Home / Berita / Daerah / Tak Ambil Sumpah Saksi dari Ahmadiyah Pakai Al-Quran, Hakim Ketua Siap Diperiksa KY

Tak Ambil Sumpah Saksi dari Ahmadiyah Pakai Al-Quran, Hakim Ketua Siap Diperiksa KY

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.comHakim ketua yang memimpin persidangan kasus perusakan masjid Ahmadiyah di Pengadilan Negeri Bandung, Sinung Hermawan, menyatakan dalam posisi terjepit.

Diberitakan sebelumnya, lima orang pengikut Ahmadiyah yang menjadi saksi kasus perusakan masjid Ahmadiyah pada malam Idul Adha 25 Oktober 2012 lalu, meminta Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung mengawal persidangan kasus itu.

Kelima orang itu menjadi saksi saat persidangan tanggal 10 dan 15 Januari lalu digelar. Saat mereka bersaksi, tidak disumpah secara agama sesuai identitas di KTP para saksi.

Hakim mengatakan, posisi dirinya sangat dilematis ketika massa FPI di pengadilan berteriak-teriak “Ahmadiyah bukan Islam”.

“Situasi seperti itu sangat sulit, jadi saya harus ambil sikap. Saya ambil jalan tengah karena pihak-pihak ini berseteru. Jika mengikuti aturan persidangan, akan lama jalannya persidangan ini,” ujar Sinung saat diminta komentarnya atas pelaporan LBH ke Komisi Yudisial terhadap dirinya, Selasa (22/1).

Sinung menegaskan, keputusannya mengambil sumpah tersebut berdasarkan pasal 29 UUD 1945 tentang agama dan kepercayaan.

“Saya punya pedoman, yakni pasal 29 UUD 1945. Di situ disebutkan adanya agama dan kepercayaan. Saya ambil kata-kata kepercayaannya itu,” terang Sinung.

Sinung bahkan menyatakan siap diperiksa KY. “Intinya, saat itu saya berpikir, terjadi apa-apa kalau saya memaksakan menyumpah dengan Al Quran tetap saya juga yang akan diminta bertanggungjawab,” pungkas Sinung. (ald/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • sudah benar..ahmadiyah bukan islam jadi tidak bisa di sumpah dengan al quran…LBH lebay baca dulu uud baru coment bubarkan lbh konyol ini

Lihat Juga

Ilustrasi. (twitter)

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?

Organization