Home / Berita / Nasional / Rektor UIN: Pemimpin Bangsa Indonesia Harus Mencontoh Nabi Muhammad

Rektor UIN: Pemimpin Bangsa Indonesia Harus Mencontoh Nabi Muhammad

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo. (inet)
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Setiap tahun umat Islam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun, belum banyak kisah sukses Rasulullah yang direalisasikan dalam konteks kekinian.

Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Maulana Ibrahim, Prof Imam Suprayogo seharusnya Indonesia mencontoh kisah sukses Nabi Muhammad dalam membangun bangsa.

Rasulullah SAW, kata dia, mampu mengeluarkan masyarakat Arab dari lingkaran jahiliyah. Berkat kesuksesan Nabi Muhammad, Makkah dan Madinah menjadi membentuk sistem pemerintahan yang bagus. ”Akhirnya, muncul istilah masyarakat Madani. Kerja keras Muhammad dalam membalik nasib masyarakat Arab patut untuk diteladani dan dicontoh Bangsa Indonesia,” ungkap Prof Imam.

Prof Imam mengungkapkan, yang harus mulai dibenahi adalah bagaimana membangun bangsa melalui pembangunan karakter yang mumpuni, yaitu karakter yang meniru kepemimpinan Nabi Muhammad. ”Hal itulah yang belum ditemui dalam elite pemimpin bangsa Indonesia.” ujarnya.

Menurut dia, masalah bangsa Indonesia disebabkan oleh sikap elite dan pemimpinnya yang jauh dari karakter Nabi Muhammad.

“Maulid Nabi harus bisa mengajarkan bagaimana akhlak Nabi Muhammad ditiru para pemimpin bangsa,” kata Prof Imam. (Heri Ruslan/Agus Rahardjo/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (Foto: lensaindonesia.com)

Islam di Indonesia, Jangan Ibarat Air Susu Dibalas Air Tuba