Home / Berita / Agenda Umat / Kajian Hadits Tsulasa

Kajian Hadits Tsulasa

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

info-umat-kajian-hadits-tsulasa
dakwatuna.com – Kajian ini kami beri nama Hadits Tsulatsa, yang terinspirasi oleh kisah Ketika Imam Syahid Hasan Al Banna masih hidup, salah satu kegiatan yang paling menarik dan selalu dipenuhi ribuan orang adalah kegiatan ceramah pekanan yang dikenal dengan “Hadits Tsulatsa” (Perbincangan/Ceramah Hari Selasa). Tujuanya kami ingin meningkatkan kapasitas keilmuan teman-teman Aktivis Dakwah secara khusus dan Kaum muslimin secara umum.

“Yang kami harapkan hanya perbaikan!” kami jadikan Tagline dari Forum Diskusi yang menginisiasi kajian ini, karena memang kami  mengharapkan perbaikan baik dari berbagai segi Tsaqafah dan Ruhiyah. Jika ustadz Salim A. Fillah punya Majlis Jejak Nabi maka  ADK UIN  (Aktivis Dakwah Kampus) UIN-JKT punya FORDIS JEJAK KAKI, nama ‘nyentrik’ yang mengandung filosofi yang tinggi. Kata FORDIS (Forum Diskusi) yang membedakan kajian yang dilaksanakan rutin setiap selasa ini dengan kajian-kajian lain. Ya, kata ‘Diskusi’, merupakan identitas khas  dari mahasiswa. Karena memang kajian ini lahir di Basis Kampus, terlebih sudah ‘Mutawatir’ bahwa Ciputat merupakan salah  satu Poros Kekuatan mahasiswa yang di segani.

Jika mereka bangga mengkaji pemikiran para filosofi hitam, dari mulai plato hingga Karl mark. Maka kami bangga untuk mengkaji pemikiran-pemikiran islam dan gerakan dakwah.

kajian ini dilaksanakan rutin tiap pekan, sesuai dengan namanya kami adakan setiap hari selasa ba’da maghrib. Kami membaginya per-tiap bulan. ada beberapa segmentasi keilmuan yang kami coba bedah.

  • Pertama Kajian Kontemporer
  • Kajian Manhaji (membedah kitab-kitab  rujukan utama Gerakan Dakwah seperti Majmuatur Rasail, Ma’alim Fith Thariq,  Tsawabit Wa Mutaghairat, dan  beberapa buku ‘induk’ lainya.
  • Ke Tiga Kajian Tsaqafah  (Fiqh Dakwah, Fiqh Waqi’, Qawaid Fiqhiyah dan keilmuan lain untuk meningkatkan kapasitas)
  • Ke Empat Kajian Tarbiyah Ruhiyah

Berikut  merupakan Jadwal Kajian Hadits Tsulatsa
#Februari 2013

Selasa I
(O5 Februari 2013)
Bedah Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin (RPIM) Part.3
“Di Bawah Kilatan Arkanul Bai’ah”

Selasa II
(12 Februari 2013)
“Qawai’id Fiqhiyah, Sebagai Metode Nubuwwat Istimbath Hukum”

Selasa III
(19 Februari 2013)
Talbis Iblis
“Membongkar Konspirasi Purba Iblis Terhadap Cucu Adam”

Selasa IV
(26 Februari 2013)
Arsitek Peradaban
“Napak Tilas Pendirian Negara Madinah”

Setiap Ba’da maghrib
@masjid Al-Jamiah (Student Center UIN JAKARTA)

Cp: 083876588223

#Fordis Jejak Kaki, yang kami harapkan hanya perbaikan!

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...Loading...

Lihat Juga

Kajian Muslimah (KAMUS) tema Kesehatan Reproduksi Wanita, Ahad (19/4). Johor, Malaysia.

KaMus IKMI: Ajak Muslimah Menjaga Diri dari Perzinaan