Topic
Home / Berita / Nasional / Rektor UIN: Pemimpin Bangsa Indonesia Harus Mencontoh Nabi Muhammad

Rektor UIN: Pemimpin Bangsa Indonesia Harus Mencontoh Nabi Muhammad

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo. (inet)
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Setiap tahun umat Islam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun, belum banyak kisah sukses Rasulullah yang direalisasikan dalam konteks kekinian.

Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo seharusnya Indonesia mencontoh kisah sukses Nabi Muhammad dalam membangun bangsa.

Rasulullah SAW, kata dia, mampu mengeluarkan masyarakat Arab dari lingkaran jahiliyah. Berkat kesuksesan Nabi Muhammad, Makkah dan Madinah menjadi membentuk sistem pemerintahan yang bagus. ”Akhirnya, muncul istilah masyarakat Madani. Kerja keras Muhammad dalam membalik nasib masyarakat Arab patut untuk diteladani dan dicontoh Bangsa Indonesia,” ungkap Prof Imam.

Prof Imam mengungkapkan, yang harus mulai dibenahi adalah bagaimana membangun bangsa melalui pembangunan karakter yang mumpuni, yaitu karakter yang meniru kepemimpinan Nabi Muhammad. ”Hal itulah yang belum ditemui dalam elite pemimpin bangsa Indonesia.” ujarnya.

Menurut dia, masalah bangsa Indonesia disebabkan oleh sikap elite dan pemimpinnya yang jauh dari karakter Nabi Muhammad.

“Maulid Nabi harus bisa mengajarkan bagaimana akhlak Nabi Muhammad ditiru para pemimpin bangsa,” kata Prof Imam. (Heri Ruslan/Agus Rahardjo/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 9.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammad Jadi Nama Paling Populer di Berlin dan Sejumlah Kota di Eropa

Figure
Organization