Memangnya Dia (Tuhan) berseteru dgn siapa mas? kan mas mengatakan apa hak kita mencampuri perkara Dia. Apa yg mas maksud itu perkara Dia dgn setan? dan apakah setan itu bukan ciptaan-Nya? yang mempunyai perkara dsini hanya ciptaan-Nya mas, bkan “Dia” nya. Artinya kita sesama manusia hrus tau diri bahwa yg memulai perkara itu jg manusia, jadi yg menyelesaikannya jg harus manusia kan mas. Dia hanya memilih manusia-manusia yg pantas (Nabi dan Rasul) untuk menyampaikan maksud dan tujuan diciptakannya manusia itu, yaitu hanya utk menyembah-Nya. kenapa hanya utk menyembah-Nya? karna hanya Dia lah yang Maha Kuasa.
        Tdk ada yg mustahil bagi-Nya, makanya kita diberikan akal oleh-Nya untuk mengetahui mana yg baik dan yg mungkar. Tidak mgkin kita terus-terusan diberi kenikmatan iman yg benar sdangkan kita sdh ckup mendapat knikmatan yg berupa akal, pendengaran, penglihatan, dan msih bnyak yg tdk dpat dihitung. Jika kita terus-terusan ingin diberi kenikmatan, sama halnya kita hanya ingin disuap terus tanpa berusaha, sdangkan diri kita sndiri sja adalah ciptaan-Nya

        • leman

          Memang sulit memahami iman kristen kalo tanpa Roh Kudus, kalo hanya pakai logika tidak akan bisa ketemu.

          • Wila Salam

            sama juga, sulit memahami islam tanpa iman, keimanan kepada Alloh SWT – Maha Pencipta tanpa perlu melihat wujud tuhan itu sendiri. Ngapain Tuhan harus mewujudkan diri sebagai manusia hanya karena ingin dekat dg Bani Israel? Klo Tuhan lagi berdampingan dg si A di daerah anu, lalu bagaimana dengan si B yg ada di tempat lain? mereka yg mw berdoa hrs mencari Tuhan ke daerah anu, (kan do’anya belum tentu terdengar dong??)

          • Rai Dilapanga

            jika saya baca YEHEZKIEL 23:3 mereka bersundal di mesirpada masa mudanya; di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya di pegang-pegan.

            menurut saya arti dari ayat tersebut mereka berhubungan seksual (besundal) lalu di sana mereka saling meremas/memegang payudara mereka

            jika opini saya salah coba anda jelaskan kembali apa makna dari ayat tersebut dan manfaat mempelajarinya tolong anda gunakan ROH KUDUS anda (maaf jika kata” saya kasar)

    • begu attuk

      lha truzz.. klo ga gw jawab ente mau apa…..!!!!!

      • indra

        kalau gak mau jawab, dia gak mau apa2 koq, cukup di pelajari, didalami, dipikirkan… biar jawabannya buat diri anda sendiri..

    • Kabius Mujie

      Saya akan jawap eperti soalan anda itu wahai Andrea Djabul,

      (1) Ya,memang Yesus itu Tuhan,dari tiga diri,yakni Allah Bapa,Allah Putera,Allah Roh kudus..,Allah puteralah yng menjelma di dunia iaitu yesus untuk tampil menyelamat umat manusia dari dosa,sehingga menderita dan mati di kayu salip,dia menyeru “Eli eli lama sabakhtani,Allahku,Allahku mengapa engkau meninggalkan aku,sebabnya dia memohon kekuatan dan ketabahan hati untuk terus menanggung kematian di salip demi untuk menyelamatkan manusia yang berdosa ini,dia rela menanggung sengsara bahkan rela mati di salip semata mata memperlihatkan kasihnya kepada umat manusia yang berdosa,jika dia tidak memanggil tuhan sewaktu dia menerita di salip itu,mungkin dia akan mengelakkan diri dari menanggung sengsara ini dan kematian dirinya di salip, dan rencana penyelamatan tuhan kepada manusia di dunia tidak akan tercapai.(2)Oleh itu, walaupun yesus itu Tuhan,dia rela mati di salip tetapi dia bangkit pada hari ketiga,itu dia memperlihatkan kuasanya kpd umat manusia bahawa kematian itu dapat dikalahkan oleh kasih Allah barangsiapa yang percaya kepada ajaran Yesus(3)selama 3hari 3 malam yesus mati, yang mengendalikan dunia ini,adalah Allah Bapa di surga

      • orang keren

        perbedaannya apa Allah Bapa,Allah Putera,Allah Roh kudus ?

      • Wila Salam

        klo saat yesus mati, yg mengendalikan dunia ini adalah Allah Bapa di surga, lalu kenapa umat kriste mesti repot2 menyembah anak Allah? langsung aja berdo’a pada bapaknya, ngapain lewat anaknya?

      • Wuryanto

        Bukankah yesus disaalib untuk menebus kaum bani israel saja tidak leebih,sedang anda oraang indonesia apakah juga termasuk keeturunan bani israel mohon di cekperiksa Injil Matius pasal 15 ayat 24(Maka jawab Yesus, katanya ‘Tiadalah aku disuruhkan yang lain hanya kepada
        segala domba yang sesat diantara Bani Israil.'” juga silakan diperikasa di injil kitab Perbuatan Rasul-rasul pasal 5 ayat 31(“Ia inilah ditinggalkan oleh tangan kanan
        Allah menjadi Raja dan Juru Selamat akan mengaruniakan tobat kepada Bani Israil
        dan jalan keampunan dosa.”) mohon dijelaskan?……..

      • zaenalbhore

        tuhan yesus jadi tri in one……kasian tuhan tdk dpt menolong dirimys sendiri..

      • Yotha Polewa

        jadi maksud bapak tuhan bagi umat kristen itu ada 3 ya pak?

      • suci

        mohon maaf mas.. apakah ada didalam injil mengatakan bahwa yesus itu tuhan.. didalam alquran itu jelas disebutkan kalau tuhan itu adalah allah “qulhualla hu ahad. allahusshomad. lamyalid walam yuulad. walam yakullahu kufuan ahad.” yang artinya “katakanlah allah itu esa, allah tempat meminta sesuatu. dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan dia.” dan kemanapun kita pergi mencari alquran isinya tetap sama bahasanya juga sama yaitu bahasa arab.. dan kalau sanggup buatlah kitab yang serupa dengan alqur’an kata allah.. jikalau muhammad rasulullah berbohong mengapa didalam alquran itu dituliskan kisah2 nabi terdahulu sedangkan muhammad dilahirkan jauh setelah wafatnya para nabi sebelumnya… dan alquran mewajibkan umat islam percaya dan ber iman kepada para nabi sebelum muhammad rasulullah..

  • Denny Naga

    ya..ya..ya…

  • firdaus

    Tuhan itu adalah zat yg memberi kita napas, menumbuhkan tumbuhan, menghidupkan dan mematikan, menciptakan gunung dan lautan, menyusun ruang angksa, memberi makan Milliaran makhluk dan lain-lain, Artinya Tuhan itu tidak mungkin seorang manusia.

  • sony

    diungkapkan di akun twitter?
    kenapa ga langsung ke media tv dsb?
    diragukan, cari sensasi aja

  • hamba ALLAH

    yg kristen,,,,, tlong ksih tau sya,,
    drmna yesus itu brsal.?????
    knapa dya dipertuhankan.????
    dan knapa ada trinitas..????
    bkankah tuhan itu satu..??
    klaw yesus itu tuhan,,knapa dya msih pnya tuhan..????

    • arif gunawan

      klo yesus tu tuhan kok ga bisa nyelametin dirinya sndirinya……………… sungguh aneh

      • Robokop

        KWOAKOAKWOAWKAOWOAKO !! gimana nylametin umatnya ya

    • begu attuk

      bukan urusan mu.

  • Firman Zulkarnain

    Paus Benedictus 16 mundur tanggal 28 February 2013
    Ahmad Deedat telah wafat pada August 8, 2005, Verulam, KwaZulu-Natal, South Africa

    Ini berita beneran apa bo’ongan ?
    Tolong jawabannya.. Trims

    • tika dwi

      maaf, berdasarkan artikel diatas, yang pindah ke afrika dan masuk islam karena Ahmad Deedat itu salah satu staf vatikan yang mengakui keislamannya secara terang2an, bukannya Paus Benectikus. jadi, mungkin maksud penulis kejadian staf vatikan yang mengakui telah masuk Islam secara terang-terangan itu sebelum Ahmad Deedat meninggal. Wallahu

      • deans

        Maksdunya…..Di negaranya Ahmad Deedat

        • indra

          betul.. walaupun dia masuk Islam karena Ahmad Deedat bukan berarti ahmad deedat masih hidup, tp mungkin dari pemikiran2 beliau atau riwayat beliau

  • YESUS

    WAHAI UMAT KU SESUNGGUHNYA AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA YANG PALING SEMPURNA DARIPADA AGAMAKU(KRISTEN) keep smile ^___^.

    • Yudas Eskariot

      WAHAI PENGIKUTKU, SESUNGGUHNYA BETUL APA YANG DIKATAKAN BOS-KU. MAKA IKUTILAH BELIAU…..

  • YESUS

    ashaduallah ilahaillallah wa ashaduanna muhammadurrosullah

  • YESUS

    ashaduallah ilahaillallah wa ashaduanna muhammadurrosullah.

    • Nice

      mungkin nama anda bisa di rename nama asli, karena nama anda bisa menyakiti umat lain.

    • Nice

      mungkin nama anda bisa di rename nama asli, karena nama anda bisa menyakiti umat lain.

    • Adx

      perlu jg pakai bahasa indonesianya mas bro…

  • YESUS

    ashaduallah ilahaillallah wa ashaduanna muhammadurrosullah.

  • YESUS

    ashaduallah ilahaillallah wa ashaduanna muhammadurrosullah.

  • Kotot

    Mengapa kita mendebatkan Iman orang lain, debatkanlah Iman kita sendiri. Sudahkah saya menjalankan kehidupan sesuai dengan Iman saya…? Jangan pernah berfikir tentang kemampuan dan kemuan Allah sesuai dengan pikiran saya, karena hanya debulah saya dihadapan NYA….

    • Agung Lazuardi

      maaf sy kira menurut pembahasan diatas bukan soal iman, tapi soal agama. setiap orang memiliki keimanan masing-masing sesuai ajaran agamanya, jadi sy kira jelas perbedaan antara iman dan agama. setiap orang juga sama dihadapan Allah, kecuali orang-orang yg bertakwa. salam perubahan !!

      • Kotot

        Sangat setuju…. sebenarnya itu yang dimaksud , karena menurut saya…, banyak orang mempunyai agama, tapi kadar KeImanannya berbeda beda. .

      • Hamba Allah

        Semoga dr perdebatan ini ada manfaat x bg pembaca.cobalah dirimu tuk mau mengenal al qur’an lbh dalam dan di situ km pasti menemukan jawaban yg sebenarnya.

  • Andreami Djabu

    YESUS BERSERU MEMANGGIL TUHAN.

    “Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli,
    lama sabakhtani?” Artina : Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa engkau
    meninggalkan Aku?” (Matius 24:46).

    Ketika Yesus dipaku dan
    digantungkan dikayu salib, sebelum ia mati dia berseru memanggil
    Tuhannya (Allah) “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Teriakan Yesus seperti itu
    justru memberikan pengertian sebagai berikut :

    Pertanyaan saya :
    1. Jika Yesus itu Tuhan, Tuhan mana lagi yang dia panggil?

    2. Jika Yesus dipersiapkan oleh Tuhan untuk mati di kayu salib dalam
    rangka untuk menebus dosa, tentu tidak perlu dia harus berteriak-teria k
    minta tolong kepad Tuhan, seharusnya dia ikhlas disalib.

    3.
    Jika didalam diri Yesus ada Tuhan, mengapa dia masih memanggil-mangg il
    Tuhan lagi? Ini membuktikan Yesus dan Tuhan tidaklah menyatu.

    4. Setiap yang berseru memanggil Tuhan, pasti dia bukan Tuhan.

    5. Yesus berseru memanggil Tuhannya, apa Yesus yang di sebut “Tuhan”
    ini tidak memiliki cukup ke-Ilahi-an hanya untuk melawan Manusia ? Yesus
    = Tuhan ? pikir lagi.
    Simple Logic !

    • leman

      Begini bos mengenai hal tersebut, menurut kepercayaan saya sebagai nasrani, Yesus memiliki sifat manusia sejak dilahirkan hingga mati di kayu salib, Jawaban: 1. Yang dipanggil saat dikayu salib adalah Tuhan Allah sebab menurut kristen Allah itu Tritunggal. 2. Yesus berteriak karena sebagai diri manusianya yang kesakitan.

      • leman

        Saya mau menyampaikan kepada semua yang membaca bahwa keselamatan hanya 1 yaitu melalui Yesus, diluar itu tidak ada seorangpun yang bisa selamat. Namun terserah anda mau percaya atau tidak. Bukti dalam Alquran bahwa yang akan datang sebagai hakim yang adil adalah Isa (Yesus). Mengapa bukan nabi2 yang lain??. Karena dibawah kolong lagit ini tidak ada yang dapat menyelamatkan kecuali Isa (namun harus melakukan hukum kasih) yaitu:
        “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan
        dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang
        terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu,
        ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” Matius 22:37-40

        • lulu

          begini boss, yang saya tahu dalam Al quran bahwa nabi Isa Alaihissalam pada akhir Zaman nanti akan turun kebumi tidak lain adalah untuk menentang orang-orang yg menyembahnya karena dia sendiri tidak mau disembah “Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya Alkitab,hikmah dan kenabian, lalu dia (nabi) berkata kpd manusia “Hendaklah kalian menjadi penyembah2ku, bukan penyembah Allah SWT. AKANTETAPI (dia berkata) “Hendaklah kalian menjadi orang-orang Rabbani (orang yang sempurna ilmu dan takwanya) karena kamu selalu mengajarkan Alkitab dan kamu tetap mempelajarinya. QS Ali Imron : 79 begitu aje boss penjelasannye. kalo tidak puas yaa ane sih maklum ajjjah

          • j3nk_Lin

            mbk Lulu@ ilmu anda mendalam mbak,,,semoga manfaat…dakwah untuk sesama

        • Hegel

          Yesus yang kalian yakini berbeda dengan Yesus yang disebutkan oleh Islam. Kita Islam mengimani Yesus, tapi kalian Nasrani tidak mengimani Nabi Muhammad. Padalah dalam kitab Taurat pun sebelum datangnya Injil, dikatakan dalam bahasa Ibrani bahwa di akhir akan ada nabi penutup bernama “Ahmad” yang dalam bahasa Arab adalah Muhammad.
          Secara epistimologi Agama maupun ilmu-ilmu perbandingan agama, tidak akan kuat dan mempunyai alasan Ilmiah kalau Nasrani itu lebih sempurna dari Islam, kita punya Injil perjanjian lama, kemudian perjanjian baru, dan sekarang kami Islam mempunyai kitab perjanjian terakhir yaitu AL-QUR’AN.

          • indra

            mas hegel, yg kita imani bukan Yesus, tapi Isa (Nabi Isa AS)…
            Leman… benar di akhir akan turun nabi Isa, untuk membantu Muslim memerangi dajjal, membunuh babi dan mematahkan salib…

          • j3nk_Lin

            MAS HEGEL ralat dikit ya,,,kt muslim mengimani Nabi Isa , bkn yesus y, :) biar tdk slh sebut trim

        • hamba Allah

          Kenapa Nabi Isa yang di turunkan di hari akhir nanti, karena banyak umatnya nabi Isa yang telah menyimpang dari ajaran Allah yang sesungguhnya, maka Allah mengutus nabi Isa untuk turun ke bumi sebagai pertanggung jawaban nabi Isa kepada Allah untuk meluruskan kembali umatnya untuk kembali kepada jalan Allah yang sesungguhnya yaitu ajaran Islam dengan berpedoman kepada Alquran sebagai petujuk hidupyang hakiki dari Allah

        • Ardy Ansyah

          coba bandingkan yesus dan nabi muhammad saw saat meninggal,,, ketika yesus meninggal beliau menangis dan menjerit sambil memanggil-manggil nama tuhan,, “tuhan dimana engkau disaat aku di perlakukan begini”
          bandingkan dengan nabi muhammad saw.. ketika akan menjelang wafatnya yang dia cari bukan anknya,, bukan istrinya,, tapi yang dia cari adalah ummatnya,, “ummati ummati”,, krna saking cintanya beliau kepada ummatnya,,

          • kenny septia

            bukan begitu, tugas seorang nabi itu adalah untuk membawa kabar baik dan gembira kepada umatnya, nabi Muhammad ingin umatnya pun bersamanya di surga, jadi yang dia ingin agar ia dan umatnya tetap terus bersama-sama menyambah Allah hingga hari akhir dan hari pembalasan di SUrga nanti :)

        • IGUN

          jangan sok tau bos kalo ga pernah baca al quran jgn sok tau ya, al quran ga pernah menyebutkan isa yesus, yg anda maksud adalah kutipan dari para hadist, hadist merupakan penyampaian dari si a si b, tapi al quran muni langsung dari allah turun melalui nabi muhammad saw, sebenarnya anda sendiri ada keraguan dgn kitab anda tetapi karena anda ga bisa bertanya atas keraguan anda, anda menjadi gengsi utk mengakui bahwa sebenarnya ada kebenaran di islam, ga usah gensi lah bos akui saja jgn kau lawan kata hati benarmu, semakin kau banyak baca dan pelajari kitab mu injil maka semakin banyak kamu bingung dan hanya di bodohi terus beranikah anda sesuatu yg ganjil menurut anda dan anda tanyakan ke pendeta langsung, dan jika anda bertanya ke pendeta ” saya bisa tebak jawaban pendetanya ” jawabanya “apakah kamu masih meragukan kebenaran yg turun dari tuhan yesus, berarti kamu masih belum percaya yesus,” dan jawaban bodoh itulah yg membuat anda jadi terbelenggu akan kebenaran dan ga akan pernah dapat jawaban dlm diri anda, ada dalam kitab kalian yg mengatakan buah dada, dan sejenis bahasa porno, apakah itu yg dinamakan kitab suci, ada di dalam kitab kalian isa pernah memindahkan iblis /setan ke dalam tubuh babi dan mengatakan jgn kau makan babi, karena babi itu mengandung iblis /setan, tetapi umat kalian malah menikmati makanannya, jelaskan kepada saya soal trinitas, mengapa ada 3 tuhan, anda tau siapa yg menyalib isa, kaum israel, berarti tuhan kalian mati di tangan israel, setiap tahun anda memperingati hari kematian isa al masih, tapi di hari lain ada hari kenaikan isa al masih sebenarnya isa itu mati apa di naikan, dari situ saja sudah bingung, cobalah kau banyak menerima sesuatu ucapan yg benar dan ga perlu gengsi, semakin banyak anda menolak/ gengsi terima ucapan org lain, semakin sempit ilmu yg anda dapat dan akan semakin bodoh dan hanya mengandalkan fanatik saja, SELAMAT BERFIKIR YA BOS..

        • irul

          Tidak usah mencari mana yang benar dan mana yang salah. Untuk mencari kebenaran yang hakiki,nanti setelah kita meninggal pasti tahu. Lebih baik saling menghormati keyakinan masing2,supaya indah hidup ini.

      • indra

        hah.. Yesus menjadi manusia, saat di salib memanggil tuhannya…. mending gak usah dijelaskan spt itu boss, makin lucu, setiap org nasrani yg jawab, jawabannya beda2 tafsir sendiri2, jadi mereka sendiri masih banyak pertanyaan ttg Yesus, Tuhan, Allah sendiri,
        Dg penjelasan anda berarti Yesus menjadi Manusia, berarti di dalamnya ada Tuhan gak, kalau ada berarti ada 2 dong, soalnya dia memanggil tuhan jg… kalau dirinya tdk ada tuhan didalam dirinya, ya berarti Yesus bukan tuhan, tp manusia asli yg meminta tolong ke tuhannya..

      • hamba Allah

        Surat Al-Ikhlas

        بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

        قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

        Bacaan Bacaan Surat Al Ikhlas dalam Bahasa Indonesia

        1).Qul huwa allaahu ahadun,

        2).allaahu shamadu,

        3).lam yalid walam yuuladu,

        4).walam yakun lahu kufuwan ahadun.

        Terjemahan Bacaan Surat Al Ikhlas

        1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa

        2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu

        3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan

        4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan DIA

        intinya tidak ada tuhan selain Allah…Bung!!!

  • jono

    ngapain media islam ngurusin agama orang lain?? urus diri sendiri dulu tu!

    • Agung Lazuardi

      karna memang dalam Islam itu ada ajaran berdakwah. berdakwah itu menyeruh/memanggil kpada jlan Allah. jangan salah, sesama org Islam juga itu dianjurkan berdakwah jika tdk sesuai kebenaran. Knp sesama Islam juga dianjurkan berdakwah? karna godaan setan itu akan slalu ada hingga hari akhir/kiamat, aplgi jika nafsu tdk mudah trkendali.

      • begu attuk

        lu setan nya.
        sudah setan, sesat lagi…

  • Guest

    Heran, kenapa bnyak jg org2 kristen yg tdk menggunakan akal sehatnya stelah
    membaca artikel diatas. Pdhal setau saya tdk ada satu org pun yg tdk mau
    menempatkan dirinya dlam kebenaran.

    Skarang saya punya prtanyaan buat yg kristen. Apa dlam agama kalian tdk ada ajaran mengajak utk masuk agamamu? Klau mmg tdk ada, berarti agama kalian tdk punya rasa kasihan trhadap agama lain dong. Knp saya bilang bgni, karna kita ini sama2 manusia, artinya kita ini sama2 ciptaan Tuhan, dan kita semua tau Tuhan itu satu. Klau kita satu ras, alasan apa yg kalian kluarkan utk tdk peduli?? Dan apakah itu yg kalian namakan kitab suci?? Setau saya kitab yg suci itu sempurna dan tdk ada 1 hal pun yg kekurangan.
    Dan kalaupun ada ajaran mengajak dlam agamamu, knp tdk pernah diamalkan??

    Maaf, sy brtanya sperti itu karna ingin tau, bkan krn bermaksud menekan agar
    trpengaruh masuk Islam, krn tdk ada paksaan dlam memeluk Islam.

    • Agatha Angelina Paramy Haryant

      kenapa hanya orang kristen yang kamu berikan pertanyaan? pertanyaan untuk agama lainnya mana? hindu budha konghucu freemasons yahudi dll??????

      • Ashraff

        Pertanyaan untuk agama lain itu next time. Jawab dahulu. :)

      • Desy Putri Siapudan

        Budha, Hindu dan yg lain itu agama dunia,,,,bukan agama yg diturunkan Allah,,,,,jdi beda, nasrani , islam adalah agama yg diturunkan allah kebumi utk menyelamatkan ummat, hanya saja kitab Injil yg sebenar’a yg dibawa nabi isya as, banyak di putar balikkan oleh bangsa jahudi, maka diturunkan alquran sebagai penyempurna dari injil,,,, dan menjelaskan bahwa banyak kesalahan2 yg trdapat di kitab injil stlah di putar balikkan oleh bangsa jahudi,

      • andi

        karena nasrani pada awalnya benar namun karna sudah ada campur tangan manusia maka sekarang semua salah

      • andi

        di injil pasti gak ada ajaran kalau islam nasrani dan yahudi itu turunnya dari 1 Tuhan, monggo di cek Al Quran nya

    • Zia Zuhdy

      Agama Kristen juga memiliki anjuran untuk “berdakwah”, mereka yang menyebarkan ajaran Kristen itu disebut misionaris..

    • begu attuk

      monyet lu…berita murahan aja lu telan bulat2

    • Mizhrael

      banyak belajar dulu dah`~

      jng sok tau dan cpat ambil kesimpulan..

      • andi

        monggo di baca A Quran nya bro biar tau

    • Ishak Herman

      nasrani… nasrani…
      dimana argumen kalian tentang ilmu kitab kalian?
      kenapa mengelak terus?
      tidak tahu jawabannya yah!
      hem.. hem.. hem..

  • rachmat

    orang ko percaya sm orang , haddahh aneh

  • orangbiasa

    SEMUA AGAMA INSYA ALLAH BAIKK!! AMINN.

    • andi

      baik di duniaa belum tentu baik d akhirat bro

  • tristan

    Dulu saya pernah,, berdebat dengan orang tua mantan pacar saya,, secara g langsung keluarga saya dulu adalah seorang khatolik,,dan mantan pacar sy jg khatolik jadi mereka mencoba untuk memberikan pengetahuan tentang khatolik kepada saya,, cuman kita semua jadi mua’laf karena 1 alasan kakek saya,, yg mempelajari Al-Quran dan meyakini,, Bahwa Islam adalah Satu2nya Agama yg di Ridhai Allah. dan ini Alasan kuat kake sy yg saya gunakan untuk menjawab pertanyan dari orang tua mantan saya ,,

    Waktu itu dia Tanya ” Coba kasih saya Alasan kenapa kamu sekeluarga tidak ingin kembali kepada ajaran khatolik ?”

    saya jawab : Mohon maaf sebelumnya pd dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan kepada seluruh umatnya,, hanya saja kami sekeluarga sepakat untuk msk Islam,, karena Al-Quran adalah sebagai penyempurna kitab2 suci sebelumnya.

    Dia tanya lagi emang apa bedanya dengan injil,?
    Saya jawab : Secara kami memang pernah mempelajarinya,, dan pada akhirnya kami sadar bahwa agama bukan di dasari dari hati saja,, tp kami mentelaah isinya.. salah satu logika yg paling masuk akal adalah dari bahasa kitab injil, injil di buat dan selalu ada perubahan versi,, dan di setiap negara kitab injil itu mengikuti dimana dia berada,, contoh, klo di indonesia dia pasti pakai bahasa indonesia, klo di jerman, jepang, spanyol, inggris.. bahasanya pasti berubah,, pertanyaan saya,, mungkin g sih ada campur tangan manusia di dalamnya yg membuat isinya itu kacau..jadi kitab injil itu murni dari tuhan atau dari manusia,, berbeda dengan Al-Quran,, Al-Quran Universal,, dimna pun dia berada bahasanya sama Arab, cara mebacanya pun sangat indah,, itu lah yang menambah keyakinan kami sekeluarga terhadap muslim, 1 lg saya belum pernah melihat didikan khatolik anak di bawah umur yg masih 7-8thn hapal seluruh isi dan makna kitab injil, tp di Islam Ada yg hapal seluruh isi dari Al-Quran dan memahami arti dari isi dari kitabnya.. semoga bermanfaat untuk sdr2 ku yg masih mencari tuhan.

    • Mizhrael

      itu pendapat pribadi u.. tdk sepantasnya kitab lain yg sudah lama ada keberadaanya di kritik oleh orang yg berpikir dangkal..

      • [email protected]

        alqur’an adlh kitab yg terakhr bg alm smesta dn wjar kalau kitab alquran mgkoreksi umat sblumnya ibrat orde baru mengkoreksi orde lama udh tentu bisa. tetpi kalau orde lama megkoreksi orde baru tntunya gk bisa .

        • mika

          ini bukan persoalan orde baru dan orde lama bos, kalo masalah keyakinan yang lama itu yang asli bos justru yang baru bisa saja memutar balikkan fakta kebenaran. Sy bisa kasih contoh sederhana anak dari nabi ibrahim menurut al kitab ishak yang akan di persembahkan kepada Allah tapi kenapa setelah 6 abad kemudian berubah menjadi ismail ? da masih banyak lagi ayat2 yang sudah 600 thn tertulis di al kitab bisa berubah di al quran. hehehe… saya jadi bingung kira2 mana yang benar ya ???

          • andi

            injil tahun berapa itu bro ??
            injil palsu ato udah d revisi ?

          • deni

            Kitab suci tidak boleh di revisi berarti bukan kitab suci namanya

          • Djuniddin

            kalo sdh kadarluas,bgmn dong?

          • deni

            Begini aja coba kita pelajari keduanya terimaapa adanya kenyataannyajanganpanatik anggap kita tidak punya agama….. anda belajar di pastur dan belajar di kiyai dan anda sendiri yg tau
            jawabannya selamat mencoba mencari kebenaran.

          • deni

            Masuk akal ga ide saya jangan anda menghina agama tidak baik belum tentu agama yg anda anut benar iya ga sekarang ayuk semua kita cari kebenaran belajar sama pastur dan kiyai terima semua masukan dari mereka dan anda yg memilih setelah benar2 pelajari keduanya

          • Syaif Ibrahim

            Itu bkn ide boss…jawaban yang pas cma satu….surah Al-KAFIRUN enta baca dan ente renungkan artinya….itu jawaban lngsng dri Allah SWT ktika nabi muhammad di datengin sama orng yahudi….!

          • Syaif Ibrahim

            Itu bkn ide boss…jawaban yang pas cma satu….surah Al-KAFIRUN enta baca dan ente renungkan artinya….itu jawaban lngsng dri Allah SWT ktika nabi muhammad di datengin sama orng yahudi….!

          • helen

            anak nabi Ibrahim itu namanya Nabi IsmaiL….

          • Lukman Al Hakim

            Mas bro..anak nya nabi ibrahim itu nabi ismail..bukan nabi ishak..mungkin anda menerima pelajaranya tidur mungkin..al quran dari pertama kali diturunkan oleh allah swt tidak pernah ada perubahan atau revisi..dan bahasanya pun tetap sama memakai bahasa arab..dan satu lagi mas bro kami percaya nabi isa itu adalah rasul allah..dan nabi isa yang anda anggap (yesus)tuhan tidak pernah mengatakan dirinya tuhan..karena tuhan itu allah swt yang esa..tidak ada tuhan selain allah

          • Hackjoe Herliawan

            ismail dan ishak pan sama2 putra nabi ibrahim???

            istri 1 dan 2 nabi ibrahim tercantum di beberapa kitab sucinabi ibrahim + Hajar al-Qibthiyah al-Mishtiyah: Ismail
            nabi ibrahin + Sarah binti Terah: ishak

            ———————————————————————–

            istri ke 3 dan ke 4 ga begitu terkenal dan ga semua kitab suci memasukkan nama mereka
            nabi ibrahim + Qanthura binti Yaqthan al-Kan’aniyah:

            Zamran, Yaqsyan, Madan, Madyan, Syiyaq dan Syuh.

            Pendapat lain mengatakan keturunannya bernama, Madyan, Zamran, Saraj, Yaqsyan, Nusyuq dan yang keenam belum sempat diberi nama.[2]
            nabi ibrahim + Hajun binti Amin:

            Kisan, Suraj, Amin, Lathan dan Nafis.

      • hamba Allah

        al Quran adalah penyempurna kitab-kitab terdahulu yg sebelumnya telah ada….maka alangkah lebih bijaknya bila kita memahami,mempelajari,dan mengamalkan sesuatu yang telah sempurna isi dan ajarannya yaitu Islam dan Alquran

      • Ardy Ansyah

        wajar donk kalau kitap kitap terdahulu dikritik,, siapa tahu aja ada kesalahan,,

        • Anoeng suroboyo

          bukan siapa tau… uakehhh salah e
          tekan sak iki
          sudh revisi berkali-kali..
          versi king james, versi sopo lah..
          mboh wong londo amrik..
          adduhhh

      • andi

        kamu yg dangkal bro, coba d cermati lagi, relistis gak kalo kitab agama tiap negara beda ??

      • bitok

        prettttt…

        kalo emang pikiran mas Mizhrael nda’ dangkal, mari kita buktikan

        1. dalam bahasa apa Alkitab yang diturunkan Allah untuk Nabi Isa AS..?

        2. dimana tempat diturunkannya Alkitab Anda..?

        3. Kenapa isi Alkitab anda sekarang harus diubah-ubah,,? padahal anda sendiri menulis bahwa (kitab lain yang yang sudah ada kebenarannya)
        Seperti anak gaul juga harus gonta ganti penampilan….

      • Dicky

        alhamdulillah

    • Lukman Al Hakim

      Amiinn ya allah untuk saudaraku tristan semoga allah swt merahmati anda dan keluarga..semoga kita semua menjadi muslim yang di rahmati allah swt amin

    • E Fi Ta

      Waowwww subhanallah….
      Mnambah kecintaianq terhdap islam karna penglaman saudara dan jd pembeljran

    • Minggar Biasto

      Subhanallah……. Mudah-mudahan Kita Semua tetap istiqamah di dalam keislaman dan taqwa hanya kepada allah azza wajala…. juga kepada junjungan alam Nabi Muhammad S.A.W…. “Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”…… Amiiiiiiiiin Yaaaaa Allah Amiiiiiiiiin…….

    • Bakul Ijo

      Saudaraku… saya penganut katolik… mohon maaf, dengan segala hormat saya tidak mengenal hal yg anda tuliskan ini dalam ajaran katolik :

      “Salah satu di antara mereka adalah penanggung jawab pembuatan surat pernyataan pengampunan dosa (dalam agama Katolik)…” (lihat paragraf 3).

      Saya tegaskan: TIDAK ADA SURAT PERNYATAAN PENGAMPUNAN DOSA DALAM GEREJA KATOLIK.

      Jadi mohon maaf tulisan anda dalam artikel ini adalah SALAH 100%.

      Kalau memang ada, silahkan anda posting dalam website anda ini supaya dapat dipertanggung jawabkan tulisan anda.

      Tapi kalau anda tidak bisa menampilkannya, saya sarankan utk dicross check lagi dengan sumber beritanya, supaya tidak terjadi Fitnah yang keji, penjelekan dan penghinaan terhadap agama lain yang hanya akan menimbulkan ketidak damaian dalam NKRI yg kita cintai ini.

      @tristan, anda dulu adalah mantan katolik, tapi dari tulisan anda, saya melihat anda tidak mengerti dan memahami ajaran katolik sendiri.

      Mengapa saya katakan anda tidak mengerti dan memahami ajaran katolik, karena kalau anda paham dengan ajaran katolik, anda pasti akan langsung tahu bahwa tidak ada Surat Pengampunan Dosa dalam gereja Katolik… Dan pasti akan tahu pula bahwa tulisan dalam artikel ini 100% DIJAMIN SALAH.

      Semoga Damai Tuhan menyertaimu saudaraku, dan anda dapat menemukan kembali Jalan Kebenaran Sejati yang sesungguhnya.

      Buat saudara-saudaraku muslim yang lain, saya tahu masih banyak saudara-saudara muslim yg berhati baik dan mempunyai tenggang rasa serta menjunjung tinggi pluralisme, untuk kalian semua saya memberikan salam persaudaraan sebagai sesama umat Allah…

      Semoga saudara-saudaraku yang masih mempunyai niat baik dan hati yang baik dapat menjadi pembawa terang dan damai serta pencerahan bagi saudara-saudara muslim yang agak melenceng, supaya menjadikan NKRI ini sebagai rumah Besar yang nyaman ditinggali oleh seluruh umat manusia tanpa memandang agama dan sukunya.

      Lakum Dinukum waliyadin, Bagimu Agamamu dan bagiku Agamaku.

      Salam damai, semoga Allah Tritunggal Maha Kudus memberkati kita semua.

      rgds,
      [email protected]

    • Anoeng suroboyo

      Alhamdulillah.. semoga Allah selalu memberi petunjuk pad kita mas.. selamat njeh..

  • Tony Samarkand

    Itulah yang diberikan hidayah oleh ALLAH

  • jojo

    ku bom la klian??
    biar ku bom smua bumi klian ini :v

    ribut aja muncung klian
    nanti saya ke kerajan sorga ,, nanti saya tutup pintunya,, biar pada ke neraka aja klian
    blum tau saya guru sung go kong

    hahahhah

    • Guest

      bom aja :v :v

    • Ishak Herman

      pantasan. kata-kata kamu mirip perkataan Kera-kera. -_-

  • Gian Habriandi

    saya heran ngeliat blog2 berbau islam seperti ini… kenapa isi nya mencari kesalahan agama2 lain.. dan isi nya pun hoax smua… kebohongan bermula dari pertama dan kedua dan ketiga… hingga kebohongan pun seperti kebenaran… berbeda dengan blog2 agama lain… yang hampir tidak ada sama sekali yang mencari kesalahan agama lain… maaf jika ada salah kata… mohon di koreksi… dan blog2 dakwa begini mohon di tiadakan… ISLAM DAN KRISTEN ITU BERASAL DARI KULTUR YG SAMA YAITU TUHAN ALLAH YANG ESA…. dan jangan membiasakan diri kamu2 menyebut nama allah mu dengan asal… atau pun mendikte Tuhan Allah mu..

    • rasfie

      “ISLAM DAN KRISTEN ITU BERASAL DARI KULTUR YG SAMA YAITU TUHAN ALLAH YANG ESA” merupakan persepsi yg dilontarkan pertama kali oleh Kaum Yahudi, dan ketahuilah bahwa pencipta agama Kristen adalah orang2 Yahudi yg memang musuh yg sangat nyata bagi kaum Muslim. Buka dan baca kembali ayat2 Allah yg menceritakan betapa liciknya Kaum Yahudi membolak-balikkan sejarah & fakta.

  • Daniel Joe Hansen Simatoepang

    sungguh islami sekali. seperti biasa, menyerang agama lain sudah menjadi hal yang silami. sebegitu besarnyakah pengaruh kristen sehingga kalian sebegitu takut dan kemudian bereaksi berlebihan.?????

    • sobarna

      bagai mana dngan israil yg d dukung oleh amerika untuk mnyerang suriah negara islam bahkan mreka mnyerang membabi buta ,. apkah kah sekejam itu agama yg lain ,. klo pngen tau yg ngebom bali itu emang bner islam dlam pngakuan nya mreka d jbak cba klian prtiin mreka ktika d kepung slalu d rumah2 trpencil dan mreka d sedia kan 1 snjta seolah olah trjadi baku tembak,.

      • begu attuk

        ahah…. geblek lu semua…

      • Mendeleev

        jika amerika menyerang secara membabi buta. hanya sebentar waktu timur tengah akan lenyap.

        • Rusa Timor

          silahkan saja basmi orang islam sedunia…
          kalau anda dan agama anda bisa…
          sekalian aja kalo kamu berani saya tantang anda untuk menantang ALLAH SWT…
          saya mau lihat sampai dimana bacot anda berkoar MENDELEV…

          • Ariesandy Kurniawan

            ANDA BETUL BUNG RUSA , mendelev ADALAH PENGHUNI NERKA JAHANAM

    • Naila Fadhilah Fithriah

      Sesungguhnya, kalau seluruh umat muslim dibantai dari dunia ini, maka the end of the world akan terjadi :)
      mengapa?
      silahkan search di google dan anda akan tahu bahwa sesungguhnya titik yang selalu terang dan tidak pernah padam adalah Ka’bah, di Makkah. Disana, umat muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul dan melakukan ibadah yang mengelilingi ka’bah. Dari situlah asal usul medan magnet yang menggerakkan inti bumi berasal. Nah, jika saja bangunan ka’bah itu hancur dan seluruh umat muslim di bantai, yang akan terjadi adalah kekacauan di cairan inti bumi dan medan magnet seluruh dunia akan kacau seketika. Dampaknya bisa berupa fenomena migrasi binatang yang jadi ga menentu, banjir, tsunami, gempa, gunung tiba tiba fluktuatif, dll :)

      Sebenarnya mudah sekali bagi orang-orang Yahudi untuk membantai seluruh umat muslim di dunia ini, karena sebagai musuh terbesar orang muslim, orang Yahudi oleh Allah SWT diberi akal pikiran yang jenius dan kreatif, namun licik dan kejam. Tapi, orang Yahudi itupun tahu selama proyek “New World Order” belum selesai, maka percuma menyerang umat muslim yang hanya akan membawa kehancuran bagi diri mereka sendiri.

  • Bang Alie

    Saya Muslim namun sangat tidak pantas bagi saya mengomentari agam orang lain apalagi membaca tulisan yang isinya menurut analisa si penulis yang terlalu tendensius yang faktanya belum tahu kebenarannya,,,,, bagi saya Dakwah lebih bermanfaat jika memuat tentang kemajuan Islam apalagi informasi yang menunjukkan bahwa islam juga Bisa Buat Rahmat untuk yang lain,,,

  • Dee

    bagiku agamaku dan bagimu agamamu.. Beliau juga manusia, memiliki hati & fikiran. dia punya hak atas apa yg menurutnya baik. semoga menjadi baik juga u/ yg lainnya..

  • Agung Istiadi

    Link Twitter nya dong??? sama sumber beritanya??? jangan sampai Islam dianggap sebagai penyebar berita bohong atau pun fitnah

  • Nice

    saya seorang muslim, saya menghargai agama lain, saya punya banyak teman nasrani, mereka ga bosen nganterin aku ke mushola jika waktunya sholat. karena saya berada di lingkungan nasrani saat kuliah justru itu membuat iman saya semakin kuat,lebih sering sholat tepat waktu dan rajin shalat sunnah, puasa disekitar orang2 yg menikmati minuman/makanannya, dan tetep bergaul baik dengan teman nasrani.
    well berita seperti ini musti ditelusuri kebenarannya, benar atau ga, yang penting hidup berdampingan dengan rukun sesama umat beragama, sesama muslim juga harus bersatu utk perdamaian dunia,jangan mudah teradudomba. bagaimanapun kita sebagai manusia yg masih hidup tidak tahu kebenaran apa yg tejadi setelah manusia mati. umat manusia ga perlu koar2 mana yg benar mana yg salah, kebenaran akan terungkap setelah kiamat nanti, kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri kepada sang pencipta.

    • Nice

      dan yang jelas tunjukan diri sebagai seorang muslim yang baik sesuai ajaran al quran, tidak anarkis, harus bersatu, menghargai umat lain. boleh bangga menjadi seorang muslim, tapi tunjukan sebagai seorang muslim yg baik dan msulim sesungguhnya, bukan cuma muslim KTP aja.

    • Nice

      dan yang jelas tunjukan diri sebagai seorang muslim yang baik sesuai ajaran al quran, tidak anarkis, harus bersatu, menghargai umat lain. boleh bangga menjadi seorang muslim, tapi tunjukan sebagai seorang muslim yg baik dan msulim sesungguhnya, bukan cuma muslim KTP aja.

    • indra

      oo masih ragu ya dg agama ini.. nauzubillah min zalik… (bagaimanapun kita sebagai manusia yg masih hidup tidak tahu kebenaran apa yg tejadi setelah manusia mati. umat manusia ga perlu koar2 mana yg benar mana yg salah, kebenaran akan terungkap setelah kiamat nanti, kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri kepada sang pencipta)

  • Nice

    saya seorang muslim, saya menghargai agama lain, saya punya banyak teman nasrani, mereka ga bosen nganterin aku ke mushola jika waktunya sholat. karena saya berada di lingkungan nasrani saat kuliah justru itu membuat iman saya semakin kuat,lebih sering sholat tepat waktu dan rajin shalat sunnah, puasa disekitar orang2 yg menikmati minuman/makanannya, dan tetep bergaul baik dengan teman nasrani.
    well berita seperti ini musti ditelusuri kebenarannya, benar atau ga, yang penting hidup berdampingan dengan rukun sesama umat beragama, sesama muslim juga harus bersatu utk perdamaian dunia,jangan mudah teradudomba. bagaimanapun kita sebagai manusia yg masih hidup tidak tahu kebenaran apa yg tejadi setelah manusia mati. umat manusia ga perlu koar2 mana yg benar mana yg salah, kebenaran akan terungkap setelah kiamat nanti, kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri kepada sang pencipta.

  • Andryan

    hey anda semua ,
    ingat

    ANDA itu manusia

    manusia itu memiliki batasan
    urusan TUHAN itu TUHAN yang urus bukan kalian..

    jadi stop berargument basa basi .
    tak ada habisnya
    yang ada jadinya saling mencela

    think positive !

    • fikri

      awkkaw tuhan itu tuhan yg urus? tuhannya saling berpendapat lucu’a dikau

  • Plak Ucing Sapi

    kasi tau gak ye

  • fikri

    Cma mau promosi FOLLOW YA @aakuur

  • udinpeak

    artikel sampah tanpa sumber…mo jualan agama tapi tak jelas…

  • Bani Adam Setiadi

    Coba mana ID Twitter Oma Paus nya? mau saya lihat :D

  • Mizhrael

    hoax tingkat dewa`~

  • Heri Setia Budi

    udah udah rame amat,nanti juga akan ada hari khiamat,yaitu hari pembalasan,kita lihat yang mana yang betul dan yang salah,yang jelas yang salah yang akan sangat menyesal,tidak berujung

  • Robokop

    KITAB AGAMA Loh itu yang kasar kata menjadi landasan umatnya untuk hidup beragama. Bukan skripsi yang ada REVISI.
    HAHAH JANGAN GILA DONG.. SIAPA YANG REVISI? TUHAN KAH?
    BERDASARKAN APA HIDUP KALIAN SEBAGAI UMAT KRISTEN DIATUR DAN TERTATA? KITAB KAH? KALO MEMANG KITAB YANG MENJADI LANDASAN KALIAN UNTUK BERAGAMA. PIKIR SEKALI LAGI. ITU KITAB YANG REVISI MANUSIA. RULE YANG TERTULIS DISITUPUN HASIL OLAH PIKIRAN MANUSIA. RASA – RASANYA KALIAN TIDAK PUNYA TUHAN. ISI KITAB KALIAN PUN GANTI – GANTI. KEMANA ACUAN KALIAN?

    RASANYA AKU BUAT KITAB UNTUK KALIAN PUN AKAN LARIS . . .
    Hahaha ..
    SADAR ya, gua ga benci sama kalian cuma benci kenapa ada manusia – manusia pada zaman NABI ISA SAW yang membelokan Isi injil. Injil pun bagian dari kitab Islam yang tentunya kitab pada zaman umat NABI ISA SAW. Mungkin memang sudah ketentuan dan TAKDIR ALLAH SWT.

    BANYAK DARI MANUSIA TERLAHIR ISLAM TAPI TIDAK BERPRILAKU ISLAM DAN SEBALIKNYA. BANYAK TERLAHIR TIDAK SEBAGAI ISLAM TETAPI KETIKA HIDUP SAMPAI WAFATNYA SEBAGAI SEORANG MUSLIM.

    ALLAH SWT punya rahasia alam semesta, manusia hanya bagian dari instrumenNYA saja tak jauh seperti ALAM ini.

    • nanang

      nabi isa itu AS, bukan SAW.

    • Proud to be Muslim

      mohon maaf, di biasakan yah klo berkomentar tidak menggunakan full caps lock, itu etika dalam forum dan komentar.
      terimakasih :)

    • wahyudin_bik

      …………………………….?????????

    • robin

      bro
      ni ya gua kasi tw
      baca dan pikirkan dengan bener…
      lo tw agam islam tu agama yang terakhir…..yang di bawah oleh MUHAMMAD
      sedang kan ada kitab2 yang sebelum itu sudah ad
      bagai mn bisa yang terakhir muncul adalah yang bener sedangkan yang lebih dulu datang adalah yang salah
      lo pikirkan pake logika jgan cuman pake emosi

      ni ya ak kasi kamu contah

      hari kemerdekaaan indonesia adalah 17-08-1995 yang tertera dalm uud 1945 dan itu dibuat oleh orang yang mengalami m,asa itu…..
      nah datang perspsi baru dan orang orang baru katakn peminpin baru dia membuat buku baru dan menggatakan indonesia tidak merdeka pada tahun itu
      bagai mana mungkin kita yang orng baru menyalah pernyataan lama di mn yang menyatak itu oadalah orang ugn hidup di jaman itu sendiri dan ada fakta

      jd sekali lg mikir pakai logika jagn pakai emosi……..

      so injil adalah yg datang lebih dahulu dari alqur”an
      bagai mn bisa injil itu disalah kan???????>>>
      sedang kn alquran itu di benarkan>>>!!!!!

      apa jawaban loe,,,,,,,

      • Desy Putri Siapudan

        Injil yg diajarkan nabi Isa Benar, tapi alquran penyempurna kebenaran, karna injil sudah banyak di belokkan oleh kaum jahudi

        • Paijan Klonong

          Gini bro, sekedar sumbang pikiran aja. Injil Memang telah datang lebih dahulu ketimbang Al-qur’an. Ibarat anak sekolah, kalo injil itu masih pake GBPP Lama kalo Al-qur’an itu pake GBPP baru.

          Tapi terlepas dari itu semua, jika memang loe mau belajar tentang injil, jangan injil yang udah di rubah dong, pelajari dengan betul injil yang diterima Nabi Isa AS, jangan bible yang udah dibelokkan.

          Bible itu kalo sekarang ibarat Tesis yang dibuat oleh manusia, tetapi Injil yang buat itu bukan main main, Tuhan Robbul Izzati, jadi sudah jelas kebenaranya. jadi jika anda memang betul betul seorang injil sejati, pelajarilah injil yang original bukan injil bajakan seperti yang anda baca.

          Saya bukan menjelekkan agama anda, tapi kita hanya sharing untuk menambah pengetahuan tentang agama.

        • Mendeleev

          Tuhan mana yg membiarkan firman2NYA di ubah dengan mudah oleh manusia ?
          kata2 Tuhan itu kekal dan abadi. jika sedemikian mudahnya Tuhan
          membiarkan injil dan taurat di ubah……maka tak ada juga jaminan
          alquran tdk akan berubah. Injil tdk sekali2 merubah hukum taurat, Injil
          adalah penggenap hukum taurat……….

          • ikha

            memang Al-quran tdk akan prnh berubah,
            prnh nntn tdk pastor yang masuk islam dan biarawati yang masuk islam semua dia jelaskan secara rinci.
            ada potongan injil terdahuluku dan sy samakan dengan injil sekarang sangat jauh berbeda banyak sekali yang dirubah

          • Ariesandy Kurniawan

            AGAMAMU UNTUK MU DAN AGAMAKU UNTUKU

            AKU TIDAK MENYEMBAH APA YANG KAU SEMBAH
            DAN AKU TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP APA YANG KAU SEMBAH

            ASAL ANDA TAU Mendeleev, KETIKA ANDA MATI KELAK ANDA AKAN TAHU SIAPA
            YANG BENAR, DAN KAU AKAN MEMINTA PADA ALLAH UNTUK KEMBALI KEDUNIA,
            TETAPI TIDAK AKAN BISA (PEGANG OMONGAN SAYA)BILA ANDA MASIH BERPEGANG
            TEGUH PADA KEYAKINAN ANDA SAAT INI , TETAPI SAYA MSIH BERDOA SEMOGA KAU
            DIBERIKAN HIDAYAH OLEHNYA SEHINGGA SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT….

      • andi

        tidak ada yg salah bro semua benar tapi disemournakan sama Al Quran .
        dari zabur taurat injil intinya mengajarkan ajaran tauhid yg menyembah pada 1 tuhan (Allah)
        sekarang Al Quran lebih lengkap dan tidak ada perubahan sama sekali lebih dari 5 abad yang lalu, semua ada di A Quran dari terbentukny alam semesta yg sekarang dinamakan teori big bang hingga aturan membagi harta warisan, semua lengkap bro, monggo dicek

      • ikha

        al-quran adalah pelebgkap dr kitab2 sebelumnya, bahkan injil yang terdahulupun mengakuinya cmn injil skrng ini sdh diganti2.

      • Arwan

        Betul sekali mas, Injil nya Nabi Isa lebih dahulu dan disempurnakan dengan A-Qur’an. Logikanya tidak ada yang salah, kedua-duanya tetap sejalan. permasalahannya ” Samakah Injil yang sekarang dengan Injil pada Zaman Nabi Isa dulu? “

        • Gierg

          Wallohualambishawab….

      • chaniago

        jawaban Al-Quran adlah penyempurnaan kitab2 sebelumnya..
        skrg gw tanya bro apakah sudah benar kitab injil nabi isa dl sm kitab injil nya vatikan???
        kristen d arab ga berpedoman sm vatikan bro….kristen arab mengakui nabi muhammad bro.

  • Abi Akhmad Abror As Sidiqi

    مكافحة العلمانيه ini bukan sumber kah?

  • Ranny Emilia

    Subhanallah…merinding ketika membaca laporan ini…Allah …Ya Allah… lindungilah agama MU, dan lindungilah orang-orang yang menegakkan kebenaran MU…amin

  • Proud to be Muslim

    klo memang it benar ya alhamdulillah, tapi mohon sertakan sumbernya yah,
    kaidah kita dalam islam adalah “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. ” (Al Hujarat:6)

    jangan sampai kita berniat untuk mendakwahkan islam tapi malah memperusak citra islam itu sendiri di mata agama lain. Jzkallah khoir

  • Hamzah

    Yang benar secara perlahan pasti akan Terungkap walaupun itu ditutupi…!!!!

  • Sutan Ferdian KT Tanjung

    Perlu diketahui Agama Nasrani jaman dahulu dan Katholik Vatican sekarang sangat2 berbeda, silahkan anda cari tau khususnya bagi yang hobby pelajaran sejarah, jarak keduanya sangatlah jauh.. saya pernah jadi muslim taat belajar bahasa arab dari kecil dan karena terlahir dari keluarga muslim kemudian saya pernah atheist lama juga di eropa tanpa pernah pulang ke tanah air dan yg saya teliti ternyata konsep kesuksesan hidup, usaha, karir yg dipraktekan oleh barat itu dari Al-quran dan juga ilmu2 lainnya yg hilang dlm perang salib..
    Memang hidup dan disiplin yg dijalani mantap tapi semuanya hampa karena jauh dari pemberi tunjuk jalan yg sebenarnya, Allah SWT melalui Rasulullah Muhammad SAW. Ingat Allah berjanji agamanya terjaga dan Allah tidak pernah berdusta apalagi ingkar janji, Maha Suci Allah. Saya pribadi banyak juga membandingkan banyak budaya dsb..

    • Mendeleev

      Tuhan mana yg membiarkan firman2NYA di ubah dengan mudah oleh manusia ?
      kata2 Tuhan itu kekal dan abadi. jika sedemikian mudahnya Tuhan
      membiarkan injil dan taurat di ubah……maka tak ada juga jaminan
      alquran tdk akan berubah. Injil tdk sekali2 merubah hukum taurat, Injil
      adalah penggenap hukum taurat.

      • Nada Zahra Jamal

        al qur’an dijaminnnya sama Allah SWT ada dalam al – qur’an. ini terbukti ketika ada yang melencengkan surah2 dlam al – qur’an pasti ketahuan…

      • Ariesandy Kurniawan

        AGAMAMU UNTUK MU DAN AGAMAKU UNTUKU

        AKU TIDAK MENYEMBAH APA YANG KAU SEMBAH
        DAN AKU TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP APA YANG KAU SEMBAH

        ASAL ANDA TAU Mendeleev, KETIKA ANDA MATI KELAK ANDA AKAN TAHU SIAPA
        YANG BENAR, DAN KAU AKAN MEMINTA PADA ALLAH UNTUK KEMBALI KEDUNIA,
        TETAPI TIDAK AKAN BISA (PEGANG OMONGAN SAYA)BILA ANDA MASIH BERPEGANG
        TEGUH PADA KEYAKINAN ANDA SAAT INI , TETAPI SAYA MSIH BERDOA SEMOGA KAU
        DIBERIKAN HIDAYAH OLEHNYA SEHINGGA SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT…

      • Al Islam

        Saudara Mendelev…Anda Saya Sarankan tdk perlu mencari apakah Injil itu ada campur tangan manusia atau Firman Tuhan cukup Anda sendiri saja yg mencari kebenaran tersebut tanpa harus mendengar dari pihak manapun artinya sekarang inikan di Internet sudah bisa di Akses tentang DEBAT TENTANG ISLAM dan KRISTEN,maka coba Anda lihat dan pelajari kedua kitab Alquran dan Injil dan kira kira menurut penilaian Anda sendiri mana yg masuk akal.hanya itu saran saya tanpa harus menghujat Saudara Mendelev

        • reza

          stuju tuh

  • robin

    jika benar muhammad ada dalam alkitab
    tolomg beri tahu tertulis dalam buku apa dan ayat berapa
    supaya jelas ya bro
    jangn hanya bilang ..
    bahwa muhammad ada dalam alkitab
    bukti lebih nyata dari sebuah teori atau dongeng anda

    • hidayah

      ada di dalam injil lama, masalahnyaa bukannya injil sekarang sudah puluhan kali diubah ya isinya? :) injil lama ada di Vatikan itupun entah di siapa, betapa jahatnya orang2 yg menyembunyikan kebenaran

  • Paijan Klonong

    Yang komen disini kok kayak nya orang orang tolol ya ??
    Suka sekali cari perbedaan, udah deh cabut gw

    • ullubatli hasan

      @Paijan Klonong, ia silahkan anda pergi, anda mungkin lebih tolol

    • Orris Cwobiiasa

      tidak akan tau jika anda tidak mencari tau.silahkan kejar duniamu mas panji.smoga anda sukses

    • shy di

      Perbedaan adalah suatu yang wajar, agar manusia bisa membangun komunikasi. Kalau anda nggak suka perbedaan, carilah dunia yang penuh persamaan, dijamin anda akan bosan dan ingin pergi.

  • Mendeleev

    Tuhan mana yg membiarkan firman2NYA di ubah dengan mudah oleh manusia ? kata2 Tuhan itu kekal dan abadi. jika sedemikian mudahnya Tuhan membiarkan injil dan taurat di ubah……maka tak ada juga jaminan alquran tdk akan berubah. Injil tdk sekali2 merubah hukum taurat, Injil adalah penggenap hukum taurat.

    • suprayy

      Mendelev..al qurran itu di jamin ga akan berubah ..kalo mau silahkan googling surah Al Hijr ayat 9…jg sesuai kata mendelev sendiri …injil adalah penggenap hukum taurat..maka al quran adalah pelengkap hukum injil…1 lagi..baca lagi deh injil…baca baik2..renungkan isinya..bahwa injil, isa as n agama nasrani ( sekarang dianggap katholik, protestan dlsb) itu khusus untuk orang2 israel..

      • Capricornangel Salvior

        mendelev@alquran ga akan prnah berubah atau diubah oleh manusia manapun sampai akhir zaman.

    • Denaz

      Dalam Al-Qur’an sajalah terdapat Wahyu Alloh SWT yang menjamin kemurnian Al-Qur’an hingga akhir jaman, selain itu tidak ada.

    • Ariesandy Kurniawan

      Mendeleev

      AGAMAMU UNTUK MU DAN AGAMAKU UNTUKU

      AKU TIDAK MENYEMBAH APA YANG KAU SEMBAH
      DAN AKU TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP APA YANG KAU SEMBAH

      ASAL ANDA TAU Mendeleev, KETIKA ANDA MATI KELAK ANDA AKAN TAHU SIAPA YANG BENAR, DAN KAU AKAN MEMINTA PADA ALLAH UNTUK KEMBALI KEDUNIA, TETAPI TIDAK AKAN BISA (PEGANG OMONGAN SAYA)BILA ANDA MASIH BERPEGANG TEGUH PADA KEYAKINAN ANDA SAAT INI , TETAPI SAYA MSIH BERDOA SEMOGA KAU DIBERIKAN HIDAYAH OLEHNYA SEHINGGA SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT…

  • Mendeleev

    mengapa banyak sekali org ISLAM yg membenci YAHUDI ? sewaktu zaman NAZI berkuasa….sekitar 6 juta orang yahudi di bantai. apakah anda pernah melihat ada org YAHUDI yg membalas dendam ? membakar gereja2 di jerman ? sangat kontras dengan perilaku sebagian besar kaum muslim….

    • tonz

      Sama aja leev…skrg Yahudi berkuasa di tanah Palestina…apa yg terjadi disana sekarang ???

    • Denaz

      Maaf, leev… sejarah nazi membantai orang Yahudi pun ga jelas kebenarannya, karena Yahudi pandai memutarbalikan fakta…

    • Ariesandy Kurniawan

      Mendeleev

      AGAMAMU UNTUK MU DAN AGAMAKU UNTUKU

      AKU TIDAK MENYEMBAH APA YANG KAU SEMBAH
      DAN AKU TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP APA YANG KAU SEMBAH

      ASAL ANDA TAU Mendeleev, KETIKA ANDA MATI KELAK ANDA AKAN TAHU SIAPA
      YANG BENAR, DAN KAU AKAN MEMINTA PADA ALLAH UNTUK KEMBALI KEDUNIA,
      TETAPI TIDAK AKAN BISA (PEGANG OMONGAN SAYA)BILA ANDA MASIH BERPEGANG
      TEGUH PADA KEYAKINAN ANDA SAAT INI , TETAPI SAYA MSIH BERDOA SEMOGA KAU
      DIBERIKAN HIDAYAH OLEHNYA SEHINGGA SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT…

      dIDALAM ISLAM KAI TIDAK PERNAH DIAJARI MENJADI PEMBALSX DENDAM, DAN ANDA DAPAT MELIHAT APA YANG DILAKUKAN YAHUDI KEPADA UMAT MUSLIM DI PALESTINA

    • Orris Cwobiiasa

      alhamdullilah saya muslim
      mendelev anda harus belajar lebih untuk mengerti siapa TUHAN dan siapa yg menciptakan smua yg kita lihat dengar dan rasakan
      jgn menyesal ketika sudah tidak ada waktu untuk kembali.hanya masukan saja.. selanjutnya anda yg menentukan.pacarku aja dari budda masuk islam setelah dia mencari tau siapa TUHAN sebenarnya.

    • Sunda Kasep Pisan

      hitlerberkata saya sengaja tidak membunuh semua yahudi agar kalian tau alasan nya membunuh YAHUDI dan aku tau alasan hitler YA SEKARANG ini alasannya

    • shy di

      6 juta yahudi di bantai pada PD 2 adalah hoax. Orang yahudi sekarang selalu mempromosikan cerita-cerita holocaust melalui buku, film, dll sebagai propaganda mereka agar dunia selalu mengingat itu dan memaklumi kebijakan (kekerasan) mereka terhadap palestina. wake up!

  • EastLand

    Katakanlah: “Dia-lah Allah Yang Maha Penyayang, kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah kami bertawakal. Kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata”. (Al-Mulk :29)

  • auckland

    maaf aja saya kurang nyambung bacanya, kalimatnya g terstruktur dengan baik, gag jelas siapa yang ngelakuin apa.

  • maimon herawati

    Seperti yang sempat saya telusuri, asalnya berita ini dari hoax yang dikembang jadi tulisan nampaknya kredibel. Siapa nama peneliti Arab itu? Apa alamat twitternya? :-)
    Paus tidak bisa diberhentikan di negara-negara yang dikunjungi Paus.
    Tidak ada arsip-arsip itu.
    Yang ada fakta ttg kekerasan/pelecehan seksual pendeta pada jamaatnya yang ditutupi oleh institusi gereja. Benecditus termasuk yang terbuka dan memulai insvestigas ttg klaim pelecehan itu.
    Silahkan dicek/telusuri berita2nya…

  • Niferetiti Vita DeMoncoz

    Agamau untukmu dan agamku untukku
    Al-qur’an blm berubah satu ayat pun sejak pertama di turunkan terbukti kemurniannya….

    Sedangkan injil sudah di rubah berkali kali…apakah injil itu kitab panduan memasak..bila mana terlalu pedas penawarnya bisa di tambah kan gula agar terasa sedap…ini saja sudah menjadi bukti kemurnian al-qyran yang terkandung di dalamnya sejak pertama kali di turunkan ALLAH SWT…

    • Santy Aswind

      injil juga kitab suci ALLAH SWT…cm manusia nya aja yg suka merombak isinya…jangan samakan dengan resep masakan gan..ingat rukun iman ,,,,

  • yuuki tenpouin

    Innadinna indallahilislam….

  • afreza dr

    calm… keep calm

  • Gierg

    Wuiiih hebat2 ya saudara2 ane….komentar2nya pada mantap, bawa2 Agama, inilah itulah…kayaknya Ulama2 di kita ini kalah sama pemikiran2 kalian,heuheu…
    ane ikut nyimak aja lah….ngga berani ngomongin ini itu soalnya Rukun Islam ane juga belum bener.

  • Fajar Satria

    semua agama yang menyembah Tuhan itu baik bro,tinggal bagaimana kita menyikapinya,ngga ada perbedaan ngga asik bro,haha keep calm

  • xy

    sudah sudah .. apapun itu , yng penting kalian hidup benar dan taat kepada agama masing-masing .

  • ucok cupu

    gak usah repot2 gan bro, skrg jamany teknologi. cari aja di internet debat antara kristen vs islam mana yg selalu menang ckckck, nah lo…
    cari tau deh kenapa bisa menang,

  • E Fi Ta

    Alhamdulillah mulai nampak jlan terang ituch…

  • Heri Munasri

    sampai kapanpun kebenaran itu ditutupi dg rapat , satu waktu pasti akan ketemu juga ……………..

  • Heri Munasri

    kebenaran akan muncul sampai kapanpun

  • Krisna AzZi

    Nama Muhammad SAW ada dlm Injil lama :)

  • iyand

    Saya Murtad. dan Saya bangga menjadi seorang Khatolik.

  • Bakul Ijo

    Saudaraku… saya penganut katolik… mohon maaf, dengan segala hormat saya tidak mengenal hal yg anda tuliskan ini dalam ajaran katolik :

    “Salah satu di antara mereka adalah penanggung jawab pembuatan surat pernyataan pengampunan dosa (dalam agama Katolik)…” (lihat paragraf 3).

    Saya tegaskan: TIDAK ADA SURAT PERNYATAAN PENGAMPUNAN DOSA DALAM GEREJA KATOLIK.

    Jadi mohon maaf tulisan anda dalam artikel ini adalah SALAH 100%.

    Kalau memang ada, silahkan anda posting dalam website anda ini supaya dapat dipertanggung jawabkan tulisan anda.

    Tapi kalau anda tidak bisa menampilkannya, saya sarankan utk dicross check lagi dengan sumber beritanya, supaya tidak terjadi Fitnah yang keji, penjelekan dan penghinaan terhadap agama lain yang hanya akan menimbulkan ketidak damaian dalam NKRI yg kita cintai ini.

    @tristan, anda dulu adalah mantan katolik, tapi dari tulisan anda, saya melihat anda tidak mengerti dan memahami ajaran katolik sendiri.

    Mengapa saya katakan anda tidak mengerti dan memahami ajaran katolik, karena kalau anda paham dengan ajaran katolik, anda pasti akan langsung tahu bahwa tidak ada Surat Pengampunan Dosa dalam gereja Katolik… Dan pasti akan tahu pula bahwa tulisan dalam artikel ini 100% DIJAMIN SALAH.

    Semoga Damai Tuhan menyertaimu saudaraku, dan anda dapat menemukan kembali Jalan Kebenaran Sejati yang sesungguhnya.

    Buat saudara-saudaraku muslim yang lain, saya tahu masih banyak saudara-saudara muslim yg berhati baik dan mempunyai tenggang rasa serta menjunjung tinggi pluralisme, untuk kalian semua saya memberikan salam persaudaraan sebagai sesama umat Allah…

    Semoga saudara-saudaraku yang masih mempunyai niat baik dan hati yang baik dapat menjadi pembawa terang dan damai serta pencerahan bagi saudara-saudara muslim yang agak melenceng, supaya menjadikan NKRI ini sebagai rumah Besar yang nyaman ditinggali oleh seluruh umat manusia tanpa memandang agama dan sukunya.

    Lakum Dinukum waliyadin, Bagimu Agamamu dan bagiku Agamaku.

    Salam damai, semoga Allah Tritunggal Maha Kudus memberkati kita semua.

    rgds,
    [email protected]

  • Christin

    wahhhh yg buat topik berhasil buat rusuh agama di Indonesia… dia tetap dapet duit.. yang perang dapet duit kagak? Indonesia gampang dibuat untuk perang cuma krn berita ini. Gitu aja kok repot. Berlomba menjelaskan dengan panjang2 :))))) malu woy… Bhineka Tunggal Ika kok gampang dibuat rusuh… apa artinya perang jaman dulu yg berbeda agama budaya tp buat Merdeka bangsa ini?

Iklan negatif? Laporkan!
90 queries in 2,084 seconds.