Home / Berita / Daerah / Vokasi UI & AWC UI Bahas Demokrasi Di Negara Arab

Vokasi UI & AWC UI Bahas Demokrasi Di Negara Arab

Ilustrasi - Peta kawasan Timur Tengah. (inet)
Ilustrasi – Peta kawasan Timur Tengah. (inet)

dakwatuna.com – Depok. Program Vokasi Univeritas Indonesia (UI) dan Abdurrahman Wahid Center (AWC) UI mengadakan diskusi terbatas bertajuk Islam and Secular Democracy in Post ‘Arab Spring’.

Hadir sebagai narasumber Prof. Greg Barton, Director for Islam and the Modern World (CIMOW) Centre and Deputy UNESCO Chair in Interreligious and Intercultural Relation -Asia Pasific, Monash University, Melbourne, Australia.

“Diskusi ini berlangsung di Perpustakaan Baru UI, lantai 5, Jumat (18/1) mulai pukul 13.30-15.00 WIB,” kata panitia diskusi Devie Rahmawati.

Greg Barton banyak melakukan penelitian perbandingan Islamd an demokratisasi di Turki dan negara-negara Arab dan Asia Tenggara yang memberi presentasi gambaran proses tersebut.

Gerakan demokratisasi di negara-negara Arab atau yang sering disebut ‘Arab Spring’ belum selesai. Namun, setidaknya di beberapa bagian di negara-negara Arab, sudah menunjukkan arahnya yang cukup jelas. Seperti menguatnya faktor gerakan Islam dalam arti yang konservatif dalam mempengaruhi arah baru demokrasi.

Hal ini bisa dilihat setidaknya apa yag sedang terjadi di Mesir dan Libia.

Di Indonesia, meskipun kebangkitan demokratisasi telah lebih awal terjadi, sejak 1998, tapi hingga sekarang belum menunjukkan kematangannya.

Arah demokratisasi itu sejalan dengan apa yang terjadi di Arab, yaitu kian menunjukkan konservatieme yang kian menonjol.Bisa disebutkan menguatnya keterlibatan agama yang didukung oleh pengelola negara.

Mungkin menarik untuk memperbandingkan fenomena yang terjadi di negara-negara Arab dan Indonesia sebagai sama-sama negara yang berpenduduk mayoritas Muslim. Muncul pertanyaan, bagaimana masa depan demokrasi dan bagaimana pula pengaruh Islam dalam proses tersebut? (bas/BSi)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Menilik Kepatuhan Terhadap Standar AAOIFI di Berbagai Negara