Home / Berita / Silaturahim / PIP PKS Johor Gelar “Sehari Bersama Al-Quran”

PIP PKS Johor Gelar “Sehari Bersama Al-Quran”

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Dalam rangka mengisi liburan Raya Cina, Divisi Al Qur’an Akhwat PIP PKS Johor, Malaysia mengadakan kegiatan “Sehari Bersama Al Qur’an”. Kegiatan ini diselenggarakan di Pejabat IKRAM Taman Universiti, Johor, Malaysia (12/2/2013).

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah merangsang peserta agar menjadi Da’iyah yang dekat dengan Al Qur’an, sehingga menjadi contoh yang baik dalam berinteraksi dengan Al Qur’an. Tidak hanya membacanya setiap hari dan menghafalkannya, tetapi juga mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, peserta juga bisa mengamalkan Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini, Ustadzah Hasminar. Beliau menyampaikan materi Membentuk Da’iyah yang Cinta Al Qur’an. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa Al qur’an bagi seorang da’I merupakan sumber energi yang tak pernah habis, yang dengannya (Al qur’an) ia mengajarkan, menyampaikan petunjuk, penawar dan rahmat bagi manusia.

Beliau juga mengingatkan kepada peserta sehari bersama Al Qur’an, misi seorang muslim itu sudah tertulis di dalam Al Qur’an surat Al Anbiya ayat 107, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.” Ini artinya, setiap muslim yang mengaku sebagai ummat Nabi Muhammad SAW diharapkan menjadi da’i (penyeru) yang bisa menjadi rahmat bagi seluruh alam, dengan berpegang teguh kepada Al Qur’an dan sunnah Nabi SAW.

Ciri-ciri ini ada di dalam diri generasi Sahabat Nabi. Generasi sahabat Nabi adalah generasi terbaik (Khairul Qurun) yaitu orang-orang yang senantiasa ta’limunal kitab (mengajarkan), tadrusun (belajar dan mengambil pelajaran), ‘adamul dha’fu (tidak lemah dari segi fisik maupun dari segi ibadahnya).

Diakhir materi, Ustadzah Hasminar menyampaikan tips-tips dalam berinteraksi dengan Al Qur’an. Pertama, Memperbanyak membacanya. Kedua, memperbanyak ibadah khususnya sholat, zikir dan saum. Ketiga, berdoa. Keempat, bersabar. Dan kelima, bergaul dengan orang yang mencintai Al Qur’an.

Di dalam kegiatan ini juga diselenggarakan acara lomba-lomba, seperti lomba tilawah Al Qur’an, Cerdas Cermat, hafalan Al Qur’an surat Al Ikhlas – Ad Dhuha dan hafalan Al Qur’an juz 30.

Peserta yang hadir dalam acara ini sebanyak 37 peserta yang terdiri dari pekerja perempuan dan pelajar di Johor, Malaysia.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 7,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Sri Widiyastuti
Seorang ibu rumah tangga lulusan IKIP Semarang tahun 1998. Memiliki 5 orang anak. Asli Bogor, domisili di Johor Malaysia. Aktifitasnya yang lain menulis buku bacaan anak dan menjadi volunteer kegiatan sosial kemasyarakatan.

Lihat Juga

Ilustrasi. (twitter)

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?