Home / Berita / Nasional / Atasi Banjir, Lembaga Zakat Perlu Tingkatkan Peran

Atasi Banjir, Lembaga Zakat Perlu Tingkatkan Peran

Anggota komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah. (jabarprov.go.id)
Anggota komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah. (jabarprov.go.id)

dakwatuna.comBanjir yang menghantam Jakarta memang mulai surut, namun beberapa wilayah masih terendam air. Bahkan, kondisi darurat banjir belum lepas, mengingat masih ada potensi hujan deras dan luapan banjir hingga beberapa hari ke depan.

Dengan demikian masyarakat korban banjir, terutama dari kalangan tidak mampu semakin banyak membutuhkan bantuan berupa makanan, pakaian, juga obat-obatan. Selain bantuan dari masyarakat, LSM dan pemerintah, bantuan dari lembaga-lembaga zakat, termasuk dari Baznas sebagai lembaga zakat “plat merah” menjadi sangat diperlukan.

“Lembaga-lembaga zakat harus menjadi salah satu garda terdepan dalam penanggulangan korban banjir,” kata anggota komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah usai menghadiri rapat dengar pendapat dengan Badan Amil Zakat Nasional. “Dan lembaga zakat itu kan banyak sekali, di Jakarta saja ada puluhan yayasan atau lembaga yang selama ini menghimpun zakat, infaq, dan sedekah dari masyarakat,” sambungnya.

Menurut Ledia, peran lembaga zakat perlu ditingkatkan agar bantuan bagi korban banjir tidak lagi banyak bergantung pada uluran tangan masyarakat, lembaga masyarakat ataupun pemerintah yang seringkali memakan waktu cukup panjang untuk dapat dimanfaatkan.

Sebab, sambung Ledia, sesungguhnya lembaga zakat memiliki kemampuan lebih dalam memenuhi kebutuhan bagi korban bencana termasuk banjir. Baik itu dengan menyediakan pakaian, makanan, obat-obatan maupun memberikan santunan dana bagi upaya recovery bagi mereka yang terkena musibah.

“Lembaga zakat kan memegang amanah umat, dana yang sudah terkumpul jauh hari sebelum ada musibah, maka, saat musibah terjadi, lembaga zakat semestinya menjadi pihak yang paling gesit dalam memberikan bantuan,” jelas wakil pimpinan FPKS ini pula.

Beberapa lembaga zakat diketahui sudah turun memberikan bantuan bagi korban banjir di Jakarta dengan menerjunkan langsung personil atau relawan mereka sambil memberikan bantuan, namun belum semua bisa turun langsung dengan beberapa keterbatasan, seperti sumber daya manusia.

“Maka lembaga zakat yang belum memiliki sumber daya atau relawan cukup untuk terjun langsung secara penuh bisa memanfaatkan momen ini untuk berkoordinasi dan bahu membahu dengan masyarakat dan lembaga masyarakat setempat. Dengan begitu penanganan korban banjir bisa dilakukan dengan lebih cepat dan memberi berkah buat semua.”

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Hujan Deras Akibatkan Longsor dan Banjir di Pangandaran