Home / Berita / Daerah / SBY Keluarkan Inpres Penanganan Keamanan

SBY Keluarkan Inpres Penanganan Keamanan

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (inet)
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (inet)

Kepala Daerah Diminta Proaktif Tuntaskan Konflik

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti sejumlah peristiwa konflik yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Oleh karena itu, ia menginstruksikan agar dalam dua tahun ke depan kepala daerah ikut berperan menjaga keamanan di daerahnya.

Instruksi itu dituangkan dalam Insptruksi Presiden Nomor 2 tahun 2013. “Hari ini saya mengeluarkan Inpres No 2/2013, yang intinya instruksi saya untuk meningkatkan efektivitas penanganan gangguan keamanan di seluruh Tanah Air,” kata Presiden di hadapan kepala daerah yang hadir dalam Rapat Kerja Pemerintah di Jakarta Convention Center, Senin (28/01).

Dalam catatan Presiden, sejumlah kekerasan, benturan sosial, konflik komunal, serta terorisme, marak terjadi tahun lalu. Hal itu menimbulkan tudingan, keamanan dalam negeri tidak terjaga dengan baik. Bahkan, negara dinilai tidak menjaga keamanan rakyatnya.

Ia pun mengaku sudah melihat beberapa survei tentang ketidakpuasan rakyat terhadap kondisi keamanan. Bahkan ada yang menuduh negara dan aparat keamanan melakukan pembiaran

“Saya sudah beberapa kali mengeluarkan instruksi dan arahan kepada pejabat terkait sungguh menjaga ketertiban masyarakat ini. Aksi itu masih terus terjadi,” keluhnya.

Presiden meminta jajaran penegak hukum, kepala daerah dan aparat keamanan ragu dalam bertindak, maupun terlambat mengatasi konflik. Ia berharap Inpres baru ini itu dapat mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban di daerah-daerah.

“Tidak boleh lagi menangani konflik komunal atau aksi kekerasan secara tidak tuntas, jangan simpan bom waktu, selesaikan dengan tuntas,” pungkas Presiden. (flo/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Rudal balistik. (ilustrasi)

Saudi: Serangan Rudal Syiah Houthi Yang Mengarah Ke Makkah Berhasil Digagalkan